7 Wisata Pantai Jogja Ini Dijamin Bikin Anda Susah Move On

Wisata pantai jogja terbaik

Dari sekian banyak destinasi, wisata pantai Jogja merupakan salah satu yang paling banyak dapat Anda jumpai dan paling banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung saat ke Jogja.

Benar sekali. Saat merencanakan wisata ke Jogja, mungkin yang terlintas dalam benak Anda untuk pertama kalinya adalah wisata pantainya.

Daerah kesultanan ini memang memiliki daya tarik dan potensi yang cukup besar pada objek wisata pantai yang di tawarkan di sepanjang kawasan Gunungkidul.

Apa sih sebenarnya yang menjadikan wisata pantai di Jogja begitu menarik dan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara rela jauh – jauh datang berkunjung ?

Mungkin beberapa pantai indah di Jogja ini akan menjawabnya.

Bentang alam yang indah, dan kondisinya yang tenang dan bersih mampu membuat siapapun yang datang berkunjung enggan pergi. 

Di bawah ini terdapat beberapa informasi tempat wisata pantai Jogja yang paling diminati oleh pengunjung saat musim liburan tiba.

1. Pantai Drini

Salah satu wisata pantai Jogja yang wajib Anda kunjungi saat ke kabupaten Gunungkidul adalah pantai Drini.

Pantai yang berlokasi di desa Banjarejo, kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul DIY ini merupakan salah satu pantai terindah dengan hamparan pasir putihnya yang begitu lembut.

Disini Anda bisa bersantai bersama keluarga tercinta sembari bermain air di tepian pantai, mengingat ombak di kawasan pantai Drini yang tidak begitu besar.

Wisata pantai Drini Gunungkidul

Pantai Drini by liburmulu.com

Selain itu, Anda juga bisa berdiam diri menikmati indahnya barisan tebing yang berdiri dengan kokohnya menahan deburan ombak kecil yang mencoba memasuki kawasan pantai.

Satu lagi yang menarik dari pantai Drini, yaitu adanya sebuah pulau kecil di bagian tengah pantai, dimana keberadaan pulau kecil tersebut menjadikan pantai Drini seolah – olah memiliki 2 pantai.

Anda juga bisa menikmati keindahan pantai Drini dari atas, lebih tepatnya dari atas bukit Kosakora yang berada tak jauh dari lokasi pantai Drini.

2. Pantai Sadranan

Bagi Anda yang memiliki hobi olahraga air, nampaknya wisata pantai Jogja yang satu ini wajib Anda masukkan dalam list objek wisata yang akan dikunjungi saat liburan.

Pantai yang lokasinya masih berada di kabupaten Gunungkidul ini bahkan menyediakan berbagai peralatan snorkeling khusus bagi pengunjung.

Saat menikmati keindahan alam bawah laut pantai Sadranan, Anda akan menjumpai beberapa spesies laut yang menarik seperti ikan Lepu, Botana Kuning, Kerondong, Kepe – kepe, Ikan Neon, Areng – areng, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan view yang sempurna dari taman bawah laut pantai Sadranan, waktu terbaik untuk snorkeling di kawasan pantai ini adalah pada pagi ataupun sore hari sebelum senja muncul.

3. Pantai Indrayanti

Objek wisata pantai Indrayanti Gunungkidul

Pantai Indrayanti by idtempatwisata.com

Nampaknya pesona pasir lembut yang disajikan salah satu destinasi wisata terbaik ini tak pernah membuat pengunjungnya bosan untuk kembali menikmati keindahannya.

Terbukti dengan banyaknya wisatawan yang datang ke kawasan pantai Indrayanti atau yang juga dikenal dengan sebutan pantai Pulang Syawal.

Bagaimana tidak, dengan hamparan pasir kecoklatan dipadukan dengan air laut yang begitu biru dan jernih pastinya membuat Anda malas beranjak pergi.

Jika ingin menikmati indahnya senja di pantai Indrayanti, Anda bisa bersantai di gazebo yang dibangun di sepanjang garis pantai.

Untuk masalah kebersihan Anda tak perlu khawatir karena pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai terbersih di Jogja.

Di lokasi ini pun Anda bisa melakukan kegiatan lain yang lebih menarik seperti mencoba bermain jet ski.

