Daftar 14 Tempat Wisata Di Lombok Ini Dijuluki Kepingan Surga

Daftar 14 tempat wisata di Lombok

Lombok menjadi salah satu pulau yang kian terkenal hingga saat ini. Ada banyak sekali tempat wisata di Lombok yang terkenal hingga ke mancanegara.

Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena potensi alamnya.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang menjuluki pulau Lombok sebagai salah satu surga dunia di Indonesia.

Wisatawan dari berbagai daerah hingga berbagai negara mengincar tempat – tempat menarik di Lombok. Jadi, sangat rugi jika Anda sering berlibur ke luar negeri, namun belum pernah berlibur di Lombok.

Nyatanya keindahan wisata di Lombok tidak kalah dengan wisata di luar negeri.

Jika Anda masih bingung kemana akan menghabiskan waktu liburan, maka cobalah untuk berkunjung ke Lombok, dan menikmati pesona alamnya yang cantik.

Di bawah ini 14 daftar tempat wisata di Lombok yang sangat recommended untuk Anda kunjungi saat liburan.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah salah satu tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Lombok.

Bagi Anda yang mempunyai hobi mendaki atau pecinta alam, maka gunung Rinjani menjadi destinasi wisata yang sangat cocok.

Konon gunung ini menjadi gunung paling indah, tak hanya di Indonesia, namun di Asia. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang mendaki gunung Rinjani.

Pemandangan yang disuguhkan sepanjang jalur pendakian sangat mempesona, apalagi saat Anda sudah berada di puncak. Anda tidak akan berhenti berdecak kagum saat sudah tiba di puncak Rinjani.

Gunung tertinggi kedua di Indonesia ini memiliki danau kawah yang cukup luas, yakni danau kawah Segara Anak.

Pemandangan sunrise yang eksotis bisa Anda nikmati dari puncak Rinjani.

Dengan keistimewaan – keistimewaan inilah maka Anda harus menyaksikan pesona gunung Rinjani secara langsung.

2. Pantai Kuta Lombok

Keindahan alam pantai Kuta di Lombok

Pantai Kuta Lombok by guidelombok.com

Pantai Kuta ? Bukankah pantai ini ada di Bali ?

Ya, ternyata Lombok juga memiliki pantai Kuta yang tak kalah indahnya dengan pantai Kuta Bali. Destinasi wisata di Lombok yang berupa pantai memang sangat banyak, namun setiap pantainya memiliki keunikan tersendiri.

Nah, Pantai Kuta Lombok ini memiliki hamparan pasir putih yang bisa Anda nikmati.

Secara administratif pantai ini terletak di Ds. Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Provinsi NTB. Lokasi yang tak jauh dengan bandara ini membuat Anda tak perlu bersusah payah untuk menuju ke sana.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini sangat lengkap mulai dari homestay, toko souvenir, rumah makan, tempat parkir, mushalla, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada pula tempat penyewaan papan surfing yang bisa Anda gunakan untuk berolahraga air yang memacu adrenalin ini.

Hamparan pasir putih dan deburan ombak membuat para pengunjung merasa tenang dan damai berada di pantai Kuta Lombok.

3. Pantai Senggigi

Wisata di pulau Lombok ini pun menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Gradasi warna pasir yang hitam dan putih adalah salah satu keunikan Pantai Senggigi. Ombak yang tidak begitu besar pun membuat Anda bisa bersantai di pantai ini sambil berjemur.

Pantai yang terletak di sebelah barat Pulau Lombok ini menjadi saingan pantai Kuta di Bali. Ya, karena memang pesona alamnya mengalahkan pantai Kuta Bali.

Selain berjemur, Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan snorkeling ataupun diving, karena airnya sangat jernih. Batu karang dan berbagai jenis ikan bisa Anda lihat di kedalaman laut pantai Senggigi.

Nah, di samping menyuguhkan keindahan bawah laut dan pasir pantai yang bergradasi, Senggigi juga memiliki pemandangan berlatar belakang deretan pegunungan.

Hal ini membuat wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik mengunjungi pantai Senggigi, karena memiliki banyak spot foto cantik dan menarik.

