Daftar 15 Pantai Eksotis di Lampung Ini Selalu Jadi Incaran Para Traveller

Jika Anda punya banyak waktu untuk menjelajah dan berpetualang, maka wisata pantai di Lampung bisa dijadikan pilihan. Daerah ini memiliki banyak destinasi laut yang menawarkan panorama menakjubkan. Ada apa saja ? Berikut telah dirangkum oleh Rayadventure, daftar pantai yang bisa Anda kunjungi saat liburan ke Lampung.

Wisata Pantai di Lampung

1. Pantai Gigi Hiu

Ombak menghantam karang pantai Gigi Hiu
By Yopiefranz.id

Lokasi pantai Gigi Hiu Lampung : Pekon Susuk, Kelumbayan, Tanggamus Regency, Lampung ( klik untuk lihat peta ).

Nama yang cukup seram tak membuat pantai ini lantas dihindari oleh pengunjung. Sebaliknya, pantai ini justru dicari oleh banyak orang karena menampilkan pesona yang tak biasa. Warga Lampung menjulukinya pantai Karang Pegadungan atau pantai Batu Layar.

Pantai ini menyajikan gugusan batu karang yang bentuknya mengembang bak penampang layar perahu. Ujungnya runcing dan terlihat seperti gigi hiu yang tajam. Anda yang datang ke sini sebaiknya tidak lupa mengabadikannya lewat kamera yang Anda bawa ya.

2. Pantai Mutun

Wisata alam pantai Mutun Lampung
By Travel.detik.com

Lokasi pantai Mutun : Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Pesawaran Regency, Lampung 35236 ( klik untuk lihat peta ).

Jalan menuju lokasi pantai Mutun seperti tipikal “jalan pantai” pada umumnya, yakni berkelok serta diselingi oleh pemandangan bukit hijau dan pemukiman warga yang jarang-jarang. Butuh waktu sekitar 20 menit lamanya untuk bisa mencapai bibir pantai ini jika berangkat dari kota.

Meski tergolong baru, namun pantai ini menyajikan panorama yang menakjubkan. Dari bibir pantai warna dasar laut terlihat, ada batuan karang serta ikan yang mondar-mandir di sekitarnya. Sementara, sekian ratus meter di depan, warna airnya berubah sedikit menjadi lebih gelap. Hanya dengan membayangkannya saja, pikiran langsung teduh. Iya kan ?

3. Pantai Walur

Menjelang senja di pantai Walur
By : Malahayati.ac.id

Lokasi pantai Walur : Walur, South Krui, West Lampung Regency, Lampung 34874 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Walur cocok buat Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta. Pesisirnya merupakan terusan dari pesisir pantai Labuhan Jukung dan Way Redak yang menonjolkan ciri khas bentang alam di bagian barat Lampung. Menariknya, bermain ke sini Anda tak perlu takut kepanasan, sebab ada banyak pohon kelapa yang tumbuh lebat di sekitar pantai dan siap menudungi Anda.

Menyusuri pantai Walur hingga ke pertemuan antara laut dan daratan, Anda bakal menemukan banyak spot untuk di eksplore lebih jauh, salah satunya ialah spot memancing. Spot tersebut berisi berbagai jenis ikan yang ukurannya bervariasi. Hasil tangkapannya nanti diapakan ? Tenang, bisa di bawa pulang atau di olah menjadi makanan lezat kok.

4. Pantai Klara

Pasir putih di pantai Klara Lampung
By Wawailampungku.blogspot.com

Lokasi pantai Klara : Jl. Raya Way Ratay No.99, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35451 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini dipenuhi oleh pepohonan kelapa yang tubuhnya menjulang tinggi bak pagar alami. Tak heran, suasananya teduh dan menyenangkan, apalagi buat Anda yang menyukai suasana rindang. Nama Klara sendiri merupakan akronim dari kata-kata “Kelapa Rapat”.

Jarak antara satu pohon kelapa dengan yang lainnya memang cukup rapat sehingga menjadi pemandangan yang menarik buat di lihat. Namun, bermain di perairan juga tak kalah menyenangkan, apalagi lautnya cukup tenang. Jadi, nggak bakal bosan deh bermain seharian.

5. Pantai Piabung

Suasana teduh di pantai Piabung
By Malahayati.ac.id

Lokasi pantai Piabung : Klik disini.

Pernah dengar nama pantai ini sebelumnya ? Di kalangan wisatawan, pantai ini lebih dikenal sebagai destinasi pemancingan ikan ketimbang tempat berenang atau menyelam. Perairannya tenang dan di huni oleh banyak hewan laut yang berwarna-warni.

Saat ke sini, Anda juga bisa merintang mata dengan kegagahan gunung yang berdiri tepat di hadapan. Tetapi, siapkan uang sebesar Rp.10 ribu terlebih dahulu untuk membeli tiket masuknya ya.

6. Pantai Tanjung Setia

Ombak tinggi di pantai Tanjung Setia
By Iradiofm.com

Lokasi pantai Tanjung Setia : W Trans Sumatera Hwy, Way Jambu, South Pesisir, South Pesisir Regency, Lampung 34875 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Tanjung Setia letaknya dekat dengan jalan raya sehingga mudah di akses dari berbagai arah. Berbeda dengan pantai-pantai sebelumnya yang menawarkan nuansa kalem, pantai Tanjung Setia justru menawarkan pesona laut yang lebih “semarak”. Ketinggian ombaknya bisa mencapai 6 hingga 7 meter dan panjangnya bisa mencapai 200 meter.

Destinasi pantai ini bahkan pernah dijadikan lokasi kejuaraan surfing internasional bertajuk “Krui Pro 2018” dan “Krui Pro 2019”. Meski banyak diburu oleh wisatawan yang ingin berselancar di perairan lepas, tetapi akses menuju pantai ini masih terbilang sulit. Ditempuh via jalur darat, pantai ini baru bisa dicapai setelah perjalanan yang memakan waktu cukup lama, yakni sekitar 7 hingga 8 jam lamanya.

7. Pantai Tirtayasa

Wisata pantai Tirtayasa
By Lampungtraveller.blogspot.com

Lokasi pantai Tirtayasa : Sukamaju, Telukbetung Timur, Bandar Lampung City, Lampung ( klik untuk lihat peta ).

Pantai di Lampung ini menawarkan pesona yang sederhana namun tak kalah memikat. Kawasannya relatif belum seramai pantai-pantai lainnya di kawasan Bandar Lampung. Meski begitu, pantai ini bisa di akses hanya dalam waktu 20 menit saja dari pusat kota.

Saat singgah disini, Anda bisa menikmati pantai dari atas gazebo ditemani oleh hembusan angin sepoi-sepoi. Sayangnya, hal tersebut hanya bisa dilakukan saat air sedang surut saja. Sebab, saat air sedang tinggi bangunan saung akan ikut terendam air.

8. Pantai Tanjung Tuha

Keindahan pantai Tanjung Tuha
By Tukangngetrip.blogspot.com

Lokasi pantai Tanjung Tuha : Tanjung Tua, Bakauheni, Kec. Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35592 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Tanjung Tuha punya biaya masuk yang cukup terjangkau sehingga cocok dijadikan destinasi berlibur kala Anda harus berhemat. Untuk mencapainya diperlukan sedikit perjuangan karena akses jalan yang kurang baik. Namun bila sudah sampai di lokasi, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas menara.

Menara tersebut jaraknya sekitar 20 menit dari bibir pantai dan bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki. Untuk memasukinya, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 15 ribu per orang. Tertarik untuk mampir ?

9. Pantai Sari Ringgung

Gapura di pantai Sari Ringgung Lampung
By Pergidulu.com

Lokasi pantai Sari Ringgung : Jl. Way Ratai No.KM. 14, Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35451 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini memiliki atraksi yang berbeda. Daya tariknya mencakup wisata alam dan buatan. Salah satu daya tarik buatan pantai ini ditampilkan dalam bentuk wahana waterboom yang menawarkan sensasi bermain air seru.

Sementara bila bergeser sejauh 300 meter ke arah laut lepas, Anda bisa menemukan Masjid Al Aminah yang mengapung di atas permukaan air. Disana, Anda bisa singgah untuk beribadah dan bersilaturahmi dengan penduduk sekitar sebelum melanjutkan perjalanan. Jika punya banyak waktu, Anda juga bisa lho pergi ke tengah laut untuk menyaksikan keindahan pulau timbul. Tetapi, tunggu hingga airnya surut dulu ya.

