Anda Harus Buktikan Keindahan 7 Pantai Di Jawa Tengah Ini

Pantai Di Jawa Tengah yang terkenal
3 Shares

Meskipun jumlahnya tak begitu banyak, namun beberapa pantai di Jawa Tengah ini sangat recommended untuk Anda jadikan referensi tempat liburan bersama keluarga dan orang terkasih lainnya.

Terletak di antara 3 provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadikan Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi yang tidak banyak memiliki area perairan karena lokasinya berada di tengah pulau Jawa.

Namun ternyata beberapa pantai yang ada di sana memiliki potensi panorama alam yang tak kalah memukaunya seperti di daerah lain semisal pantai di Jogja atau di pulau Bali.

Apa saja nama – nama objek wisata pantai di Jawa Tengah tersebut ?

1. Pantai Menganti

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti by Wikipedia

Bagi penduduk Kebumen dan sekitarnya mungkin sudah tidak asing dengan pantai yang satu ini.

Ya, pantai yang berada di desa Karangduwur, kecamatan Ayah, Kebumen ini merupakan salah satu pantai di Jawa Tengah yang cantik.

Bagaimana tidak, dengan hamparan air laut yang masih begitu terjaga dan panjangnya garis pantai mampu menjadikan tempat wisata ini begitu ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menariknya, di pantai Menganti ini Anda tidak hanya bisa menikmati indahnya laut dari garis pantai namun juga dari atas.

Dengan mendaki bukit yang berada di sisi pantai, Anda bisa menikmati indahnya pantai secara keseluruhan.

Dari objek wisata pantai di Kebumen ini pula Anda bisa melihat deretan perahu berjajar sembari menikmati sejuknya hembusan pantai di gazebo yang dibangun khusus untuk para pengunjung.

2. Pantai Karang Pandan

Nama pantai lain yang tak kalah terkenalnya di Jawa Tengah adalah pantai Karang Pandan. Benar sekali, pantai yang lokasinya tak jauh dari lokasi pulau Nusa Kambangan ini memiliki panorama alam yang begitu memukau.

Dengan butiran pasir putih yang membentang sepanjang garis pantai dan didampingi ombak kecil dari birunya laut, nampaknya tempat ini akan menjadi lokasi istimewa untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

Dari pantai di Jawa Tengah ini pula Anda bisa menikmati indahnya pulau yang berada tak jauh dari garis pantai yaitu pulau Majethi. Dimana pulau ini sering kali menjadi lokasi untuk melakukan tradisi larung sesaji.

3. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung Cilacap

Pantai Widarapayung by my-cilacap.blogspot.co.id

Hobi melakukan olahraga air ? Siapa bilang harus ke Bali untuk menekuni hobi ini.

Di Jawa Tengah, atau lebih tepatnya di pantai Widarapayung, Cilacap Anda bisa melakukan olahraga air seperti berselancar.

Dengan deburan ombak yang cukup besar, Anda bisa bebas berselancar.

Bahkan untuk melakukannya, tak perlu repot membawa papan selancar sendiri, sebab di lokasi ini terdapat jasa penyewaan papan selancar untuk Anda.

Dari pantai Widarapayung pula Anda masih bisa melihat sisa – sisa tragedi tsunami 2006 lalu.

Dimana di pantai ini dibangun sebuah tugu peringatan tsunami yang menjadi bukti betapa kerasnya hempasan ombak belasan tahun silam.

4. Pantai di Pulau Panjang

Sudah sampai Jepara namun bingung mau kemana ? Anda bisa langsung menuju lokasi pantai di Pulau Panjang.

Pantai ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda ketika sedang mencari referensi tempat rekreasi di Jawa Tengah.

Mengapa harus ke tempat ini ? sebab di salah satu pantai di Jawa Tengah terbaik ini Anda bisa menikmati indahnya pantai dengan hamparan pasir dan air laut yang begitu bersih.

