Daftar 12 Pantai di Flores Sekitarnya Ini Sukses Bikin Wisatawan Jatuh Hati

Deretan pantai di Flores dianugerahi pesona luar biasa. Keindahannya sudah diakui banyak orang sebagai salah satu yang terbaik di tanah Timur. Sayangnya, hal ini masih menjadi rahasia sampai akhirnya para traveller menyingkapnya dalam deretan pantai indah berikut ini. Ada apa saja ? Yuk simak 12 pantai indah di Flores yang bisa bikin Anda klepek-klepek !

Wisata Pantai di Flores

1. Pantai Kawaliwu

Aktivitas di pantai Kawaliwu
By Medium.com

Lokasi pantai Kawaliwu : Kawaliwu, Riangkotek, Lewo Lema, East Flores Regency, East Nusa Tenggara ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Kawaliwu jadi salah satu destinasi yang tepat buat mengawali momen liburan Anda. Pantai ini menawarkan pengalaman bermain air yang seru. Dimana Anda bisa merasakan sensasi menyentuh air hangat yang bersumber langsung dari gunung Ile Padung ( Gunung Ile Mandiri ) yang merupakan gunung berapi tak aktif di daerah Lewolema.

Namun, untuk dapat merasakannya Anda perlu mengeruk pasir di kawasan pantai Kawaliwu terlebih dahulu. Tak perlu menghabiskan banyak tenaga, Anda hanya perlu mengangkat beberapa bongkah batu saja untuk bisa melihat genangan air yang dimaksud.

2. Pantai Taka Makassar

Keindahan pantai di pulau Taka Makassar
By Superadventure.co.id

Taka Makassar adalah nama salah satu pulau kecil di Flores yang bentangnya diselingi oleh rerimbunan ilalang. Hamparan pasirnya berwarna putih cerah dan dikelilingi oleh lautan yang berwarna kebiruan. Datang ke sini, Anda bakal merasa seperti berlibur di pulau pribadi karena pesisirnya masih sepi.

Biasanya, selain merintang mata dengan pemandangan laut yang mengelilingi pantai 360 derajat, wisatawan juga akan menyelam ke bawah air untuk melihat keindahan terumbu karang dan hewan–hewan laut yang hidup di dalamnya. Tertarik untuk melakukannya juga ?

3. Pantai Koka

Wisata pantai Koka Flores
By Wisatakomodotours.com

Lokasi pantai Koka : Klik disini.

Nama pantai Koka sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar masyarakat pulau Flores. Pasalnya, sudah banyak cerita tentang keindahan pantai ini yang menarik perhatian wisatawan dalam maupun luar negeri.

Pantai yang menjadi favorit banyak orang ini biasanya dikunjungi saat libur panjang. Ada yang datang secara berkelompok dan ada pula yang datang sendirian. Semuanya sama–sama tertarik untuk menyaksikan pemandangan alam nan indah di pantai Koka Flores.

4. Pantai Gili Lawa Darat

Pantai di Gili Lawa Darat
By Travelingyuk.com

Lokasi Gili Lawa Darat : Klik disini.

Pantai ini merupakan salah satu pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo. Tak heran, pemandangannya indah dan mampu memikat perhatian banyak orang. Daya tarik pantai ini terletak pada gugusan pulau-pulau kecil nan cantik yang tersebar di sekitar perairannya.

Namun selain itu, pantai ini juga masih menjaga bentang aslinya lho. Hal itu terbukti dari rumput yang dibiarkan tumbuh bebas di area perbukitannya. Cocok sekali deh buat Anda yang menyukai lanskap savana !

5. Pantai Penggajawa ( Batu Biru )

Wisata pantai Penggajawa Batu Biru
By Kenandari.blogspot.com

Lokasi pantai Penggajawa : Klik disini.

Pantai ini unik karena menawarkan karakteristik lahan yang tak umum. Area bibir pantainya dipenuhi oleh bebatuan yang berwarna indah. Seolah bersaing dengan warna lautan, batuan tersebut memiliki warna biru kehijauan yang enak dilihat dari berbagai macam sudut pandang.

Ukurannya bermacam–macam, ada yang bulat, lonjong, kotak hingga tak beraturan. Berjalan tanpa alas pun masih dapat dilakukan di sini karena batuannya memiliki permukaan yang halus dan nyaman di kaki.

Selain mempercantik pesisir pantai Penggajawa, batuan tersebut juga menjadi komoditas penting bagi penduduk sekitar. Mereka mengumpulkan dan memilah batuan berdasarkan bentuk dan ukurannya untuk kemudian dijual kepada wisatawan yang tertarik membawanya pulang.

6. Pantai Kampung Ujung

Wisata pantai yang satu ini juga tak kalah populer di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Garis pantainya membentang panjang dan dipenuhi oleh hamparan pasir yang berbutir halus. Melalui tepiannya, Anda bisa melihat panorama sunset yang indah dengan siluet perbukitan yang cantik menawan.

Tetapi, pantai ini bukan sekedar tempat yang cocok buat menyaksikan sunset saja, melainkan juga spot yang tepat buat berburu kuliner. Soal rasa, nggak akan kalah deh sama masakan modern.

