7 Tempat Wisata Di Jawa Timur Ini Bikin Kamu Malas Pulang

Tempat wisata di Jawa Timur tak akan ada habisnya dan pasti akan membuat kamu malas untuk kembali ke rumah sebelum mengunjungi berbagai suguhan wisatanya.

Mulai wisata alam hingga wisata modern semua tersaji lengkap di provinsi paling timur pulau Jawa ini. Jadi siapkah untuk berpetualang di Jawa Timur ?

Berikut ini list tempat wisata di Jawa Timur terbaik yang akan membuat liburanmu terasa spesial.

1. Bromo dan Semeru

Situs referensi wisata di Indonesia
Puncak Mahameru

Wisata pertama dan menjadi rekomendasi utama tempat wisata di Jawa Timur tidak lain adalah gunung Bromo dan Semeru.

Kedua tempat ini bahkan sudah mendapat predikat sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia bahkan Internasional dengan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Gunung Bromo dengan hamparan lautan pasirnya yang luas dan berbukit-bukit, sedangkan Semeru merupakan gunung tertinggi di tanah Jawa.

Keduanya menjadi satu landscape yang sempurna dipadukan dengan keindahan matahari terbit di pagi hari yang siap memanjakan mata.

Untuk mengunjungi tempat ini sangatlah mudah karena ada 3 jalur masuk yang bisa digunakan yaitu Probolinggo, Pasuruan, dan Malang.

Sensasi petualang semakin terasa disini karena untuk masuk ke wilayah Bromo Semeru harus naik hardtop atau mobil Jeep.

Setelah itu kamu bisa bermain dan berjalan-jalan menggunakan kuda yang disewakan di bawah gunung Bromo.

2. Kawah Ijen

Wisata berikutnya yang juga diakui dunia Internasional dan selalu ramai dikunjungi adalah Kawah Ijen yang terletak di Banyuwangi.

Memang untuk mencapai kawasan ini memerlukan jarak tempuh yang cukup lama dari bandara Juanda di Surabaya. Akan tetapi lamanya perjalanan akan terbayar lunas ketika melihat keeksotisan kawah ini.

Kecantikan Kawah Ijen akan tampak ketika matahari belum terbit karena kamu bisa menyaksikan fenomena alam blue fire yang menakjubkan menari-nari di sekitar kawah.

Api biru ini sekaligus menjadi penghangat ketika berada di jalur pendakiannya dan menjadi pemandangan yang luar biasa untuk dinikmati.

Momentum terbaik adalah ketika mulai muncul semburat orange di ufuk timur berpadukan dengan tarian blue fire membuat siapapun yang memandangnya akan terkesima.

3. Taman Nasional Baluran

Wisata alam Taman Nasional Baluran
TN Baluran

Ingin merasakan sensasi padang savana yang ada di Afrika ? Kamu tak perlu jauh-jauh kesana untuk bisa mendapatkannya, karena di Jawa Timur ada taman yang tak kalah indah dengan padang savana disana.

Kamu akan merasakan petualangan yang nyata berada di tengah padang savana dengan ekosistem yang masih alami.

Taman Nasional Baluran memiliki luas lahan lebih dari 25.000 hektar terbentang di wilayah Banyuwangi dan Situbondo. Jadi setelah ke Kawah Ijen ada baiknya mampir dahulu ke taman ini.

Rusa, banteng, kerbau liar, kijang, hingga macan tutul masih menjadi pemandangan yang menarik disini sebagai rantai makanan di ekosistem padang savana.

Ada beberapa pos yang bisa digunakan sebagai tempat yang nyaman menikmati taman ini. Pos disini selain digunakan sebagai basecamp juga digunakan sebagai tempat pengamatan berbagai satwa endemik Indonesia seperti merak dan elang jawa.

4. Jawa Timur Park

Puas berwisata alam, kini saatnya saya bawa kamu ke wisata seru-seruan di Malang.

Jawa Timur Park merupakan icon dari kota Malang atau lebih tepatnya berada di kawasan kota Batu. Jatim Park sendiri terbagi menjadi beberapa tema yang akan membuatmu betah lama-lama berada disana.

Ada Jatim Park I dengan permainan menantangnya misalnya pendulum, tornado, roller coaster, rumah hantu, rumah pipa, dan masih banyak lagi wahana menantang lainnya.

Sedangkan Jatim Park II akan memberikan informasi tentang dunia satwa mulai dari zaman pra sejarah hingga zaman modern.

Dan yang terbaru saat ini ada Jatim Park III dimana mengusung konsep Dino Zoo layaknya di luar negeri dengan dibalut wahana-wahana modern di fun tech.

Dijamin waktu liburanmu tak akan tersia-siakan dengan mengunjungi Jatim Park.

Jika masih kurang jangan khawatir, karena di sekitar Jatim Park ada banyak wisata yang bisa kamu kunjungi juga dan pastinya tak kalah bagus dengan Jatim Park yakni BNS, Museum Angkut, Taman Predator, Paralayang, Wisata Payung, dan Taman Coban Rais.

5. Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu Lumajang
Air terjun Tumpak Sewu

Ingin berpetualang lagi ke tempat yang menantang dan seru ? Saya akan bawa kamu menikmati keajaiban alam yang luar biasa di air terjun Tumpak Sewu Lumajang.

Air terjun ini masih belum lama muncul di permukaan sehingga belum banyak yang mengetahui akan keindahannya.

Padahal air terjun ini menjadi salah satu air terjun terbesar di Jawa Timur yang keindahannya banyak disebut seperti air terjun Niagara.

Tinggi dari air terjunnya mencapai 200 meter yang membuat air begitu deras mengalir dan menciptakan warna pelangi yang indah untuk dipandang. Belum lagi sungai di bawahnya yang cocok digunakan untuk bermain air dan berendam.

Untuk mencapai tempat ini kamu akan dibawa menuruni ratusan anak tangga untuk turun kebawah karena harus melewati tebing yang cukup tinggi.

Namun saat melewati anak tangga tersebut, mata tidak akan bisa terpejam karena keindahan alam sekitar menuju ke kawasan air terjunnya.

Baca juga : Fenomena Alam di Pantai Sawarna

6. Goa Gong

Goa gong menjadi destinasi Jawa Timur berikutnya yang harus kamu datangi karena memiliki eksotisme alam luar biasa di dalamnya.

Bahkan keindahan goa ini sudah diakui sebagai goa tercantik yang berada di kawasan Asia Tenggara. Untuk menikmati keindahan goa Gong kamu perlu mengunjungi kota Pacitan.

Keindahan gua ini terletak pada gugusan stalaktit dan stalakmit yang berjajar membentuk panah ke bawah.

Sebagaimana diketahui untuk menambah ukuran beberapa senti saja memerlukan waktu yang sangat lama. Sedangkan di dalam goa ini berjajar dengan ukuran sangat besar.

Keunikannya adalah ketika stalakmit tersebut dipukul maka akan menghasilkan gema ke seluruh bagian dalam goa.

Beberapa batuan juga diberi nama khas adat Jawa karena dipercaya sebagai penunggu yang sedang bertapa di dalam goa. Jadi meskipun sudah dalam era modern akan tetapi kekeramatan adat Jawa dari goa ini tidak sirna begitu saja.

7. Tempat Wisata di Jawa Timur : Gili Labak

Gili Labak Madura
Gili Labak

Madura juga memiliki kawasan wisata yang eksotis bernama Gili Labak.

Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang menyajikan panorama pantai yang berkelas dan akan membuatmu terasa di dunia lain saat mengunjunginya.

Bahkan banyak yang membandingkan keindahan tempat ini dengan Gili Trawangan yang ada di NTT. Gili Labak berada di kawasan Sumenep bagian timur pulau Madura.

Untuk mencapai Gili Labak memerlukan perahu untuk menyeberangi lautan hingga sampai ke pulau kecil dengan banyak pohon dan dikelilingi oleh pasir putih yang indah.

Lautnya yang berada di selat Madura membuat ombak tidak berayun terlalu kencang sehingga aman digunakan untuk berenang dan bermain air.

Jadi ketika berada di kawasan ini rasanya berada di sebuah tempat wisata pribadi yang sepi dengan keindahan yang tak terbayangkan.

Jadi darimana petualangan liburanmu akan di mulai ? Jangan sampai terlewatkan satu pun keindahan alam yang siap menghipnotismu selama liburan.

Mari habiskan liburan dengan mengunjungi tempat wisata di Jawa Timur.

Mau Berkomentar ?