8 Nama Pantai di NTB Ini Merupakan Surga Tersembunyi Yang Dicari Traveller

Berkeliling Indonesia, Anda tak boleh melewatkan Nusa Tenggara Barat dan deretan pantai di NTB. Provinsi ini punya banyak pantai yang nyaman buat disinggahi. Anda bisa bersantai, menikmati senja, menyelam, snorkeling, surfing, menikmati kelapa muda, dan berbincang-bincang dengan rekan seperjalanan di atas hamparan pasir yang lembut.

Di himpun oleh Rayadventure, berikut adalah deretan pantai terindah di NTB yang cocok buat mengisi waktu liburan Anda.

Wisata Pantai di NTB

1. Pantai Seger

Sunset di pantai Seger Lombok
By Lombokgaleri.com

Lokasi pantai Seger : Kuta, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573 ( klik untuk lihat peta ).

Salah satu pantai yang tak boleh dilewatkan selama berlibur di NTB ialah pantai Seger. Pantai ini menyajikan hamparan pasir putih yang lembut di dampingi bentang laut yang meneduhkan. Di bagian sisinya ada perbukitan hijau yang menjulang tinggi, hampir saja puncaknya menyentuh awan. Bukit tersebut biasa di daki oleh para pengunjung yang tertarik menyaksikan keindahan pantai Seger dari atas ketinggian.

Selain bukit, ada pula spot lainnya yang bisa Anda jelajahi, yakni Monumen Putri Mandalika yang terletak di sebelah utara pantai Seger dan jembatan cantik yang terbuat dari susunan bambu. Kedua spot tersebut seringkali dijadikan tempat berburu foto oleh para wisatawan yang membawa kamera. Anda yang tak mau ketinggalan juga bisa mendokumentasikan obyek menawan tersebut untuk di upload ke social media.

2. Pantai Gili Meno

Keindahan pantai di Gili Meno
By Ksmtour.com

Lokasi pantai Gili Meno : Klik disini.

Keindahan Lombok tidak hanya bisa disaksikan melalui pantai Seger saja, melainkan juga pantai di Gili Meno. Pantai ini selalu menjadi tujuan wisata turis yang ingin menikmati keindahan pantai berpasir putih alami.

Suasananya masih menyatu dengan alam dan jauh dari hingar bingar. Meski demikian, Anda sudah bisa menemukan beberapa penginapan yang bisa disewa semalam dua malam. Hanya saja, harganya akan lebih mahal ketimbang harga sewa di hotel lainnya.

Selain itu, pantai ini juga unik karena memiliki titik diving bernama Gili Meno Wall yang memungkinkan Anda untuk menyelam bersama puluhan penyu dan hewan laut yang imut dan menggemaskan. Menyenangkan, bukan ?

3. Pantai Gili Air

Keindahan pantai di Gili Air NTB
By Fotowisata.com

Lokasi pantai Gili Air : Klik disini.

Punya nama depan yang sama, pantai di Gili Air dan Gili Meno letaknya cukup berjauhan. Memilih untuk menghabiskan waktu luang di Gili Air, Anda bisa merasakan suasana yang tenang ditemani bentang alam menakjubkan.

Bahkan, Anda bisa menyelam untuk merasakan kesegaran airnya secara langsung. Di dalam air, Anda bisa melihat gugusan batuan koral yang warnanya tak sama, bahkan cenderung bervariasi, namun hal ini malah menjadi pemandangan yang menawan.

Pantai di Gili Air juga menyimpan kekayaan biota laut yang tak bisa diabaikan. Di dalamnya terdapat berbagai jenis ikan yang jarang dijumpai di perairan lainnya. Jika beruntung, ikan-ikan tersebut bisa diajak selfie bersama lho. Oleh karenanya, kamera Anda harus tetap ON ya !

4. Pantai Pulau Kenawa

Keindahan pantai di pulau Kenawa
By Superadventure.co.id

Pantai di pulau Kenawa : Klik disini.

Tak jauh dari pelabuhan Pototano, ada pantai di pulau Kenawa yang menawarkan sensasi berlibur tak kalah menyenangkan. Di sini Anda tak perlu mencari tempat menginap karena Anda bisa mendirikan tenda sendiri untuk bermalam di bawah siraman cahaya bintang.

Suasananya masih sangat alami dan dipenuhi oleh pepohonan yang berdaun rimbun. Sementara itu, pesisirnya luas dan bersih dan sangat tepat bila dijadikan lokasi piknik ataupun berkemah.

Bermalam disini, Anda harus siap menjalani hidup penuh keterbatasan, mirip seperti hidup di alam bebas. Sebab, pantai ini masih jauh dari campur tangan teknologi modern. Pesisirnya belum dilengkapi dengan alat penerangan, warung, toilet maupun fasilitas lainnya. Hanya ada dermaga serta bangunan rumah yang berdiri di atas kawasan rumput yang subur.

Meski terdengar ekstrim, namun hal tersebut merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda yang gemar bertualang.

5. Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo

Sunset di tepi pantai pulau Moyo
By Idntimes.com

Lokasi pantai Tanjung Pasir : Klik disini.

Pulau Moyo cocok buat Anda yang mencari keunikan. Hamparan pasirnya terdiri dari dua warna yang berbeda, yakni warna hitam dan putih. Pasir yang berwarna hitam terletak di bagian timur, sementara pasir yang berwarna putih terletak di sisi barat Pulau Moyo. Anda bisa menikmati keduanya hanya dengan berjalan kaki mengitari area pesisirnya.

Salah satu pantai di NTB yang cocok buat disambangi ketika ingin bersantai ialah pantai Pasir Tanjung. Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang indah berikut kekayaan bawah laut yang mempesona.

Banyak direkomendasikan kepada penghobi diving, pantai ini menyimpan terumbu karang yang masih alami. Perairannya yang tenang juga menambah nyaman kegiatan diving Anda. Nantinya, Anda juga bisa menaiki bukit untuk menikmati lanskap pantai dari sudut pandang yang berbeda.

6. Pantai Maluk

Destinais wisata pantai Maluk
By Pinterest

Lokasi pantai Maluk : Klik disini.

Diapit oleh dua bukit, pantai ini menawarkan pesona yang mengagumkan. Bukit Mantun yang berdiri di kawasan utara serta Bukit Balas yang berdiri di kawasan selatan membuat bentangnya makin elok di pandang. Anda yang memilih menghabiskan waktu libur di sini bisa menikmati pantai dengan banyak cara, mulai dari berjemur, bermain pasir hingga naik kano.

Jika sempat, Anda juga bisa menceburkan diri ke dalam air pantai yang dingin dan jernih. Maklum, air di pantai Maluk memang memiliki warna yang cantik sehingga sangat menggoda untuk diselami. Dengan kondisi yang masih alami tersebut, berenang bakal terasa menyenangkan deh. Tubuh menjadi segar dan pikiran pun menjadi tenang. Yuk dicoba !

7. Pantai Rantung

Wisata alam pantai Rantung
By Iqbalkautsar.com

Lokasi pantai Rantung : Sekongkang Bawah, Sekongkang, West Sumbawa Regency, West Nusa Tenggara 84457 ( klik untuk lihat peta ).

Pernah dengar nama pantai ini sebelumnya ? Jika belum, sekarang saat yang tepat untuk mengenalnya. Pantai ini memang dikenal sebagai destinasi diving yang menjanjikan. Ombaknya menggulung begitu kencang dan tinggi sampai-sampai Anda terkesima dengan kegagahannya. Bahkan kabarnya, pesona pantai ini terdengar hingga ke kancah internasional lho.

Anda yang tak suka berselancar juga bisa mengunjunginya untuk bersantai. Anda bisa berkeliling pantai sambil menikmati semilir angin yang berhembus sepoi-sepoi. Pesisirnya yang luas juga terasa nyaman buat dijelajahi. Anda bahkan bisa berburu panorama yang cantik. Jika tertarik, Anda pun bisa membuat foto liburan yang ciamik hanya dengan berbekal kamera ponsel.

Baca : Keelokan pantai-pantai di Flores.

8. Pantai Lawar

Keindahan pantai Lawar
By Bangcamat.blogspot.com

Lokasi pantai Lawar : Unnamed Road, Sekongkang Bawah, Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat ( klik untuk lihat peta ).

Suka pantai berbukit ? Pantai Lawar bisa menjadi rekomendasi yang tepat buat dikunjungi akhir pekan ini. Pantai di NTB yang satu ini menawarkan bentang alam yang berbeda, dimana hamparan pasir putihnya berpadu dengan perbukitan hijau yang menjulang tinggi di bagian kanan dan kiri.

Perbukitan tersebut nampak asri karena dipenuhi oleh pepohonan hijau di hampir seluruh bagian permukaannya. Menariknya, hutan tersebut juga merambat hingga ke tepi pantai lho. Dengan demikian, Anda tak perlu repot mendaki ke atas bukit untuk sekedar menikmati suasana yang teduh.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.