10. Pantai Duta Wisata

Keindahan pantai Duta Wisata
By Lampungtraveller.blogspot.com

Lokasi pantai Duta Wisata : Jl. Laksamana R.E. Martadinata, Teluk Betung Barat, Lampung 35236 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Duta Wisata jaraknya hanya sekitar 14 km dari jantung kota sehingga bisa dijadikan alternatif mengusir penat setelah lelah beraktivitas. Saat ke sini Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 5 ribu saja untuk mengantongi tiket masuk. Tetapi bila Anda datang menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda juga perlu membayar biaya parkir, yakni sebesar Rp. 15 ribu untuk mobil dan Rp. 10 ribu untuk motor.

11. Pantai Labuhan Jukung

Destinasi pantai Labuhan Jukung Krui
By Travelingan.net

Lokasi pantai Labuhan Jukung : Kampung Jawa, Central Pesisir, West Lampung Regency, Lampung 34874 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini sudah berlabel ramah anak sehingga cocok buat dijadikan tempat bermain si kecil. Fasilitasnya cukup memadai, mulai dari toilet, tempat parkir, rumah makan, dan lain sebagainya. Selain fasilitas, pantai ini juga menawarkan bentang alam yang indah. Ialah hamparan pasir putih yang membentang di sejauh mata memandang. Jika membawa kamera, Anda mesti langsung sibuk deh mencari angle buat menjepret kecantikannya.

12. Pantai Pasir Putih Lampung

Keindahan pantai Pasir Putih Lampung
By Kompaswisata.com

Lokasi pantai Pasir Putih Lampung : Rangai Tri Tunggal, Katibung, South Lampung Regency, Lampung 35452 ( klik untuk lihat peta ).

Selain pantai Labuhan Jukung, masih ada pantai pasir putih lainnya yang tak kalah menarik buat dikunjungi. Ialah pantai Pasir Putih Lampung yang menawarkan bentang alam lebih alami. Jika menyambanginya, Anda nggak perlu khawatir bakal berdesakan dengan pengunjung lainnya lho.

13. Pantai Balak

Pantai di pulau Balak
By YouTube

Lokasi pulau Balak : Klik disini.

Ingin sensasi liburan yang berbeda ? Cobalah berkunjung ke pantai di pulau Balak. Pantai yang ditumbuhi banyak pohon kelapa ini menyuguhkan pengalaman berlibur layaknya di pulau pribadi. Suasananya yang sepi mendukung berbagai aktivitas jalan-jalan dan membuat liburan Anda terasa lebih menyenangkan. Bagaimana ?

14. Pantai Kelagian

Pantai sunyi di pulau Kelagian Lampung
By Perjalanansoleh.blogspot.com

Lokasi pulau Kelagian : Klik disini.

Ingin menyendiri dan menjauh sejenak dari keramaian ? Kunjungi saja pantai di pulau Kelagian. Pantai yang jaraknya hanya sejengkal dari pusat kota Lampung ini menawarkan pemandangan yang menyegarkan. Pasirnya berwarna putih dan terjaga dari sampah. Menariknya, ada spot-spot menarik yang bisa Anda jadikan latar berfoto. Keren bukan ?

Baca : Deretan pantai cantik di Padang.

15. Pantai Laguna Helau Kalianda

Wisata pantai Laguna Helau di Kalianda
By Jeniolapalmina.wordpress.com

Lokasi Laguna Helau : Way Urang, Kalianda, South Lampung Regency, Lampung 35551 ( klik untuk lihat peta ).

Menghabiskan waktu di pantai Laguna Helau Kalianda tak akan membuat Anda merasa jenuh. Bentang alamnya yang indah mendukung perasaan tenang dan rileks. Bukan hanya karena pesisirnya luas, namun juga karena pantai di Lampung yang satu ini menawarkan panorama sunset yang memukau. Disini, momen ketika sang rawi perlahan tenggelam di ufuk barat bakal terlihat eksotis. Oke banget, deh, pokoknya !

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.