Tempat Wisata di Medan Yang Siap Memanjakan Liburanmu

Tempat wisata di Medan ini akan membuat liburanmu berkesan dan termanjakan. Apalagi beberapa diantaranya akan membawamu mengetahui makanan khas dan sejarah dari kota yang terkenal dengan banyak etnis ini.

Medan merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia dan kaya akan sejarah perjuangan kemerdekaan di dalamnya. Wisata apa saja yang menarik disana ? Berikut ini saya rekomendasikan tempat wisata terbaik hanya untuk kamu.

1. Istana Maimun Medan

Istana Maimun merupakan salah satu icon dari kota Medan yang dibangun pada masa kesultanan Deli. Lokasinya berada di jalan Brigjen Katamso Sukaraja Medan. Tak sulit menemukan lokasi ini karena terletak di poros jalanan kota.

Istana Maimun merupakan bangunan bersejarah yang dibangun oleh Sultan Mahmud Al Rasyid pada tahun 1891.

Keunikan dari bangunan ini adalah gaya arsitekturnya yang kompleks memadukan karakter Eropa, Arab, dan Indonesia. Apalagi saat ini ditambahkan dengan halaman dan taman di depannya sehingga semakin mempercantik tampilannya.

Tak heran lokasi ini sering digunakan sebagai latar untuk berfoto bersama. Apalagi saat mengunjungi istana ini kamu bisa menyewa pakaian khas adat Medan sehingga tampak lebih natural dan bergaya khas adat Medan.

Kawasan ini selalu ramai pengunjung baik yang ingin menikmati eksotisme bangunan istana maupun yang hanya sekedar duduk dan nongkrong bersama teman dan keluarga saja.

2. Kebun Binatang Medan

Kebun binatang Medan
Kebun binatang

Sebagaimana di kota besar lainnya, di Medan juga terdapat sebuah penangkaran hewan-hewan yang cocok sebagai edukasi pada anak ketika mengunjunginya.

Kebun Binatang Medan layak untuk kamu kunjungi karena selain bisa melihat berbagai macam hewan didalamnya kamu juga bisa memberi makan langsung pada hewan-hewan tersebut.

Tentunya makanan yang diperbolehkan hanyalah makanan yang disediakan di kebun binatang tersebut oleh petugasnya ya.

Salah satu hewan yang paling dielu-elukan di dalam kebun binatang ini adalah harimau Sumatera.

Benar sekali, sampai sekarang hewan ini dalam ambang kritis kepunahan karena banyaknya pemburu tidak bertanggung jawab yang lebih mementingkan isi kantongnya.

Perburuan besar-besaran dilakukan karena nilai jual kulit dan taring dari harimau ini bernilai tinggi di pasar gelapnya.

Berbagai upaya pemerintah untuk menghindari kepunahan ini salah satunya adalah membuat perlindungan dengan menempatkannya di kebun binatang.

3. Taman Buaya Asam Kumbang

Taman Buaya Asam Kumbang menjadi destinasi yang membuat merinding dari namanya saja. Kamu tentunya sudah faham betul bagaimana predator ini ganas dalam memangsa makanannya di sungai dan rawa.

Penangkaran buaya ini dijadikan tempat wisata di Medan yang menampung ribuan buaya dari berbagai spesies.

Bahkan penangkaran buaya ini sudah terkenal di mancanegara dan menjadikannya sebagai salah satu penangkaran terbesar di Asia Tenggara saat ini.

Salah satu spesies paling banyak dicari adalah buaya muara karena memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan panjang dari buaya bisa mencapai 3 meter.

Di tempat ini kamu bisa langsung berinteraksi dengan buaya. Caranya dengan memberi makan ayam dan bebek langsung ke buaya yang ada di kolam atau di danau.

Selain buaya, di penangkaran ini juga terdapat beberapa spesies reptil diantaranya adalah ular phyton. Mau coba menggendongnya ? Datang saja ke Taman Buaya Asam Kumbang.

4. Danau Siombak

Danau Siombak di Medan
Danau Siombak

Tak banyak yang tahu tempat ini. Padahal pemandangannya bisa membuatmu terkagum-kagum, khususnya ketika memandang matahari tenggelam akan terasa lebih syahdu dan romantis.

Pemandangan sore diiringi gemerlap lampu dan siluet pepohonan menjadi keindahan yang tak bisa dilupakan nantinya.

