Taukah Anda 12 Pantai di Ambon Ini Jadi Tujuan Utama Saat Liburan ke Timur ?

Pelesir ke wilayah Indonesia bagian Timur, Anda bisa memilih beberapa pantai di Ambon sebagai destinasi pertama buat disambangi. Kota ini memiliki banyak wisata laut yang tak habis dijelajahi hanya dalam waktu sehari. Apa saja pantai terindah di Ambon yang menarik perhatian ?

Wisata Pantai di Ambon

1. Pantai Liang

Kejernihan air di pantai Liang
By Paperkampung.com

Lokasi pantai Liang : Klik disini.

Pantai Liang menawarkan suasana pesisir yang tenang, namun tidak meninggalkan panorama indah seperti yang Anda harapkan. Pantai yang juga dikenal dengan sebutan pantai Hunimua ini jaraknya hanya sekitar 40 km dari pusat kota Ambon dan pernah dinobatkan sebagai salah satu yang terindah di Indonesia pada tahun 1990 oleh UNDP – PBB.

Meski telah lama berlalu, namun predikat tersebut nampaknya masih layak disematkan pada pantai ini hingga sekarang. Panoramanya khas dengan bentang alam yang masih alami dan asri. Mendayung perahu / kano di pantai Hunimua, Anda akan merasa seperti melayang di atas kaca yang luas. Seluruh sisinya mencerminkan apa yang berada di bawahnya. Tak heran, bila Anda bisa melihat ikan–ikan dengan jelas tanpa harus menyelam.

2. Pantai Pintu Kota

Wisata alam pantai Pintu Kota Ambon
By Kompaswisata.com

Lokasi pantai Pintu Kota : Klik disini.

Nama yang menarik bukan ? Pantai ini cukup mudah di akses karena jalan menuju lokasinya sudah beraspal halus dan dilengkapi dengan banyak petunjuk jalan. Namun, karena perairannya dipenuhi oleh batuan karang yang berbentuk tajam, maka Anda tidak direkomendasikan untuk berenang ataupun bermain di sekitar garis pantai. Tak perlu khawatir, pantai Pintu Kota menyediakan banyak fasilitas yang bisa Anda gunakan.

3. Pantai Namalatu

Keindahan pantai Namalatu
By Eddieliku.blogspot.com

Lokasi pantai Namalatu : Klik disini.

Pantai Namalatu letaknya tak begitu jauh dari pantai Pintu Kota. Pantai ini memiliki areal pesisir yang indah dengan warna pasir putih cerah, sangat cocok buat dipandang sepanjang hari. Di depannya terbentang laut biru yang permukaannya berpendarkan cahaya matahari. Menariknya, tak seperti pantai Pintu Kota yang “enggan” diselami, pantai ini justru cocok buat kegiatan berenang dan diving lho. Tertarik untuk mencobanya ?

4. Pantai Natsepa

Para pengunjung di pantai Natsepa
By Triptrus.com

Lokasi pantai Natsepa : Klik disini.

Untuk mencapai pantai ini, Anda bisa menggunakan berbagai macam moda transportasi, mulai dari sepeda hingga mobil. Hal itu dikarenakan jalan menuju lokasi yang sudah beraspal sehingga mudah dilalui oleh berbagai jenis kendaraan. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Bahkan, lokasinya tak begitu jauh dari ATM dan resto.

Adapun keindahan pantai terletak pada pasirnya yang berbutir halus dan perairan yang nampak tenang. Bagian tepinya dipenuhi oleh pepohonan hijau yang meneduhkan. Datang ke sini paling nyaman dilakukan saat sore hari. Sebab, Anda bisa mengitari kawasan pesisirnya dengan nyaman tanpa terganggu oleh teriknya sinar matahari.

5. Pantai Nanseri

Laut jernih di pantai Nanseri
By Jalanwisata.id

Wilayah pantai Nanseri memang tak seberapa luas, namun pesonanya bisa membuat Anda terkagum-kagum. Penampakan airnya berbeda dengan penampakan air di pantai lain pada umumnya, dimana airnya berwarna agak kehijauan mirip air sungai. Meski demikian, airnya jernih karena jarang terjamah wisatawan. Anda bisa berenang di dalamnya untuk menikmati kesegaran air alami tanpa terganggu kehadiran wisatawan lain.

Pepohonan yang berdiri di sepanjang sisi pantai juga dibiarkan tumbuh secara alami. Alhasil, panoramanya lebih indah dan natural. Anda yang menyukai ketenangan sebaiknya tak melewatkan kesempatan menyambangi pantai ini bersama keluarga tercinta di akhir pekan, ya !

6. Pantai Santai

Destinasi wisata pantai Santai Ambon
By Eddieliku.blogspot.com

Lokasi pantai Santai : Jl. Waihaong Pantai, Kel Waihaong, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku ( klik untuk lihat peta ).

Dari namanya Anda sudah bisa menebak karakteristik pantai indah di Ambon ini. Kontur landai, pesisir luas serta laut yang bening sudah terbayang di kepala. Ya, pantai ini memang memiliki semua yang Anda butuhkan untuk bersantai, mulai dari pasir putih yang lembut, hingga laut yang membiru.

Namun, disini Anda bukan cuma bisa bermain pasir, melainkan juga bisa berkeliling menggunakan perahu. Ada banyak perahu yang bisa Anda sewa untuk pergi ke tengah laut. Perahu-perahu tersebut ditambatkan di dermaga dan seluruhnya siap mengantar Anda mengarungi samudera.

7. Pantai Pulau Pombo

Kesunyian di tepian pantai pulau Pombo
By Ksmtour.com

Lokasi pulau Pombo : Klik disini.

Menyambangi pantai yang satu ini, Anda tak perlu menempuh perjalanan jauh. Dari pusat kota Ambon, hanya butuh waktu kurang lebih 20 menit saja untuk bisa mencapai bibir pantai. Selama berlayar menuju lokasi, Anda sudah bisa melihat pulau ini dari kejauhan. Warnanya hijau karena dipenuhi oleh pepohonan, sementara pasirnya berwarna putih cerah.

Anda yang datang ke sini bisa menikmati sensasi berlibur layaknya di pulau pribadi. Pantainya asri dan masih jarang dikunjungi. Anda yang suka dengan suasana tenang, mestinya tak melewatkan kesempatan menyambanginya.

Dengan luas areal tak lebih dari 4 km persegi, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang unik, salah satunya ialah pemandangan burung-burung Pombo yang bertebaran di langit biru. Cantik sekali, bukan ?

8. Pantai Lawena

Keindahan alam pantai Lawena
By Pariwisatamaluku.wordpress.com

Lokasi pantai Lawena : Banda Sea, South Leitimur, Hutumuri, Leitimur Selatan, Kota Ambon, Maluku ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini menyimpan pemandangan yang tak biasa. Pesisirnya dipenuhi oleh pohon kelapa yang daunnya terus bergoyang di tiup oleh angin kencang. Di bagian bawahnya terbentang samudera biru yang kedalamannya bertingkat, dimana yang terdekat dengan garis pantai yang paling dangkal.

Saat berkunjung ke sini, Anda bukan hanya bisa memanjakan diri dengan mengeksplore keindahan pantai yang masih tersembunyi, melainkan juga bisa menikmati panorama sunset yang sangat indah.

Di sore hari, pantai Lawena menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Hamparan pasir seputih susu akan berubah menjadi kemerahan karena tertutup oleh rona jingga yang hangat. Belum lagi burung-burung akan terbang ke atas awan dan menyelinap di balik semburat cahaya keperakan.

9. Pantai Batu Lubang

Keunikan bentang alam pantai Batu Lubang
By YouTube

Lokasi pantai Batu Lubang : Klik disini.

Dinamakan Batu Lubang, pantai di kota Ambon ini punya bukit karang berlubang yang bentuknya mirip kapal. Ukurannya besar dan menarik perhatian. Untuk bisa melihat keindahannya secara langsung, Anda perlu membeli tiket masuk terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda bisa mengelilingi batu berlubang tersebut dengan cara menyusuri lintasan setapak yang dibangun oleh warga setempat. Asyik, lho.

10. Pantai Wainitu

Lokasi pantai Wainitu Ambon Maluku
By YouTube

Lokasi pantai Wainitu : Klik disini.

Pantai Wainitu adalah pantai berfasilitas lengkap. Di dalamnya terdapat landmark, jalur pejalan kaki sepanjang kurang lebih 350 meter, lapangan futsal dan voli, jembatan dan taman. Bahkan untuk anak–anak telah disiapkan kawasan bermain yang sudah dilengkapi dengan banyak properti. Di sepanjang garis pantai yang semampai juga ada beberapa gazebo yang bisa dijadikan tempat nyaman untuk beristirahat.

11. Pantai Felawatu

Lokasi pantai Felawatu : Klik disini.

Meski punya banyak fasilitas, pantai Felawatu masih kalah populer jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Padahal, selain bentang alam yang indah, pantai ini juga dilengkapi dengan ruang khusus untuk mengadakan meeting dan seminar. Di sekitarnya bahkan sudah berdiri bangunan–bangunan ruko, hotel, restoran dan tempat rekreasi yang bisa Anda singgahi kapan saja. Lengkap deh pokoknya !

Baca : Keelokan pantai di Manado selain Bunaken.

12. Pantai Seri

Lokasi pantai Seri : Klik disini.

Berdekatan dengan pantai Pintu Kota tak membuat nama pantai ini lantas melejit di benak wisatawan. Banyak orang masih mempertanyakan soal keberadaan pantai ini yang sebenarnya cukup dekat dengan pusat kota. Dari pantai Pintu Kota, Anda hanya perlu melaju sedikit ke arah timur untuk bisa menemukan pantai di Ambon yang satu ini.

Disini, Anda bisa menenangkan pikiran dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Suasananya pun terbilang asri karena dipenuhi oleh rerimbunan hutan yang menawarkan aroma khas alam. Bagaimana, Anda tertarik untuk segera datang ke sini ?

Yakin Ngga Mau Komentar ?

Yuk diskusi dengan saya. Gunakan nama asli ya, agar komentarnya disetujui.