4. Pantai Baron

Masih di kabupaten Gunungkidul, kali ini Anda bisa berkunjung dan menikmati keindahan alam pantai Baron yang begitu memukau.

Berbeda dengan pantai lain, pantai Baron justru tak hanya menawarkan keindahan alamnya namun juga panorama barisan perahu nelayan yang menjadikan wisata pantai Jogja ini memiliki keunikan sendiri.

Di sini Anda juga bisa bermain – main air di sepanjang garis aman pantai, sebab pantai ini cukup aman untuk tempat bermain air mengingat ombaknya yang tak begitu besar.

Untuk masuk wilayah pantai Baron pun biayanya sangat murah, yaitu hanya 5.000 rupiah dan biaya parkir yaitu 1.000 untuk kendaraan roda 2 dan 2.500 untuk kendaraan roda empat.

5. Pantai Kesirat

Nampaknya Gunungkidul tak pernah kehabisan tempat wisata menarik yang selalu mengundang untuk dikunjungi, salah satunya pantai Kesirat ini.

Meskipun belum begitu lama diresmikan namun salah satu objek wisata di Yogyakarta yang satu ini mampu menarik wisatawan bahkan hingga luar kota dan luar negeri.

Dengan hamparan tebing yang menjulang cukup tinggi dan kawasan yang masih begitu bersih serta sunyi, lokasi ini sangat sempurna untuk menghabiskan waktu sore Anda sembari menikmati indahnya matahari tenggelam.

Saat terbaik untuk datang ke lokasi ini adalah pada sore atau siang hari, sehingga Anda bisa menikmati deburan ombak dan indahnya langit Jogja yang menawan.

6. Wisata Pantai Siung Jogja

Objek wisata pantai Siung Gunungkidul

Pantai Siung by situbpitub.blogspot.co.id

Bosan dengan pemandangan pantai yang hanya tergambar oleh pasir putih yang luas dan lembut berdampingan dengan birunya air laut ?

Yuk segera datang ke pantai Siung.

Mengapa ? Sebab di pantai cantik Jogja yang satu ini Anda bisa melihat pantai dengan pemandangan yang jauh lebih unik dan menarik pastinya.

Dengan batuan tebing yang menjulang tinggi hampir di setiap sisi pantai, Anda masih tetap bisa menikmati indahnya pasir putih yang disapu ombak.

Menariknya, pantai Siung juga merupakan salah satu spot terbaik olahraga panjat tebing. Bahkan di sini sering diadakan kontes panjat tebing tingkat internasional.

Nah untuk lokasinya sendiri masih di sekitar Gunungkidul dan tak jauh dari wisata pantai Nglambor yang terkenal dengan Bintang Snorkeling nya.

7. Pantai Ngobaran

Liburan di Jogja namun ingin merasakan sensasi liburan ala di Bali ?

Pantai Ngobaran tempatnya. Di sini Anda akan melihat bangunan Pura yang berdiri kokoh di atas batuan tebing yang lokasinya tepat berada di atas pantai.

Di bagian bawah, Anda bisa melihat beberapa patung yang berdiri kokoh berjajar, sedangkan di bagian puncak Anda bisa menikmati indahnya Pura.

Dari kedua tempat ini Anda bisa melihat luasnya laut selatan dengan indahnya pesona alam sekitar.

Di tempat ini pula Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang unik yaitu bangunan Pura di atas laut dan batuan tebing yang berdiri begitu kokoh. Bahkan di bagian bawah pantai pun Anda masih bisa bermain pasir putih nan lembut.

Penutup

Well, itulah sebagian kecil daftar informasi pantai cantik yang ada di Jogja, sebagai referensi Anda saat wisata keluarga di Jogja.

Tentunya masih banyak lagi kawasan wisata pantai – pantai tersembunyi lainnya, yang tersebar sepanjang garis pantai selatan Gunungkidul hingga perbatasan Jawa Timur.

Bagi Anda yang gemar bermain air, berkunjung ke Gunungkidul akan menjadi salah satu momen terbaik liburan Anda.

Bagaimana, Anda sudah siapkan jadwal untuk mengunjungi berbagai tempat wisata pantai Jogja saat liburan nanti ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *