Sedang Liburan ke Batam ? Coba Kunjungi 15 Destinasi Pantai Terpopuler Ini

Selain terkenal akan kemegahan gedung-gedung pencakar langitnya, pantai di Batam ternyata bisa dijadikan tujuan berlibur yang asyik dan menyenangkan. Di dalamnya terdapat banyak wisata alam dan buatan yang sudah dilengkapi resort mewah.

Bila Anda ingin berkegiatan di laut, Batam menyodorkan banyak pilihan yang menarik. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi pantai di Batam yang telah dirangkum oleh Ray Adventure buat Anda. Yuk dicatat !

Wisata Pantai di Batam

1. Pantai Payung

Kesejukan tepi pantai Payung
By Bintantravel.co.id

Lokasi pantai Payung : No. 47, RT. 2 RW. 2, Batu Besar, Kampung Melayu, Batu Besar, Batam, Kota Batam, Kep. Riau 29467 ( klik untuk lihat peta ).

Meski terbilang baru, namun pantai ini mendapat ulasan yang cukup baik di media sosial. Pesisirnya dipadati oleh turis yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati tiupan angin dan rindangnya pepohonan di alam pesisir.

Selain itu, pengunjung biasanya juga memanfaatkan spot-spot keren buat mempercantik foto liburan mereka bersama keluarga, mulai dari ornamen berbentuk hati, payung berwarna-warni hingga ornamen berbentuk sayap kupu-kupu, semuanya tak luput dari perhatian mereka.

2. Pantai Nongsa

Air jernih di pantai Nongsa
By Pesonaindo.com

Lokasi pantai Nongsa : Sambau, Nongsa, Batam City, Riau Islands 29465 ( klik untuk lihat peta ).

Satu lagi destinasi pantai yang tak kalah populer di Batam, yakni pantai Nongsa. Penamaannya di adopsi dari nama seorang tokoh Melayu yang pertama kali mengembangkan wilayah pesisir ini dari sebelumnya hanya berupa lahan kosong menjadi destinasi yang memiliki nilai jual.

Dikenal pula dengan julukan Nongsa Tua, pantai ini menghadap ke arah barat laut. Tak heran, panorama yang disajikannya begitu indah saat memasuki waktu petang. Saat matahari mulai kembali ke peraduannya akan ada gemerlap lampu kota yang turut menghiasi pemandangan. Cahaya tersebut datang dari Singapura, kota sibuk di seberang pantai Nongsa.

3. Pantai Marina Batam

Pemandangan di pantai Marina Batam
By Bintantravel.net

Lokasi pantai Marina Batam : Klik disini.

Menawarkan pesisir pantai yang terawat dan terjaga kebersihannya, pantai Marina cocok buat dijadikan tempat menghabiskan waktu libur bersama keluarga tercinta. Ada aroma kekayuan khas yang datang dari pohon-pohon yang menjulang tinggi di sekitarnya.

Kawasannya pun nampak tertata rapi dengan “sabuk pengaman” laut di sepanjang garis tepinya. Bila ke sini, waktu bakal terasa cepat berputar lho. Jadi, pastikan Anda melewatinya dengan penuh kebahagiaan ya.

4. Pantai Tanjung Pinggir

Bebatuan khas pantai Tanjung Pinggir
By Batamkuindah.wordpress.com

Lokasi pantai Tanjung Pinggir : Klik disini.

Karena berdekatan dengan KTM Resort, pantai Tanjung Pinggir menawarkan pengalaman berlibur yang lebih private dan terkesan ‘mahal’. Airnya cukup jernih dengan ombak yang tak kencang. Anda yang ingin ke sini, sebaiknya datang di sore hari agar bisa menyaksikan sunset yang menawan.

5. Pantai Tanjung Bemban

Lokasi pantai Tanjung Bemban : Batu Besar, Nongsa, Batam City, Riau Islands 29466 ( klik untuk lihat peta ).

Meski memiliki nama yang mirip dengan pantai Tanjung Pinggir, namun pantai ini memiliki ciri khas tersendiri, dimana pemandangan yang ditonjolkannya bukan hanya pemandangan kota Singapura dari kejauhan, melainkan juga hilir mudik kapal kargo, feri hingga tanker yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Pinang ( pulau Bintan ) menuju ke Singapura.

6. Pantai Melur Barelang

Pasir putih pantai Melur Barelang
By 1001wisata.com

Lokasi pantai Melur Barelang : Klik disini.

Tak jauh dari Camp Vietnam, ada pantai Melur yang bisa dijadikan pilihan ketika menyambangi kota Batam. Wilayahnya memang tak seberapa luas, tetapi cukup memberikan daya tarik bagi para wisatawan yang datang.

Pesisirnya nyaman buat disinggahi untuk waktu yang lama. Sebab, ada pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar garis pantai dan memberi rasa nyaman. Beberapa kursi dari kayu juga tersedia untuk tempat melepas lelah. Nggak bakal rugi deh bermain ke sini !

7. Pantai Sekilak

Wisata alam pantai Sekilak
By Bintantravel.co.id

Lokasi pantai Sekilak : Batu Besar, Nongsa, Batam City, Riau Islands 29466 ( klik untuk lihat peta ).

Nama pantai yang satu ini rasanya cukup familiar di kalangan para pecinta jalan-jalan. Tak hanya warga lokal, turis asing pun turut menikmati keindahannya. Ciri khasnya terletak pada batu karang berwarna merah yang tersebar di kawasan pesisirnya. Selain itu, ada pula Teluk Penyu yang menghadirkan suasana berbeda.

Anda tak akan bosan menghabiskan waktu di pantai ini, sebab fasilitasnya terbilang cukup memadai. Ada beberapa spot yang bisa Anda jadikan latar berfoto, memancing hingga bermain sepeda air. Kalau mau berkeliling, ada perahu kayak atau kano yang bisa Anda sewa lho. Tertarik ?

8. Pantai Melayu Batu Besar

Pantai Melayu Batu Besar
By YouTube

Lokasi pantai Melayu Batu Besar : Unnamed Road, Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29467 ( klik untuk lihat peta ).

Bagi Anda yang tertarik menyaksikan panorama sunset, pantai Melayu bisa menjadi tujuan yang tepat buat dikunjungi akhir pekan ini. Pantai ini memiliki kawasan pesisir yang cukup luas dan bersih sehingga nyaman buat tempat bersantai dan menyegarkan diri.

Pasir pantai di Batam ini putih keabu-abuan dan berbutir lembut. Anda bisa duduk di atasnya sembari menikmati momen matahari terbenam yang menawan atau berjalan-jalan di sekitar trotoar untuk merasakan hembusan angin yang menyejukkan.

9. Pantai Viovio

Tempat bersantai di pantai Viovio
By Jalanwisata.id

Lokasi pantai Viovio : Sijantung, Galang, Batam City, Riau Islands 29485 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Viovio memiliki keindahan tersendiri. Pesonanya selalu membuat wisatawan berdecak kagum. Pesisirnya dipenuhi oleh berbagai macam fasilitas dan wahana permainan air seperti banana boat, ayunan gantung dan lain sebagainya. Tetapi tak hanya itu, pantai ini juga memiliki bentang alam yang cocok buat menenangkan diri.

Perairannya tak dihiasi oleh ombak kencang, malah relatif tenang sehingga nyaman buat berenang. Sekelilingnya pun tak kalah indah, ada perbukitan hijau yang ditumbuhi banyak pepohonan sehingga menambah cantik pemandangan. Anda mesti ke sini untuk melihat keindahannya langsung.

10. Pantai Dangas

Pemandangan di tepi pantai Dangas
By Bintantravel.co.id

Lokasi pantai Dangas : Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam City, Riau Islands ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Dangas letaknya agak tersembunyi sehingga jarang dikulik oleh wisatawan. Padahal dari segi pesona, pantai lepas ini tak kalah menarik lho. Pesisirnya dipenuhi oleh batuan kerikil yang jarang dijumpai di kawasan pantai lainnya. Apalagi, suasananya sepi dan jauh dari hiruk pikuk wisatawan. Jadi, semakin nyaman deh buat bersantai dan menenangkan diri.

11. Pantai Biru Sehati

Pasir cokelat di pantai Biru Sehati
By Spinaclaban.blogspot.com

Lokasi pantai Biru Sehati : Kabil, Nongsa, Batam City, Riau Islands ( klik untuk lihat peta ).

Selain pantai Dangas, masih ada pantai lainnya yang jarang dibicarakan apalagi terekspose di media. Pantai Biru Sehati namanya. Pantai ini masih sederhana, belum banyak digarap oleh pemerintah setempat. Tetapi Anda sudah bisa menemukan beberapa fasilitas sederhana di tempat ini.

Pesisirnya bukanlah terdiri atas hamparan pasir berwarna putih cerah, melainkan pasir berwarna cokelat bata yang mirip seperti tanah biasa. Tetapi, pesonanya tak bisa dianggap remeh. Ada banyak perahu yang memberi corak tersendiri pada pemandangan yang sudah ada. Coba deh buktikan sendiri keindahannya !

12. Pantai Mega Wisata Ocarina

Pantai wisata Mega Ocarina Batam
By Pinterest

Lokasi pantai Mega Wisata Ocarina : Sadai, Bengkong, Batam City, Riau Islands 29444 ( klik untuk lihat peta ).

Ingin merasakan sensasi liburan yang tak biasa ? Coba saja mampir ke Mega Wisata Ocarina Batam. Pantai ini menghadirkan konsep wisata yang unik. Disini, Anda bukan cuma bisa bermain pasir, tetapi juga bisa mengisi waktu dengan berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan seperti bermain flying fox, giant wheel, waterbom trampolin, dan lain sebagainya.

Bila lapar, cukup melipir saja ke rumah makan terdekat yang ada di sekitar lokasi. Jaraknya hanya beberapa menit saja kok dari bibir pantai. Pilihan menu dan harganya beragam lho, sayang kan kalau sampai terlewatkan ?

13. Pantai Setokok

Sunset di pantai Setokok Barelang
By Sarahjalan.com

Lokasi panta Setokok : Unnamed Road, Pulau Setokok, Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29475 ( klik untuk lihat peta ).

Suka foto-foto ? Yuk tancap gasnya ke pantai Setokok. Pantai ini punya keindahan alam yang cocok buat mengisi feed instagram Anda. Keindahannya mencakup lanskap pasir putih yang berpadu dengan air laut yang jernih. Pulau-pulau kecil yang tersebar di area perairannya pun turut menambah daya tarik. Bagaimana ?

Baca : Bebatuan eksotis pantai di Bangka Belitung.

14. Pantai Pulau Abang

Pantai di pulau Abang Batam
By Emerer.com

Lokasi pulau Abang : Abang Island, Galang, Batam City, Riau Islands 29487 ( klik untuk lihat peta ).

Untuk mencapai pantai di Pulau Abang, Anda bisa naik perahu dari Jembatan 6 Barelang. Sesampainya di pesisir, Anda bakal disambut oleh keindahan pantai dengan bentang alam yang natural. Suasananya lebih sepi ketimbang pantai-pantai di kawasan lainnya. Dengan hamparan pasir seputih susu dan air yang jernih, siapa yang bisa menolak pesonanya ?

15. Pantai Cakang

Eksotisme pantai Cakang
By Abesagara.com

Lokasi pantai Cakang : Galang Baru, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29487 ( klik untuk lihat peta ).

Aktivitas paling populer di pantai di Batam yang satu ini ialah memandangi kapal-kapal yang melintas di perairan. Tetapi sebelum masuk ke sini, Anda akan dikenakan biaya masuk sekitar 5 ribu per orang. Nantinya, ada lintasan tangga yang mesti Anda susuri terlebih dahulu. Disusul kemudian taman-taman bunga yang diiringi oleh pepohonan rindang.

Tenang saja, perjalanan tersebut tak akan terasa membosankan kok, sebab ada pemandangan indah yang menemani di sepanjang jalan.

Ayo Berikan Ulasan Anda

Berikan penilaian Anda untuk membantu wisatawan lain yang berkunjung.