10 Pantai di Medan Ini Jadi Spot Wisata Favorit Wisatawan Selain Danau Toba

Selain danau Toba, ada banyak destinasi pantai di Medan yang bisa Anda nikmati saat berkunjung. Ya, kota ini dikaruniai banyak spot menarik yang sayang untuk dilewatkan. Jumlahnya lusinan dan tersebar di segala penjuru.

Bagi Anda yang suka berkegiatan di laut, berikut adalah sejumlah pantai cantik di Medan yang bisa Anda sambangi ketika liburan. Yuk dicatat !

Wisata Pantai di Medan

1. Pantai Paropo

Berkemah di tepi pantai Paropo
By Jurnaljejak.blogspot.com

Lokasi pantai Paropo : Klik disini.

Pantai Paropo menyuguhkan pengalaman berlibur yang unik. Dimana, sinar matahari tak akan terasa membakar kulit karena pantai ini berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Pantai yang berbatasan langsung dengan danau Toba ini memiliki hamparan pasir yang tak begitu luas karena sebagian wilayahnya terisi oleh tumbuhan.

Tetapi, wilayahnya bisa mengakomodir berbagai kegiatan, mulai dari camping, piknik hingga memancing. Hal pertama yang bakal Anda temui saat berada disini ialah laut yang luas. Nyaris tak ada ombak, hanya gelombang kecil yang sesekali muncul disebabkan oleh pergerakan ikan.

Panorama alam yang ditampilkannya juga tak seperti pantai lain pada umumnya. Bentang di sekitarnya begitu khas, mirip lanskap pegunungan yang identik dengan perbukitan hijau, rerimbunan hutan serta kabut yang dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Bila ke sini, jangan lupa membawa sejumlah perlengkapan camping ya.

2. Pantai Romantis

Suasana di pantai Romantis
By Deliserdangmall.com

Lokasi pantai Romantis : Jl. Pantai Tengah No. 20, Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut ( klik untuk lihat peta ).

Sesuai namanya, tempat ini dikenal sebagai pantai romantis di Medan, sehingga cocok buat menghabiskan waktu berdua bersama pasangan. Letaknya cukup strategis dan berdekatan dengan pantai Muara Indah. Anda bisa menempuhnya dalam waktu 1 jam perjalanan dari pusat kota Medan.

Disini, Anda bisa menikmati pasir putih yang terhampar luas ditemani oleh iringan debur ombak yang memecah keheningan. Di sampingnya, ada pohon bakau yang berjejer rapi dan menentramkan hati. Anda juga bisa beristirahat di dalam pondok kelambu yang warnanya dibuat bervariasi. Bila membawa kamera, Anda bisa memanfaatkan ornamen-ornamen selfie yang ada untuk memuaskan hasrat fotografi Anda. Bagaimana, keren kan ?

3. Pantai Muara Indah

Kesunyian di Muara Indah
By Pariwisatadeliserdang.blogspot.com

Lokasi pantai Muara Indah : Klik disini.

Pantai ini adalah destinasi wisata bahari unggulan di daerah Sumatera utara. Keindahannya sering menjadi buah bibir di kalangan wisatawan. Disini, Anda bisa melihat pondok-pondok berbaris rapi tepat di hadapan laut yang teduh. Dibalut kelambu berwarna pink cerah, pondok tersebut semakin menarik.

Selain perpondokan, pantai ini juga dipenuhi oleh pohon pinus dan Mangrove yang asri dan sejuk. Berbagai jenis vegetasi tumbuh di atas hamparan pasir putih yang kecantikannya mirip butiran permata. Bersantai di atasnya tentu terasa sangat menyenangkan, apalagi ada suara debur ombak yang turut menemani aktivitas Anda. Jadi tambah menyenangkan deh.

4. Pantai Pondok Permai

Wisata alam Pondok Permai
By YouTube

Lokasi pantai Pondok Permai : Klik disini.

Selain pantai Muara Indah, ada pantai Pondok Permai yang bisa jadi tujuan alternatif saat berlibur ke Medan. Wisata pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat banyak wisatawan sulit move on dari pesonanya. Salah satunya ialah fasilitas yang lengkap, mulai dari toilet, tempat makan, hingga spot selfie, semuanya ada di sini.

Kawasan pesisirnya juga dipenuhi oleh pondok yang dibalut kelambu warna-warni. Dari kejauhan warnanya tampak seperti pelangi. Ada merah, hijau, ungu, biru dan warna-warna lainnya.

Pondok-pondok tersebut tidak di bangun berdekatan, melainkan dengan jarak yang jarang-jarang. Sehingga, berdiam di dalamnya akan terasa lebih nyaman. Bagi Anda yang memesan makanan, Anda juga bisa menyantapnya di dalam pondok. Nantinya, akan ada pemandangan laut indah untuk menemani aktivitas santap siang Anda.