7. Pantai Pasir Putih Waecicu

Keindahan pantai Waecicu
By Ayana.com

Lokasi pantai Waecicu : Klik disini.

Pantai berpasir putih ini adalah tempat yang tepat buat menyegarkan pikiran dengan pemandangan kapal wisata internasional yang berwarna-warni. Sekelilingnya sudah dipadati oleh bangunan serta resort / hotel mewah yang bisa dijadikan pilihan saat lelah.

Aktivitas yang cukup populer di sini ialah berjemur dan bersantai. Maklum, pesisirnya bukan hanya luas tetapi juga bersih dari sampah sehingga nyaman buat berbagai macam kegiatan. Bahkan, kalau sabar menunggu hingga sore, Anda juga bisa menyaksikan panorama senja yang indah lho.

8. Pantai Ena Gera

Wisata alam pantai Ena Gera
By Metrobuananews.com

Udara di sini segar dan suasananya hening. Hanya ada keriap ombak yang pecah menabrak bibir pantai yang membentang luas. Sejauh mata memandang, tak ada hal lain selain kecantikan alam yang menghipnotis. Lautnya pun kemilau, kadangkala tersipu malu dipeluk matahari hangat.

Anda yang datang ke sini tak akan menyesal karena keindahannya juga dilengkapi dengan suasana asri dan teduh yang berasal dari barisan pepohonan yang berdiri di sekitar pesisirnya.

9. Pantai Tanjung Kajuwulu

Destinasi pantai Kajuwulu Flores
By Pictame.com

Lokasi pantai Kajuwulu : Jalan Raya Magepanda, Magepanda, Sikka, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ( klik untuk lihat peta ).

Anda ingin menyaksikan dua bentang alam dalam satu tempat secara bersamaan ? Coba mampir ke pantai Tanjung Kajuwulu. Pantai ini menyajikan pemandangan perbukitan yang berpadu dengan hamparan laut eksotis.

Jarak tempuhnya jika di ukur dari pusat kota Maumere ialah sekitar 20 sampai 30 menit perjalanan. Untuk pengalaman yang lebih berkesan, datanglah di waktu fajar. Anda bisa melihat pemandangan sunrise yang indah, dimana langit akan merekah bersama matahari yang naik ke awan.

10. Pantai Watotena

Keindahan pantai Watotena
By YouTube

Lokasi pantai Watotena : Lewobunga, Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur ( klik untuk lihat peta ).

Kata Watotena bermakna “batu yang berbentuk seperti perahu”. Tak jauh dari makna tersebut, pantai ini memang memiliki pemandangan yang unik. Di mana pada pesisirnya ada sebuah batu yang berbentuk seperti perahu. Memang tidak persis, namun jika di lihat dari kejauhan, maka gugusan batu tersebut akan terlihat seperti perahu yang berlayar di lautan.

Wisatawan biasanya akan langsung sibuk dengan kamera mereka untuk mendokumentasikan kecantikan tersebut. Anda tertarik melakukannya ?

11. Pantai Pede

Wisata alam pantai Pede
By Pusatinfowisata26.blogspot.com

Lokasi pantai Pede : labuan arah, Bajo, Goron Talo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ( klik untuk lihat peta ).

Belakangan ini, pantai Pede kecantikannya sedikit berkurang. Penyebabnya tak lain ialah karena ulah pengunjung sendiri yang enggan menjaga kebersihan lingkungan. Sampah–sampah berserakan dan membuat pemandangan jadi kurang menyenangkan.

Namun di balik itu, pantai ini masih layak buat disambangi, terutama oleh Anda yang suka suasana natural. Pesisirnya asri dan alami bahkan dipenuhi oleh tanaman liar yang dibiarkan tumbuh secara bebas. Ada pula pepohonan dengan daun rimbun yang bisa Anda jadikan tempat berteduh.

Melengkapi pemandangan tersebut juga ada perairan biru yang dangkal dan tenang. Cocok deh buat Anda yang suka berenang !

Baca : Referensi pantai di Papua berkelas dunia.

12. Pantai Ria Ende

Sunset di pantai Ria Ende
By Satutenda.com

Lokasi pantai Ria Ende : Jl. Bhakti, Kel. Kotaratu, Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur ( klik untuk lihat peta ).

Lokasi pantai Ria Ende letaknya tak seberapa jauh dari pusat keramaian kota, bahkan bisa Anda tempuh hanya dengan berjalan kaki dari kota Ende selama kurang lebih 10 menit saja.

Disebut–sebut memiliki garis pantai terpanjang di Kabupaten Ende, pantai di Flores ini menyajikan hamparan pasir yang ‘bersahabat’ untuk berbagai macam kegiatan. Gelombang lautnya pun tak begitu besar, hanya sekadar menciptakan suara gemuruh saja.

Menariknya, di sini Anda juga bisa mencicipi ikan bakar dan aneka minuman tradisional yang diracik langsung oleh penduduk lokal. Jika suka ngemil, Anda juga bisa memesan ubi goreng untuk menemani aktivitas santai Anda bersama keluarga tercinta. Bagaimana, tertarik menyambanginya ?

Yakin Ngga Mau Komentar ?

Yuk diskusi dengan saya. Gunakan nama asli ya, agar komentarnya disetujui.