Pesona Pantai Baron Bersanding Dengan Kemegahan Mercusuar

Pantai Baron Gunungkidul Jogja
8 Shares

Saat berlibur ke Jogja, sudahkan Anda menjelajahi kawasan pantai Gunungkidul yang cantik seperti pantai Indrayanti, pantai Baron, dan banyak lagi yang lainnya ?

Benar sekali. Ketika membicarakan destinasi pantai di Jogja nampaknya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Dari sekian banyak jenis tempat wisata, pantai adalah salah satu yang terbanyak, khususnya di kabupaten Gunungkidul.

Seperti pantai Baron, pantai yang terkenal dengan mercusuar nya ini menjadi salah satu destinasi terbaik bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan kerabat.

Jika dilihat sekilas, mungkin tak ada yang spesial dari salah satu wisata pantai Jogja ini. Akan tetapi, keindahan asli alamnya yang masih terjaga yang menjadikan pantai Baron begitu menarik untuk dikunjungi.

Dengan hamparan pasir putih dan perbukitan yang menjulang tinggi di sekeliling pantai yang ditumbuhi tumbuhan hijau menjadikan suasana di tempat ini begitu teduh.

Terlebih lagi jika umumnya air laut berwarna biru muda, di kawasan pantai Baron air lautnya nampak terlihat hijau, yang menandakan betapa asrinya alam sekitar pantai.

Dan satu hal yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang ke sini, yaitu adanya pertemuan air sungai dan air laut.

Di lokasi ini pengunjung sering menghabiskan waktu untuk berenang dan bermain air.

Bahkan dari tempat pertemuan air laut dan air sungai tersebut menjadi salah satu misteri pantai Baron yang cukup di percaya masyarakat sekitar, yaitu ketika sepasang kekasih mandi atau bermain air di tempat tersebut akan disatukan, sekalipun status dan golongannya berbeda.

Pesona Pantai Baron

Tahukah Anda apa yang menjadikan pantai Baron menjadi salah satu nama pantai di Jogja yang cukup terkenal ? Tentu saja karena pesona alamnya yang indah dan unik.

Kondisi pantai yang menyerupai teluk kecil dihimpit oleh dua bukit pada sisi kanan dan kiri pantai, yang menjadikan pantai ini bukan hanya nampak tenang namun juga sejuk.

Meskipun pasir di pantai Baron cenderung kecoklatan namun berpadu dengan air laut yang nampak kehijauan menjadikan satu kesatuan yang sempurna.

Kesan eksotis pun lebih nampak dengan warna pasir yang kecoklatan.

Warna kehijauan menandakan betapa jernihnya air di pantai Baron. Hal ini pula yang memungkinkan wisatawan dapat bermain air di kawasan bibir pantai.

Hanya saja, wisatawan tetap disarankan untuk tidak melewati batas aman yang telah ditentukan, karena ombak pantai selatan yang terkenal besar.

Mercusuar Pantai

Mercusuar pantai Baron Gunungkidul

Tidak puas dengan keindahan alam yang begitu memukau ? Anda bisa menikmati keindahan lain yang bisa di bilang sangat langka, yaitu adanya mercusuar.

Letak mercusuar sendiri tak jauh dari pantai Baron, hanya berkisar ratusan meter dari bibir pantai dan berada di atas tebing karang.

Pada tahun 2014 lalu, mercusuar di pantai ini telah di renovasi menggantikan mercusuar lama.

Memiliki tinggi 40 meter dengan fungsi utama sebagai pemandu kapal ketika melintas, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mendekat ke bangunan penting ini.

Namun tak perlu khawatir, karena setiap wisatawan dapat mendekat dan masuk ke dalam bangunan 9 lantai ini.

Dari atas balkon mercusuar Anda bisa menikmati betapa indah dan sempurnanya pemandangan pantai Baron.

Dari atas mercusuar pula Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang hamparan laut yang terbentang luas dengan perbukitan tinggi yang membentengi sepanjang garis pantai.

Hanya saja, Anda harus ekstra berhati – hati ketika berada di atas dan saat meniti tangga ke atas mercusuar, mengingat kondisi tangga di tempat ini yang licin.

Fasilitas di Sekitar Pantai

Bagi Anda yang ingin datang dan menikmati keindahan pantai Baron tak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia di tempat ini.

Berbagai fasilitas umum seperti toilet, mushola, tempat parkir dan lain – lain dapat dengan mudahnya Anda jumpai.

Di sini juga terdapat banyak warung kecil dan restoran yang menyediakan berbagai makanan khas laut dengan cita rasa khasnya seperti kepiting, ikan bakar, udang dan lain sebagainya.

Bahkan bagi Anda yang ingin membeli oleh – oleh untuk keluarga di rumah pun bisa membelinya di toko yang berada tak jauh dari lokasi pantai.

Sedangkan untuk Anda yang ingin bermalam dan menikmati betapa indahnya langit pantai, beberapa pilihan penginapan di pantai Baron dengan harga terjangkau banyak tersedia.

Camping dan Memancing

Nah ini dia yang menjadi magnet lain dari wisata pantai Baron, yaitu adanya camping ground dan tempat memancing khusus bagi Anda yang telah puas menikmati keindahan pantai dan masih ingin menghabiskan waktu di sini.

Dari lokasi camping ground ini Anda juga bisa sekedar bermain dan bercengkrama bersama keluarga tercinta.

Menikmati sejuknya hawa pantai dan keindahan langit jingga di sore hari menjadikan suasana begitu menenangkan hati.

Dari lokasi ini pula Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam yang menawarkan gradasi warna pada langit menjadi oranye, ditemani terpaan angin laut dan deburan ombak.

Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Bron Gunungkidul Jogjakarta

Setelah membahas betapa menariknya pantai Baron tentu sangat disayangkan jika Anda masih mengurungkan niat untuk datang ke lokasi ini.

Dengan begitu banyaknya sisi menarik pantai, mulai dari pesona alam, mercusuar hingga berbagai fasilitasnya, pastikan Anda menjadikan pantai Baron sebagai salah satu destinasi wajib saat liburan.

Lokasi pantai Baron berada di Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul.

Jika di tempuh menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih akan memakan waktu 1,5 hingga 2 jam dari arah kota Yogyakarta.

Harga tiket masuk pantai Baron hanya 10.000 saja per orang.

Bahkan harga tersebut sudah termasuk harga tiket masuk untuk kawasan pantai Krakal, Kukup, dan Sundak. Dimana pantai – pantai tersebut lokasinya tak jauh dari pantai Baron.

Bagi Anda yang ingin memasuki kawasan mercusuar, nantinya akan dikenakan biaya tambahan yaitu 5.000 dan 2.000 rupiah sebagai biaya perawatan tangga.

Penutup

Dengan beberapa informasi penting seputar pantai Baron yang tersaji di atas, diharapkan akan mempermudah jika Anda hendak berkunjung ke sana.

Sebagai salah satu destinasi pantai favorit saat liburan ke Jogja selain pantai Indrayanti, tentunya keberadaan pantai Baron dan segala fasilitas yang tersedia patut untuk dikembangkan.

Jadi bagaimana, sudahkah Anda menyusun rencana untuk berkunjung dan menikmati indahnya pantai Baron Yogyakarta ?

Jangan sampai potensi destinasi wisata Indonesia yang begitu memukau ini Anda lewatkan begitu saja.

8 Shares

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *