Ketenangan dan Kesunyian Danau Lau Kawar Membius Para Penikmatnya

Sumatera utara nampaknya menyimpan banyak wisata danau yang mengagumkan selain ada danau Toba yang cukup terkenal dan danau Linting yang unik, Sumatera utara juga memiliki danau lain yang tak kalah indah yaitu danau Lau Kawar.

Danau ini terletak di kaki gunung berapi Sinabung, tepatnya di desa Kutagugung, kecamatan Naman Teran, kabupaten Karo, Sumatera utara. Danau Lau Kawar merupakan danau yang menawarkan berbagai keindahan dan suasana alam yang begitu menarik. Berikut beberapa ulasan tentang danau yang berada di kaki gunung Sinabung ini.

Akses dan Rute Menuju Danau

Rute paling mudah untuk menuju ke lokasi adalah dari pusat kota Medan yang dimana jarak yang harus ditempuh sekitar 70 KM dengan waktu tempuh mencapai 3 jam bahkan bisa lebih.

Rute ini merupakan rute yang paling mudah bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi danau Lau Kawar. Rute pertama dari kota Medan menuju ke kota Berastagi, kemudian terus berlanjut hingga menuju ke persimpangan dengan papan petunjuk yang menunjukkan arah dan jarak ke lokasi yang tinggal 27 Km lagi.

Setelah itu terus lanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan utama yang nantinya akan membawa ke lokasi danau.

Akses menuju lokasi memang sedikit jauh dan jalanan yang dilalui untuk menuju ke lokasi memang sudah baik walaupun ada sedikit jalanan yang rusak terutama ketika hampir sampai ke danau.

Namun di sepanjang perjalanan akan ada banyak pemandangan serta suasana yang sejuk karena memang lokasi danau yang berada di kaki gunung. Terlebih lagi nantinya background pemandangan gunung Sinabung akan menjadi pelengkap perjalanan menuju ke lokasi.

Sangat disarankan jika ingin mengunjungi danau Lau Kawar untuk menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua atau empat karena kendaraan umum diperkirakan tidak ada yang bisa menghantarkan langsung ke lokasi danau.

Tentu jika menggunakan kendaraan pribadi akan lebih mudah dan lebih nyaman. Tidak usah khawatir dengan kondisi jalan yang dimana aksesnya dapat dilalui oleh semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat sekalipun.

Baca : Air terjun Sigura-Gura, tertinggi di Indonesia.

Keindahan dan Aktivitas di Danau Lau Kawar

Ketenangan di danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar

Setelah sampai di lokasi maka para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu cantik serta suasana danau yang asri dan tenang.

Banyak sekali pepohonan yang mengelilingi danau disertai dengan suasana khas gunung yang begitu sejuk dan nyaman untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Ketenangan di danau ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri, terlebih lagi danau Lau Kawar sering dijadikan destinasi atau tempat istirahat bagi para pendaki gunung Sinabung karena memang rute pendakian gunung Sinabung melewati danau ini.

Para pendaki gunung sering mampir bahkan bermalam di kawasan danau. Jadi jangan heran jika berkunjung ke danau ini maka akan banyak berjumpa dengan para pendaki gunung.

Aktivitas yang bisa dilakukan di danau ini sangat beragam. Contoh yang pertama yaitu sekedar bersantai menikmati keindahan serta suasana alam yang asri.

Aktivitas ini merupakan aktivitas yang sederhana namun menyenangkan apalagi dilakukan dengan sahabat atau keluarga.

Bersantai di danau ini bisa dilakukan hanya dengan menggelar tikar di pinggir danau, bersantai di pure-pure kecil yang telah disediakan hingga bersantai dengan cara berkemah di area danau.

Danau Lau Kawar memang memiliki kawasan untuk berkemah yang dimana aktivitas ini dapat menjadi sarana untuk menghabiskan waktu libur dengan keluarga sambil menikmati suasana yang asri.

Aktivitas berkemah juga menjadi salah satu yang banyak dilakukan oleh para pengunjung atau wisatawan terutama bagi para pendaki gunung. Tentu sangat menarik bisa merasakan sensasi berkemah di area danau dengan suasana asri khas pegunungan.

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di lakukan di danau Lau Kawar adalah dengan berkeliling danau menggunakan boat atau perahu rakit yang telah disediakan.

Para pengelola danau sudah menyediakan boat dan juga perahu rakit yang bisa mengantarkan para wisatawan untuk mengelilingi danau. Tentu sangat mengasyikan dapat mengelilingi danau dengan menggunakan boat dimana sensasinya akan sangat berbeda.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk mencoba aktivitas mengelilingi danau dengan boat bisa langsung menghubungi petugas atau pengelola danau.

Selain boat, perahu rakit juga disediakan oleh pengelola sebagai media aktivitas yang bisa digunakan untuk sekedar bermain di area danau.

Tidak seperti boat yang bisa berkeliling danau, perahu rakit di danau ini hanya digunakan untuk mengitari wilayah pinggiran danau saja, artinya tidak bisa digunakan hingga lebih jauh.

Tentu sangat berisiko jika perahu rakit digunakan hingga ke area tengah danau. Maka dari itu perahu rakit yang disediakan di danau ini hanya untuk sarana hiburan bagi para wisatawan.

Untuk sekedar informasi, bahwa pasca erupsi gunung Sinabung tahun 2010, danau Lau Kawar mengalami dampak yang cukup besar. Meskipun tidak mengubah keadaan danau namun banyak fasilitas yang sedikit rusak seperti pendopo kecilnya atau gazebo yang mengalami kerusakan hingga akses jalan yang rusak.

Namun sekali lagi danau Lau Kawar tetap menjadi destinasi wisata Medan yang menarik untuk dikunjungi karena menawarkan suasana asri dan sejuk hingga banyak aktivitas yang bisa dilakukan dan dihabiskan disana.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?