5 Destinasi Wisata Pantai di Pekalongan Ini Sukses Bikin Wisatawan Penasaran

Sebelum berbicara tentang topik wisata pantai di Pekalongan, Apa yang terlintas di benak Anda ketika memikirkan kota ini ? Tentu, kain Batik dengan berbagai motif khasnya. Tetapi, Pekalongan bukan sekedar aktif memproduksi kain Batik saja, melainkan juga kaya akan aspek wisata.

Mulai dari ujung timur hingga barat, semuanya menyajikan keindahan alam yang menakjubkan, yakni berupa bentang hutan mangrove dan pantai yang sayang untuk dilewatkan. Kalau Anda seorang penikmat pantai, maka deretan pantai Pekalongan berikut ini cocok buat mengisi itinerary Anda.

Pantai di Pekalongan Jawa Tengah

1. Pantai Slamaran Indah

Wisata alam pantai Slamaran Indah
By Majalahku.com

Lokasi pantai Slamaran Indah : Krapyak Lor, North Pekalongan, Pekalongan City, Central Java ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Slamaran Indah adalah salah satu keindahan alam yang patut dinikmati saat berada di Pekalongan. Lokasinya berada di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Cukup strategis karena hanya berjarak kurang lebih 5 km dari Alun-Alun. Anda yang menuju pantai ini akan dibantu oleh papan petunjuk yang mudah ditemukan.

Sampai di lokasi, gapura sederhana dan dua menara yang terhubung rangkaian besi akan langsung menyambut kedatangan Anda. Di dekatnya, petugas sudah bersiap menawarkan karcis yang bisa di beli dengan harga kurang lebih Rp. 5.500 per orang.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir mobil sebesar kurang lebih Rp. 5.000 per unit. Setelah membayar harga tiket masuk dan biaya parkir, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju bibir pantai.

Pantai Slamaran Indah mungkin tak seperti pantai pada umumnya yang memiliki bentang pasir cukup luas. Areal pesisirnya hanya di dominasi oleh bebatuan berbatas sabuk pengaman yang terbuat dari tanggul beton. Tanggul tersebut ditanam di sepanjang garis tepi untuk mengurangi abrasi yang makin “ganas” mengikis wilayah pesisir utara Pekalongan.

Bila ingin ke sini, Anda bisa datang pada sore hari. Saat sore, pantai Slamaran Indah akan menampilkan panorama sunset yang memukau. Ada matahari yang kembali ke peraduannya ditemani oleh kepakan sayap dari burung walet yang berputar-putar di atas langit senja. Tak lupa, angin sepoi-sepoi juga turut memberi kenyamanan. Wah, dijamin bakal betah deh.

2. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana Pekalongan
By Ksmtour.com

Lokasi pantai Pasir Kencana : Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah ( klik untuk lihat peta ).

Letaknya tak seberapa jauh dari pantai Slamaran Indah, berkisar jarak 8,2 km saja jika ditempuh lewat perjalanan darat. Banyak dipilih oleh para wisatawan sebagai tempat refreshing, wisata pantai ini memiliki wilayah pesisir yang cukup bersih sehingga nyaman untuk kegiatan santai. Selain itu, pantai ini juga berada tak jauh dari tempat pelelangan ikan sehingga Anda bisa melihat-lihat hasil tangkapan ikan sekaligus membawanya pulang.

Menyusuri areal pesisir, ada hal menarik lainnya yang tak pernah gagal menarik perhatian para penghobi foto. Ialah Jembatan Cinta. Jembatan ini menarik perhatian karena menampilkan warna-warna terang yang nampak bagus bila di potret. Jika tertarik, Anda juga bisa berfoto di atas jembatan atau sekedar melepas penat dengan melihat pemandangan.

Selain itu, bagi Anda yang sudah pernah ke sini, Anda mungkin berharap bisa mencoba beberapa aktivitas seru seperti naik perahu, bermain trampolin atau bebek air. Sayangnya, fasilitas tersebut sudah tidak bisa dinikmati lagi sejak serangan banjir rob beberapa tahun lalu. Banjir tersebut membuat beberapa wahana rusak dan tidak dapat difungsikan kembali, begitu pula dengan pepohonan di sisi timur yang sudah tidak seramai dulu.

Meski demikian, bukan berarti pantai Pasir Kencana tak bisa dinikmati. Sebab, di dalamnya masih terdapat suguhan menarik yang bisa menyegarkan mata, mulai dari bentang laut yang menenangkan, aneka kuliner yang mengenyangkan, hingga panorama sunset yang mendebarkan.

3. Pantai Sunter Depok Indah

Pantai Sunter Depok Indah Pekalongan
By YouTube.com

Lokasi pantai Sunter Depok Indah : Sawah, Depok, Siwalan, Pekalongan, Central Java 51137 ( klik untuk lihat peta ).

Berlokasi di daerah Blacanan, Kecamatan Siwalan, pantai di Pekalongan ini merupakan pilihan yang tepat untuk melepas penat. Selain harga tiket masuk yang cukup murah, ada pemandangan indah yang bisa menghibur hati Anda. Bentang pantainya membujur ke arah timur – barat dan dipenuhi oleh rumput hijau serta pohon kelapa yang menambah keteduhan.

Menariknya, di sekitar pantai ada banyak wahana dengan permainan yang bisa Anda coba untuk mengisi waktu luang. Ada pula area bermain anak yang sudah dilengkapi dengan ayunan, jungkat-jungkit dan seluncuran.

Bila lelah, Anda bisa beristirahat di gazebo atau belok ke warung makan di sekitar pantai yang menyajikan menu lezat dengan harga murah.

Untuk mencapai pantai Sunter Depok Indah, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 16 km dari pusat kota Pekalongan dan membayar harga tiket masuk sebesar kurang lebih Rp. 10.000. Karena letaknya cukup strategis, maka Anda tidak harus membawa kendaraan pribadi untuk bisa mencapai lokasi tersebut. Cukup pilih bus yang menawarkan rute searah dengan pantai, Anda pun bakal diantar langsung ke tujuan.

4. Pantai Asri Api-Api

Destinasi pantai Asri Api-Api
By Deden82anakpantai.wordpress.com

Lokasi pantai Asri Api-Api Pekalongan : Sawah, Api-Api, Wonokerto, Pekalongan, Central Java 51153 ( klik untuk lihat peta ).

Ingin menikmati bentang pantai yang masih alami ? Pantai Asri Api-Api jawabannya. Pantai ini belum mendapat banyak polesan modern. Oleh karena itu, Anda bisa menjelajahi pesisirnya dengan leluasa karena lahannya belum dipasangi sabuk pengaman apapun.

Di sini, Anda akan menemukan hamparan pasir yang membentang luas dari ujung timur hingga ujung barat. Butirannya yang lembut memberi rasa nyaman di kaki. Saya pun yakin Anda tak akan merasa keberatan walau menjelajahinya dengan kaki telanjang.

Menatap dari garis tepi, ada pohon nyiur yang berbaris rapi di sepanjang pantai dan menambah kesan asri. Sementara itu, perairannya jernih, sampai-sampai mata tak kuasa menatapnya karena ada cahaya menyilaukan.

Melihat ke atas, langit sebiru lautan terlihat mendominasi pemandangan. Selain mendamaikan, warnanya juga menampilkan perpaduan yang apik. Anda yang datang di waktu tengah hari mungkin tak bisa mengitari sisi pantai terlalu lama karena cuacanya cukup panas. Tetapi lain halnya jika datang di sore hari. Pada waktu tersebut, Anda bisa bebas bereksplorasi karena cuacanya lebih bersahabat.

Bukan hanya mengeksplore pantai saja, Anda juga bisa mengeksplore kuliner lokal yang dijajakan di sekitar pantai.  Ditemani keluarga tercinta dan semburat senja, menyantap makanan tentu terasa lebih nikmat, bukan ?

5. Pantai Wonokerto

Wisata alam pantai Wonokerto
By Cintapekalongan.com

Lokasi pantai Wonokerto Pekalongan : Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan, Central Java ( klik untuk lihat peta ).

Masih satu wilayah dengan pantai Asri Api-Api, ada pantai Wonokerto yang menyodorkan pemandangan tak kalah eksotis. Letaknya berada di Desa Wonokerto Kulon, Kecamatan Wonokerto. Pantai ini masih mempertahankan wilayah pesisirnya dari serangan ombak ganas yang menyerbu.

Pasirnya tidak berwarna putih, tetapi agak kehitaman. Namun, berjalan di atasnya terasa sangat nyaman, teksturnya cukup padat, membuat kaki Anda mudah melangkah. Anda bisa mengelilingi pantai dengan dua cara, yakni berjalan kaki atau menaiki perahu. Jika memilih berperahu, maka Anda bisa menikmati pantai dari sisi yang berbeda. Pemandangannya tentu sangat keren dan menarik untuk di potret.

Berdiam di darat juga tak kalah seru. Areal pesisir pantai di Pekalongan ini dipenuhi oleh rimbun pepohonan, dan akan membuat kegiatan santai Anda dan keluarga terasa lebih menyenangkan. Keberadaan pohon-pohon tersebut selain menambah keteduhan juga turut menjaga pesisir pantai Wonokerto dari ancaman abrasi lho. Wah, patut dijaga nih !

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?