5. Pantai Cermin

Bebatuan di Cermin
By Jejakpiknik.com

Lokasi pantai Cermin : Klik disini.

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang syahdu, pantai di Medan ini juga menawarkan aneka hidangan sari laut yang menggugah selera.  Ada ikan bakar, tumis kepah, udang asam manis, dan masih banyak lagi. Anda bebas memilih yang mana saja untuk disantap di pinggir pantai.

Menariknya, menikmati santap siang tersebut bisa dilakukan di bawah saung yang teduh lho. Saung-saung tersebut dibangun dengan konsep yang sederhana, hanya terdiri atas bilah bambu dan pelepah daun kelapa saja. Tak ada dinding yang menutupi sisi kanan kirinya sehingga Anda bisa menyantap makanan ditemani oleh hembusan angin yang menyejukkan.

6. Pantai Bali Lestari

Pasir putih di pantai Bali Lestari
By Tripadvisor.id

Lokasi pantai Bali Lestari : Klik disini.

Berdekatan dengan pantai Cermin, ada pantai Bali Lestari yang di sulap mirip pantai-pantai eksotis di Bali. Pantai ini dipenuhi oleh pepohonan rimbun serta payung terbang yang diberi corak warna-warni. Gerbangnya dibuat mirip seperti gapura yang kental akan arsitektur khas Bali. Anda benar-benar akan diajak berkeliling Bali meski sebenarnya Anda berada di Medan.

Disini, musik tradisional Bali mengalun dan memperkuat nuansa ke-Bali-an di tanah Medan. Bukan itu saja, pantai ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan pemandangan di pantai Kuta. Pasirnya berwarna putih dan berdampingan dengan laut biru yang tenang. Bila tertarik, Anda bisa berenang atau sekedar menyusuri tepian. Bagaimana, tertarik ?

7. Pantai Kampung Nipah

Taman Mangrove di pantai Kampung Nipah
By Beritagar.id

Lokasi pantai Kampung Nipah : Sei Naga Lawan, Perbaungan, Serdang Bedagai Regency, North Sumatra ( klik untuk lihat peta ).

Di Medan, Anda juga bisa menemukan pantai dengan ombak tenang yang ditumbuhi banyak tanaman Mangrove. Pantai tersebut dijuluki Kampung Nipah. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang lembut dan nyaman buat dijelajahi. Disini, biasanya pengunjung akan menghabiskan waktu dengan berburu kerang kepah yang banyak tersebar di area pesisirnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa bermain pasir atau berenang di perairan pantai yang tenang. Perairan pantai Kampung Nipah memang memiliki ombak yang cukup bersahabat sehingga cocok buat berenang. Tetapi, bila membawa anak, Anda tetap tidak dianjurkan untuk melepaskan sendirian.

8. Pantai Pasir Putih

Olahraga air di pantai Pasir Putih Parbaba
By YouTube

Lokasi pantai Pasir Putih Parbaba : Klik disini.

Pantai berfasilitas lengkap ini dipenuhi oleh wisatawan yang asyik bermain air. Lautnya cukup tenang meski sesekali ombak datang menyapu pesisirnya.

Datang ke sini, Anda bukan cuma bisa berenang atau menikmati angin segar saja, tetapi juga bisa berbelanja busana. Ada banyak kaus dan celana pantai yang dijajakan di bawah tenda-tenda. Modelnya keren dan harganya bersahabat, cocok buat Anda yang tak sempat membawa pakaian ganti.

9. Pantai Mutiara

Daya tarik pantai Mutiara terletak pada pepohonan hijau yang memenuhi sebagian besar wilayah pesisirnya. Lokasinya memang diliputi oleh hutan bakau, tak heran pesisirnya banyak dihiasi oleh tanaman bakau yang menjalar hingga ke bibir pantai.

Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang menarik, yakni proses pembiakan ikan laut dan kepiting yang jarang Anda jumpai di kawasan lainnya. Soal fasilitas, pantai ini sudah dilengkapi dengan sarana yang bisa menunjang kebutuhan wisata seperti toilet, tempat ibadah, dan penginapan.

10. Pantai Bosur

Bersantai di tepi pantai Bosur
By Medanwisata.com

Lokasi pantai Bosur : Klik disini.

Pantai Bosur menampilkan pemandangan yang berbeda. Pesisirnya dipenuhi oleh warna-warni lampion serta ornamen menarik lainnya. Pernak-pernik tersebut tak pernah tetap, setiap bulannya selalu diganti dengan yang baru. Tak heran, pemandangannya nggak pernah monoton.

Di tepi pantai, nampak kapal-kapal bersandar dan siap mengajak Anda berkeliling perairan pantai di Medan ini. Bila membeli paket wisata lengkap, Anda bakal diajak menyambangi destinasi-destinasi wisata terdekat seperti pulau Putri, air terjun di pulau Mursala, dan pulau lainnya. Tetapi harga paketnya cukup mahal, sekitar 2 jutaan.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.