5 Destinasi Wisata Pantai di Semarang Yang Menjadi Favorit Para Wisatawan

Bila berencana pergi ke kota Lumpia di akhir pekan ini, luangkanlah sedikit waktu untuk menyambangi destinasi wisata pantai di Semarang. Meskipun wisata pantai bukan pilihan favorit di kota ini dikarenakan kondisi cuaca yang panas, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati keindahan alam di pesisir kota yang disebut–sebut sebagai kembaran Venesia tersebut.

Anda hanya perlu memilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Alih–alih memilih waktu di siang hari, Anda bisa mengunjunginya di waktu pagi atau sore hari. Berikut ini rekomendasi 5 pantai di kota Semarang yang cocok buat dikunjungi saat akhir pekan.

Wisata Pantai di Semarang

1. Pantai Maron

Senja di pantai Maron
By Inet.detik.com

Lokasi pantai Maron Semarang : Klik disini.

Berada di dekat landasan pacu bandara Ahmad Yani, pantai Maron menyajikan pemandangan yang cukup berbeda dari pantai pada umumnya. Selain ada bentang pantai yang memanjakan mata, ada pemandangan hilir mudik pesawat terbang yang turut mewarnai cakrawala. Bukan hanya menjadi keunikan, hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin merasakan suasana pantai lebih damai.

Menyuguhkan kebisingan suara pesawat yang bikin suasana tambah semarak, pantai ini jadi andalan turis yang suka keramaian atau sekedar hobi melihat pesawat terbang. Namun, bukan hanya itu, pantai Maron juga menawarkan tanah yang landai dan nyaman buat dijelajahi. Sehingga anak–anak bisa bermain dengan aman tanpa perlu dikawal terlalu ketat.

Ada pula hutan Mangrove yang berjejer rapi di sepanjang tepian dan membuat suasana pantai menjadi lebih asri dan teduh. Anda bisa bersembunyi di bawah rimbun dedaunan untuk sekedar ngadem atau menghindari sengatan sinar matahari.

Datang ke sini, Anda juga bisa melihat budidaya tambak laut sekaligus berburu foto di beberapa spot yang instagramable, seperti lintasan batu, hutan, jembatan kayu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari pusat kota Semarang, pantai ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit lewat jalur MT. Haryono. Sementara, saat mendekati lokasi kemampuan berkendara Anda pun bakal diuji dengan kondisi jalan yang masih alami, berbatu dan berlubang. Meski demikian, jalan tersebut tetap aman kok buat di lintasi, jadi tenang saja ya.

2. Pantai Marina

Wisata pantai Marina Semarang
By Pantaiindonesia.net

Lokasi pantai Marina Semarang : Klik disini.

Pantai ini cukup populer di kalangan wisatawan lokal, begitu pula di telinga turis mancanegara. Lokasinya berada di ujung kota Semarang dan berdekatan dengan kandang Rusa Marina.

Menawarkan keindahan alam yang menggoda, pantai Marina bisa dijadikan tujuan yang tepat untuk refreshing mata dan pikiran. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini ialah menjelang petang, sebab pada saat itu, pantai Marina akan diselimuti senja yang membawa warna jingga.

Selain itu, pantai ini juga tak seperti pantai kebanyakan yang menawarkan hamparan pasir lembut. Sebaliknya, kawasan pesisir pantai Marina justru di dominasi oleh pasir padat serta bongkahan batu yang cukup besar.

Ada jalan setapak yang memanjang di tepi pantai dan dibatasi oleh bebatuan yang nampak seperti pemecah gelombang sederhana. Jalan tersebut biasa dijadikan spot nyantai anak muda. Adapun jika Anda membawa kamera, Anda bisa mengabadikan banyak hal di jalan tersebut, mulai dari keindahan alam hingga foto liburan.

Dengan pose yang tepat dan efek senja di balik tubuh, hasil jepretan bisa terlihat bagaikan siluet, lho. Tertarik mencobanya ?

3. Pantai Tirang

Wisata alam pantai Tirang
By Blog.jadipergi.com

Lokasi pantai Tirang Semarang : Tugurejo, Tugu, Semarang City, Central Java 50182 ( klik untuk lihat peta ).

Cukup siapkan uang sebesar Rp. 5.000 saja untuk bisa menikmati keindahan alam di pantai di Semarang yang eksotis ini. Lokasinya berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Tugurejo, tak seberapa jauh dari pantai Maron.

Di sini, Anda bisa melihat kegiatan para nelayan yang asyik membudidayakan rumput laut serta para penggiat lingkungan sedang berusaha menyelamatkan kawasan pantai dari ancaman abrasi yang kian serius.

Ya, pantai Tirang memang dulunya eksotik dan menyimpan banyak keindahan alam termasuk berbagai jenis ikan yang menarik perhatian para pemancing. Namun, kini kondisinya agak memprihatinkan karena wilayahnya terus tergerus oleh derasnya ombak. Meski begitu, tak berarti pantai Tirang kehilangan daya tariknya di mata pelancong. Sebaliknya, destinasi pantai ini semakin menarik karena lanskap yang ditawarkan pun lebih unik.

Anda bahkan bisa menyaksikan ribuan burung Kuntul dan Blekok yang hinggap di ranting Mangrove. Dengan kondisi seperti itu, pantai Tirang juga bisa jadi obyek wisata edukatif lho. Para pengunjung bisa memetik pelajaran berharga dari pemandangan tersebut, bahkan bisa ikut mengupayakan kesembuhan pantai Tirang dengan cara menanam pohon Mangrove di sekitar tepian. Bagaimana, Anda tertarik mencobanya ?

4. Pantai Baruna

Ilalang di pantai Baruna Semarang
By Yukpiknik.com

Lokasi pantai Baruna Semarang : Klik disini.

Belum pernah dengar nama pantai Baruna sebelumnya ? Pantai ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun akses jalan yang kurang baik membuat namanya tak kunjung melejit. Lokasinya berada di sebelah timur pantai Marina atau sekitar 17 km dari pusat kota Semarang.

Mendapat julukan pantai Nyamuk, pantai ini menghadirkan panorama matahari terbit ( sunrise ) yang cantik. Tak heran, pantai ini bakal lebih ramai dengan pengunjung setiap pagi harinya.

Untuk memasuki kawasan pantai, Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 5.000 saja untuk membeli tiket masuk. Sementara, bagi pengendara mobil akan dikenakan tarikan sebesar Rp. 10.000 untuk membayar biaya parkir. Kemudian, Anda perlu berjalan kaki melewati lintasan berbatu untuk mencapai bibir pantai yang letaknya 1 km dari jalan.

Beberapa orang merekomendasikan pantai ini sebagai tempat memancing ikan karena suasananya masih sepi. Sementara, sebagian yang lain mereferensikannya sebagai tempat berburu foto.

Anda bisa memilih aktivitas mana saja yang Anda sukai. Sebab pantai ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk kegiatan memancing maupun berburu foto, mulai dari laut yang tenang hingga hamparan padang ilalang.

Baca : Keelokan 8 pantai di Kalimantan.

5. Pantai Cipta

Destinasi pantai Cipta
By Yogyakarta.panduanwisata.id

Lokasi pantai Cipta Semarang : Jl. Kw. Cipta |||, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah ( klik untuk lihat peta ).

Pantai yang satu ini letaknya tak begitu jauh dari pantai Baruna, sekitar 4,3 km saja sehingga bisa ditempuh dalam waktu 15 menit perjalanan. Namun, mengakses pantai ini lebih mudah karena lokasinya tepat berada di pinggir jalan raya, tepatnya di Jalan Kw. Cipta III. Area pesisirnya hanya memiliki sedikit pasir dan di dominasi oleh bebatuan berbagai macam ukuran.

Menyambangi pantai Cipta paling nyaman dilakukan saat sore hari, sebab Anda bisa menyaksikan panorama sunset yang indah ditemani oleh ombak laut yang bergulir. Anda juga bisa menyisir tepian untuk menemukan keindahan yang masih tersembunyi atau bermain di wilayah laut dangkal.

Tak perlu ragu mengajak keluarga tercinta untuk datang kemari, karena pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mushola, toilet, kamar bilas, area parkir, dan gazebo.

Urusan perut juga tak perlu dijadikan beban pikiran. Ada banyak kedai hingga warung makan yang bisa Anda sambangi ketika rasa lapar mulai menyerang, misalnya saja Kopi Depo Cafe, Warung Makan Sederhana Ibu Siti Chodijah, Aneka Penyetan Mbak Dewi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sayangnya warung–warung tersebut berada di luar kawasan pantai di Semarang satu ini, sehingga hanya bisa dicapai dengan perjalanan kurang lebih 5 menit menggunakan mobil. Kalau mau, Anda juga bisa berjalan kaki, tetapi bakal capek banget sih. Jadi, mana yang akan Anda pilih ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.