4. Gili Trawangan

Keindahan Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan by martasgili.com

Sudah tak asing lagi bukan dengan nama Gili Trawangan ? Karena Gili Trawangan termasuk tempat wisata di Lombok yang paling favorit.

Gili atau pulau – pulau kecil di Lombok memang ada banyak, namun Gili Trawangan adalah salah satu yang paling terkenal. Di dekat Gili Trawangan ada pula Gili Meno dan Gili Air yang sering dikunjungi.

Gili yang menyuguhkan pesona pantai yang eksotis ini tak hanya diminati wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan mancanegara.

Anda bisa menghabiskan masa liburan dengan berenang, snorkeling, diving, atau sekedar berjemur di tepi pantai Gili Trawangan.

Keindahan dasar laut di sana membuat Anda lupa waktu.

Jika Anda ingin mendapat suasana santai dan menenangkan, berkunjunglah ke Gili Meno yang letaknya tak jauh dari Gili Trawangan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke gili – gili menarik ini, waktu perjalanan tidak begitu lama, hanya membutuhkan 30 menit dari daratan Lombok.

5. Pantai Tanjung Aan

Nama yang unik bukan ? Sesuai juga dengan keindahan pantainya yang unik. Lokasi pantai Tanjung Aan tidak begitu jauh dengan pantai Kuta Lombok.

Jika Anda dari kota Mataram, waktu perjalanan yang harus ditempuh hanya 1,5 jam. Akses jalannya pun cukup mudah dan beraspal, sehingga bisa menggunakan kendaraan apapun.

Pesona pantai Tanjung Aan memang tak kalah dengan pantai lainnya, dengan pasir putih nan lembut, serta air jernih berwarna hijau tosca.

Ombak di pantai ini tidak begitu besar, jadi sangat cocok untuk bersantai, mendamaikan pikiran. Aktivitas di pantai pada umumnya bisa Anda lakukan di pantai Tanjung Aan ini.

Dengan keindahan yang luar biasa inilah Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto dengan background lautan luas.

Jadi, jangan lupa siapkan kamera terbaik Anda saat berlibur ke Pantai Tanjung Aan.

6. Pantai Tanjung Bloam

Surga tersembunyi Tanjung Bloam Lombok

Tanjung Bloam by kabarwisata.com

Tempat wisata di Lombok Barat yang indah ini adalah sebuah pantai.

Pantai Tanjung Bloam ini menyuguhkan pemandangan natural yang sangat unik. Di tengah lautnya terdapat batu sejenis karang yang meruncing ke atas menyerupai gunung.

Namun, belum banyak wistawan yang mengetahui pantai yang satu ini karena memang akses jalannya masih kurang memadai.

Meski begitu, air lautnya sangat jernih, membuat Anda bisa melihat karang – karang di dasar laut tanpa menyelam.

Oleh karena itu banyak orang yang menjuluki pantai Tanjung Bloam sebagai sepenggal surga dunia yang tersembunyi.

Untuk mengunjunginya, Anda perlu melewati jalanan sempit yang jika ditempuh dari Mataram akan membutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan.

Walaupun cukup jauh dari pusat kota, namun pesona alamnya tidak akan mengecewakan, justru Anda akan terkagum – kagum melihat keelokannya.

7. Rumah Adat Dusun Sade

Siapa bilang di Lombok hanya terkenal dengan wisata pantai saja ?

Buktinya rumah adat Dusun Sade pun menjadi tempat wisata di Lombok yang diminati wisatawan lokal hingga mancanegara.

Lokasi wisata yang berada di Ds. Rambitan, Pujut, Lombok Tengah ini dihuni oleh masyarakat suku Sasak yang masih memegang teguh adat istiadatnya.

Rumah berbahan dasar bambu dan daun alang – alang yang tersusun rapi ini memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itu dusun Sade dijadikan objek wisata budaya.

Saat pengunjung memasuki dusun unik ini, mereka akan terbawa suasana suku Sasak. Di samping itu, sistem sosial di dusun Sade juga masih kental dengan tradisi nenek moyang.

Dengan menghabiskan masa liburan di dusun Sade, Anda bisa mendapat pelajaran mengenai cara bersosialisasi yang baik, cara menjaga dan melestarikan budaya, serta pelajaran lain tentang kehidupan sehari – hari.

8. Pantai Sekotong

Romantisme suasana di pantai Sekotong Lombok

Pantai Sekotong by guidelombok.com

Yang istimewa dari pantai Sekotong adalah kondisinya yang masih perawan, dalam artian masih bersih, belum tercemari oleh limbah pabrik maupun polusi udara.

Pantai yang berjarak 60 km dari kota Mataram ini tergolong pantai yang belum banyak dikenal wisatawan. Tak heran bila suasananya masih sepi, asri, dan damai.

Di sepanjang pantai tersedia gazebo atau saung yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati pesona pantai Sekotong.

Selain hamparan pasir putih, lautan yang berwarna tosca, pantai yang berada di Lombok Barat ini juga memiliki perbukitan yang mengelilinginya.

Keistimewaan – keistimewaan tersebut pun membuat Pantai Sekotong banyak diburu wisatawan. Berbagai aktivitas seperti bermain pasir, berjemur, berenang, dan kegiatan lainnya juga bisa Anda lakukan di pantai luar biasa ini.

Jadi, tak ada yang perlu diragukan lagi untuk berkunjung ke Pantai Sekotong.

9. Air Terjun Sendang Gile

Selain banyaknya wisata pantai, Lombok juga memiliki sejumlah air terjun yang eksotis, Sendang Gile ini salah satunya.

Tempat wisata di Lombok yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan.

Air terjun ini sangat berbeda dengan air terjun lainnya, dengan air terjun utama yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter, serta beberapa anak air terjun yang memiliki tinggi 15 meter.

Lantas apa saja aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan di Sendang Gile ? Anda bisa berendam, berenang, mandi, ataupun sekedar bermain air dan foto – foto di sana.

Airnya yang segar ditambah hawa sejuknya membuat para pengunjung betah berlama – lama di Sendang Gile Lombok.

Lokasi air terjun ini tidak jauh dengan pintu masuk Gunung Rinjani, yakni bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 15 menit.

Akses menuju lokasi air terjun memang melewati hutan lebat, namun sudah ada penunjuk jalan yang cukup jelas, sehingga para wisatawan yang datang tidak mungkin tersesat.

10. Wisata Batu Bolong

Wisata Pura Batu Bolong di Lombok

Batu Bolong by wisataterindah.net

Jika di Kebumen Jawa Tengah memiliki pantai Karang Bolong, maka di Lombok memiliki pantai wisata Batu Bolong.

Hampir mirip dengan pantai Karang Bolong dan pantai Tanah Lot, namun bedanya di Lombok tidak berbentuk pantai.

Karang yang menonjol ke atas permukaan laut dengan lubang di tengahnya menjadi salah satu tempat wisata di Lombok yang paling banyak dikunjungi.

Memang pantas disejajarkan dengan Tanah Lot Bali, karena terdapat Pura di atas karang yang disucikan oleh umat agama Hindu.

Pura tersebut berhadapan langsung dengan Gunung Agung Bali dan Selat Lombok. Anda bisa merasakan sensasi deburan ombak dan angin dari atas Batu Bolong.

Selain itu, pengambilan foto di tempat ini pun akan sangat natural dan berbeda dari tempat wisata yang lain.

11. Pantai Pink

Pastinya sudah tak asing lagi dengan wisata Pantai Pink bukan ?

Tempat wisata di Lombok Timur yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan seluruh dunia. Hal tersebut karena pasir pantai yang berwarna pink hanya ada di Kanada dan di Lombok saja.

Warna pasir pantai yang unik tersebut berasal dari organisme laut yang berwarna merah serta batuan koral. Gradasi warna pasir tersebut akan semakin nampak jika Anda berkunjung pada pukul 8 hingga pukul 4 sore.

Karena kecantikan pantainya, dijamin Anda tidak akan jemu ketika menghabiskan waktu liburan di Pantai Pink.

Nah, untuk tiba ke Pantai Pink, Anda perlu menyebrang laut, di pelabuhan Tanjung Luar telah tersedia penyewaan perahu yang menuju ke Pantai Pink.

Akses jalan yang cukup rumit ini membuat fasilitas di pantai Pink kurang memadai, jadi Anda perlu persiapan lebih jika ingin berkunjung ke sana.

12. Bukit Pergasingan

Menikmati Rinjani dari bukit Pergasingan Lombok

Bukit Pergasingan by jelajahalamlombok.blogspot.co.id

Bagi Anda yang ingin menikmati pesona gunung Rinjani dari ketinggian, Bukit Pergasingan adalah tempat yang tepat.

Tempat wisata di Lombok berupa bukit ini berketinggian 1.670 mdpl, sehingga membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mendaki bukit ini.

Setelah melakukan perjalanan lumayan jauh dan meletihkan, Anda akan disuguhkan kemegahan alam yang membuat Anda terkagum – kagum. Namun jalur pendakiannya cukup terjal, sehingga perlu ekstra kehati – hatian saat melewatinya.

Anda hanya perlu membayar 10.000 rupiah untuk tiket masuk.

Setelah berada di puncak, Anda bisa menikmati keindahan gunung Rinjani serta pesona Lombok dari ketinggian.

Selain dijadikan tempat spesial untuk menikmati sunrise, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti sepeda gunung, paralayang, ataupun camping di puncak bukit.

13. Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun Benang Kelambu juga termasuk tempat wisata di Lombok yang penuh pesona.

Nama Benang Kelambu sendiri melukiskan kondisi air terjun tersebut.

Aliran airnya melewati tanaman merambat yang berada di tebing dan kemudian membuat bentuk air terjunnya menyerupai kelambu atau tirai.

Air terjun ini terletak di Desa Aik Bukaq, Batukliang Utara, Lombok Utara. Untuk tiba di lokasi ini Anda harus menempuh perjalanan dari kota Mataram selama 1 jam.

Wisata yang satu ini memang masih tersembunyi dan belum diketahui banyak orang, sehingga akses menuju ke lokasi pun cukup sulit, hanya ada sedikit penunjuk arah di sana.

Namun setelah menempuh perjalanan cukup lama, Anda bisa menikmati pesona air terjun yang menakjubkan. Aktivitas seperti berenang, berendam, bermain air, maupun berfoto, bisa Anda lakukan di lokasi tersebut.

14. Tempat Wisata Di Lombok : Tanjung Poki

Hidden paradise Tanjung Poki Lombok

Tanjung Poki by upiono.blogspot.co.id

Satu lagi surga tersembunyi di Lombok Timur, yakni Tanjung Poki.

Tempat wisata di Lombok yang satu ini memang memiliki kecantikan alam yang sangat memukau. Oleh karena itu banyak yang mengincar tempat ini sebagai tempat untuk menghabiskan masa liburannya.

Namun, ombak di Tanjung Poki sangat dahsyat, bahkan bisa mencapai ketinggian 10 meter. Jadi Anda harus ekstra hati – hati saat berada di Tanjung Poki.

Gugusan batu karang yang menjulang hingga ke atas permukaan laut menambah keeksotisan tempat wisata cantik ini.

Objek wisata yang berada di Ds. Sekaroh, Kecamatan Jerowaru ini bisa Anda capai setelah melewati jalan berbatu.

Jika Anda datang dari Mataram, maka membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai ke lokasi menggunakan sepeda motor.

Penutup

Dari 14 objek wisata di Lombok di atas, manakah wisata yang paling Anda sukai ?

Tentunya semua tempat memiliki keindahan yang membuat pengunjung terpesona. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk menghabiskan waktu liburan ke Lombok.

Tak hanya wisata pantai saja yang bisa mengisi liburan Anda, namun beberapa air terjun, bukit, hingga pegunungan di Lombok bisa Anda kunjungi.

Lombok memiliki banyak surga dunia tersembunyi. Jadi, kapan Anda berkeliling tempat wisata di Lombok dan menikmati keindahannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *