Menikmati Senja Hingga Mencoba Terbang di Atas Pantai Parangtritis Jogja

Pesona pantai Parangtritis Yogyakarta memang tidak pernah diragukan. Kehadirannya sebagai magnet pariwisata di selatan kota Jogja telah mengundang banyak turis asing maupun lokal untuk terus berdatangan.

Tiada henti pengunjung berwara–wiri di sekitar lokasi pantai, entah sekedar bermain pasir, berburu foto, atau bahkan berselancar.

Selalu membuat rindu, Parangtritis kini jadi paket komplit yang menawarkan Anda berbagai atraksi wisata menarik, mulai dari wahana kolam renang khusus anak, ATV hingga paralayang. Hal tersebut tentu akan menambah “gairah” Parangtritis di mata para wisatawan.

Menjelajah Pantai Parangtritis

Gerbang masuk Parangtritis
Gerbang masuk by Travelingyuk.com

Menyusuri Parangtritis dan segala keunikannya akan membuat Anda gamang menentukan waktu pulang. Pasalnya, pantai yang satu ini bukan tipikal pantai yang bisa dinikmati dalam waktu semalam.

Bahkan, biarpun hanya berjalan santai di sekitar pesisir, Anda tetap tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk menjelajahi seluruh sisi pantai hingga ke spot-spot yang tersembunyi keindahannya.

Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang serta lebar, dimana area pesisirnya dipenuhi dengan hamparan pasir hitam mencolok yang membuatnya khas dan mudah dikenali dari kejauhan.

Menyusuri pantai sambil merasakan sentuhan ombak agresif yang merendam kaki akan membuat Anda semakin nyaman berlama–lama.

Belum lagi hembusan angin dan deru ombak yang saling bersinergi membentuk simfoni alam yang menentramkan. Uniknya, pasir di pantai ini nyaris tak pernah kering karena selalu tersapu oleh air. Hal tersebut tentu akan membuat Anda begitu ringan berjalan di atasnya.

Bila ingin pengalaman yang lebih mendebarkan, Anda bisa menyewa ATV. Meskipun durasi sewanya terbilang singkat, menyusuri garis pantai dengan menaiki ATV akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda.

Selain itu Anda juga bisa menaiki bendi, kereta roda dua yang ditarik menggunakan kuda. Bedanya, jika naik bendi Anda akan diajak bertualang menyusuri garis pantai Parangtritis hingga ke tebing karang.

Baca : Puluhan kincir angin di pantai Pandansimo.

Senja di Langit Jogja

Matahari terbenam di Parangtritis
Sunset by Merahputih.com

Selain terkenal dengan alam yang mempesona, wisata Parangtritis juga menawarkan sunset aesthetic. Anda bisa mendokumentasikan momen cantik tersebut mulai dari pemandangan laut membentang luas hingga kecantikan langit senja yang menampilkan gradasi warna kemerahan romantis.

Anda dan keluarga juga bisa mencoba gaya foto siluet untuk mendapatkan hasil jepretan yang tak kalah keren. Usai berswafoto, menepilah ke sisi pantai untuk menyantap jagung bakar yang disajikan dalam kondisi hangat.

Biasanya, para pedagang akan menggelar tikar di atas pasir pantai yang lembut sambil menyalakan lampu minyak sebagai penerang.

Jika Anda tertarik untuk singgah, cobalah untuk menyantap jagung bakar sambil duduk santai di alas tikar yang telah disediakan agar suasana menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Baca : Terowongan alami pantai Goa Cemara.

Sensasi Terbang Menyusuri Pantai

Sensasi terbang menyusuri garis pantai Parangtritis
Paralayang di Parangtritis by YouTube

Jika ingin olahraga yang lebih menantang, Anda bisa mencoba olahraga paralayang. Titik lompat akan berada di desa Giricahyo, Purwosari yang letaknya tak seberapa jauh dari pintu masuk pantai.

Disana Anda akan melihat bukit Paralayang yang merupakan tempat Anda memulai kegiatan tersebut. Menariknya, bukit Paralayang selalu diincar wisatawan karena menyuguhkan view yang menawan.

Bukit Paralayang menyajikan anda penawar rasa gugup berupa view hamparan laut nan luas yang berpadu dengan indahnya langit biru cerah. Tidak hanya view yang cantik, ada pula suara gemuruh ombak pantai Parangtritis serta hembusan angin laut yang bisa Anda nikmati dari atas.

Paralayang memang tidak terdengar seperti olahraga “murah”. Untuk durasi 30 menit di udara, Anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp. 400 ribu. Meski perlu menguras kantong, setidaknya Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai cantik Jogja ini dari ketinggian.

Jika kurang berani atau tak memiliki anggaran yang cukup untuk mencoba olahraga tersebut, tak perlu sedih, Anda bisa menikmati view pantai yang tak kalah cantik dari sudut bukit bersama keluarga tercinta.

Jika mau bersabar sedikit hingga waktu senja, Anda akan mendapatkan bonus tambahan panorama sunset yang indah dan memukau. Punya kesempatan untuk mendokumentasikan detik–detik matahari kembali ke peraduannya adalah kesempatan emas yang tak kalah berharga, bukan ?

Fasilitas Yang Tersedia

Anda akan mendapati banyak fasilitas tersedia disini, mulai dari Mushola, toilet, ruang ganti hingga area parkir yang cukup luas. Ada juga beberapa warung makan yang tersebar di area pantai hingga penyewaan payung untuk melindungi tubuh Anda dari sengatan sinar matahari.

Menjamurnya hotel di Parangtritis juga akan mempermudah segala aktivitas. Dengan demikian, Anda bisa memilih tempat penginapan yang nyaman tanpa khawatir kekurangan pilihan. Adapun beberapa hotel yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan ialah :

  1. Hotel Carollina yang membanderol kamarnya dengan harga sewa mulai dari Rp. 350 ribuan per malam.
  2. Hotel Widodo 1 yang mematok harga sewa kamar lebih rendah namun tetap nyaman, yakni Rp. 165.000 per malam.
  3. Queen Of The South Beach Resort yang mengusung konsep interior mewah dengan fasilitas super lengkap, namun dengan harga sewa yang tentunya lebih tinggi.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi pantai Parangtritis berada di desa Parangtritis, Kretek, Bantul, Jogja. Dengan selisih jarak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja, Anda hanya butuh waktu kurang lebih 1 jam untuk bisa tiba di kawasan Parangtritis.

Akses yang terbilang cukup mudah juga akan membuat perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selamat berlibur dan hati–hati di jalan, ya !

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.