Menyusuri Danau Toba Medan, Danau Yang Terluas di Kawasan Asia Tenggara

Di Indonesia ada banyak pesona danau yang bisa kamu nikmati. Salah satunya di Sumatera utara, yakni danau Lau Kawar dan danau Toba Medan. Danau ini merupakan salah satu danau vulkanik yang terindah yang dipunyai oleh Indonesia.

Luas danau mencapai 1.145 km2 sehingga membuat danau Toba terlihat seperti sebuah lautan yang ada di ketinggian mencapai 900 Mdpl. Bukan hanya disebut–sebut sebagai danau terluas di Asia Tenggara, dengan kedalaman hingga 450 m menjadikan danau Toba menjadi danau terdalam di dunia.

Keunikan lain dari danau Toba, yakni adanya sebuah pulau kecil yang disebut sebagai pulau Samosir. Di Pulau Samosir juga ada dua danau kecil yakni danau Sidihoni dan juga danau Aek Natonang.

Meskipun terbilang kecil, namun pulau Samosir mempunyai luas yang hampir sama dengan luas dari negara Singapura. Pulau Samosir juga ada penduduknya yakni suku Batak Samosir, jadi bukan hanya pulau kosong tanpa penghuni.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Jika kamu ingin menjelajahi danau Toba, maka tentu saja kamu tidak akan bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu satu hari saja. Di tempat wisata Medan ini kamu bisa menjumpai berbagai macam hal yang cukup menarik yang bisa kamu lakukan.

Selain itu, di danau Toba ini juga ada banyak destinasi yang akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Mengenal Sejarah dari Batak

Jika kamu berada di pulau Samosir, maka kamu jangan hanya diam di penginapan. Di pulau ini kamu juga bisa mengetahui lebih dalam mengenai Batak dan sejarahnya dengan cara berkunjung ke tempat – tempat bersejarah.

Kamu bisa berkunjung ke desa Tomok, lokasi dari makam Raja Sidabutar, museum Huta Bolon yang ada di Simanindo, dan juga Batu Persidangan yang ada di Ambarita.

Berlayar

Jika kamu ingin pergi ke pulau Samosir, maka kamu bisa menggunakan kapal sewaan dan membuat perjalanan kamu menjadi lebih menarik lagi.

Dengan menggunakan kapal kamu bisa berhenti di tempat manapun yang ingin kamu kunjungi. Sepanjang perjalanan menuju pulau Samosir tentu saja kamu bisa menikmati pemkampungan di sekeliling danau. Ada banyak wisatawan yang juga bermain jetski atau banana boat.

Belanja

Memang ketika berlibur, belanja akan masuk ke dalam daftar utama dalam rencana liburan kamu. Di sekitar danau Toba Medan, kamu bisa menjumpai banyak toko souvenir khas Batak. Kamu bisa membelikan oleh – oleh khas tempat ini untuk saudara, keluarga & kerabat.

Keunikan Danau Toba Medan

Di danau Toba kamu akan menjumpai beberapa keunikan dan hal yang menarik. Misalnya saja boneka Sigale–Gale. Boneka Sigale – Gale menjadi ciri khas dari destinasi wisata yang ada di Sumatera utara ini.

Boneka kayu yang mempunyai tinggi sekitar 1,5 meter dan dilengkapi dengan pakaian adat dari Batak ini bisa menari Tor–Tor bersama dengan para pengunjung.

Jika kamu ingin melihat pertunjukan ini, maka kamu bisa melihatnya di beberapa tempat yang ada di danau Toba. Boneka Sigale–Gale memang disimpan di dalam peti mati, sebab boneka ini merupakan benda yang dikeramatkan. Sejarah yang panjang membuat boneka ini sangat istimewa.

Di danau Toba, kamu juga bisa menyaksikan festival danau Toba yang rutin diadakan setiap tahun. Festival ini merupakan kerja sama dari pemerintah dan dinas pariwisata.

Festival ini berlangsung pada bulan Agustus hingga September setiap tahunnya. Di festival ini kamu juga bisa menyaksikan berbagai macam pertunjukan budaya dan juga lomba–lomba yang diikuti oleh masyarakat. Selain itu kamu juga bisa mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut.

Festival ini merupakan salah satu festival paling meriah yang ada di Indonesia. Sehingga jika kamu ingin pergi ke festival ini, maka sebaiknya kamu memesan hotel dan tiket dari jauh–jauh hari.

Rute Menuju Danau Toba

Jika kamu ingin pergi ke danau Toba Medan, maka rute yang paling dekat yang bisa kamu akses dengan menggunakan kendaraan ialah melalui kota Parapat, Simalungun.

Jika kamu dari terminal Pinang Baris di Medan, maka kamu bisa naik bus yang menuju ke Parapat. Untuk jarak tempuh ke Parapat sendiri akan memerlukan waktu setidaknya 6 jam perjalanan. Kemudian dari Parapat kamu bisa melihat indahnya danau Toba.

Namun jika kamu ingin pergi ke pulau Samosir, maka kamu bisa menyeberang dengan menggunakan kapal feri yang berangkat dari pelabuhan Ajibata dan menuju ke pelabuhan Tuktuk, Samosir.

Bagi masyarakat Batak yang ada di sekitar danau, lokasi danau tidak hanya sebatas tempat wisata dengan keindahan yang sangat menarik. Namun mereka juga meyakini bahwa danau Toba Medan menjadi tempat tujuh Dewi dari Suku Batak. Sehingga adat istiadat daerah tersebut masih sangat kental.

Mau Berkomentar ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.