Konon Keindahan 13 Pantai di Papua Ini Disebut-Sebut Berkelas Internasional

Meski letaknya berada di ujung timur Indonesia, kalau sudah ngobrolin wisata pantai di Papua, wilayah ini menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Keindahannya bahkan disebut–sebut masuk ke dalam kategori wisata kelas atas yang menyuguhkan pengalaman tak biasa.

Bukan hanya danau dan lembah saja lho, keindahan yang dimaksud disini juga mencakup destinasi yang berada di tanah pesisir Papua. Ingin tahu seperti apa pantai terindah di Papua yang bisa membuat hati kepincut ?

Wisata Pantai di Papua

1. Pantai Teluk Triton

Keindahan pantai di teluk Triton
By Idntimes.com

Lokasi teluk Triton : Klik disini.

Pantai Teluk Triton berada di sebuah kawasan yang digadang–gadang sebagai “Raja Ampat Kedua” di Papua. Dipenuhi oleh banyak gugusan pulau–pulau karang, pantai ini menawarkan pemandangan yang hijau. Di atasnya ada hutan yang tumbuh subur dengan daun yang merebak bebas.

Tak heran, bila saat datang ke sini, hal pertama yang akan Anda rasakan ialah sensasi adem dari alamnya yang masih asri.

Bicara soal perairan, pantai ini punya bentang laut yang jernih namun dangkal, sehingga cocok buat berenang. Anda bisa melihat terumbu karang dengan berbagai macam bentuk dan warna tanpa harus pergi terlalu jauh ke tengah lautan. Hanya saja, pantai ini kurang cocok untuk liburan keluarga karena fasilitasnya belum memadai.

2. Pantai Amai

Sunset di pantai Amai Papua
By Mbarlimabook.blogspot.com

Lokasi pantai Amai : Klik disini.

Pantai Amai merupakan salah satu tempat yang pas buat menghangatkan tubuh sekaligus memanjakan diri dengan aroma Samudera Pasifik yang khas. Wilayahnya cukup jauh dari pusat kota, sekitar 2 jam perjalanan. Namun, menempuhnya bisa dilakukan dengan mengendarai mobil.

Di pantai Amai, pemandangan di dominasi oleh hamparan pasir yang cukup luas serta birunya Samudera Pasifik yang indah. Di sekitarnya, pohon–pohon menjulang tinggi dan menutupi hampir sebagian besar wilayah pantai. Bila ke sini, jangan lupa menikmati kesegaran airnya dengan berenang.

3. Pantai Bosnik

Wisata alam pantai Bosnik
By Bumidanlangitdotcom.wordpress.com

Pantai ini jaraknya sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota. Tak heran, mengakses pantai ini terasa cukup mudah karena hanya tinggal menyusuri jalan raya yang memanjang di sisi pantai.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai ini ialah sore hari. Sebab, pada waktu tersebut pantai Bosnik akan nampak eksotis dengan balutan rona jingga yang terpantul melalui sela–sela mega.

Tetapi, mengunjunginya di siang hari tidak salah. Anda bisa melakukan banyak hal, mulai dari berjalan–jalan, bermain pasir, hingga berenang. Anda juga bisa merasakan hembusan angin yang tak terlalu kencang dari bilik gazebo yang berbaris rapi menghadap lautan. Menariknya, gazebo tersebut juga menawarkan pemandangan gugusan pulau Owi dan Auki.

4. Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari di Sorong
By Phinemo.com

Lokasi Tanjung Kasuari : Tanjung Kasuari, West Sorong, Sorong City, West Papua 98411 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Tanjung Kasuari bak oase di tengah padatnya kota Sorong. Pantai ini menampilkan pemandangan alam yang masih alami. Pesisirnya dipenuhi oleh penduduk lokal yang sibuk menjajakan makanan dan minuman.

Namun selain bisa mengisi perut, Anda juga bisa berkeliling pantai menggunakan perahu yang bisa di sewa untuk beberapa orang. Memilih diam saja di pesisir juga bisa jadi pilihan yang tepat. Di sini, Anda bisa berjemur sambil membuat foto liburan yang menarik untuk di upload ke sosial media. Bagaimana, tertarik ke sana ?

5. Pantai Harlem

Destinasi wisata pantai Harlem
By Baliemphoto.wordpress.com

Lokasi pantai Harlem : Klik disini.

Papua masih punya destinasi wisata bahari lainnya yang mengundang decak kagum. Ialah pantai Harlem yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Jayapura. Pantai ini dipenuhi oleh penduduk lokal yang hangat, beberapa diantaranya bahkan tidak segan mengucapkan ‘selamat datang’ pada wisatawan yang datang berkunjung.

6. Pantai Batu Pica

Keganasan ombak pantai Batu Pica Biak
By YouTube

Pantai Batu Pica di dominasi oleh batuan karang yang cukup tajam. Perairannya tidak direkomendasikan kepada para penghobi diving karena dihiasi oleh ombak yang cukup ganas. Tiap kali derainya menabrak bebatuan, maka akan timbul suara khas yang memecah keheningan.

