Air Terjun Sipiso-Piso, Bukti Kearifan Lokal di Tanah Karo

Membicarakan keindahan alam provinsi Sumatera Utara memang tidak akan pernah ada habisnya. Ada banyak destinasi wisata yang masih sangat alami bisa kamu kunjungi di sini. Salah satunya adalah Air terjun sipiso-piso. Pemandangan air terjun yang sangat memukau akan membuat siapapun yang melihatnya berdecak kagum.

Keindahan Air Terjun Tipe Plunge

Merupakan sebuah air terjun yang lokasinya berada di Dusun Hutabaringin Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air terjun Sipiso-piso memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan menjulang vertikal seperti gambaran sebuah pisau tajam. Oleh karena itu, Air terjun ini digolongkan ke dalam air terjun tipe plunge.

Nama Sipiso-piso sendiri diambil dari kata piso yang berarti pisau dan digambarkan dalam tipologi pisau tajam Air terjun sipiso–piso.

Udara yang dimiliki sangat sejuk karena berada di area perbukitan. Ditambah lagi dengan pemandangan indah hutan pinus yang berada di punggung bukit dan juga hamparan danau Toba yang terlihat cukup jelas. Tidak bisa dibayangkan betapa syahdunya bersantai di tempat ini sambil menikmati secangkir kopi hangat.

Air terjun ini terbentuk dari aliran sungai Pajanabolon yang mengalir di antara tebing dan muaranya menuju Danau Toba.

Ada beberapa gazebo yang bisa digunakan menjadi tempat beristirahat dan bersantai oleh para pengunjung. Kamu juga bisa sekaligus berbelanja oleh-oleh dari beberapa penjual souvenir yang ada di sekitar gazebo.

Sebelum menyaksikan pemandangan air terjun dari dekat ada baiknya jika kamu menuju ke gardu pandang yang tepat berada di puncak bukit. Dari sana, kamu dapat menyaksikan hamparan tanah karo yang indah dan Pulau Samosir yang berada di Danau Toba.

Untuk sampai di dasar air terjun pengunjung harus menyiapkan stamina yang benar-benar fit. Akan ada beratus-ratus anak tangga yang harus dilewati untuk sampai ke bawah. Jalanan yang dilalui pun cukup curam dan berkelok-kelok.

Kira-kira membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai di dasar air terjun. Sembari menuruni anak tangga, kamu bisa mengabadikan momen berfoto selfie dengan latar belakang danau Toba.

Sesampainya di bawah air terjun, kamu bisa sedikit menengadah ke atas untuk melihat pemandangan bukit yang berada di sekeliling lokasi air terjun. Perpaduan warna hijau luas dari hamparan hutan pinus dan deru suara air terjun akan membuat suasana semakin syahdu.

Kamu bisa membawa bekal makanan dari atas untuk dimakan di dekat air terjun setelah lelah berenang dan bermain air. Jangan lupa untuk menyiapkan cukup banyak energi karena kamu akan melewati jalur menanjak untuk kembali ke atas.

Akses Menuju Air terjun Sipiso–Piso

Air terjun Sipiso-Piso
Air terjun Sipiso-Piso

Berbeda dengan lokasi air terjun dua warna Sibolangit, akses menuju Air terjun nan indah ini terbilang cukup mudah karena bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Medan, kamu dapat menggunakan transportasi umum menuju kota Kabanjahe. Waktu tempuhnya mencapai 2 jam. Sesampainya di kota Kabanjahe kamu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju Danau toba. Jaraknya sekitar 24 kilometer dan biasanya dapat ditempuh selama 30 menit.

Lokasi tepat air terjun tidak jauh dari pemukiman warga di Desa Tongging. Biasanya para pengemudi transportasi umum sudah mengetahui jika kamu menyebutkan akan turun di Air Terjun Sipiso-piso.

Pengemudi akan langsung menurunkan kamu di pinggir jalan di depan gerbang masuk air terjun. Untuk masuk hingga area parkir dan tiket pengunjung bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan becak motor.

Selain menggunakan kendaraan umum, kamu juga bisa menyewa mobil plus supir dari kota Medan. Saat ini sudah banyak travel yang menawarkan paket tour menuju salah satu Air terjun terbaik di Sumatera ini. Kamu hanya perlu duduk manis sambil menikmati perjalanan hingga ke area parkir lokasi air terjun.

Fasilitas Pengunjung

Fasilitas pengunjung di area wisata Air terjun ini sangat memadai. Terdapat lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung.

Selain itu kamu juga bisa menikmati berbagai jenis makanan ringan atau kuliner khas di warung-warung kecil yang ada di area wisata. Jika ingin menginap, pengunjung bisa menginap di penginapan yang berada di Desa Tongging.

Beberapa toko suvenir juga tersedia lengkap di area wisata ini. Kamu dan pengunjung lainnya bisa memilih berbagai jenis suvenir yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Kapan lagi kamu bisa menyaksikan keindahan air terjun tertinggi ke- 6 yang ada di Indonesia ini ?

Selain lebih dekat dengan alam, kamu juga bisa semakin memahami kearifan lokal masyarakat tanah Karo, terlebih jika kamu meluangkan waktu di penginapan yang ada di Desa Tongging.

Selain Air terjun Sipiso–piso, ada beberapa tempat wisata lain yang cukup berdekatan dan dapat dikunjungi dengan mudah. Sudah siap menikmati keindahan alam Tanah Karo ? Jangan ragu untuk agendakan liburan berikutnya ke tempat ini.

Mau Berkomentar ?