Inilah Pesona Air Terjun Sigura-Gura, Merupakan Yang Tertinggi di Indonesia

Pesona keindahan alam Sumatera memang tidak akan ada habisnya. Seperti salah satu destinasi wisata terkenal di Sumatera yaitu air terjun Sigura-Gura, yang berada di desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Destinasi liburan di Medan ini disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter. Aliran air yang deras di air terjun ini berasal dari sungai Asahan.

Keunikan Air Terjun Sigura-Gura

Jika kamu sedang berada di sekitar tempat wisata Danau Toba, maka tidak ada salahnya untuk sedikit melipir menuju lokasi air terjun ini.

Kondisi alam yang asri dan udara yang sejuk di sekitar air terjun akan menambah kenyamanan selama menjelajahi air terjun.

Guyuran air yang berasal dari air terjun ini sudah dapat didengar dengan jelas dari jarak beberapa ratus meter. Tampak dari jauh seperti air terjun raksasa yang dikelilingi tebing licin nan tinggi.

Keberadaan air terjun ini memberikan manfaat tersendiri bagi warga setempat. Hal ini dikarenakan airnya digunakan sebagai salah satu sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan sumber irigasi.

Keunggulan air terjun ini selain sebagai air terjun tertinggi juga karena kondisi alam yang masih alami dan sejuk.

Akses Menuju Air Terjun

Perjalanan menuju air terjun ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat. Jarak dari pusat kota Medan cukup jauh yaitu sekitar 250 Km yang dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 5 jam 31 menit belum termasuk jalan yang rusak ataupun kemacetan yang terjadi.

Perjalanan menuju air terjun dapat ditempuh dari Kabupaten Toba Samosir melalui Jl. Parsoburan ke Jl. Sigura-gura yang berjarak 72 Km.

Jarak yang cukup lebih dekat dari Toba Samosir menuju air terjun dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 2 jam 19 menit.

Bagi yang ingin menuju lokasi air terjun dengan kendaraan umum dari Bandara Kualanamu Medan maka dapat memilih naik pesawat rute Medan-Silangit dan turun di Bandara Sisingamangaraja XII.

Perjalanan dilanjutkan dengan naik Damri jurusan Silangit-Parapat dan turun di Porsea. Dari Porsea naik elf CV. Opranto jurusan Porsea-Kisaran dan bisa turun langsung di lokasi air terjun.

Akses jalan saat sudah mendekati lokasi wisata air terjun sedikit sempit dengan beberapa spot berbatasan langsung dengan jurang. Beberapa jalan berliku juga akan menyambut kamu selama perjalanan menuju air terjun.

Namun, perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayarkan dengan pemandangan alam tropis yang indah dengan air terjun yang mempesona.

Dihimbau bagi yang ingin berkunjung ke lokasi air terjun untuk mengetahui medan jalan. Hal ini akan sangat berguna demi keselamatan mengemudi selama menuju air terjun Sigura-gura.

Fasilitas Yang Ada di Lokasi

Air terjun ini memiliki konsep yang masih alami. Hal ini pula yang dapat dirasakan begitu sampai di lokasi wisata. Fokus utama yang paling menarik perhatian adalah adanya air terjun tertinggi di Indonesia dengan kesegaran air dan kesejukan alamnya.

Penginapan yang berlokasi di dekat air terjun masih jarang. Namun, jika kamu ingin bermalam di kawasan tersebut, kamu dapat mencari penginapan yang terletak di daerah sekitar.

Bisa juga menginap di kawasan Toba Samosir dan melakukan perjalanan pulang pergi ke air terjun ini.

Penginapan yang tersedia relatif terjangkau. Kamu bisa memilih harga mulai Rp 300.000 ke atas per malam. Jika beruntung, kamu juga dapat menemukan tempat singgah dengan harga yang lebih murah.

Beberapa lokasi wisata terdekat dapat dijadikan sebagai referensi tambahan jika ingin berlibur ke kawasan ini mulai dari waduk Sigura-gura, PLTA, Air Terjun Ponot, Air Terjun Sialogo, Air Terjun Sampuran Harimau dan Air Terjun Simanimbo.

Baca : Air terjun Sipiso-Piso, keindahannya tiada tara.

Aktivitas Selama Berada di Air Terjun

Menikmati keindahan air terjun Sigura-gura tidak lengkap jika tidak diabadikan. Oleh karena itu berfoto ria di sekitar lokasi air terjun menjadi hal yang wajib saat berkunjung kesana.

Bagi yang ingin merasakan dinginnya air terjun dapat mencoba bermain di sekitar aliran air yang masih aman. Derasnya aliran air terjun membuat wisatawan yang berkunjung agar selalu berhati-hati.

Selain terkenal dengan ketinggian dan keindahan alamnya, air terjun ini merupakan lokasi yang tepat untuk camping. Kegiatan camping sering dilakukan oleh wisatawan sekitar. Menikmati keindahan alam dengan berkemah menjadi cara tersendiri yang menarik.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini juga dapat menikmati derasnya aliran air dengan melakukan arung jeram.

Kegiatan arung jeram merupakan aktivitas yang sering dilakukan di kawasan air terjun ini. Bahkan, di lokasi air terjun juga digunakan sebagai lokasi turnamen arung jeram yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata setempat.

Selain banyak pilihan wisata air terjun seperti air terjun Tangkahan, Air terjun Sigura-gura merupakan pilihan wisata yang tepat untuk menikmati keindahan alam Sumatera.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.