Keindahan Malam Bersama Bintang Jatuh di Kesunyian Pantai Buyutan Pacitan

Bagian Barat dan Selatan kabupaten Pacitan memang menyimpan deretan pantai pasir putih yang indah, salah satunya ialah pantai Buyutan. Destinasi yang satu ini jaraknya sekitar 33 km dari pusat kota Pacitan dan sekitar 100 km dari kota Yogyakarta.

Bagaikan mutiara yang dikungkung rapat dalam cangkangnya, pantai ini letaknya agak terisolir dan jauh dari kebisingan suara knalpot kendaraan. Bahkan suasana di sepanjang perjalanan menuju pantai juga masih di dominasi dengan iklim pedesaan yang sangat alami.

Mendekati lokasi wisata alam tersembunyi di Jawa Timur ini, Anda akan disambut dengan hamparan kebun kedelai berwarna hijau kekuningan yang tersebar merata di kedua sisi jalan.

Biasanya kebun tersebut akan nampak lebih indah pada waktu–waktu tertentu, seperti saat memasuki bulan April atau Mei. Sementara pada musim hujan, lahan perkebunan akan berubah menjadi areal persawahan.

Wisata Alam Pantai Buyutan

Sampai disini, birunya samudera Hindia sudah dapat di lihat dari kejauhan. Meski hanya sedikit, namun hal tersebut sudah cukup untuk mengembalikan semangat Anda yang hilang akibat perjalanan jauh.

Setibanya di tempat parkir, Anda bisa melanjutkan kembali perjalanan menuju ke lokasi dengan cara berjalan kaki atau menyewa ojek. Namun, perjalanan kali ini lebih singkat dan menyenangkan karena Anda akan disuguhi pemandangan indah pantai dari atas ketinggian.

Perpaduan yang indah dari laut lepas berwarna biru terang dengan hamparan pasir pantai berwarna putih cerah memberikan kesan kontras yang cukup kuat namun terasa sangat nyaman di pandangan.

Di sisi lain, terlihat pula barisan tebing yang memanjang dari Timur ke Barat dengan ujung terbuka menghadap ke lautan lepas.

Anda bisa berhenti sejenak untuk sekedar menikmati keindahan pantai dari kejauhan sembari bermain kamera untuk mendapatkan jepretan terbaik.

Jika Anda datang di pagi hari yang cerah, sinar matahari yang masih sayu akan membuat pencahayaan di sekitar pantai menjadi lebih menawan.

Usai dibuai dengan keindahan alam pantai, Anda bisa meneruskan perjalanan menuju ke bibir pantai. Butiran pasir putih di pantai cantik yang lembut membuat Anda nyaman menapakkan kedua kaki di atasnya.

Kebersihannya pun terjaga dengan cukup baik sehingga Anda bisa berkeliling, duduk, berbaring atau berguling–guling dengan bebas tanpa khawatir soal kotoran yang mungkin menempel di tubuh.

Pasir putih pantai ini membentang dari timur ke barat dengan kondisi geografis yang unik, dimana bagian timur di dominasi dengan hamparan pasir halus, sementara bergeser ke barat, pantai dipenuhi dengan gugusan batu karang dengan beragam ukuran di beberapa area tertentu.

Ombak di pantai Buyutan terbilang labil. Pada sea state level tertinggi, kekuatan ombak di pantai ini cukup besar hingga bisa membahayakan pengunjung. Namun ketika sedang surut, pergerakan air di pantai cenderung lebih tenang dengan deru ombak relatif kecil.

Walaupun begitu, Anda tetap tidak diperkenankan untuk berenang di sini. Karakteristik pantai yang diwarnai gugusan batuan karang adalah salah satu alasan mengapa berenang ke tengah pantai bisa berbahaya.

Gugusan karang yang menghiasi wilayah perairan pantai menjadi magnet tersendiri bagi para turis yang melancong. Hal itu lantaran bentuknya yang tidak biasa, bahkan disebut–sebut mirip dengan mahkota raja.

Gugusan tersebut dinamai Watu Narada ( Batu Narada ).

Sekilas bentuknya memang nampak seperti mahkota yang dalam dunia pewayangan Jawa lebih dikenal  dengan istilah irah–irahan atau makuta. Biasanya makuta digunakan oleh para pemimpin seperti Prabu Kresna, Prabu Kresna Dwipayana, Prabu Ramawijaya, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, beberapa gugusan karang raksasa lainnya juga ikut di beri nama, misalnya saja Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kenong, dan Watu Kerun.

Baca : Gunung Kelud, wisata andalan Kediri.

Bermalam di Tepi Pantai

Keindahan pantai Buyutan dari atas
Keindahan pantai dari atas by Jejakpiknik.com

Selain pantai Klayar, pantai cantik di Jawa Timur ini juga jadi lokasi favorit para petualang yang gemar menghabiskan malam di alam terbuka.

Berkemah di pantai ini tidak akan terasa membosankan karena ada banyak hal seru yang bisa Anda dapatkan di sini, salah satunya ialah pemandangan langit malam penuh bintang yang begitu elok dinikmati.

Saat berkunjung ke pantai ini, Anda tidak perlu membawa perlengkapan khusus apalagi membawa alat masak. Anda bisa mengunjungi kios jajanan terdekat yang buka selama hampir 24 jam setiap harinya.

Dengan begitu, Anda hanya perlu membawa perlengkapan camping seperlunya saja. Jangan lupa membawa pakaian hangat untuk menahan serangan suhu dingin yang bisa membuat tubuh Anda menggigil.

Fasilitas di Pantai Buyutan

Tidak perlu khawatir saat datang ke sini, karena pantai sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang umum seperti toilet, rumah makan, ruang ganti, dan areal parkir motor & mobil yang cukup memadai.

Jika lelah & mengantuk, Anda juga bisa mampir ke beberapa tempat penginapan yang letaknya tak jauh dari lokasi pantai, seperti Harry’s Ocean House Watukarung, Istana Ombak Eco Resort, Platar Ombo Homestay, Homestay Nova, dan banyak lagi yang lain.

Rute Menuju Pantai Buyutan

Sunset di pantai Buyutan Jawa Timur
Matahari terbenam by Reresepan.com

Pantai ini beralamat lengkap di Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Tidak sulit untuk mengakses obyek wisata bahari yang satu ini, karena jalan menuju ke lokasi pantai sudah halus dan beraspal.

Hanya saja, lebar jalan yang terbilang sempit membuat jalan ini hanya bisa di lintasi oleh kendaraan bermotor atau satu mobil saja. Tidak banyaknya ruang yang tersisa di sepanjang sisi kanan dan kiri jalan membuat rute ini nyaris tidak mungkin di lintasi oleh dua mobil sekaligus.

Belum lagi jalan menurun menuju bibir pantai juga agak beresiko bila di akses menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, sebagian orang memilih untuk memarkirkan kendaraannya dan melanjutkan perjalanan ke pantai Buyutan dengan menumpang ojek.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?