Wisata Pantai Nglambor Jogja : Tempat Snorkeling Paling Keren di Selatan

Selain pantai Nglambor Jogja, sederatan nama-nama pantai selatan nyaris tak pernah disebut dalam rujukan destinasi snorkeling manapun.

Bukan tanpa alasan mengapa seperti itu, karena karakteristik pantai selatan yang likat dengan air keruh dan arus yang kuat semakin tak memungkinkan adanya aktivitas snorkeling di area pantai.

Tetapi, sejak dibuka pada 2013 pantai Nglambor Wonosari mematahkan segala kemustahilan tersebut. Membawa kesan yang berbeda, seperti apa keindahan pantai selatan yang satu ini ?

Pesona Alam Pantai Nglambor Jogja

Pantai ini membawa bentang alam eksotis yang bisa membuat Anda terpana. Kontur berhiaskan batuan koral berbukit dan tebing karang besar adalah dua contoh keindahan alam pantai yang bisa langsung Anda nikmati sejak menginjakkan kaki di lokasi.

Selain kontur yang unik, terdapat pula dua batu kalong berukuran raksasa di area lepas pantai yang selalu sukses mencuri perhatian pengunjung yang berseliweran. Batu kalong tersebut sebenarnya merupakan pulau karang yang diberi nama Watu Kalong dan Watu Kuntul. Ukurannya yang besar dan bentuknya yang mirip kura–kura menjadi daya tarik tersendiri.

Keindahan pantai dari atas
Keindahan pantai by Ngadem.com

Melihat peluang yang ada, penduduk lokal pun membangun sebuah jembatan gantung sederhana berbahan dasar kayu dan beberapa utas tali untuk memudahkan pengunjung menyambangi Pulau Watu Kalong.

Selain menuntut kewaspadaan, menapaki papan demi papan kayu yang disusun rapi menggunakan tali tambang di atas ketinggian juga menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan.

Seolah jadi spot terbaik untuk menyaksikan keindahan pantai Nglambor, jembatan ini jadi sasaran empuk para pelancong yang gemar berburu foto. Dari sini, Anda bisa menikmati hamparan laut lepas berwarna jernih kebiruan yang memanjakan mata.

Jika langit sedang cerah, Anda juga bisa melihat gugusan terumbu karang di dasar pantai yang menjadi rumah beraneka ragam hewan laut.

Aktivitas Snorkeling

Ada lagi atraksi yang ditawarkan destinasi wisata pantai Jogja ini selain menikmati pesona alam dari atas jembatan, yaitu skin diving.

Skin diving atau snorkeling adalah kegiatan berenang yang dilakukan di kedalaman air dangkal untuk melihat keindahan dan keunikan berbagai biota laut dari dekat.

Snorkeling di pantai Nglambor Wonosari
Snorkeling by IG @non_cindy_warwer24

Aktivitas snorkeling di pantai ini memang menjadi favorit para pelancong. Arus ombak yang cukup tenang dan air yang jernih membuat aktivitas tersebut semakin digandrungi.

Keberadaan dua pulau karang raksasa, Watu Kalong dan Watu Kuntul adalah salah satu alasan mengapa arus ombak di pantai ini tidak sampai sekuat ombak pantai Selatan lainnya.

Gulungan ombak akan menabrak dinding tebing karang terlebih dahulu sebelum akhirnya masuk ke pesisir pantai. Sehingga kekuatan ombak di sekitar pesisir menjadi berkurang dan lebih stabil.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh Anda akan tetap digoyang ombak kecil selama melakukan snorkeling di perairan pantai.

Ketika air laut sedang pasang dan kekuatan ombak besar, Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan snorkeling di sekitar pantai. Hal tersebut juga bagian dari upaya pengelola untuk melindungi wisatawan agar terhindar dari kecelakaan. Jadi, sebaiknya nurut saja ya !

Untuk menjajal sensasi snorkeling di pantai Nglambor Jogja, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 50.000 per orang untuk menyewa berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan tersebut misalnya snorkel, masker, sepatu karet, dan life jacket / pelampung.

Baca : Menikmati senja di pantai Parangtritis.

Underwater Photography

Ber-snorkeling tak lengkap rasanya jika tak berbekal kamera action. Apalagi pantai Nglambor memanjakan Anda dengan berbagai hal menarik yang bisa dijumpai sewaktu menyelam.

Menyelami laguna kecil di dekat pantai, Anda akan menjumpai kehidupan bawah laut yang mempesona. Ketika mencelupkan wajah, Anda akan langsung disapa dengan kesibukan berbagai jenis ikan yang hilir mudik di depan mata sembari memamerkan keelokan warna warni tubuhnya.

Diantara berbagai jenis ikan yang hidup di perairan pantai ini, jenis Sergeant Major dan Jambrong adalah yang paling sering dijumpai.

Sergeant Major mempunyai ciri khas yang unik dimana tubuhnya di hiasi dengan garis strip hitam yang berpadu dengan warna kuning terang di bagian punggungnya. Sementara, ikan Jambrong tampil lebih polos dengan warna perak lebih dominan dan sedikit aksen garis horizontal tipis berwarna hitam yang memanjang dari leher hingga ekornya.

Ada pula beraneka ragam terumbu karang yang turut menghiasi pemandangan. Koloni terumbu karang tersebut juga seringkali menjadi tempat bersembunyi ikan–ikan lho.

Selagi menikmati keindahan alam laut yang mempesona, Anda tetap perlu menjaga jarak aman agar tidak sampai membentur bebatuan karang.

Baca : Liburan ke pantai Goa Cemara.

Fasilitas di Pantai

Wisata pantai Nglambor sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mengakomodir seluruh kebutuhan pengunjung.

Terdapat bangunan Mushola di sekitar pantai yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melaksanakan ibadah sholat. Pada bagian lain, ada pula toilet yang terjaga kebersihannya.

Areal parkir yang disediakan juga terbilang luas sehingga mampu menampung kendaraan pengunjung dengan jumlah banyak.

Masuk ke bibir pantai, barisan kios jajan dan penyewaan alat snorkeling sudah menyambut kedatangan Anda. Anda bisa singgah sebentar untuk menyantap aneka hidangan khas kota Gudeg yang lezat dan murah meriah. Tak ketinggalan, latar lanskap sekitar pantai yang eksotis juga turut menemani suasana santap siang Anda.

Rute Menuju Lokasi

Alamat pantai Nglambor berada di daerah Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja.

Sebelum Anda memasuki kawasan pantai ini, Anda harus memarkirkan kendaraan terlebih dahulu di areal parkir yang telah disediakan.

Namun, tempat parkir tersebut letaknya agak jauh dari bibir pantai Nglambor Jogja, sehingga untuk bisa mencapai pantai, Anda perlu menyewa ojek atau berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 Km.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.