Referensi 8 Pantai di Kupang Yang Unik dan Memiliki Panorama Alam Terbaik

Selain punya gunung Fatuleu yang menawarkan panorama indah dari atas ketinggian, pantai di Kupang NTT juga bisa dijadikan alternatif saat liburan. Soal pesona, pantai di kota ini tak kalah keren lho. Justru keindahannya bisa membuat Anda rindu untuk datang lagi. Agar tak penasaran, berikut akan di bahas 8 pantai indah di Kupang beserta keunikannya masing-masing. Yuk disimak !

Wisata Pantai di Kupang

1. Pantai Lasiana

Wisata pantai Lasiana
By Backpackerjakarta.com

Lokasi pantai Lasiana : Klik disini.

Pantai ini berada di Kecamatan Kelapa Lima, kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Hadir dengan segenggam keindahan, pantai ini menjadi salah satu destinasi andalan para turis ketika berlibur ke Kupang. Salah satu daya tariknya diperlihatkan oleh air yang jernih dan berkilauan.

Jika di lihat dari kejauhan, airnya mungkin nampak biasa saja. Namun jika diperhatikan lebih dekat, maka warnanya akan berubah dari yang semula berwarna biru menjadi sedikit kehijauan.

Sementara itu, pada bagian tengah warnanya lebih gelap sampai-sampai menutupi pesona terumbu karang yang berada di bawahnya. Bermain pasir di sini rasanya menyenangkan, sebab area pesisirnya luas dan berjenis landai, sehingga sangat nyaman buat beraktivitas.

Ombaknya mengayun pelan mengikuti arah angin yang pergi menuju sela–sela dedaunan. Sementara di antara pepohonan yang menjulang tinggi, ada pendopo yang dibangun untuk tempat beristirahat. Bagaimana, tertarik ?

2. Pantai Pasir Panjang

Sunset pantai Pasir Panjang Kupang
By Ngobrolmotocross.com

Lokasi pantai Pasir Panjang Kupang : Jl. Timor Raya, Klp. Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ( klik untuk lihat peta ).

Beda dengan yang lain, pantai ini menawarkan pesona alam pesisir yang eksotis, meski awalnya terkesan gersang dan tandus. Lokasinya berada di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Hamparan pasirnya luas dan dihiasi oleh butiran kerikil yang permukaannya halus. Perairannya cukup tenang dan memiliki ombak kecil. Anda bisa mengisi waktu libur dengan berenang di pantai Pasir Panjang yang dangkal.

Namun, ada beberapa area yang kurang cocok buat diselami. Area tersebut tak lain merupakan jalur yang sering di lintasi oleh kapal nelayan. Dengan gerakan yang lamban, kapal–kapal tersebut berjalan kesana-kemari membawa hasil tangkapan laut yang masih segar. Meski tidak berbahaya, namun kalau sudah menubruk badan sakitnya lumayan juga.

Alih-alih berenang, Anda bisa menikmati pantai dengan cara lain, misalnya seperti bermain pasir atau melihat–lihat dari kejauhan. Sambil menanti senja, Anda juga bisa bercengkerama dengan penduduk sekitar.

3. Pantai Tablolong

Wisata alam pantai Tablolong Kupang
By Pinterest.com

Lokasi pantai Tablolong : Klik disini.

Dikenal sebagai salah satu penghasil rumput laut terbesar se – Nusa Tenggara Timur, pantai di kota Kupang ini menyimpan keindahan yang tak bisa diabaikan. Lokasinya diapit oleh pulau Timor dan Rote, dan jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Kupang ke arah Tenau.

Awal mula penamaan pantai ini disesuaikan dengan nama desa tempat pantai ini berada, yakni Desa Tablolong yang berada di Kecamatan Kupang Barat, kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Di sini Anda bisa menemukan banyak hal, mulai dari keindahan laut hingga danau air payau. Di hadapan wilayah pantai memang ada sebuah genangan yang berisi air payau. Biasanya wisatawan akan meluangkan waktu untuk berfoto di lokasi tersebut. Tetapi, ada pula yang memilih untuk memancing.

Selain di danau tersebut, Anda juga bisa memancing ikan di perairan pantai Tablolong. Pada perairan yang berjarak 10 mil dari bibir pantai, ada jalur migrasi hewan laut yang cocok buat dijadikan spot memancing. Ikannya melimpah dan kerap muncul ke permukaan.

4. Pantai Kelapa Lima

Wisata pantai Kelapa Lima Kupang
By Ingatanperjalanan.blogspot.com

Lokasi pantai Kelapa Lima : Klik disini.

NTT memang surganya pantai. Banyak sekali destinasi cantik seperti deretan pantai di Sumba, dan juga pantai-pantai di Kupang. Salah satunya adalah pantai Kelapa Lima. Letaknya hanya sejauh 5,3 km dari pusat kota Kupang dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 11 menit saja.

Menuju pantai ini, Anda bisa memilih rute tercepat melalui Jalan W. Monginsidi III kemudian lanjut ke Jalan Timor Raya. Nanti menjelang lokasi, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk mengitari kawasan perhotelan yang memanjang di sisi pantai.

Pantai Kelapa Lima memiliki matahari terbenam yang cantik. Meski demikian, areal pesisirnya tak begitu luas karena sebagian tertutup paving block. Namun bentangnya cukup panjang, sehingga bisa dijelajahi dengan nyaman.

Anda yang ingin mencari inspirasi bisa merenung di sini sambil ditemani rona jingga dan semilir angin sepoi-sepoi. Tak perlu khawatir, meski letaknya dekat dengan jalan raya, tetapi pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan lho. Jadi bisa bebas bereksplorasi, deh.

5. Pantai Nunsui

Wisata pantai Nunsui
By Twitter.com

Lokasi pantai Nunsui : Oesapa, Kelapa Lima, Kupang City, East Nusa Tenggara ( klik untuk lihat peta ).

Siapkan diri Anda untuk menyaksikan keindahan pantai yang luar biasa. Namanya Nunsui, terletak di Oesapa, Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT.

Pantai ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Baru tiba di gerbang saja, Anda sudah disuguhi pemandangan pohon kelapa yang tinggi dan berdaun lebat. Di bagian bawahnya terbentang jalan aspal yang siap membawa Anda menuju ke bibir pantai.

Menapakkan kaki di atas hamparan pasirnya yang lembut, Anda bakal dibuat lupa dengan rasa lelah usai menempuh perjalanan jauh. Kebahagiaan pun semakin memuncak kala bentang samudera tersaji di depan mata. Airnya tenang dan jernih, menggoda sekali buat diselami.

Tak seberapa jauh dari garis pantai, ada pula pohon yang tumbuh secara alami dengan akar yang masih tertinggal di air. Pohon tersebut menambah keunikan karena posisinya tidak berbaur dengan pohon lainnya.

6. Pantai Oesapa

Wisata pantai Oesapa
By Keizalinnews.com

Lokasi pantai Oesapa Kupang : Klik disini.

Bergeser sedikit ke sisi barat, ada pantai Oesapa yang menjadi tetangga pantai Nunsui. Seperti kakak beradik, pantai ini menyajikan pemandangan yang hampir serupa, namun tak bisa dibandingkan keindahannya. Sama-sama memiliki kelebihan, pantai Oesapa unggul satu poin di atas pantai Nunsui menyoal pasar kuliner.

Pantai Oesapa memang memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Bahkan, Anda bisa menemukan banyak penjual makanan dan lapak buah di sekitar pelatarannya. Di area tersebut, payung, meja, kursi dan bean bag berkumpul menjadi satu. Warnanya bertabrakan sehingga mencuri perhatian.

Disanalah terlihat orang-orang tengah asyik menikmati waktu liburan mereka bersama keluarga sambil menyantap makanan lezat.

7. Pantai Ketapang Satu

Wisata pantai Ketapang Satu Kupang
By Priwisatantt.blogspot.com

Lokasi pantai Ketapang Satu : Jl. Sumatera, Todekisar, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini mudah di akses karena letaknya tepat berada di pinggir jalan raya. Selain itu, ada yang menarik dari pantai Ketapang Satu, dimana pesisirnya tidak dipenuhi oleh hamparan pasir berwarna kecokelatan saja, melainkan juga kerikil-kerikil kecil serta lumut hijau. Sayangnya, garis pantai yang tak begitu panjang membuat pantai ini kurang diminati oleh para wisatawan.

Namun, bagi Anda yang menyukai suasana tenang, pantai ini cocok buat dikunjungi. Bentangnya terbilang masih alami karena belum banyak mendapat sentuhan modern. Di sini, perairannya juga cukup dangkal sehingga aman buat disinggahi oleh anak-anak.  Bagaimana, tertarik ?

8. Pantai Aloha

Lokasi pantai Aloha Kupang : Jl. Siliwangi, Lahilai Bissi Kopan, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Aloha letaknya dekat dengan keramaian, tepatnya di Jalan Siliwangi, Lahilai Bissi Kopan, Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dikelilingi oleh pedagang makanan dan minuman, pantai ini sangat cocok buat Anda yang hobi icip-icip makanan.

Seperti pantai di Kupang lainnya, pantai Aloha juga menyajikan bentang alam indah yang bisa dinikmati sepanjang waktu. Ada hamparan pasir yang berpadu dengan keindahan laut, dermaga, serta barisan kapal nelayan. Bahkan tak cuma mengagumi keindahan pantai dari tepinya saja, Anda juga bisa bermain di sekitar perairannya.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.