Menatap Keindahan Bumi Sumatera Nan Cantik Dari Atap Gunung Sibayak

Nama gunung Sibayak mungkin agak asing bagi kamu. Tapi tahukah kamu jika gunung ini menyimpan banyak sekali pesona alam yang sama sekali tidak boleh dilewatkan.

Ada beberapa orang yang sudah ke gunung ini juga mengatakan, walaupun gunung ini memang cukup mudah di daki namun memiliki pesona alam yang benar–benar sangat indah.

Puncak gunung Sibayak berada pada ketinggian 2.094 Mdpl. Sebagai informasi umum, lokasi gunung Sibayak masuk dalam bagian kawasan hutan raya Bukit Barisan. Jika kamu berangkat dari Medan akan menempuh jarak kurang lebih 60 Km untuk sampai ke kawasan ini.

Gunung Sibayak adalah puncaknya Sumatera utara. Jika kamu ingin menikmati Sumatera dari ketinggian, selain Bukit Lawang kamu juga harus datang ke gunung ini.

Jalur Pendakian Gunung Sibayak

Jika kamu sudah sampai di kota Berastagi, untuk menuju ke Gunung ini ada tiga jalur yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah :

Dari Desa Semangat Gunung

Jika kamu ingin mendaki dari kawasan ini, maka jarak dari Berastagi sekitar 15 Km. Jalurnya berupa jalanan yang sangat rapi, sehingga sebenarnya bisa dilalui menggunakan mobil.

Setelah sampai di desa kamu akan menemukan pos registrasi. Selanjutnya kamu bisa menuju ke bagian pintu rimba dalam waktu 20 menit dan kemudian kamu bisa melanjutkan pendakian.

Dari Desa Jarang Uda

Jika kamu memulai dari jalur ini, maka kamu akan menemui trek yang lebih menantang. Hal ini dikarenakan treknya memang jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan desa Semangat Gunung.

Dan biasanya pendakian melalui desa ini akan memerlukan waktu yang lebih lama. Walaupun memang treknya sangat panjang, namun kondisi jalur ini sangat rapi dan sudah di aspal sebelum kamu sampai ke puncak.

Dari jalur ini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah. Kamu juga bisa melihat hutan hujan tropis yang menemani selama perjalanan. Dan yang membuat jalur ini unik adalah ada banyak wisatawan asing yang melewati jalur ini.

Dari Jalur 54

Meski namanya unik, ini adalah jalur yang dianggap sangat sulit dan paling menantang. Alasan inilah kenapa jalur ini dianggap hanya cocok untuk pendaki yang memang sudah berpengalaman.

Kondisi jalanan yang memang sangat terjal dan juga sangat berbahaya untuk proses pendakian karena bisa memakan waktu 4 hingga 6 jam perjalanan. Asal mula nama “54” digunakan karena pintu masuk jalur ini berada di depan batu penanda jarak 54 Km dari kota Medan.

Baca : Kemegahan danau Toba, terluas di Asia Tenggara.

Apa Daya Tarik Gunung Sibayak ?

Daya tarik dan pesona gunung Sibayak
Daya tarik gunung Sibayak

Selain memiliki jalur pendakian yang bisa kamu pilih, sebenarnya spot wisata di Medan ini memiliki banyak sekali daya tarik yang bisa membuat liburanmu menjadi menyenangkan. Beberapa diantaranya adalah :

Wisata Puncak Takal Kuda

Masyarakat setempat seringkali menyebutkan jika puncak gunung Sibayak identik dengan nama Takal Kuda yang memiliki arti kepala kuda.

Puncaknya memiliki pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang gunung Sinabung dan kota Berastagi. Walaupun demikian kamu juga wajib berhati–hati karena di puncak masih di dominasi bebatuan.

Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai ke puncak tidak terlalu lama mendaki, menyesuaikan dengan jalur mana yang akan kamu pilih.

Melihat Kawah Aktif

Sebenarnya Gunung Sibayak adalah salah gunung api yang masih aktif dan memiliki kawah belerang serta berbatu cadas. Dengan kawah seluas 40 ribu meter persegi dan memiliki kandungan solfatara yang sangat tinggi, uap belerang juga akan menyemburkan hawa panas.

Legenda Suara Neraka

Sudah bukan rahasia umum lagi, pada saat sedang mendaki ke gunung ini kamu mungkin saja akan mendengar beberapa suara gemuruh. Dan warga setempat menyebut jika suara ini dikenal dengan legenda suara neraka.

Terlepas dari legenda ini, ada beberapa peneliti menyebutkan jika suara yang kamu dengar selama pendakian adalah suara angin dengan frekuensi rendah. Hal inilah yang biasa menyebabkan pendaki berhalusinasi dan stres.

Mengetahui beberapa daya tariknya, maka yang menjadi pertanyaan adalah apa saja aktivitas yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di gunung Sibayak.

Selain bisa mendaki dengan banyak pilihan jalur yang menarik, kamu juga bisa berburu matahari terbit yang bisa memberikan pengalaman tidak terlupakan.

Selain itu, di gunung Sibayak kamu juga bisa berkemah untuk merasakan sensasi yang berbeda dan membuat pengalaman pendakianmu menjadi lebih menyenangkan.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.