Deretan 9 Nama Pantai di Pacitan Ini Terbukti Paling Diminati Para Wisatawan

Bukan hanya gua, deretan pantai di Pacitan juga memiliki bentang alam yang memesona. Jumlahnya lusinan dan masing-masing membawa keunikan. Tak jarang, wisatawan akan bingung ketika harus memilih.

Anda yang berencana mampir sebaiknya tak melewatkan kesempatan menyambangi pantai-pantai tersebut. Berikut akan di ulas 9 wisata pantai di kota Pacitan yang recommended buat dikunjungi. Apa saja ? Yuk disimak !

Wisata Pantai di Pacitan

1. Pantai Pangasan

Wisata pantai Pangasan Pacitan
By Dakatour.com

Alamat pantai Pangasan Pacitan : Kalipelus, Kebonagung, Pruwo, Kalipelus, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63561 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Pangasan berada di Desa Kalipelus, Kebonagung, Pruwo, Kecamatan Pacitan. Bila ditempuh dari pusat kota Pacitan, maka dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit lamanya untuk bisa tiba di lokasi. Perjalanan tersebut mungkin akan terasa sulit bagi pengendara mobil karena permukaan jalan yang masih belum beraspal halus.

Namun, hal tersebut justru menjadi kesan tersendiri. Sebab, perjalanan Anda bakal dihiasi dengan pemandangan kampung dan hutan yang masih alami.

Anda juga tak perlu menyiapkan banyak uang, cukup siapkan uang sebesar Rp. 5.000 saja untuk membeli tiket masuk. Kemudian, Anda sudah bisa menikmati pesisir Pangasan yang dipenuhi hamparan rumput hijau.

Selain itu, ada pula tebing karang yang terletak di tengah perairan dan enak dipandang. Tebing tersebut menjulang tinggi bagaikan monumen ( landmark ) yang menambah kekhasan pantai Pangasan.

Kalau kebetulan membawa kamera, Anda bisa memotret keindahan ‘monumen’ tersebut untuk dibagikan melalui laman media sosial, lho. Bagaimana, cukup menarik bukan ?

2. Pantai Pikatan

Pantai Pikatan di Pacitan
By Islahagus.blogspot.com

Bergeser ke arah barat, ada pantai Pikatan yang tak kalah menggoda. Pantai ini masih satu lokasi dengan pantai Pangasan, yakni berada di Desa Kalipelus, Kebonagung, Kecamatan Pacitan.

Panorama yang ditawarkannya masih seputar hamparan karpet hijau yang megah, berpadu dengan gulungan ombak yang besar. Letaknya yang berada di antara tebing tinggi membuat pesisirnya sulit untuk dijelajahi. Sehingga, aktivitas menjelajah hanya bisa dilakukan di atas bukit di salah satu sisinya.

Tenang saja, pengalaman yang Anda dapatkan bakal tetap menyenangkan. Anda bisa menyaksikan keindahan laut yang indah dari atas ketinggian. Selain itu, ada pula pemandangan kapal kandas yang mencuri perhatian.

Biasanya, para wisatawan memanfaatkan kapal tanker tersebut untuk di foto, tetapi ada pula yang sekedar mengamatinya dari kejauhan.

3. Pantai Soge

Destinasi alam pantai Soge
By Ksmtour.com

Alamat pantai Soge Pacitan : Dondong, Sidomulyo, Ngadirojo, Pacitan Regency, East Java 63515 ( klik untuk lihat peta ).

Berikutnya, ada sebuah pantai yang berada di pinggir Jalan Raya Tompak Rinjing, Dusun Dondong, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Pantai Soge namanya. Pantai ini menawarkan pesona alam pesisir yang memikat mata. Hamparan pasirnya yang cukup lembut dan berwarna cerah sehingga pesonanya kian bertambah indah.

Jika datang ke sini, Anda bukan hanya bisa menjelajahi area pesisir yang luas, melainkan juga bisa mengitari pantai menggunakan speed boat yang bisa disewa dengan harga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 15 ribu / orang.

Tak perlu khawatir soal fasilitas, pantai Soge sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang yang memadai, mulai dari saung, tempat parkir, warung makan, toilet hingga tempat menginap.

4. Pantai Pidakan

Destinasi wisata pantai Pidakan
By Danisetiawanku.com

Alamat pantai Pidakan : Godeg Wetan, Jetak, Tulakan, Godeg Wetan, Jetak, Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63571 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Pidakan letaknya berada di Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan. Menampilkan lanskap pesisir yang cukup unik, pantai ini dipenuhi dengan hamparan batu yang berpermukaan halus, membuatnya tampil beda dari yang lain. Ombaknya cukup panjang namun tak begitu besar sehingga cukup aman.

Pantai ini juga masih sangat alami karena belum terkelola secara modern sehingga cocok untuk dijadikan tempat refreshing bersama keluarga tercinta.

Dikatakan instagenic, pantai ini juga menawarkan bentang alam yang ideal untuk kebutuhan fotografi landscape. Ada banyak pepohonan di sekitar pesisir yang tidak hanya mempercantik pemandangan yang ada, namun juga memberi kesan yang teduh juga asri. Cantik banget deh pokoknya !

5. Pantai Watu Bale

Wisata pantai Watu Bale di Pacitan
By Intanyuu.blogspot.com

Alamat pantai Watu Bale : Jl. Pacitan-Trenggalek, Desa Jetak, Tulakan, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63571 ( klik untuk lihat peta ).

