10 Pantai di Maluku Ini Pantas Dinobatkan Sebagai Kerajaan Wisata Alam Bahari

Selain menyaksikan pertunjukkan budaya, dan atraksi menarik lainnya, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan menyambangi destinasi pantai di Maluku. Ada banyak pantai yang cocok buat bermain pasir, bersantai, berenang, atau sekedar melepas penat. Berikut akan dibahas beberapa nama pantai di kepulauan Maluku yang tak boleh Anda lewatkan !

Wisata Pantai di Maluku

1. Pantai Ora

Wisata alam pantai Ora
By Blog.ivacanza.co

Lokasi pantai Ora Maluku : Jl. Kabupaten, Kec. Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Ora terkenal akan keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan, orang–orang menyamakan keindahannya dengan pantai–pantai di Hawaii dan Maldives. Pasirnya berwarna putih cerah dan langsung menjorok ke laut dangkal yang berisi ratusan ribu terumbu karang. Di dalamnya pun terdapat aneka biota laut. Oleh karena itu, berkunjung ke sini tak akan lengkap rasanya bila Anda tidak menyelami lautnya secara langsung.

Usai snorkeling, Anda bisa beristirahat di salah satu resort terkenal yang letaknya tak begitu jauh dari bibir pantai. Resort tersebut bernama Ora Beach Resort yang menawarkan sensasi bermalam di dalam sebuah cottage yang mengambang di atas air. Tetapi, jika Anda suka sesuatu yang lebih menantang, maka Anda bisa menginap di rumah penduduk sekitar atau mendirikan tenda di pinggir sungai Belanda. Mana yang akan Anda pilih ?

2. Pantai Ngurtavur

Keindahan pantai Ngurtavur
By Twipu.com

Lokasi pantai Ngurtavur Kei : Warbal, West Kei Kecil, Sotheast Maluku Regency, Maluku ( klik untuk lihat peta ).

Bagi Anda yang suka bermain air di sekitar garis pantai, pantai ini cocok buat disambangi. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang menyajikan pasir memanjang di pinggir pulau, pantai Ngurtavur justru hadir dengan hamparan pasir yang menjorok ke badan lautan. Bak dermaga alami, bentang pasir yang biasa di sebut dengan Pulau Gosong tersebut memanjang hingga kurang lebih 2 km jauhnya.

Karena keunikan tersebut, pantai ini jadi favorit para pengunjung yang ingin menikmati pantai dengan cara berbeda. Disini, pengunjung bisa berjalan di atas pasir timbul tersebut dan menikmati keindahan laut lepas dari jarak dekat. Menariknya, Anda tidak sendirian. Ada burung pelikan yang akan turut menemani Anda menyaksikan pemandangan indah tersebut.

3. Pantai Ngurbloat

Wisata pantai Ngurbloat di kepulauan Kei
By Berjalanterus.com

Lokasi pantai Ngurbloat Maluku : Klik disini.

Tak berlebih rasanya bila pantai Ngurbloat dinobatkan sebagai tempat terbaik buat bersantai di atas pasir. Bukan tanpa alasan, pasir di pantai ini memang nyaman buat berbagai aktivitas seperti berjemur, duduk–duduk maupun berguling–guling. Butirannya disebut yang terhalus di Asia.

Untuk merasakan kelembutannya secara langsung, Anda perlu menumpang pesawat terlebih dahulu dari bandara Pattimura sekitar 1 hingga 2 jam lamanya atau menumpang kapal yang berlayar selama 18 jam. Mana pun moda transportasi yang akan Anda pilih nantinya, pastikan Anda sudah mempertimbangkannya matang–matang ya.

4. Pantai Pulau Guraici

Pantai di pulau Guraici
By Beritadestinasi.blogspot.com

Lokasi pantai di pulau Guraici : Klik disini.

Dari Ternate, pantai Guraici bisa ditempuh dengan perjalanan speed boat selama 2 jam lebih lamanya. Begitu sampai, Anda akan langsung disambut sejumlah bangunan yang biasa dijadikan tempat peristirahatan oleh para wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Bukan hanya itu saja, pantai ini juga menyediakan banyak titik menyelam yang menarik untuk dijelajahi. Sekurangnya, ada 8 spot diving yang potensial. Keindahan dasar lautnya bisa membuat Anda betah berlama–lama.

Menariknya, ketika menyelam Anda bisa bertemu dengan ikan pari yang jinak. Ikan pari yang hidup di perairan pantai pulau Guraici dikenal bersahabat dan tidak membahayakan. Dengan begitu, Anda bisa berenang dengan nyaman tanpa perlu menjaga jarak aman. Bahkan, bagi Anda yang ingin menikmati pantai dari daratan, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan seru yang lain, seperti memancing atau jalan–jalan.

5. Pantai Teluk Hol Sulamadaha

Kejernihan air di pantai Sulamadaha
By Bripoin.com

Lokasi pantai Sulamadaha : Klik disini.

Seindah namanya, pantai ini adalah salah satu yang paling terkenal di Maluku. Kecantikannya berbeda dengan kawan–kawannya. Disini, Anda tak lagi dimanjakan dengan pasir putih, melainkan pasir hitam eksotis.

Menariknya, di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung makan yang bisa disambangi ketika perut lapar. Jadi, pengunjung tak akan sulit mencari kudapan. Cocok sekali buat dikunjungi bersama keluarga tercinta kan ?

6. Pantai Hatta

Cekungan dalam di pantai Hatta
By Pesona.travel

Nama pantai di Maluku ini menuansakan Pahlawan Proklamasi dan berada di ujung timur Kepulauan Banda. Untuk mencapainya, Anda perlu menempuh perjalanan 2 jam lamanya dari Banda Neira. Meskipun cukup lama, tetapi rasa lelah Anda nantinya akan langsung terbayar lunas oleh keindahan alam pantai Hatta yang luar biasa.

Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang cantik dengan hamparan pasir putih nan lembut. Di sampingnya, terbentang laut biru jernih yang enak di pandang. Namun, berenang di sini harus dilakukan dengan hati–hati, sebab areal pantainya hanya berjarak beberapa meter saja dari batas air. Dengan demikian, pantai ini memiliki palung laut yang dalam.

7. Pantai Kupa-Kupa

Destinasi alam pantai Kupa-Kupa
By Ksmtour.com

Lokasi pantai Kupa-Kupa : Jl. Pertamina Tobelo Selatan, Halmahera, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara ( klik untuk lihat peta ).

Bertempat di Kepulauan Tobelo, pantai ini sangat cocok buat di eksplore seharian penuh. Anda bisa menikmati semilir angin dari tepi pantai atau menyelam di kedalaman air untuk menyaksikan warna–warni terumbu karang yang menyejukkan mata. Arus airnya tenang dengan sedikit ombak.

Aktivitas snorkeling mungkin akan terasa sedikit challenging karena Anda harus mempertahankan posisi tubuh agar tidak terbawa arus. Meski demikian, keindahan bawah lautnya sayang dilewatkan, sehingga pengunjung tetap menyelaminya meskipun ombak di sini cukup kencang.

8. Pantai Tuada

Keindahan alam di pantai Tuada Maluku
By Twitter

Lokasi pantai Tuada : Klik disini.

Singgah di Maluku Utara, Anda bisa menyambangi Kepulauan Jailolo. Wilayah ini punya beberapa pantai yang berpanorama indah. Salah satunya ialah Tuada. Pantai ini bukan hanya menyajikan pemandangan laut lepas yang membiru, melainkan juga pemandangan gunung yang mempesona. Ada gunung Jailolo, gunung Tidore, dan gunung Gamalama.

Dibarengi pasir putih yang bersih serta langit biru yang cerah, Anda bakal betah berlama–lama memandanginya. Apalagi wilayah pesisirnya juga dipenuhi oleh pohon kelapa dan hutan mangrove yang lebat, tentu rasanya seperti sedang berlibur di pulau tropis.

9. Pantai Idamhehe

Ketenangan pantai Idamhehe Halmahera
By Wartawisata.id

Akses menuju pantai Idamhehe terbilang kurang baik. Kondisi jalan yang dihiasi kerikil membuat perjalanan Anda terasa lama dan melelahkan. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak ragu untuk menancap gas ke sini. Pemandangannya indah, cocok buat melepas penat.

Biarpun pantai ini jarang dituju oleh wisatawan, namun keindahannya tak bisa diabaikan begitu saja. Bahkan uniknya, Anda bisa merasakan sensasi yang berbeda ketika menyambangi pantai ini. Airnya terdiri atas dua tipe, yakni air panas dan dingin. Air panasnya berada di bagian utara, sementara air yang dingin berada di sebelah selatan.

Baca : Rekomendasi pantai cantik di Ambon.

10. Pantai Babua

Kesunyian di pantai pulau Babua
By Sweetshopbymellisa.blogspot.com

Lokasi pulau Babua : Klik disini.

Mampir ke pantai di Maluku ini, Anda bisa berkeliling lautan dengan menaiki speed boat atau perahu katinting. Selain itu, Anda juga bisa menyelam untuk menikmati indahnya terumbu karang dari jarak dekat. Namun, hati–hati selama beraktivitas di sini, sebab perairannya juga dihuni oleh ikan hiu.

Tenang saja, Anda tak harus nyemplung ke dalam untuk menyaksikan keindahan laut secara jelas. Air di pantai Babua terkenal jernih dengan warna biru kehijauan. Permukaannya bening bagaikan cermin yang mampu merefleksikan apa saja yang berada di bawahnya. Alhasil, dengan berperahu pelan saja Anda sudah bisa menyaksikan keindahan laut dengan jelas. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.