5 Pantai di Tuban ini Paling Banyak di Incar Para Wisatawan Pada Saat Liburan

Tuban adalah sebuah daerah di pantai utara Jawa Timur yang cukup istimewa. Tempat ini menyimpan berbagai macam obyek wisata, mulai dari wisata bangunan hingga wisata alam yang indah. Bahkan ada beberapa pantai di Tuban yang belum banyak terjamah.

Sebut saja salah satunya pantai Surindah yang berada di ujung Kecamatan Jenu. Pantai ini merupakan salah satu keindahan Tuban yang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui orang.

Namun, pantai ini bukan satu-satunya yang menawarkan pemandangan luar biasa. Mengikuti pantai Surindah, ada banyak pantai lainnya yang bisa memuaskan hasrat petualangan Anda lewat view cantik dan menakjubkan.

Wisata Pantai di Tuban

1. Pantai Boom

Wisata pantai Boom
By Explorewisata.com

Alamat pantai Boom Tuban : Kutorejo, Tuban Sub-District, Tuban Regency, East Java 62311 ( klik untuk lihat peta ).

Sarat nilai sejarah, pantai ini bisa jadi tempat bermain edukatif bagi anak–anak. Pantai ini menceritakan kejayaan Kerajaan Kediri di masa lalu. Anda yang memasuki gerbang masuk utama dapat melihat karya arsitektur berupa relief pasukan Tar-Tar di sebelah kiri dan Ronggolawe di sebelah kanan.

Meneruskan perjalanan ke bagian dalam pantai Boom, Anda akan bertemu dengan taman asri yang dihiasi dengan pepohonan berdaun lebat. Biasanya, pengunjung memanfaatkan area ini sebagai tempat berolahraga seperti melakukan jogging atau senam. Namun, Anda bisa juga memanfaatkannya untuk beristirahat sambil menikmati panorama pantai dari kejauhan.

Karena letaknya berada di dekat Alun-Alun, maka menyambangi obyek wisata ini tak akan terasa sulit. Selain itu, Anda juga tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasuki kawasan ini, kecuali sekedar membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.500 hingga Rp. 8.000 saja.

Dengan budget terbatas, Anda sudah bisa menyusuri pantai ini secara leluasa. Bahkan di lokasi pantai, Anda tidak cuma bisa bermain air, tetapi Anda juga bisa hunting foto bersama teman–teman. Menyenangkan bukan ?

Oiya, salah satu pantai di Banyuwangi juga memiliki nama yang sama dengan pantai ini. Jadi jangan sampai salah informasi ya.

2. Pantai Cemara

Wisata pantai Cemara Tuban
By Wongjonegoro.com

Alamat pantai Cemara : Jl. Raya Tuban – Semarang, Jabung, Sugihwaras, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62352 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Cemara adalah salah satu pantai yang ada di Tuban dan tepat dikunjungi jika Anda ingin menyaksikan keindahan hutan Cemara yang indah. Pantai ini menyuguhkan pemandangan lautan Cemara yang luasnya sekitar 4 hektar berpadu dengan bentang samudera Hindia yang elok.

Anda yang mengunjungi kawasan ini bukan hanya bisa menikmati keasrian pohon Cemara yang berjajar rapi saja, melainkan juga bisa berburu foto.

Salah satu spot yang dijadikan tempat berfoto ialah jalan setapak di dekat pantai yang kanan kirinya dihiasi pohon Cemara yang kokoh dan tinggi. Berada di kawasan Wisata Mangrove Center Tuban, jalan tersebut sekilas nampak seperti jalan yang biasa ditemukan di album foto milik Evgeni Dinev.

Beruntungnya, Anda bisa berfoto sepuasnya tanpa perlu merasa tidak nyaman dengan kehadiran pengunjung lain, sebab jalan tersebut masih jarang dilewati oleh wisatawan. Tetapi sebelum memasuki kawasan Wisata Mangrove Center, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 5.000 terlebih dahulu untuk membeli tiket masuk.

Di kawasan ini, Anda bisa mengenal berbagai jenis tanaman, mulai dari Api-Api, Cemara Laut, hingga Waru. Ada pula kebun binatang yang menampilkan koleksi berbagai jenis satwa seperti ular, burung Jalak, burung Merak, burung Kalkun, monyet, dan ayam Mutiara. Bagaimana, menarik kan ?

3. Pantai Sowan

Destinasi wisata pantai Sowan Tuban
By Destinasiku.com

Alamat pantai Sowan Tuban : Bogoran, Bogorejo, Bancar, Tuban Regency, East Java 62354 ( klik untuk lihat peta ).

Agak berbeda dari pantai sebelumnya, wisata pantai yang satu ini terbagi ke dalam 3 zona, yakni pantai Nelayan, pantai Pasir Putih dan pantai Karang. Ketiga pantai tersebut berada dalam satu garis yang sama dan memiliki jarak yang cukup berdekatan sehingga bisa dijelajahi dalam sekali perjalanan saja.

Berkunjung ke pantai Nelayan, Anda akan disuguhi pemandangan kapal yang tengah bersandar di pinggir laut. Sementara, bergeser ke pantai Pasir Putih, pemandangan akan sedikit berbeda, karena pesisir pantai akan terlihat lebih luas dan dipenuhi dengan wisatawan.

Beberapa orang bahkan terlihat sibuk merangkai makanan di atas tikar untuk menikmati waktu piknik bersama keluarga tercinta.

Sementara itu, pantai Karang adalah pantai yang menyajikan pemandangan paling berbeda di antara kedua pantai sebelumnya. Dimana pantai ini dipenuhi dengan batu karang berwarna kecoklatan yang unik. Nampak gersang, namun sebenarnya batuan karang tersebut cukup lembab karena permukaannya banyak ditumbuhi oleh lumut.

Selain itu, pantai Sowan juga menawarkan beberapa spot instagramable. Misalnya papan kayu berbentuk hati yang digantung di batang pohon.

Papan yang bagian depannya tersemat tulisan Kayu Cinta tersebut biasanya dijadikan sebagai latar berfoto oleh pasangan kekasih atau suami istri yang datang dari berbagai daerah. Anda yang tertarik juga bisa berfoto di depannya, tetapi tunggu giliran dulu ya !

4. Pantai Remen

Destinasi pantai Remen
By Indah-haya.blogspot.com

Alamat pantai Remen Tuban : Remen, Jenu, Tuban Regency, East Java 62352 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai di Tuban yang satu ini letaknya berada di desa Remen, Kecamatan Jenu. Memiliki pasir yang berwarna putih cerah, pantai ini bisa jadi tempat liburan yang pas buat melepas penat.

Anda yang datang bisa bermain pasir, berjemur, atau bermain air. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati liburan yang menyenangkan layaknya di Bali. Ada hamparan pohon Cemara yang melebar di bagian belakang pesisir dan sebuah kubangan kecil mirip danau yang menjorok ke laut.

Menatap laut lepas, Anda akan dimanjakan dengan warna air yang menyegarkan. Air di pantai Remen memang terkenal indah dan memukau dengan warna biru kehijauan yang jernih bak perairan Maldives. Anda yang memandanginya dari kejauhan tentu ingin segera berenang di dalamnya.

Nanti, setelah puas bermain air, Anda bisa mengisi perut dengan aneka jajanan yang lezat dan mengenyangkan. Daya tarik pantai Remen memang bukan sekedar lanskap alam yang indah saja, melainkan juga pemandangan pasar kuliner yang menggugah selera. Tak heran bila banyak menu kuliner khas Tuban bisa ditemukan dengan mudah di sini.

Adapun kuliner yang biasa dijual berupa makanan ringan dan minuman segar. Meskipun demikian, Anda juga bisa kok menemukan hidangan berat seperti Becek Mentok dan Kare Rajungan. Jadi, tak perlu khawatir ya !

5. Pantai Kelapa Panyuran

Pantai Kelapa Panyuran Tuban
By Pantai3warna.wordpress.com

Alamat pantai Kelapa : Jln Gresik No KM1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62391 ( klik untuk lihat peta ).

Meski letaknya sedikit tersembunyi, pantai Kelapa Panyuran menyajikan pemandangan bahari yang tak kalah menakjubkan. Suasananya alami dan pesisirnya teduh karena dipenuhi dengan pohon kelapa yang menjulang.

Saat berkunjung ke sini, Anda tak perlu repot berjubel dengan pengunjung lainnya karena pesisirnya masih relatif sepi.

Selain bisa berjalan santai di pesisir, Anda juga bisa mendirikan tenda untuk menikmati keindahan pantai ini di malam hari. Pantai ini memang menjadi tujuan favorit para petualang yang hobi camping karena memiliki suasana yang asri dan areal pesisir yang cukup luas.

Arus ombak di pantai ini juga cukup kecil sehingga tidak berbahaya bagi anak–anak. Namun, bila Anda membawa si kecil, pastikan Anda mengawasi mereka dengan baik ya, apalagi jika si kecil belum pandai berenang.

Anda bisa datang ke sini kapan saja, namun waktu terbaik untuk menyaksikan keelokan pantai ini ialah sore hari. Saat itu, matahari tidak bersinar terik sehingga petualangan Anda akan terasa lebih nyaman.

Lalu menjelang petang, Anda bisa melihat panorama matahari tenggelam / sunset yang meneduhkan. Bagaimana, tertarik untuk menyambanginya ?

Well, itulah beberapa nama pantai di Tuban Jawa Timur yang jadi rekomendasi tempat wisata saat Anda berkunjung ke kota tenang dan cantik ini. Segera persiapkan rencana Anda mulai sekarang ya.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.