Di lokasi ini Anda juga bisa menikmati deburan ombak dengan menaiki perahu yang disewakan khusus bagi para pengunjung yang hendak berkeliling menikmati betapa perairan di sekitar pantai pulau Panjang ini sangat indah.

Bagi Anda yang hanya sekedar ingin menikmati ketenangan pantai pun bisa dengan bersantai di gazebo yang dibangun dan disewakan di pinggiran pantai.

5. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe Rembang

Pantai Karang Jahe by Youtube

Berlalu dari Jepara, kemudian Anda bisa melanjutkan liburan ke kawasan Rembang.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan pantai yang tak kalah memukaunya dibanding pantai di Jawa Tengah lainnya, seperti pantai Karang Jahe.

Bahkan bukan hanya indah, dari lokasi pantai Karang Jahe pun Anda bisa menikmati bagaimana indah dan uniknya perpaduan hutan cemara dan pantai.

Suasana nyaman dan teduh akan langsung terasa ketika Anda memasuki kawasan pantai Karang Jahe.

Tidak cukup di sini, keindahan alam bawah laut pantai Karang Jahe pun tak boleh Anda sia – siakan.

Ya, di sini Anda bisa menikmati pesona baharinya dengan berkeliling pantai menggunakan perahu dan menikmati warna – warni terumbu karang.

6. Pantai Nampu

Objek wisata di Jawa Tengah yang memukau selanjutnya berada di Wonogiri.

Pantai yang berada di ujung selatan ini nampaknya akan menjadi tempat sempurna untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

Selain panorama alamnya yang begitu menawan, dari lokasi pantai Nampu Anda juga bisa merasakan betapa kerasnya ombak di kawasan ini.

Oleh sebab itulah tak heran jika pantai Nampu sering dijadikan lokasi untuk melakukan olahraga air.

Sayangnya, akses untuk menuju lokasi pantai masih cukup sulit, dimana Anda harus melewati jalan kecil.

Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir karena selama perjalanan dan setelah sampai di lokasi semua rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahannya.

Anda pun bisa mencoba mendirikan tenda di pinggiran pantai untuk menikmati indahnya pantai lebih lama.

7. Pantai Di Jawa Tengah : Pantai Bopong

Kembali ke Kebumen, kali ini Anda bisa menikmati salah satu pantai di Jawa Tengah yang paling unik.

Jika umumnya sebuah pantai menyajikan panorama pasir putih dan hamparan birunya laut namun di pantai Bopong ini Anda justru bisa melihat betapa menariknya laguna tersembunyi.

Pantai yang lokasinya berada di Desa Surorejan, Puring, Kebumen ini menyajikan panorama yang unik.

Memang benar jika dilihat sepintas tak ada yang menarik dari pantai ini.

Namun setelah menikmatinya dari ketinggian, Anda bisa menyaksikan betapa indahnya laguna tersembunyi di pantai Bopong.

Laguna yang terbentuk dari aliran sungai yang meliuk – liuk ini membentuk sebuah pulau mini yang memiliki keindahan alami.

Nah dari bukit yang berada di salah satu sisi pantai Bopong Anda bisa menjadikan laguna dan pulau mini tersebut menjadi latar belakang berfoto yang sempurna.

Atau bagi Anda yang ingin menikmati segarnya air di pantai Bopong pun bisa langsung turun ke kawasan bibir pantai.

Menarik bukan ? 🙂

Jadi untuk apa pergi jauh – jauh hanya untuk menikmati keindahan alam jika sederetan pantai di Jawa Tengah di atas sudah cukup memukau siapapun yang datang berkunjung, termasuk Anda.

Jadi, segera persiapkan cuti Anda dan mulai menjelajahi kawasan pantai terindah di Jawa Tengah bersama kerabat dan keluarga tercinta.

Jangan sia – siakan waktu Anda untuk melewatkan banyak destinasi wisata yang tersebar di Bumi Pertiwi yang cantik ini.

3 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *