Daftar 9 Nama Pantai di NTT Berkelas Internasional Incaran Para Turis Asing

Pantai di NTT adalah salah satu surganya wisatawan. Wajar saja, Nusa Tenggara Timur adalah provinsi yang terdiri atas banyak pulau. Jumlahnya bukan hanya satu atau dua saja lho, melainkan 550 pulau.

Tentu, provinsi ini punya banyak pantai yang bisa dijadikan andalan. Berikut ini telah dirangkum beberapa pantai terindah di NTT yang cocok buat dijadikan teman liburan. Yuk disimak.

Wisata Pantai di NTT

1. Pantai Oa / Pantai Rako

Wisata pantai Oa Flores
By Florestimurkab.go.id

Lokasi pantai Oa : Klik disini.

Letaknya berada di Desa Pantai Oa, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur. Jika diukur dari kota Larantuka, maka jaraknya sekitar 50 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan roda dua / roda empat. Untuk sampai di bibir pantai, Anda perlu melewati perkampungan yang tak terbaca Google Maps.

Tenang saja, setelah menempuh perjalanan yang melelahkan, Anda bisa menikmati alam yang indah sambil mencicipi aneka sajian kuliner yang lezat dan mengenyangkan. Selain itu, harga tiketnya pun murah, yakni hanya sekitar Rp. 5 ribu sampai Rp. 10 ribu saja.

Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa memasuki kawasan pantai yang dipenuhi oleh hamparan pasir putih dan pepohonan hijau. Diiringi angin laut yang berhembus sepoi-sepoi, rasa penat bakal langsung teralihkan deh.

2. Pantai Mekko ( Pasir Timbul )

Wisata pantai Mekko pasir timbul
By Jongflores.com

Lokasi pantai Mekko : Pledo, Witihama, East Flores Regency, East Nusa Tenggara ( klik untuk lihat peta ).

Secara administratif, pantai ini berada di Desa Pledo, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini pesisirnya tidak luas, bahkan hanya sepetak saja, sebab letaknya berada di pulau Pasir Putih yang merupakan pulau ‘timbul’ di tengah lautan.

Untuk mencapainya, Anda perlu berperahu terlebih dahulu dari pelabuhan Pelni Larantuka ke pelabuhan Tobilota. Kemudian, melintasi pulau Adonara hingga ke pelabuhan Waiwuring. Baru setelahnya Anda bisa menuju pulau Pasir Putih dengan menaiki perahu nelayan yang bisa disewa dengan harga Rp. 400 ribu untuk satu kali perjalanan PP.

3. Pantai Pulau Bidadari

Pantdi pulau Bidadari Flores NTT
By Travelagent.co.id

Pulau Bidadari berada di Manggarai Barat, tepatnya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Biasanya, untuk mencapai pulau ini, wisatawan hanya perlu membeli paket wisata ke pulau Komodo saja. Keindahan pantai ini sudah masyhur di kalangan wisatawan mancanegara sebagai spot snorkeling dan diving yang recommended.

Di dalam airnya yang jernih terdapat banyak hewan laut serta terumbu karang yang bisa Anda saksikan dengan jelas. Tetapi jangan dirusak atau dilukai ya. Nantinya jika lelah, Anda tak perlu repot mencari tempat penginapan. Cukup berkeliling saja, Anda akan menemukan beberapa resort yang bisa dijadikan tempat bermalam. Berminat ?

4. Pantai Kepa

Sunset di pantai pulau Kepa NTT
By Blog.misteraladin.com

Pantai ini bisa dicapai setelah Anda berperahu dari Desa Alor Kecil selama kurang lebih 10 menit lamanya. Dengan perahu nelayan, Anda bakal diajak untuk menyeberangi lautan sejauh 500 meter yang diukur dari pelabuhan di ujung Desa hingga ke pulau Kepa. Setelah itu, baru Anda bisa menapakkan kaki di pantai Kepa yang masih alami.

Pantai Kepa masih belum tersentuh modernitas. Hanya ada beberapa homestay saja yang bisa Anda pilih untuk bermalam. Namanya La Petite Kepa Homestay. Beberapa bangunan homestay tersebut berjajar rapi di pinggir tebing sehingga mudah dilihat dari kejauhan.

Soal keindahan, pantai Kepa sangat menakjubkan. Pasirnya menampilkan warna putih kecokelatan yang menawan. Sementara di tepinya, berjajar pepohonan yang menambah kesan tropis. Anda bisa duduk-duduk santai di bawahnya untuk menikmati pantai dalam suasana yang teduh. Kalau membawa bekal, Anda juga bisa menggelar acara piknik kecil-kecilan.

