Deretan 8 Pantai di Sumba Ini Super Cantik, Dijamin Bikin Anda Betah Disana

Anda tak percaya kalau banyak pantai di Sumba yang cantik dan menawan ? Padahal pulau ini mewakili iklim Nusa Tenggara Timur yang kering. Oleh karena itu, pemandangannya di dominasi oleh padang savana serta selang-seling hutan yang terkesan tandus.

Meski demikian, jangan coba untuk menyangsikan keindahan alam di pesisirnya. Sebab, banyak pantai istimewa disana. Bahkan, pesonanya tak kalah bila dibandingkan dengan pantai Kuta, Pangandaran, Sawarna atau yang lainnya. Ingin tahu seperti apa penampakannya ?

Wisata Pantai di Sumba

1. Pantai Mandorak

Keindahan pantai Mandorak Sumba
By Kompasiana.com

Lokasi pantai Mandorak : Kalena Rongo, North Kodi, Southwest Sumba Regency, East Nusa Tenggara ( klik untuk lihat peta ).

Datang ke Sumba, sempatkanlah waktu untuk menyambangi pantai Mandorak. Lokasinya berada di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini punya banyak suguhan menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Bentang pasir putihnya berkilau bagaikan mutiara. Perairannya dihiasi oleh gulungan ombak yang cukup besar, sehingga sangat cocok buat berselancar.

Namun, sebelum berselancar Anda perlu pergi terlebih dahulu ke area tengah, melewati batuan karang hingga menemukan ombak yang lebih besar. Bagi Anda yang tak berminat menikmati pantai dengan cara tersebut bisa berjalan-jalan di sekitar pesisir untuk menghirup udara segar.

Di tengah perairan, ada batu karang yang kedua ujungnya saling bertemu membentuk pemandangan yang menakjubkan. Warna dindingnya cokelat kehitaman, namun ada pula bagian-bagian lainnya yang berwarna kehijauan karena tertutupi oleh lumut.

Anda yang puas dengan keindahan tersebut bisa tetap tinggal di sudut pantai. Tetapi jika masih haus akan petualangan, pantai ini juga menyediakan air terjun yang bisa Anda jelajahi untuk melepas penat, lho. Tertarik ?

2. Pantai Kerewei

Pesona pantai Kerewei
By Jacktenabolo.blogspot.com

Lokasi pantai Kerewei : Patiala Bawa, Lamboya, West Sumba Regency, East Nusa Tenggara ( klik untuk lihat peta ).

Di Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, ada pantai Kerewei yang pesonanya tak bisa diabaikan. Pasirnya lembut dan nyaman di kaki, airnya pun jernih dan menyegarkan.

Bukan itu saja, pantai ini juga menawarkan pengalaman yang menarik, dimana Anda bisa menyaksikan keindahannya melalui puncak bukit yang berada di sisi kanan pantai. Bukit tersebut bisa di daki dengan mudah oleh para wisatawan yang mengincar sudut pandang terbaik dari atas ketinggian.

Dari sana, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan pantai yang diwarnai oleh gugusan karang dengan bentuk yang bermacam-macam. Nampak gugusan tersebut sama-sama kompak menatap lautan. Selain menambah kecantikan, karang tersebut juga menjaga bibir pantai dari serangan ombak ganas. Jadi Anda bisa bermain pasir dengan nyaman.

3. Pantai Kawona

Destinasi pantai Kawona di Sumba
By Wisatasumba.net

Lokasi pantai Kawona : Wee Londa, Tambolaka, Southwest Sumba Regency, East Nusa Tenggara ( klik untuk lihat peta ).

Ini adalah pantai yang di pilih oleh Raisa dan suaminya, Hamish Daud, saat berlibur berdua. Namanya pantai Kawona. Letaknya di Desa Wee Londa, Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur atau sekitar 11 km dari pusat kota Tambolaka. Anda dapat mencapainya dalam waktu kurang lebih setengah jam saja.

Tak aneh rasanya bila pantai ini menjadi tujuan berlibur banyak pasangan. Sebab, panorama yang ditawarkannya pun memang menawan, bahkan terkesan romantis. Hamparan pasirnya pun terjaga dari sampah.

Belum lagi warna pasirnya keemasan dan enak di pandang mata. Di sampingnya ada lautan yang terus menyapu bibir pantai sambil meninggalkan butiran kerikil. Anda yang suka berjalan-jalan bisa merasakan sensasi bertualang dengan kaki terendam air.

Jika membawa kamera, Anda juga bisa berpose di sekitar pesisir untuk efek fotografi yang instagenic.  Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya ?

4. Pantai Mananga Aba

Wisata pantai Mananga Aba
By Gramha.net

Lokasi pantai Mananga Aba : Karuni, Loura, Southwest Sumba Regency, East Nusa Tenggara ( klik untuk lihat peta ).

Berlibur ke pantai Mananga Aba, Anda bakal dimanjakan dengan deburan ombaknya. Selain itu, suasana yang nyaman untuk bersantai juga di dukung oleh angin laut yang menderu kencang. Meski datang di siang hari, panasnya tak terasa membakar, sebab airnya menyejukkan.

Bukan itu saja, pantai di Sumba barat daya ini juga bisa dinikmati sembari ngeteh atau ngopi. Di sekitar pesisirnya memang tidak terdapat penjaja makanan ataupun minuman yang siap melayani pesanan Anda. Namun ada kafe atau restaurant yang bisa Anda kunjungi saat lapar. Jaraknya hanya selemparan batu dari bibir pantai. Anda yang tertarik bisa masuk ke dalamnya untuk menikmati pantai dengan cara yang berbeda.

5. Pantai Tarimbang

Kesunyian di pantai Tarimbang
By Sipohonlontar.blogspot.com

Lokasi pantai Tarimbang : Klik disini.

Ingin menikmati waktu bersama alam ? Datang saja ke pantai Tarimbang. Pantai ini memiliki kawasan pesisir yang masih alami, bahkan Anda tak akan menemukan banyak penjaja makanan ataupun fasilitas seperti gazebo dan bangunan berpayung lainnya. Hanya ada hamparan pasir putih yang berpadu dengan lautan biru di sepanjang garis pantai yang melengkung.

Airnya jernih dan sering masuk ke bibir pantai membawa buih-buih yang berpendar cahaya. Lautnya dangkal dan tak berhiaskan gugusan karang. Sementara di belakang pemandangan tersebut, ada tebing tinggi yang berdiri dengan kokoh. Tebing tersebut memanjang dari ujung kanan ke kiri. Bagian atasnya dipenuhi oleh tumbuhan hijau yang lebat. Jika di foto bakal nampak seperti hutan mini yang tak berpenghuni. Cantik, deh !

6. Pantai Walakiri

Pemandangan di pantai Walakiri NTT
By Limakaki.com

Lokasi pantai Walakiri : Watumbaka, Pandawai, Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur ( klik untuk lihat peta ).

Beralamat di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang menarik. Ada tanaman Mangrove yang berdiri di ujung kawasan pantai dan memberi kesan siluet yang indah saat dipadukan dengan panorama senja. Barisan mangrove tersebut nampak seperti tengah berdansa di atas hamparan pasir yang terendam air.

Selain itu, pantai ini juga punya ciri khas yang langka dijumpai pada pantai di kawasan manapun. Dimana hamparan pasirnya terdiri atas dua karakteristik yang berbeda. Pasir pertama mempunyai karakteristik yang lembut. Sementara pasir yang kedua mempunyai tekstur lebih padat mirip semen basah. Wah, bikin penasaran kan ?

7. Pantai Nihiwatu

Wisata pantai Nihiwatu
By Pergimulu.com

Lokasi pantai Nihiwatu : Klik disini.

Di Sumba, pantai Nihiwatu cukup populer dan menjadi primadona. Keindahannya bahkan telah diakui dunia sebagai yang terbaik ke – 17 melewati pesona salah satu pantai di Hawaii.

Kelebihan pantai ini bukan hanya terletak pada keindahan alamnya saja, melainkan juga keganasan ombaknya. Ombak di pantai Nihiwatu memang selalu menarik perhatian para peselancar dari berbagai penjuru dunia.

Nyaris tak memiliki cacat, ombak di pantai Nihiwatu membuat peselancar jatuh cinta dan enggan menyudahi kegiatannya. Tetapi surfing bukanlah satu-satunya aktivitas yang bisa Anda lakukan disini. Anda bisa berjemur atau berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menyaksikan panorama sunset.

Nantinya, Anda juga bisa memotret keindahan momen tersebut melalui kamera ponsel.  Nggak perlu diberi filter, udah bagus kok !

8. Pantai Watu Parunu

Wisata pantai Watu Parunu
By Phinemo.com

Lokasi pantai Watu Parunu : Lainjanji, Wula Waijelu, East Sumba Regency, East Nusa Tenggara ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Watu Parunu letaknya berada di Desa Lainjanji, Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, atau sekitar 147 km dari pusat kota Waingapu. Sebelum memasuki kawasan pantai, Anda bakal diminta untuk membayar harga tiket sebesar kurang lebih Rp. 15 ribu.

Meski tarif tiketnya cukup mahal, namun tak terasa memberatkan, lantaran keindahan pantai di Sumba timur ini memang nggak murahan.

Ada tebing yang memiliki bentuk cukup unik, yakni berlubang dan memiliki ukiran-ukiran artistik. Aksen ukir tersebut sebenarnya terbentuk lewat proses alami yang terjadi selama ratusan tahun silam. Tak heran, pesonanya luar biasa dan membuat banyak pengunjung terkesima, Anda juga kan ?

Nah, kurang lebih itulah beberapa nama pantai di Sumba yang jadi favorit para traveller saat ke NTT. Bahkan kecantikannya tak kalah memukau dibandingkan tetangganya, pantai di NTB.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.