Mengintip Penampakan Gugusan Planet Krypton di Tepian Pantai Semeti Lombok

Lombok memang dikenal sebagai salah satu tempat terindah di Indonesia. Bagaimana tidak, Lombok kaya akan keindahan pantainya, salah satunya adalah Pantai Semeti Lombok.

Pantai Semeti berlokasi di kawasan Lombok Tengah, tak terlalu jauh dari kawasan pantai Kuta atau pantai Mawun.

Awalnya pantai ini tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, mengingat lokasi pantai ini sangat terpencil bahkan akses ke sana pun tidak layak dilewati.

Selain itu, daerah yang berada di sekitar persawahan serta di balik bukit inilah yang menambah tantangan untuk datang ke sana.

Namun, setelah beberapa waktu berlalu, lama kelamaan pantai ini menjadi semakin terkenal bahkan menjadi salah satu favorit wisatawan saat ini.

Dengan segala keunikan dan keindahannya, kini Pantai Semeti menjadi semakin ramai dan dikenal sebagai salah satu wisata pantai di Lombok.

Keunikan Pantai Semeti Lombok

Sunset di pantai Semeti Lombok
Matahari terbenam

Hal yang membuat pantai Semeti unik adalah karena di sekeliling pantai ini di penuhi dengan banyak bukit karang yang penuh dengan tumbuhan hijau. Terdapat pula tebing – tebing hitam yang memberikan kesan sebagai pelindung pantai Semeti.

Nah, uniknya lagi tebing – tebing tersebut muncul dengan tak beraturan sehingga banyak orang menyamakan dengan bentuk planet Krypton di film Superman. Sejak saat itu, banyak wisatawan menyebut pantai semeti dengan pantai krypton.

Jika kamu berminat, kamu juga dapat mendaki tebing tersebut dan menjadikannya sebagai spot foto favorit bagi orang – orang tertentu.

Selain itu, pantai Semeti Lombok juga dikenal sebagai akuarium alami karena di bawah perairan pantai ini terdapat banyak sekali batu karang yang tersebar dengan berbagai macam bentuk serta ukuran. Selain itu, banyak pula ikan – ikan kecil yang hidup di dalamnya.

Meskipun begitu, kamu tetap perlu menghormati nilai – nilai yang ada karena di balik keindahan yang ditawarkan pantai ini, terdapat sebuah “penunggu“ yang mengawasi pantai ini. Untuk itu, kamu patut untuk mengerti dan menghargai.

Terlepas dari hal tersebut, keunikan pantai Semeti tetap menjadi sebuah magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung. Sama halnya dengan keunikan pantai Pink dengan pasirnya yang berwarna merah muda.

Rute Menuju Lokasi Pantai Semeti

Jika kamu berangkat dari bandara, nantinya kamu dianjurkan untuk mengikuti rute akses ke pantai Kuta.

Namun untuk mempersingkat waktu, kamu dapat memilih rute akses Jalan Selong Belanak, meskipun pemandangan yang disuguhkan tidak sebagus jika kamu melewati pantai Kuta.

Mengingat pantai Semeti letaknya berada di kawasan pantai Mawi, kamu lebih baik memilih penunjuk jalan ke pantai Mawi terlebih dahulu.

Sesampainya disana, nantinya akan terdapat jalan yang tidak di aspal dan berkerikil, ikutilah jalan tersebut, kemudian belok kanan menuju simpang tiga. Kemudian ambil belokan ke arah kiri ke jalan yang sedikit menanjak serta berlubang dan berkerikil.

Nah, setelah melewati semua rute tersebut, akan terdapat pintu masuk menuju pantai Semeti. Untuk tiket masuk, kamu akan dimintai uang sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 jika menggunakan mobil.

Sedangkan untuk turis asing akan dikenakan biaya sedikit lebih mahal, yakni sebesar Rp 10.000 untuk yang membawa motor dan Rp 20.000 bagi yang membawa mobil.

Baca : Mengintip pantai Sekotong yang masih sepi.

Fasilitas Yang Ditawarkan

Gugusan karang di pantai Semeti
Gugusan karang pantai Semeti

Fasilitas resmi pantai Semeti Lombok sebenarnya hanya gazebo. Beberapa sumber mengatakan bahwa nantinya akan diadakan penambahan fasilitas seperti warung makan, toilet serta musholla oleh pemerintah setempat.

Namun jika kamu membutuhkan penginapan, kamu dapat singgah di penginapan terdekat di kawasan pantai Kuta atau di kawasan kota Praya.

Beberapa hotel  dan homestay yang dapat kamu gunakan, antara lain :

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Pantai Semeti

Untuk aktivitas yang dapat kamu lakukan ada banyak sekali. Tak hanya berdiam diri, kamu dapat berkeliling sepanjang pesisir pantai dan mengambil beberapa foto dengan background pantai.

Selain itu, disediakan pula jasa snorkeling di pantai Semeti, mengingat ada banyak keindahan laut yang ditawarkan dan akan sangat cocok apabila digunakan sebagai tempat snorkeling.

Yang terpenting adalah kamu harus selalu berhati – hati pada setiap aktivitas yang kamu lakukan disana.

Nah, itu dia beberapa informasi menarik mengenai pantai Semeti di Lombok. Bagi kamu yang berminat kesana, ada baiknya untuk menyiapkan barang – barang yang diperlukan sebelum keberangkatan.

Jangan lupa untuk membawa kamera tentunya sebagai pelengkap momen liburan kamu, dan jangan lupa memakai sunblock untuk mencegah kerusakan kulit mengingat cuaca di sana cukup panas.

Selamat berlibur !

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.