Liburan Ke Gili Trawangan Lombok, Bikin Kamu Lupa Waktu

Pesona Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan Lombok merupakan salah satu destinasi paling populer di Asia dengan urutan peringkat ke 6 sebagai tempat wisata yang paling diminati.

Lokasinya berada di sebelah wilayah barat daya Pulau Lombok, dan membutuhkan waktu tempuh selama 30 menit jika dari Pelabuhan Bangsal atau 1,5 jam jika dari Bali.

Sekilas Tentang Gili Trawangan Lombok

Dulunya Gili Trawangan merupakan sebuah kampung para nelayan yang mencari nafkah di sini.

Namun beberapa tahun belakangan tempat ini berubah dan dijadikan sebagai tempat wisata yang menyediakan beberapa kelas akomodasi, berupa restaurant serta kegiatan yang seru mulai dari gaya backpacker hingga exclusive.

Dengan beragam akomodasi yang ditawarkan membuat para turis dari seluruh dunia mendatangi tempat ini.

Hal ini dikarenakan garis pantai yang begitu mempesona membuat para turis tertarik berkunjung. Begitu juga dengan perairan yang tenang, pasir putih, serta kehidupan di dalam laut yang begitu menakjubkan.

Gili Trawangan sebagai salah satu destinasi liburan di Lombok pasti selalu dipenuhi oleh para pengunjung apalagi di bulan Juli – Agustus, tahun baru, maupun musim liburan.

Aktivitas Seru Yang Wajib Kamu Coba

Pantai di Gili Trawangan

Ada beberapa jenis aktivitas yang seru dan baru di sini yang tidak boleh kamu lewatkan, coba saja pasti sangat menyenangkan. Adapun aktivitasnya sebagai berikut :

1. Menikmati Sunrise dengan Background Rinjani

Untuk dapat menikmati sunrise coba untuk bangun di pagi hari, maka akan terlihat sunrise dengan latar belakang Gunung Rinjani dan Gili Meno. Lokasi yang tepat untuk melihat matahari terbit berada di sebelah utara depan masjid atau di penangkaran Penyu.

2. Snorkeling

Aktivitas yang seru selanjutnya adalah dengan melakukan snorkeling.

Coba untuk berenang dan melihat kehidupan laut dengan terumbu karang yang berwarna-warni, melihat ikan-ikan tropis, serta makhluk laut yang tidak boleh kamu lewatkan seperti kura-kura.

Kalau kamu ingin berlama-lama dengan aktivitas ini, saya sarankan untuk menyewa penginapan di Gili Trawangan Lombok.

3. Transparan Kayaking

Transparan kayaking adalah menyewa kayak seperti perahu yang warnanya transparan. Aktivitas ini sangat seru dilakukan bersama sahabat maupun suami istri dan bisa dijadikan sebagai ide bagus untuk aktivitas outdoor di seputaran pulau.

Kamu akan melihat terumbu karang berwarna-warni serta ikan di bagian dasarnya. Jika ingin mencoba cukup dengan menyewa kayak di bawah harga Rp 300.000 ke beberapa penyedia jasa disana.

4. Glass Bottom Boat

Wisata glass bottom boat Gili Trawangan

Aktivitas ini paling banyak diminati para wisatawan, dengan hanya membayar sebesar Rp 130.000 per orang untuk durasi perjalanan 2-3 jam, dan untuk anak-anak dikenakan tarif setengah harga.

Glass Bottom Boat juga termasuk aktivitas snorkeling dengan menggunakan perahu kaca. Cocok buat anak-anak yang sedang belajar mengenal kehidupan laut.

5. Bersepeda Keliling Pulau

Buat kamu yang ingin berkeliling cukup dengan menyewa sepeda dengan tarif sekitar Rp 100.000 per hari. Bersepeda merupakan cara yang tepat untuk menyusuri jalanan sepanjang pantai atau pun melewati lorong-lorong rahasia yang ada di pulau.

Kegiatan ini akan lebih seru jika kamu lakukan bersama teman-teman.

6. Diving

Aktivitas diving yang ditawarkan di Gili Trawangan berupa :

  • PADI courses, kursus diving standart internasional.
  • Shark Diving, untuk melihat hiu karang.
  • UV Night Dive, diving di malam hari diterangi oleh sinar bulan.
  • Freediving, diving tanpa bantuan oksigen dengan kedalaman 2 meter.
  • Marine Walk, berjalan-jalan di dasar laut dengan oksigen berasal dari atas kapal.

7. Bermain Ayunan Sambil Menikmati Sunset

Ayunan ini berada tepi pantai, cocok untuk menikmati pemandangan sunset di sore hari, yang akan membuat kamu semakin terkesan.

Lokasi ayunan ini ada di depan hotel Ombak Sunset, dan juga terdapat beberapa ayunan lain di sebelah selatan pulau atau sunset point.

8. Aqua Flights

Ini merupakan olahraga melompat dari atas air laut ke permukaan tinggi.

Olahraga ini berasal dari South Sea Nomads, perusahaan yang menawarkan aqua flights dan bergerak di bidang water spot.

9. Reggae Bar dan Club Malam

Tersedia juga beragam cafe dengan musik reggae serta beberapa club malamnya, serasa bagaikan berada di Eropa karena banyak dipenuhi oleh para turis asing.

10. Ikut Yoga Clas

Buat kamu pecinta senam yoga bisa mengikuti latihan yoga, baik kelas yang ada di dalam ruangan maupun mengikuti kelas di pinggir pantai.

Transportasi dan Makanan di Gili

Naik cidomo di Gili Trawangan

Transportasi darat yang menggunakan kendaraan bermesin tidak diizinkan memasuki pulau ini. Jadi lebih disarankan untuk menaiki sepeda maupun menggunakan kereta kuda.

Sedangkan makanan yang tersedia di sini mulai dari makanan khas Korea hingga khas Prancis. Buat kamu yang lebih suka kuliner Indonesia juga bisa dijumpai di sini dan harganya lebih murah.

Lokasinya berada di Pasar Sentral tepatnya di area belakang speed boat.

Bagaimana, mulai tertarik untuk berkunjung ke Gili Trawangan Lombok ? Salah satu destinasi andalan Lombok selain desa Sade dan beberapa tempat wisata lainnya ini patut kamu kunjungi bersama keluarga.

Jadi, segara rencakan liburanmu sekarang juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *