Menikmati 15 Wisata Pantai Jogja Ini Dijamin Bikin Kamu Terpukau dan Kagum

Dari sekian banyak destinasi pantai, wisata pantai Jogja merupakan salah satu yang paling banyak dapat Anda jumpai dan paling banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung saat ke Jogja.

Benar sekali. Saat merencanakan wisata ke Jogja, mungkin yang terlintas dalam benak Anda untuk pertama kalinya adalah wisata pantainya.

Daerah kesultanan ini memang memiliki daya tarik yang cukup besar pada objek wisata pantai yang di tawarkan di sepanjang kawasan Gunungkidul.

Wisata Pantai Jogja

Apa sebenarnya yang menjadikan wisata pantai di Jogja begitu menarik dan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara jauh-jauh berkunjung ?

Mungkin beberapa pantai indah di Jogja ini akan menjawabnya. Bentang alam yang indah, dan kondisinya yang tenang dan bersih mampu membuat siapapun yang datang berkunjung enggan pergi.

Di bawah ini terdapat beberapa informasi tempat wisata pantai di Jogja yang paling diminati oleh pengunjung saat musim liburan tiba.

1. Pantai Drini

Peta lokasi pantai Drini : klik disini.

Salah satu lokasi pantai di kota Jogja yang wajib Anda kunjungi saat singgah ke kabupaten Gunungkidul adalah pantai Drini.

Destinasi pantai yang berlokasi di desa Banjarejo, kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul DIY ini merupakan salah satu pantai terindah dengan hamparan pasir putihnya yang begitu lembut di kaki.

Disini Anda bisa bersantai bersama keluarga sembari bermain air di tepian pantai, mengingat ombak di kawasan pantai Drini yang tidak begitu besar.

Pantai Drini Gunungkidul
Pantai Drini

Selain itu, Anda juga bisa berdiam diri menikmati indahnya barisan tebing yang berdiri dengan kokohnya menahan deburan ombak kecil yang mencoba memasuki kawasan pantai.

Satu lagi yang menarik dari pantai Drini, yaitu adanya sebuah pulau kecil di bagian tengah pantai, dimana keberadaan pulau kecil tersebut menjadikan pantai Drini seolah – olah memiliki 2 pantai.

Anda juga bisa menikmati keindahan pantai Drini dari atas, lebih tepatnya dari atas bukit Kosakora yang berada tak jauh dari lokasi pantai Drini.

2. Pantai Sadranan

Wisata alam pantai Sadranan
By Visitingjogja.com

Alamat pantai Sadranan : Pantai Sadranan, Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ( klik untuk lihat peta ).

Bagi Anda yang memiliki hobi olahraga air, nampaknya destinasi pantai keren Jogja yang satu ini wajib Anda masukkan dalam list objek wisata yang akan dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

Pantai yang lokasinya masih berada di kabupaten Gunungkidul ini bahkan menyediakan berbagai peralatan snorkeling khusus bagi pengunjung.

Saat menikmati keindahan bawah laut pantai Sadranan, Anda akan menjumpai beberapa spesies yang menarik seperti ikan Lepu, Botana Kuning, Kerondong, Kepe-kepe, Ikan Neon, Areng-areng, dan banyak lagi.

Untuk mendapatkan view yang sempurna dari taman bawah laut pantai Sadranan, waktu terbaik untuk snorkeling di kawasan pantai ini adalah pada pagi ataupun sore hari sebelum senja muncul.

Baca : Kuliner malam Jogja paling diburu wisatawan.

3. Pantai Indrayanti

Objek wisata pantai Indrayanti Gunungkidul
Pantai Indrayanti

Peta lokasi pantai Indrayanti : Klik disini.

Nampaknya pesona pasir lembut yang disajikan salah satu pantai terbaik ini tak pernah membuat pengunjungnya bosan menikmati keindahannya. Terbukti dengan banyaknya wisatawan yang datang ke kawasan pantai Indrayanti atau yang juga dikenal dengan sebutan pantai Pulang Syawal.

Bagaimana tidak, dengan hamparan pasir kecoklatan dipadukan dengan air laut yang begitu biru dan jernih pastinya membuat Anda malas beranjak. Jika ingin menikmati indahnya senja di pantai Indrayanti, Anda bisa bersantai di gazebo yang dibangun di sepanjang garis pantai.

Untuk masalah kebersihan Anda tak perlu khawatir karena pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai terbersih di Jogja. Di lokasi ini pun Anda bisa melakukan kegiatan lain yang lebih menarik seperti mencoba bermain jet ski.

4. Pantai Baron

Pantai Baron Gunungkidul Jogja
Pantai Baron

Alamat pantai Baron Jogja : Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta ( klik untuk lihat peta ).

Masih di kabupaten Gunungkidul, kali ini Anda bisa berkunjung dan menikmati keindahan alam pantai Baron yang begitu memukau.

Berbeda dengan pantai lain, pantai Baron justru tak hanya menawarkan keindahan alamnya namun juga panorama barisan perahu nelayan yang menjadikan wisata pantai Jogja ini memiliki keunikan sendiri.

Di sini Anda bersama keluarga juga bisa bermain – main air di sepanjang garis aman pantai, sebab pantai ini cukup aman untuk tempat bermain air mengingat ombaknya yang tak begitu besar.

Untuk masuk wilayah pantai Baron pun biayanya sangat murah, yaitu hanya 5.000 rupiah dan biaya parkir yaitu 1.000 untuk kendaraan roda 2 dan 2.500 untuk kendaraan roda empat.

5. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat Gunungkidul
By Ksmtour.com

Alamat pantai Kesirat : Karang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55872 ( klik untuk lihat peta ).

Tak kalah dengan pesona pantai di Jawa Tengah, nampaknya Gunungkidul tak pernah kehabisan tempat wisata menarik yang selalu mengundang untuk dikunjungi, salah satunya pantai Kesirat ini.

Meskipun belum begitu lama diresmikan oleh pemerintah setempat, namun salah satu objek wisata di Yogyakarta yang satu ini mampu menarik wisatawan bahkan hingga luar kota dan luar negeri.

Dengan hamparan tebing yang menjulang tinggi dan kawasan yang begitu bersih serta sunyi, lokasi ini sangat sempurna untuk menghabiskan waktu sore Anda sembari menikmati indahnya matahari tenggelam.

Saat terbaik datang ke lokasi ini adalah pada sore hari, sehingga Anda bisa menikmati deburan ombak dan indahnya langit Jogja yang menawan.

6. Wisata Pantai Siung Jogja

Pantai Siung Gunungkidul
Pantai Siung

Alamat pantai Siung : Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta ( klik untuk lihat peta ).

Bosan dengan pemandangan pantai yang hanya tergambar oleh pasir putih yang luas dan lembut berdampingan dengan birunya air laut ?

Yuk segera datang berkunjung ke pantai Siung. Mengapa ? Sebab di pantai cantik Jogja yang satu ini Anda bisa melihat pantai dengan pemandangan yang jauh lebih unik dan menarik pastinya.

Dengan batuan tebing yang menjulang tinggi hampir di setiap sisi pantai, Anda masih tetap bisa menikmati indahnya pasir putih yang disapu ombak.

Pantai Siung juga merupakan salah satu spot terbaik olahraga panjat tebing. Bahkan di sini sering diadakan kontes panjat tebing tingkat internasional.

Nah untuk lokasinya sendiri masih di sekitar Gunungkidul dan tak jauh dari wisata pantai Nglambor yang terkenal dengan Bintang Snorkeling nya.

7. Pantai Ngobaran

Destinasi pantai Ngobaran
ByUnique-chantika.com

Peta lokasi pantai Ngobaran : Klik disini.

Liburan di Jogja namun ingin merasakan sensasi liburan ala di Bali ? Pantai Ngobaran tempatnya. Di sini Anda akan melihat bangunan Pura yang berdiri kokoh di atas tebing yang lokasinya berada di atas pantai.

Di bagian bawah pantai, Anda bisa melihat beberapa patung yang berdiri kokoh berjajar, sedangkan di bagian puncak Anda bisa menikmati indahnya Pura. Dari kedua tempat ini Anda bisa melihat luasnya laut selatan dengan indahnya pesona alam sekitarnya.

Di tempat ini Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang unik yaitu Pura di atas laut dan batuan tebing yang berdiri kokoh. Bahkan di bagian bawah pantai pun Anda masih bisa bermain pasir putih nan lembut.

8. Pantai Parangtritis

Keindahan sore di pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Peta lokasi pantai Parangtritis : Klik disini.

Pantai Parangtritis adalah destinasi yang tepat bagi Anda yang tak memiliki banyak waktu. Pantai ini menyajikan panorama pasir vulkanik berwarna hitam keperakan yang akan berkilauan ketika ditimpa cahaya matahari.

Tak sedikit orang menghabiskan waktu libur singkatnya di sini hanya untuk mendengarkan gemuruh ombak di pesisir pantai. Bermain ke sini, Anda juga bisa merasakan sensasi angin pantai yang terasa sejuk di kulit.

Jika tertarik, Anda juga bisa mengendarai ATV. Cukup membayar Rp. 100.000, Anda sudah bisa mengitari pantai hingga setengah jam lamanya. Pantai Parangtritis berada di daerah Kretek, Bantul, Jogja.

9. Pantai Timang

Wisata pantai Timang Jogja
By Finroll.com

Alamat pantai Timang : Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta 55881 ( klik untuk lihat peta ).

Uji keberanian Anda dengan menaiki gondola yang akan membawa Anda menyeberangi lautan. Dengan panjang lintasan mencapai 100 meter, Gondola akan ditarik secara manual menuruni lintasan tali yang terhubung ke pulau Watu Panjang yang berada di tengah lautan.

Nanti sesampainya di pulau Watu Panjang, Anda bisa mencicipi keseruan berburu lobster bersama penduduk lokal dan wisatawan lain.

Pantai tak berpasir ini hanya akan menyuguhkan Anda pemandangan gugusan karang raksasa yang terjal dan curam. Meski begitu, pantai Timang tetap menarik untuk dikunjungi karena lanskap tebing karangnya memiliki tekstur permukaan yang unik sehingga elok dipandang mata.

Pantai Timang berada di Padukuhan Danggolo, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Jogja. Harga tiket masuknya Rp. 5.000 per orang.

10. Pantai Nglambor

Keindahan bawah laut pantai Nglambor
Pantai Nglambor

Alamat pantai Nglambor : Pantai, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta ( klik untuk lihat peta ).

Lagi, kota Pelajar Jogja kembali menawarkan Anda destinasi populer lainnya yang tidak kalah menggoda. Pantai ini terletak di daerah Gunung Kidul, bersebelahan dengan pantai Siung dan pantai Jogan.

Pantai yang terkenal dengan aktivitas snorkeling ini menawarkan Anda keindahan biota laut yang sangat mengagumkan.

Pantai Nglambor letaknya diapit oleh dua bukit karang besar. Selain membuatnya terlihat indah, keberadaan karang tersebut juga berfungsi untuk meredam kekuatan ombak pantai yang tidak stabil.

Dengan begitu, wisatawan tetap dapat beraktivitas di sekitar pesisir maupun di tengah perairan dengan aman dan nyaman. Pantai Nglambor berada di Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Harga tiket masuk Rp. 5.000 per orang.

11. Pantai Depok

Pasir hitam lembut di pantai Depok Jogja
Pantai Depok

Alamat pantai Depok : Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ( klik untuk lihat peta ).

Daerah wisata pantai Jogja yang dicanangkan sebagai obyek wisata kuliner ini memang sempat diburu kecemasan soal abrasi yang mengancam belasan warung di sepanjang pesisirnya.

Namun, kini kondisi pantai Depok kian membaik. Buktinya, banyak wisatawan yang mulai memadati kawasan tersebut. Anda juga bisa lho, berkunjung ke sini untuk menikmati keindahan pantai Depok sembari mencicipi jajanan khas Jogja yang lezat dan murah meriah.

12. Pantai Pandansari

Wisata pantai Jogja : Pantai Pandansari
Pantai Pandansari

Alamat pantai Pandansari : Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55763 ( klik untuk lihat peta ).

Berbeda dengan destinasi pantai wisata di Jogja lainnya, pantai Pandansari dilengkapi dengan bangunan mercusuar tinggi menjulang bernama Kalajivamasti yang bisa Anda jelajahi dengan cara menaiki deretan anak tangga di dalamnya yang disusun melingkar ke atas.

Mulanya, mercusuar tersebut dibangun untuk keperluan navigasi kapal. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi mercusuar mulai bergeser menjadi sebuah wisata yang menarik perhatian banyak turis.

Untuk dapat menikmati pemandangan dari atas mercusuar, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar kurang lebih Rp. 5.000. Tertarik ? Pantai Pandansari berada di Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Jogja. Harga tiket masuk pantai hanya Rp. 3.000 per orang.

13. Pantai Goa Cemara

Wisata pantai Goa Cemara Jogja
Pantai Goa Cemara

Alamat pantai Goa Cemara : Jl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763 ( klik untuk lihat peta )

Coba tebak mengapa pantai ini dinamai Pantai Goa Cemara ?

Pantai ini tidak benar–benar berada di dalam goa. Nama Goa Cemara di dapat dari keunikan hutan cemara di sekitar pantai yang bentuknya melingkar menyerupai sebuah terowongan gua.

Sehingga, pengalaman melintasi lorong cemara tersebut tak ubahnya seperti melintasi lorong ceruk sebuah goa. Mau coba ? Pantai Goa Cemara berada di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Jogja.

14. Pantai Samas

Pantai Samas Gunungkidul
By Pantainesia.com

Alamat pantai Samas : Dodogan, Srigading, Sanden, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55763 ( klik untuk lihat peta ).

Tahukah Anda bahwa pantai Samas letaknya tak berjauhan dengan pantai Goa Cemara ? Maka ketika Anda bertandang ke pantai Goa Cemara, jangan lupa untuk lanjut sedikit lagi ke arah timur untuk mencapai pantai ini.

Terkenal dengan ketinggian ombak yang fantastis, pantai ini juga punya sebuah laguna indah yang bisa Anda jelajahi hingga puas. Laguna tersebut bernama Pengklik. Terbentuk di muara sungai Opak, laguna tersebut sukses menjadi magnet bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak hanya dibekali keindahan alam yang indah, pantai Samas juga menjadi tempat berlangsungnya fenomena langka, dimana belasan atau bahkan puluhan penyu akan melintasi bibir pantai untuk menyelam ke perairan laut.

Diantara jenis penyu yang bisa Anda temukan disini ialah penyu Blimbing, penyu Sisik, penyu Hijau dan masih banyak lagi yang lainnya. Pantai Samas berada di Sogo Sanden, Srigading, Sanden, Bantul, Jogja.

15. Pantai Parangkusumo

Gumuk pasir pantai Parangkusumo Jogja
Pantai Parangkusumo

Alamat pantai Parangkusumo : Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ( klik untuk lihat peta ).

Jika Anda penggemar film Aladdin, menyambangi pantai Parangkusumo akan jadi pengalaman yang menyenangkan. Pantai ini memiliki gumuk pasir layaknya kawasan gurun yang khas Anda temui di film Aladdin.

Gumuk pasir di pantai Parangkusumo ditengarai punya keistimewaan yang membuatnya lebih menarik, dimana ketinggian rata–ratanya sangat fantastis, yakni berada pada kisaran 4 hingga 5 meter.

Selain itu, gumuk pasir pantai Parangkusumo juga termasuk ke dalam kategori gumuk pasir pesisir atau coastal dunes yang berada pada garis lintang bumi. Fakta yang cukup unik bukan ?

Meski biasanya digunakan sebagai latar berfoto, pantai Parangkusumo juga sering dijadikan sebagai arena bermain papan seluncur ( sandboarding ).

Untuk bisa meluncur di atas papan, pengunjung harus membayar harga sewa terlebih dahulu sebesar Rp. 100.000. Anda mau mencobanya ? Pantai Parangkusumo berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Jogja.

Penutup

Well, itulah sebagian kecil daftar informasi pantai cantik yang ada di Jogja, sebagai referensi Anda saat wisata keluarga di Jogja.

Tentunya masih banyak lagi kawasan wisata pantai-pantai tersembunyi lainnya, yang tersebar sepanjang garis pantai selatan Gunungkidul hingga perbatasan Jawa Timur di Pacitan.

Bagi Anda yang gemar bermain air, berkunjung ke Gunungkidul akan menjadi salah satu momen terbaik. Bagaimana, sudah siapkan jadwal untuk mengunjungi berbagai tempat wisata pantai Jogja saat liburan nanti ?

Komentar Pembaca . . .

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.