5. Pantai Pulau Padar

Wisata pantai di pulau Padar Flores
By Beritagar.id

Perjalanan menuju pantai indah di NTT ini akan menghabiskan banyak tenaga dan waktu. Tetapi Anda tak perlu ragu, karena peluh keringat Anda bakal terbayar tuntas oleh keindahan yang tersaji di depan mata. Pantai ini menyiapkan suasana alami dan pemandangan menakjubkan. Ada pasir putih berpadu dengan laut biru dan dikelilingi bukit yang tinggi.

Menariknya, disini Anda bukan hanya bisa menikmati pesona pantai saja, tetapi juga nuansa perbukitan yang khas. Bukit tersebut bisa di daki dengan sangat mudah karena di punggungnya sudah dibangun lintasan tangga yang memanjang hingga ke bagian puncak.

Anda yang kuat menapaki satu per satu anak tangga yang jumlahnya mencapai puluhan atau bahkan ratusan tersebut bakal disuguhi pemandangan pulau Padar dari atas ketinggian. Wah, keren bukan ?

6. Pantai Pink Komodo

Wisata pantai pink di pulau Komodo
By Blueturtlebeachhouse.com

Lokasi pantai Pink : Klik disini.

Tak hanya memiliki pantai berpasir putih saja, NTT juga punya pantai berwarna pink. Letaknya di pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai lokasi, Anda memang harus bergonta ganti moda transportasi. Terakhir, Anda perlu menyewa speedboat untuk bisa sampai di Dermaga Loh Liang yang terletak di ujung pulau Komodo.

Sesampainya di lokasi, Anda bakal melihat hamparan pasir yang warnanya unik. Bukan cokelat ataupun putih, melainkan warna pink ( merah muda ) yang menampilkan gradasi bertingkat-tingkat. Semakin ke timur, maka semakin pekat. Anda yang bermain disini bisa menikmati pesisirnya dengan banyak cara, mulai dari berjalan-jalan, piknik, hingga berguling-guling.

Tetapi, jangan mengambil pasir untuk dibawa pulang ya. Belakangan ini pantai Pink pulau Komodo memang warnanya tidak lagi kontras seperti dahulu. Lantaran pengunjung sering membawa pulang pasir pink yang ada di pantai tersebut. Alhasil, kecantikan pantai jadi sedikit berkurang karena warnanya semakin hilang. Kalau ingin terus menikmati keindahannya, maka biarkan pasirnya utuh. Oke ?

7. Pantai Mali

Wisata pantai Mali Alor
By Deals.weku.io

Lokasi pantai Mali : Klik disini.

Letaknya di Desa Kabola, Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki keistimewaan yang jarang dijumpai di pantai lainnya, yakni pesona matahari terbit yang menawan. Disini, panorama sunrise terlihat begitu indah dan luar biasa. Banyak yang mendokumentasikan keindahannya untuk dibagikan di media sosial.

Namun, daya tarik pantai ini tidak hanya terletak pada goresan sunrise-nya saja, melainkan juga bentang alam yang memanjakan mata. Pantai ini memang dikenal memiliki pesisir yang nyaman buat dijelajahi. Ada pohon kelapa yang berbaris rapi di sekitar tepian dan menambah kecantikan. Selain itu, lautnya tak kalah mempesona. Warnanya biru muda dan jernih bak batu permata. Anda tentu nggak mau melewatkannya, bukan ?

8. Pantai Koka

Wisata pantai Koka Maumere
By Nuabarinew.blogspot.com

Lokasi pantai Koka : Klik disini.

Pantai yang satu ini disebut-sebut sebagai tempat yang pas buat memanjakan mata dan pikiran. Letaknya di Desa Wolowiro, Kabupaten Sikka, Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Pantai ini adalah gambaran terbaik untuk keindahan pantai bernuansa tropis. Bahkan, kehadiran perkebunan teh di sekitarnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mencari suasana tenang. Ke sini jangan lupa membawa kamera ya, sebab pemandangannya sangat instagenic !

Baca : Deretan pantai cantik di Kupang.

9. Pantai Ndana

Destinasi wisata pantai di pulau Ndana
By Batasnegeri.com

Lokasi pantai Ndana : Klik disini.

Pantai di NTT ini letaknya di pulau Ndana. Memang bukan merupakan tujuan wisata, tetapi keindahannya telah merayu banyak orang untuk terus berdatangan. Bermain ke sini, Anda bakal menemukan padang savana yang mirip seperti di Afrika. Luas dan tandus. Hanya ada beberapa pohon saja yang letaknya cukup berjauhan.

Menghabiskan waktu di pantai Ndana, Anda bakal merasakan sensasi berlibur yang berbeda. Dimana Anda akan sering berjumpa dengan anggota TNI yang sedang berpatroli. Bahkan terkadang, Anda bakal dikawal juga lho. Wah, rasanya sudah seperti orang penting saja ya ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.