Keunikan Wajah Danau Linting Medan Yang Penuh Misteri

Selain wisata air terjun terkenal seperti air terjun Sigura-Gura, ternyata danau Linting Medan juga merupakan salah satu danau unik dan juga penuh misteri yang berada di Sumatera Utara.

Provinsi Sumatera Utara memang terkenal dengan danau vulkaniknya yaitu Danau Toba namun ternyata masih ada danau yang tak kalah uniknya yaitu Danau Linting.

Danau yang satu ini selain memiliki keindahan alam juga memiliki beberapa keunikan dan masyarakat sekitar lebih menganggapnya sebagai misteri dan juga mitos. Kedua hal tersebut lah yang membuat Danau Linting banyak mengundang perhatian wisatawan.

Misteri Danau Linting Medan

Keunikan sekaligus misteri yang pertama di danau ini adalah kedalamannya yang belum pernah terhitung dengan pasti. Konon danau ini memiliki kedalaman yang sangat dalam sampai-sampai tak bisa diukur.

Pernah ada seorang peneliti yang mencoba mengukur danau ini secara manual namun hingga ratusan meter setelah diukur belum juga menemukan dasar dari danau ini.

Misteri ini masih bertahan hingga sekarang dan konon belum ada yang bisa mengukur kedalaman danau ini dengan pasti. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi para wisatawan yang berkunjung ke danau ini untuk selalu waspada karena kedalaman danau yang diperkirakan sangat dalam dan berbahaya.

Namun di balik misteri kedalaman danau yang tak kunjung terbukti pasti, Danau Linting memiliki keunikan lainnya yaitu air dari danau ini termasuk ke dalam air panas.

Biasanya air panas suatu danau mengandung aroma belerang yang sangat banyak, namun uniknya di danau ini meskipun airnya panas tidak ada aroma belerang sama sekali.

Tentu hal ini merupakan suatu keunikan yang langka dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Namun meskipun tidak mengandung aroma belerang air di danau akan tetap terasa mengandung belerang jika diminum atau dicicipi.

Keunikan selanjutnya dari wisata kota Medan ini adalah keindahan alamnya yang dimana area danau dikelilingi oleh pepohonan hijau. Tentu bagi sebagian wisatawan suasana tersebut menjadi keunikan tersendiri yang dimana berwisata ke danau dengan suasana yang asri dan sejuk.

Dengan dikelilingi oleh banyak pepohonan membuat suasana di danau ini menjadi makin asri, tenang, dan alami. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekaligus merasakan kesejukan air danau ditemani suasana yang nyaman dan asri dan pepohonan yang mengelilingi danau.

Aktivitas di Danau Linting

Panorama alam danau Linting Medan
Danau Linting Medan

Dari misteri dan keunikan yang ada di danau Linting tentu membuat para wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya. Namun selain karena keunikannya danau Linting juga menawarkan aktivitas yang menarik dan tentunya akan membuat para pengunjung lebih terpuaskan setelah mengunjungi danau ini.

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan di Danau Linting adalah berendam di tepi danau. Tentu dengan keunikan airnya sangat sayang jika berkunjung ke danau ini tanpa merasakan sensasi berendam di sana.

Aktivitas berendam di danau memang cukup populer bagi sebagian wisatawan yang hadir karena memang kebanyakan dari wisatawan selain ingin menikmati keindahan alam yang disuguhkan juga ingin merasakan suasana berendam di air danau yang unik.

Sensasi berendam dengan suhu air yang mencapai 30° celsius dengan ditemani angin bersemilir lewat pepohonan yang mengelilingi danau membuat berendam menjadi aktivitas yang tak bisa dilewatkan jika mengunjungi danau ini.

Namun para wisatawan juga diharuskan selalu berhati-hati ketika melakukan aktivitas berendam di danau.

Para wisatawan dianjurkan untuk berendam di pinggiran danau saja dan tidak diperbolehkan berenang hingga ke tengah danau karena hal itu sangat berbahaya dan beresiko mengingat juga bahwa danau Linting memiliki kedalaman yang diperkirakan sangat dalam meskipun belum pasti seberapa dalam.

Selain berendam, aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di danau Linting Medan adalah dengan bersantai di pinggir danau sambil menikmati suasana alam yang disuguhkan di area danau.

Para wisatawan dapat menikmati suasana danau dengan menggelar tikar atau semacamnya di pinggir danau. Tidak usah khawatir juga jika tidak membawa tikar karena masyarakat setempat menyediakan dan menyewakan tikar dengan harga yang cukup murah.

Selain itu masyarakat juga menawarkan berbagai jajanan yang bisa menjadi camilan sambil bersantai menikmati keindahan dan suasana Danau Linting.

Akses dan Rute

Danau Linting sendiri terletak di kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum dari terminal terdekat yaitu terminal Amplas Medan.

Dengan adanya angkutan umum yang dapat mengakses hingga ke lokasi danau membuat rute menuju ke danau Linting termasuk rute yang mudah dan bisa di akses tanpa harus memerlukan waktu yang lama.

Selain menggunakan kendaraan umum, akses menuju danau juga dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi yang jika ditempuh dari pusat kota Medan akan menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam.

Keindahan dan keunikan yang disuguhkan di danau Linting Medan serta akses dan rute yang mudah dijangkau membuat danau ini kini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan daerah sekitar hingga wisatawan dari luar pulau.

Mau Berkomentar ?