Danau Siombak merupakan danau buatan yang dibuat untuk menampung debit air guna kebutuhan hidup penduduk sekitar. Luasnya mencapai 40 hektar dengan kedalaman air rata-rata 12 meter.

Duduk sembari menikmati santapan khas danau seperti ikan dan udang merupakan kenikmatan tak akan pernah kamu rasakan di kota.

Kamu juga bisa memancing ikan lantas memasak sendiri hasil tangkapan memancing tadi. Jadi ikan masih segar dan tentunya akan dimasak dengan lezat oleh ahlinya.

Selain itu, kamu juga bisa mengelilingi sekitar danau dengan menyewa sampan atau mengendarai perahu boat yang sudah tersedia di pinggiran danau.

5. Tempat Wisata di Medan : Cemara Asri

Pada awalnya tempat ini dibangun untuk difungsikan sebagai tempat penangkaran burung. Jadi didalamnya ditanam berbagai macam pepohonan dan bunga yang menjadi makanan tiap burung dan menjadi habitat asli burung itu sendiri.

Di tengah-tengahnya dibangun sebuah danau sebagai kebutuhan air sehingga burung tidak susah untuk mencari air untuk hidup.

Seiring waktu danau buatan menjadi daya tarik sendiri karena terlihat alami dan indah khususnya ketika ada burung yang bermain di sana.

Burung bangau misalnya, menjadi pemandangan yang asri di tengah pohon cemara yang rindang dan mengitari sisi danau.

Keindahan inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk sekedar istirahat sejenak.

Waktu yang tepat untuk kamu datang kesini adalah pagi dan sore hari dimana udaranya sangat nyaman dan juga ramai pengunjung.

Di pertengahan tahun, kamu akan sering melihat ribuan burung yang sedang migrasi untuk mencari makan dan singgah di tempat ini. Fenomena ini sangat disayangkan jika kamu lewatkan.

6. Merdeka Walk

Pusat kuliner Merdeka Walk Medan
Pusat kuliner Merdeka Walk

Merdeka Walk merupakan surganya kuliner di jalanan kota Medan.

Medan sudah terkenal dengan rasa masakannya yang kuat dan pedas sehingga jika kamu pecinta kuliner ada baiknya untuk menyempatkan diri berjalan-jalan disini.

Lokasinya berada di lapangan Merdeka kota Medan sehingga mudah untuk dijangkau.

Ada baiknya untuk datang kesini malam hari karena selain ramai dan lengkap penjualnya, gemerlap lampu semakin menambah kesan romantis di dalamnya.

Keunikan lainnya adalah banyaknya bangunan peninggalan bersejarah yang menjadi pemandangan lain saat berjalan-jalan.

Di akhir pekan, kamu akan sering mendapati komunitas yang sedang berkumpul disini mulai dari komunitas musik, komunitas seni jalanan, sampai komunitas motor yang akan melengkapi keindahan tempat wisata di Medan ini.

7. Hairos Water Park

Medan bukan hanya terkenal dengan wisata alamnya, bagi kamu yang ingin menikmati liburan dengan bermain air maka Hairos Water Park adalah jawaban tepat.

Disini kamu bisa bermain waterboom sepuasnya dengan tinggi lebih dari 10 meter.

Keseruan lainnya adalah bermain kolam ombak, kolam arus, dan kolam air terjun yang tentunya membuat kamu akan puas bermain airnya.

Hairos Water Park merupakan taman air terbesar yang ada di Medan sehingga tak salah jika saat masuk ke dalamnya kamu akan disambut dengan berbagai macam permainan bertemakan air.

Adapun jam buka dari wisata ini adalah dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore. Khusus di akhir pekan ada penambahan jam hingga 8 malam. Sedangkan tiketnya berada di kisaran 40 ribu rupiah hingga 60 ribu rupiah tergantung pada hari dan musimnya.

Jadi mari seru-seruan bermain air sepuasnya di Hairos Water Park.

Baca juga : Liburan ke Jawa Timur Bikin Kangen

Medan memang terkenal dengan etnisnya yang beragam dan hidup rukun berdampingan. Oleh karena itulah saat berada di kota ini hati akan terasa nyaman dan aman.

Ditambah lagi dengan keramahan penduduk lokal yang sap sedia membantu tanpa ada imbalan. Jangan ragu lagi untuk ajak teman atau keluargamu menghabiskan liburan akhir pekan dengan berkunjung ke tempat wisata di Medan.

Mau Berkomentar ?