Uniknya, pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik ini juga memiliki hamparan rumput hijau yang berdampingan dengan kolam–kolam kecil lho. Sangat indah bukan ?

7. Pantai Pasir Putih

Wisata pantai Pasir Putih Manokwari
By Pasirputihmanokwari.blogspot.com

Lokasi pantai Pasir Putih : Jl. Pasir Putih, Pasir Putih, Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Papua Barat 98313 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai di Papua barat ini menawarkan hamparan pasir putih yang membentang luas di sejauh mata memandang. Butirannya halus dan bersih dari sampah sehingga nyaman buat dijelajahi.

Datang ke sini paling nyaman dilakukan saat sore hari. Pada sore hari, Anda bisa bersantai di atas hamparan pasir sambil menikmati panorama sunset yang indah sambil ditemani pula oleh air kelapa yang menyegarkan.

8. Pantai Bakaro

Keindahan pantai Bakaro di Manokwari
By Raymangapul.wordpress.com

Lokasi pantai Bakaro : Sunsweni, West Manokwari, Manokwari Regency, West Papua 98313 ( klik untuk lihat peta ).

Letaknya bersebelahan dengan pantai Pasir Putih, namun pantai Bakaro memiliki karakteristik berbeda. Pesisirnya dipenuhi bebatuan yang memungkinkan Anda menjelajah hingga ke tengah laut. Jika menapaki bebatuan tersebut, Anda bisa melihat ikan berkumpul berebut makanan.

Airnya juga terbilang jernih dan terasa segar bila menyentuh kulit, sangat cocok buat Anda yang butuh refreshing.

9. Pantai Sinokisi

Keceriaan di pantai Sinokisi Papua
By Jurnaliscom.wordpress.com

Lokasi pantai Sinokisi : Klik disini.

Pantai Sinokisi memadukan dua bentang alam yang indah, yakni hamparan pasir putih dan lautan Pasifik. Keduanya indah dan nampak harmonis dalam garis pantai yang cukup panjang.

Dilengkapi beberapa pondok yang bisa dijadikan tempat bermalam, pantai ini menjadi favorit banyak orang. Tetapi, untuk mencapainya Anda perlu berperahu terlebih dahulu selama 30 menit dari Dermaga Depapre.

10. Pantai Pulau Venu

Penampakan pulau Venu dari atas
By TransMedia

Pantai di pulau Venu adalah destinasi yang tepat buat dikunjungi jika Anda gemar menghabiskan waktu bersama alam. Sebab, pantai ini berada di sebuah pulau yang masih alami. Di dalamnya tumbuh beraneka ragam jenis tumbuhan seperti Cemara Laut, Putat Laut, Waru Laut, Dadap Laut, Pandan dan Ketapang. Tak hanya itu, pantai ini juga sering disinggahi oleh penyu yang ingin bertelur. Mau lihat ?

11. Pantai Kaironi

Nama pantai Kaironi mungkin terdengar asing di telinga wisatawan. Bahkan warga lokal sendiri masih banyak yang belum mengetahui keberadaannya. Namun, memutuskan untuk berkunjung ke sini adalah hal yang tepat. Pasalnya, keindahan pantai ini menakjubkan.

Bentangnya masih sangat alami dan jauh dari sentuhan teknologi. Kalau datang sendirian, Anda bisa menghabiskan waktu dengan merenung atau mencari suasana baru untuk mengobati rasa jenuh akibat rutinitas kantor.

12. Pantai Pulau Um

Wisata pantai di pulau Um Sorong Papua
By Agenfiforlif.mc468.com

Lokasi pulau Um : Klik disini.

Pantai ini adalah jawaban atas keinginan Anda yang mendambakan suasana tenang di pulau terpencil. Disini, Anda bisa menikmati kecipak senja dibarengi buaian angin yang menyegarkan. Ada pula perairan yang menggoda dan pesisir yang nyaman buat dijelajahi.

Semuanya bisa Anda jemput di pulau Um. Tak perlu banyak persiapan, Anda hanya perlu menyiapkan fisik yang kuat untuk mengeksplore keindahan pantai ini selama seharian penuh. Tunggu apalagi ?

Baca : Destinasi bahari pantai di Maluku.

13. Pantai Holtekamp

Destinasi wisata pantai Holtekamp Papua
By Triptrus.com

Lokasi pantai Holtekamp : Klik disini.

Pantai Holtekamp menawarkan pemandangan yang berbeda dari pantai di Papua pada umumnya. Pesisirnya tidak hanya diburu oleh wisatawan yang ingin menikmati panorama senja saja, tetapi juga digandrungi wisatawan yang ingin menikmati view jembatan Hamadi – Holtekamp.

Jembatan tersebut memanjang sekitar 1.328 meter dari arah Hamadi ke arah Holtekamp. Dengan warna unik, jembatan ini terlihat mencolok dan ikonik. Karena keunikannya tersebut, jembatan ini juga menjadi landmark baru di kota Jayapura lho. Anda tertarik untuk mengamati keindahannya ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.