Menambah panjang daftar pantai di Pacitan yang tidak memiliki pesisir, ada pantai Watu Bale yang letaknya berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan.

Tidak begitu jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Pacitan dengan Trenggalek, pantai ini jadi rest area yang banyak difavoritkan oleh para pelancong. Pasalnya, ada pemandangan indah yang tersimpan di balik bentang alamnya yang misterius.

Memang, Anda tidak akan menemukan hamparan pasir putih yang membentang di sejauh mata memandang. Namun, Anda bisa menikmati keelokan laut lepas dari atas tebing yang menjulang tinggi.

Bak gardu pandang, tebing tersebut menawarkan pesona lautan dalam view 360 derajat yang bisa dinikmati dalam sekali pandang. Kalau sudah begini, bakal betah deh memandangi keindahannya sampai petang.

6. Pantai Kasap

Wisata pantai Kasap mirip Raja Ampat
By Blogkulo.com

Alamat pantai Kasap pacitan : Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Pacitan Regency, East Java ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Kasap menyuguhkan pemandangan gugusan pulau yang nampak bagaikan benua-benua raksasa. Selain itu, pantai yang dijuluki mini Raja Ampat ini juga berdekatan dengan obyek wisata lainnya, seperti Sungai Maron yang alirannya membawa Anda ke pantai Ngiriboyo.

Pantai Kasap sendiri memiliki daya tarik yang cukup memikat. Dimana sajian pemandangannya mirip seperti Raja Ampat. Tak heran, banyak orang tertarik untuk menikmati kecantikannya.

Lokasinya berdekatan dengan tebing tinggi, namun pantai ini memiliki area pesisir yang cukup luas dan memungkinkan buat dijelajahi. Sehingga Anda bisa menghabiskan waktu di atas pasir putih yang lembut sambil bermain air ditemani dengan debur ombak.

Tenang, setelah itu, Anda bisa menghangatkan diri dan memanjakan perut dengan semangkuk bakso, kok.

7. Pantai Srau

Destinasi alam pantai Srau
By Gunungkidulku.com

Alamat pantai Srau Pacitan : Candi, Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Srau memiliki 3 spot yang menawarkan pemandangan berbeda-beda. Sisi timur menyajikan pemandangan matahari terbit, sisi barat menyajikan pesona matahari terbenam, sementara bagian tengah menawarkan pemandangan laut yang menenangkan.

Bak paket komplit, semua itu bisa Anda nikmati dalam satu lokasi saja. Daya tarik lain yang dimiliki pantai ini terdapat pada bentuk karangnya yang unik.

Ada karang yang berbentuk seperti sebuah terowongan. Bagian atasnya ditumbuhi oleh padang ilalang yang berdaun tajam. Namun, berdiri di bawahnya menjadi pose yang paling banyak difavoritkan oleh orang-orang.

Maklum, bukit karang tersebut memang nampak cantik bila dipotret. Tak heran bila banyak orang terpikat dengan keindahannya hingga tak bisa menunggu lama untuk mengabadikannya lewat kamera ponsel.

8. Pantai Ngandul

Keunikan pantai Ngandul
By Gunungkidulku.com

Alamat pantai Ngandul Pacitan : Widoro, Donorojo, Krajan Wetan, Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554 ( klik untuk lihat peta ).

Mencari spot yang menampilkan dua keindahan alam berbeda ? Pacitan punya jawabannya. Dijuluki pantai Ngandul, tempat ini menyuguhkan pantai yang berkolaborasi dengan air terjun yang indah.

Lokasinya cukup terisolir dan didahului dengan medan ekstrim saat melewatinya. Sehingga Anda perlu melakukan trekking terlebih dahulu sebelum mencapai pantai ini.

Mengganti kawasan pesisirnya dengan tebing karang yang terjal nan curam, pantai Ngandul seolah ingin menampilkan keindahan yang lain dari biasanya. Dari atas tebing, birunya laut lepas akan menyapa Anda bersamaan dengan air terjun yang jatuh dari atas ketinggian. Datang ke sini, Anda tak akan menyesal karena lanskapnya begitu elok.

9. Pantai Teleng Ria

Sunset di pantai Teleng Ria
By Katalogwisata.com

Alamat pantai Teleng Ria : Kawasan Wisata Parai Teleng Ria, Jalan WR. Supratman, Kecamatan Pacitan, Sidoharjo, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63514 ( klik untuk lihat peta ).

Lokasinya berada di Dusun Balong, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan atau sekitar 5,9 km dari pusat kota Pacitan. Mengunjungi pantai ini, Anda hanya perlu menyiapkan fisik yang sehat untuk bisa mencoba berbagai kegiatan seru yang disuguhkan di dalamnya.

Sebab, Anda bukan cuma bisa menikmati pesona laut yang indah, melainkan juga bisa berselancar, berswafoto di spot-spot instagramable, serta bermain air di wahana rekreasi Kampoeng Air.

Seakan mencoba memahami kebutuhan pengunjung, pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa warung yang menyajikan menu masakan Nusantara yang menggugah selera.

Contohnya saja Warung Makan Bu Gandos yang menawarkan Nasi Tiwul, Ikan Bakar, Sayur Kalakan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harganya pun cukup bersahabat, lho. Jadi, kapan mau ke sini ?

Baca : Referensi pantai di Jepara terpopuler.

Penutup

Itulah beberapa daftar rekomendasi wisata pantai di Pacitan yang harus Anda kunjungi saat sedang berlibur ke kota ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesopanan selama berada di tempat wisata ya.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?