Yuk Cari Tahu Keunikan dan Keindahan Pantai Bopong Kebumen

Wisata pantai Bopong Kebumen
1 Shares

Pantai merupakan salah satu penampakan alam yang kerap kali menarik perhatian banyak orang berkat keindahannya yang memesona.

Tak sedikit pantai di Indonesia ini menyuguhkan  hamparan pasir yang bersinar yang dikelilingi tebing – tebing tinggi yang dihiasi dengan desiran ombak yang berkejar – kejaran.

Salah satunya adalah pantai Bopong Kebumen.

Pantai ini terletak di daerah Kebumen, tepatnya berlokasi di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, kabupaten Kebumen.

Pantai ini tidak jauh dari pusat kota seperti Kebumen dan Gombong yaitu sekitar 20 Km dari kota tersebut. Tak seperti pantai – pantai lainnya, Pantai Bopong diselimuti dengan pasir hitam yang tentu membuat para pengunjungnya akan terpana dengan kilauannya.

Sebagai Tempat Penangkaran Penyu

Penangkaran penyu di pantai Bopong

Nah, bagi kamu yang ingin melihat langsung berbagai macam penyu, datang ke pantai Bopong Kebumen adalah jawaban yang tepat.

Hal tersebut dikarenakan Pantai Bopong merupakan habitat sekaligus penangkaran alami penyu – penyu tersebut.

Jika musim kawin tiba, kamu dapat melihat banyak penyu berdatangan ke daratan dan mengubur telur mereka di bawah pasir.

Hal yang paling menarik yang tidak boleh kamu lewatkan adalah saat telur – telur tersebut menetas dan memperlihatkan bayi – bayi penyu yang baru lahir tersebut beranjak dari tempat persembunyian mereka menuju laut.

Namun, beberapa waktu belakangan ini, hal – hal diatas agak sulit terlihat oleh para pengunjung.

Hal ini dikarenakan banyak oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan keberadaan penyu sebagai barang yang dapat diperjualbelikan.

Pantai Bopong Kebumen dan Misteri Pantai Selatan

Nah, meskipun namanya pantai, tapi Anda jangan sekali – sekali untuk mencoba berenang di pantai ini ya !

Hal ini dikarenakan lokasi pantai Jawa Tengah ini masih termasuk wilayah pantai selatan yang dikenal dengan ombak yang tinggi dan ganas.

Namun, ada pula beberapa sumber yang menyambungkan masalah ini dengan cerita mistis tentang penguasa pantai selatan.

Oleh sebab itu, pengunjung dilarang untuk berenang di pantai ini dengan tujuan menghindari korban serta merusak / menodai cerita yang ada pada pantai ini.

Pantai Bopong juga tidak memiliki pos SAR sehingga sangat rawan bagi Anda jika tetap mencoba berenang di pantai ini.

Cara Menuju Pantai Bopong

Bagi kamu yang berminat untuk datang ke pantai ini, ternyata ada rute yang lebih mudah kamu lalui.

Perjalanan diawali dengan menuju kota kebumen, lalu carilah jalan Ronggowarsito, jalan raya Petanahan, kemudian melalui jalan Daendels hingga nantinya kamu akan bertemu dengan desa Surorejan kecamatan Puring.

Harga Tiket Masuk Pantai

Untuk harga tiket masuk pantai hanya akan dimintai sebesar Rp 2.000 untuk kamu yang datang dengan kendaraan roda 2 dan Rp 5.000 untuk kamu yang datang dengan mobil. Murah bukan ?

Yang paling mengejutkan lagi adalah semua wahana tidak akan dimintai uang tiket masuk lanjutan lagi dan kamu juga dapat berswafoto hingga puas.

Pantai Bopong Dipenuhi Spot Unik

Laguna di pantai Bopong

Nah, bagi kamu yang berpikir bahwa pantai Bopong sangat membosankan, kamu salah besar. Meskipun tidak dapat menikmati berenang disini, kamu dapat melakukan swafoto hingga puas di berbagai macam objek foto yang disediakan.

Beberapa objek foto tersebut dibuat dengan model kekinian dan dengan bahan – bahan yang ber-estetika tinggi sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin mengunggah foto liburan di Pantai Bopong ini ke sosial media.

Penutup

Itu dia beberapa informasi mengenai Pantai Bopong yang perlu kamu ketahui.

Meskipun pantai ini tak seperti pantai di Kebumen lainnya seperti pantai Menganti, namun nyatanya pantai ini tetap mampu mendapat perhatian lebih dari masyarakat khususnya untuk warga Kebumen sendiri.

Semoga pantai Bopong Kebumen dapat menjadi salah satu referensi destinasi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan khususnya di daerah Kebumen dan sekitarnya.

Selamat berlibur, ya !

1 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *