Keindahan 15 Tempat Wisata di Jawa Timur Ini Dijamin Bikin Kamu Malas Pulang

Tempat wisata di Jawa Timur tak akan ada habisnya dan pasti akan membuat kamu malas untuk kembali ke rumah sebelum mengunjungi berbagai suguhan wisatanya.

Mulai wisata alam hingga wisata modern semua tersaji lengkap di provinsi paling timur pulau Jawa ini. Jadi siapkah untuk berpetualang di Jawa Timur ?

Berikut ini list tempat wisata di Jawa Timur terbaik yang akan membuat liburanmu terasa spesial.

1. Bromo dan Semeru

Situs referensi wisata di Indonesia
Puncak Mahameru

Wisata pertama dan menjadi rekomendasi utama tempat wisata di Jawa Timur tidak lain adalah gunung Bromo dan Semeru.

Kedua tempat ini bahkan sudah mendapat predikat sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia bahkan Internasional dengan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Gunung Bromo dengan hamparan lautan pasirnya yang luas dan berbukit-bukit, sedangkan Semeru merupakan gunung tertinggi di tanah Jawa.

Keduanya menjadi satu landscape yang sempurna dipadukan dengan keindahan matahari terbit di pagi hari yang siap memanjakan mata.

Untuk mengunjungi tempat ini sangatlah mudah karena ada 3 jalur masuk yang bisa digunakan yaitu Probolinggo, Pasuruan, dan Malang.

Sensasi petualang semakin terasa disini karena untuk masuk ke wilayah Bromo Semeru harus naik hardtop atau mobil Jeep.

Setelah itu kamu bisa bermain dan berjalan-jalan menggunakan kuda yang disewakan di bawah gunung Bromo.

2. Kawah Ijen

Wisata berikutnya yang juga diakui dunia Internasional dan selalu ramai dikunjungi adalah Kawah Ijen yang terletak di Banyuwangi.

Memang untuk mencapai kawasan ini memerlukan jarak tempuh yang cukup lama dari bandara Juanda di Surabaya. Akan tetapi lamanya perjalanan akan terbayar lunas ketika melihat keeksotisan kawah ini.

Kecantikan Kawah Ijen akan tampak ketika matahari belum terbit karena kamu bisa menyaksikan fenomena alam blue fire yang menakjubkan menari-nari di sekitar kawah.

Api biru ini sekaligus menjadi penghangat ketika berada di jalur pendakiannya dan menjadi pemandangan yang luar biasa untuk dinikmati.

Momentum terbaik adalah ketika mulai muncul semburat orange di ufuk timur berpadukan dengan tarian blue fire membuat siapapun yang memandangnya akan terkesima.

3. Taman Nasional Baluran

Wisata alam Taman Nasional Baluran
TN Baluran

Ingin merasakan sensasi padang savana yang ada di Afrika ? Kamu tak perlu jauh-jauh kesana untuk bisa mendapatkannya, karena di Jawa Timur ada taman yang tak kalah indah dengan padang savana disana.

Kamu akan merasakan petualangan yang nyata berada di tengah padang savana dengan ekosistem yang masih alami.

Taman Nasional Baluran memiliki luas lahan lebih dari 25.000 hektar terbentang di wilayah Banyuwangi dan Situbondo. Jadi setelah ke Kawah Ijen ada baiknya mampir dahulu ke taman ini.

Rusa, banteng, kerbau liar, kijang, hingga macan tutul masih menjadi pemandangan yang menarik disini sebagai rantai makanan di ekosistem padang savana.

Ada beberapa pos yang bisa digunakan sebagai tempat yang nyaman menikmati taman ini. Pos disini selain digunakan sebagai basecamp juga digunakan sebagai tempat pengamatan berbagai satwa endemik Indonesia seperti merak dan elang jawa.

4. Jawa Timur Park

Puas berwisata alam, kini saatnya kamu wisata seru-seruan di Malang.

Jawa Timur Park merupakan icon dari kota Malang atau lebih tepatnya berada di kawasan kota Batu. Jatim Park sendiri terbagi menjadi beberapa tema yang akan membuatmu betah lama-lama berada disana.

Ada Jatim Park I dengan permainan menantangnya misalnya pendulum, tornado, roller coaster, rumah hantu, rumah pipa, dan masih banyak lagi wahana menantang lainnya.

Sedangkan Jatim Park II akan memberikan informasi tentang dunia satwa mulai dari zaman pra sejarah hingga zaman modern.

Yang terbaru saat ini ada Jatim Park III dimana mengusung konsep Dino Zoo layaknya di luar negeri dengan dibalut wahana-wahana modern di fun tech.

Dijamin waktu liburanmu tak tersia-siakan dengan mengunjungi Jatim Park.

Jika masih kurang jangan khawatir, karena di sekitar Jatim Park ada banyak wisata yang bisa kamu kunjungi juga dan pastinya tak kalah bagus dengan Jatim Park yakni BNS, Museum Angkut, Taman Predator, Paralayang, Wisata Payung, dan Taman Coban Rais.

5. Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu Lumajang
Air terjun Tumpak Sewu

Ingin berpetualang lagi ke tempat yang lebih menantang dan seru ? Saya akan membawa kamu untuk menikmati keajaiban alam yang luar biasa indah di lokasi air terjun Tumpak Sewu Lumajang.

Air terjun ini masih belum lama muncul di permukaan sehingga belum banyak yang mengetahui akan keindahannya.

Padahal air terjun ini menjadi salah satu air terjun terbesar di Jawa Timur yang keindahannya banyak disebut seperti air terjun Niagara.

Tinggi air terjunnya mencapai 200 meter yang membuat air begitu deras mengalir dan menciptakan warna pelangi indah untuk dipandang. Belum lagi sungai di bawahnya yang cocok digunakan untuk berendam.

Untuk mencapai tempat ini kamu akan menuruni ratusan anak tangga untuk turun ke bawah karena harus melewati tebing yang cukup tinggi.

Namun saat melewati anak tangga tersebut, mata tidak akan bisa terpejam karena keindahan alam sekitar menuju ke kawasan air terjunnya.

6. Goa Gong

Goa gong menjadi destinasi Jawa Timur berikutnya yang harus kamu datangi karena memiliki eksotisme alam luar biasa di dalamnya.

Bahkan keindahan goa ini sudah diakui sebagai goa tercantik yang berada di kawasan Asia Tenggara. Untuk menikmati keindahan goa Gong kamu perlu mengunjungi kota Pacitan.

Keindahan gua ini terletak pada gugusan stalaktit dan stalakmit yang berjajar membentuk panah ke bawah.

Sebagaimana diketahui untuk menambah ukuran beberapa senti saja memerlukan waktu yang sangat lama. Sedangkan di dalam goa ini berjajar dengan ukuran sangat besar.

Keunikannya adalah ketika stalakmit tersebut dipukul maka akan menghasilkan gema ke seluruh bagian dalam goa.

Beberapa batuan juga diberi nama khas adat Jawa karena dipercaya sebagai penunggu yang sedang bertapa di dalam goa. Jadi meskipun sudah era modern akan tetapi kekeramatan adat Jawa dari goa ini tidak sirna.

7. Tempat Wisata di Jawa Timur : Gili Labak

Tempat wisata di Jawa timur : Gili Labak
Gili Labak

Madura juga memiliki kawasan wisata yang eksotis bernama Gili Labak.

Destinasi wisata Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang menyajikan panorama pantai yang berkelas dan akan membuatmu terasa berada di dunia lain saat mengunjunginya.

Bahkan banyak yang membandingkan keindahan tempat ini dengan destinasi Gili Trawangan yang ada di Lombok, NTB. Gili Labak berada di kawasan Sumenep bagian timur pulau Madura.

Untuk mencapai lokasi Gili Labak memerlukan perahu untuk menyeberangi lautan hingga sampai ke pulau kecil dengan banyak pohon dan dikelilingi oleh pasir putih yang sunyi dan indah.

Lautnya yang berada di selat Madura membuat ombak tidak berayun terlalu kencang sehingga aman digunakan untuk berenang dan bermain air.

Jadi ketika berada di kawasan ini rasanya berada di sebuah tempat wisata pribadi yang sepi dengan keindahan yang tak terbayangkan.

8. Pantai Balekambang

Berbeda dari wisata pantai pada umumnya yang menempatkan pesona alam sebagai daya tarik utama, pantai Balekambang hadir lebih unik dengan sentuhan unsur religi pada bentang alamnya yang cantik.

Hal tersebut dapat terlihat jelas dari bangunan pura yang berdiri tepat di atas pulau karang yang terletak di seberang pantai.

Untuk menghubungkan keduanya, sudah terbentang jembatan semen yang memanjang sejauh 70 meter dari titik tertinggi pantai Balekambang hingga ke sudut pulau Karang.

Biasanya, wisatawan memanfaatkan jembatan tersebut sebagai spot untuk berburu foto. Maklum, pemandangan samudera Hindia terlihat lebih indah jika di lihat dari ketinggian, sehingga berdiri di jembatan akan jadi ide bagus bagi Anda yang suka lanskap laut.

Pantai Balekambang berada di Desa Srigonco, Bantur, Malang, Jatim. Harga tiket masuk untuk masuk ke sana adalah Rp. 15.000 per orang.

Baca : Kuliner legendaris khas kota Surabaya.

9. Taman Agro Margomulyo Gunung Kelud

Taman Agro Margomulyo di Kediri
Taman Agro Margomulyo

Sedang tidak mood bermain di pantai ? Mungkin wisata gunung solusinya.

Gunung Kelud, meskipun tak lagi memiliki “puncak”, gunung ini masih menjadi destinasi unggulan di Kediri. Akibat letusan beberapa tahun lalu,  bagian atas gunung memang sedikit mengalami perubahan bentuk, dari yang awalnya kawasan puncak kini berubah menjadi kawasan kawah.

Sayangnya, Anda belum bisa pergi ke kawasan tersebut karena kondisi tanah yang masih labil. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba wisata kebun bunga yang tengah naik daun bernama Taman Agro Margomulyo yang terletak tidak jauh dari puncak Gunung Kelud.

Gunung Kelud berada di daerah Ngancar, Kediri, Jatim. Harga tiket masuk untuk berkunjung ke Taman Agro Margomulyo Rp. 7.000 per orang.

10. Wana Dander Bojonegoro

Obyek wisata yang satu ini letaknya berada 15 km dari Bojonegoro, Jatim. Sepintas, wana wisata ini nampak seperti sabana biasa yang tidak begitu istimewa. Namun kenyataannya, tempat ini dilengkapi dengan berbagai hal menarik yang membuatnya cocok jadi tujuan plesir Anda.

Salah satu atraksi wisata yang sukses jadi perbincangan wisatawan ialah kolam pemandian air panasnya yang ampuh mengusir lelah.

Tak heran, kolam tersebut jadi daya tarik utama Wana Wisata Dander, selain lanskap padang golf yang memanjakan mata tentunya. Ada juga camping ground yang bisa Anda manfaatkan untuk berkemah bersama keluarga.

Wana Dander berada di kawasan Alang–Alang Kemangi, Dander, Bojonegoro, Jatim. Harga tiket masuk Rp. 10.000 per orang.

11. Pemandian Air Panas Cangar

Tempat wisata di Jawa Timur : Pemandian air panas Cangar
Pemandian Cangar

Pemandian air panas Cangar bisa jadi lokasi tempat wisata di Jawa Timur terbaik untuk menghabiskan waktu libur Anda bersama keluarga tercinta.

Kolam ini berada di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut. Namun jangan khawatir, rasa pegal dan lelah yang diakibatkan oleh perjalanan jauh akan langsung lenyap seketika Anda mencelupkan anggota tubuh di kolam pemandian air panas tersebut.

Pemandian air panas Cangar beralamat lengkap di Tulungrejo, Bumiaji, Sumber Brantas, Kota Batu, Jatim. Harga tiket masuk Rp. 10.000 per orang, dan harga tiket kolam renang Rp. 5.000 per orang.

12. Songa Adventure Rafting

Berani mencoba sensasi arung jeram di sungai yang berarus deras ? Songa Adventure Rafting akan menawarkan Anda pengalaman menyusuri sungai berbatu yang cukup “berbahaya”.

Tidak hanya ditantang untuk menaklukkan jeram demi jeram, Anda juga akan dituntut bermain strategi agar dapat melintasi berbagai kelokan tajam tanpa menggulingkan perahu.

Songa Adventure Rafting berlokasi di Dusun Krajan 1, Condong, Gading, Probolinggo, Jatim. Harga tiket masuk Rp. 279.000 per regu 5 orang.

13. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen SImpang Lima Kediri
Monumen Simpang Lima

Sulit dipungkiri bahwa bangunan ini terlihat begitu mirip dengan bangunan monumental Arc De Triomphe di Paris, Prancis. Ikon sekaligus obyek wisata Kediri ini bahkan menyimpan nilai historis yang menarik untuk ditelusuri.

Meskipun “kembar identik” dengan monumen Arc De Triomphe, Prancis, namun Monumen Simpang Lima Gumul ini memiliki detail ukiran yang berbeda, dimana hampir semua reliefnya merepresentasikan sejarah, kebudayaan, dan kesenian khas Kediri.

Bangunan megah ini juga menjadi sarana promosi tagline “Kediri Lagi” yang sudah populer di kalangan penduduk lokal. Monumen Simpang Lima Gumul berada di Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jatim.

14. Pulau Sempu Malang

Jika Leonardo D’Caprio perlu menghabiskan biaya sekitar Rp. 23 miliar untuk merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi, maka Anda hanya perlu menggelontorkan uang sebesar Rp. 20.000 saja untuk dapat mencicipi liburan ala Leonardo D’Caprio di pulau Sempu.

Destinasi wisata yang terbilang sepi pengunjung ini masih butuh perhatian lebih dari pemerintah setempat untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Kebutuhan promosi tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pulau ini memiliki potensi alam luar biasa yang digadang–gadang mampu mengalahkan kecantikan pulau Phi Phi, Thailand.

Akses lokasi yang minim membuat wisatawan mesti berjuang terlebih dahulu untuk bisa sampai ke pulau Sempu. Namun tidak perlu khawatir, setibanya di sana Anda akan langsung disuguhi dengan pemandangan cantik dari pulau “tak berpenghuni” yang eksotik.

Pulau Sempu berada di selatan pulau Jawa, Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jatim. Harga tiket masuk : Rp. 20.000.

15. Masjid Tiban Turen Malang

Tempat wisata di Jawa Timur : Masjid Tiban Turen
Masjid Tiban Turen

Menyambangi Masjid Tiban Turen dijamin akan membuat Anda mengucap “Subhanallah” berulang kali. Kekaguman Anda tentu beralasan, pasalnya Masjid yang kabarnya dibangun hanya dalam waktu semalam ini benar–benar punya arsitektur super indah bak kastil kerajaan Eropa.

Kubah–kubah yang jumlahnya nyaris tak terhitung juga ikut mewarnai keindahan arsitektur Masjid Tiban Turen di Malang tersebut.

Mengagumi pesona Masjid Tiban Turen yang sukses membuat hati terlena itu tentu akan memunculkan sebuah pertanyaan di dalam benak kita tentang siapakah gerangan di balik megahnya bangunan suci tersebut ?

Jawabannya, Allah.

Romo Kyai Ahmad, sang pendiri sekaligus arsitek Masjid Tiban Turen mengungkapkan bahwa ide desain indah tersebut datang lewat sholat Istikharah yang dijalankannya. Tidak heran kalau Masjid ini memancarkan karisma Islami yang kuat dan bikin adem hati semua orang.

Masjid Tiban Turen Malang berada di Jalan Anggur, Sananrejo, Turen, Malang, Jatim. Harga tiket masuk pastinya gratis ya !

Jadi darimana petualangan liburanmu di mulai ? Jangan sampai terlewatkan satu pun keindahan alam yang siap menghipnotismu selama liburan. Mari habiskan liburan dengan mengunjungi tempat wisata di Jawa Timur.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.