Ternyata 8 Pantai di Indramayu Ini Cukup Ramai Dikunjungi Para Wisatawan

Pesona alam pesisir dan pantai di Indramayu memang sudah terkenal di kalangan penikmatnya. Garis pantai yang panjang, hiasan gubuk serta jembatan di antara bebatuan jadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan.

Pantai di sini memang menjanjikan pengalaman berlibur yang menyenangkan, ditambah spot instagramable yang sayang dilewatkan. Pantai yang landai semakin mendukung berbagai kegiatan Anda.

Jika Anda berencana untuk singgah di kota Mangga, tak ada salahnya bila Anda melipir sebentar ke pantai-pantai tersebut. Berikut ini adalah beberapa pantai yang direkomendasikan buat Anda.

Wisata Pantai di Indramayu

1. Pantai Balongan Indah

Wisata alam pantai Balongan indah
By Suaramerdeka.com

Alamat pantai Balongan Indah Indramayu : Jalan Raya Balongan, Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45217 ( klik untuk lihat peta ).

Namanya belum begitu populer, tetapi pesona yang disuguhkan tak kalah bila dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pantai Balongan Indah, letaknya berada di Kecamatan Balongan, sekitar 8,9 km dari kota Indramayu.

Meski tak menyediakan hiburan seperti konser musik ataupun karnaval, pantai ini tetap menarik buat dikunjungi, terutama di akhir pekan.

Namun, bagaikan tokoh mitologi Sirens yang bersuara merdu namun membahayakan, pantai ini juga terlihat syahdu, tetapi ombaknya tak pernah tenang. Ombak di sini tingginya bisa mencapai 1 meter lebih, membuat Anda perlu berhati-hati selama beraktivitas di tepian.

Daripada berenang, Anda bisa mengitari area pesisir untuk menikmati tiupan angin yang berhembus kencang menyisir sela-sela rambut. Pun, bagi Anda yang ingin bertualang tanpa capek bisa menaiki perahu motor yang disewakan dengan harga terjangkau di sisi pantai.

2. Pantai Tanjung Pura

Pantai Tanjung Pura Indramayu
By Pantaiujunggebang.blogspot.com

Alamat pantai Tanjung Pura Indramayu : desa ujung, gebang, Kec. Sukra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45257 ( klik untuk lihat peta ).

Berada di Desa Ujung Gebang, Kecamatan Pamanukan, pantai ini berjarak sekitar 7 km dari Jalan Raya Pantura, sehingga bisa ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 20 menit saja.

Berdekatan dengan aliran sungai Citarum, pantai ini memiliki air yang tak begitu jernih, namun masih layak untuk disinggahi karena areal pesisir dan lautnya relatif bersih dari sampah.

Anda yang datang ke pantai ini bisa berjalan-jalan sambil menghirup aroma lautan yang bersifat relaxing atau melempar kail di perairan yang dangkal. Tetapi, Anda perlu pergi ke tengah lautan terlebih dahulu atau berdiri di atas batu karang untuk menemukan spot tepat buat melepas umpan.

3. Pantai Karangsong

Wisata pantai Karangsong Indramayu
By Travelblog.id

Alamat pantai Karangsong Indramayu : Desa Karangsong Blok, Jl. Wanasari, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini letaknya berada di pinggir Jalan Wanasari, Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, di sebelah utara pantai Wisata Tambak Indah.

Menjadi destinasi favorit para pelancong, pantai ini menampilkan pesona bahari yang unik karena dikemas dalam konsep ekowisata menarik.

Ada banyak jenis vegetasi penahan abrasi yang bisa Anda temukan di sini, mulai dari tanaman bakau kecil, bakau hitam, bakau api-api, pidada, cemara laut, ketapang,  bidara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain bisa menjelajahi hutan bakau, Anda juga bisa berkenalan dengan keanekaragaman fauna yang tinggal di dalamnya atau menyusur tepi pantai sembari bercengkrama dengan penduduk lokal yang ramah turis.

Namun, sebelum menikmati keindahan alam di pantai ini, Anda harus menumpang perahu motor terlebih dahulu dengan biaya sebesar kurang lebih Rp. 5.000 per orang. Kemudian akan ada jalan bambu yang menandai kunjungan Anda di kawasan ekowisata yang membentang seluas 25 hektar tersebut. Kalau sudah sampai, dijamin bakal lupa waktu deh.

4. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya Indramayu
By F3ri.net

Peta lokasi pantai Tirtamaya Indramayu : Klik disini. Tepatnya pantai Tirtamaya berada di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat dan mulai beroperasi pada pukul 8 pagi hingga 5 sore hari.

Pesisirnya cukup landai sehingga memungkinkan Anda untuk menjalani beragam aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga tercinta. Salah satu hal yang paling ditunggu di pantai ini ialah momen matahari terbit.

Pantai ini memang menawarkan keindahan sunrise yang luar biasa dikarenakan pesisirnya langsung menghadap ke arah Timur. Namun, selain panorama sunrise yang memesona, pantai ini juga menawarkan atraksi wisata yang cukup menarik, seperti konser musik, karnaval dan pesta.

Ada pula jembatan yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto. Jembatan tersebut biasanya digunakan oleh para nelayan untuk menyandarkan perahu mereka. Namun, Anda bisa juga memanfaatkannya untuk hunting foto.

5. Pantai Glayem

Wisata alam pantai Glayem Indramayu
By Picgra.com

Peta lokasi pantai Glayem : Klik disini.

Warna eksotis dikemas dalam bentang pantai Glayem yang terhampar luas. Berkunjung disini, Anda sudah tentu bisa memproduksi foto yang epic untuk keperluan konten media sosial. Apalagi ada pemecah ombak yang menambah cantik pemandangan.

Pemecah ombak tersebut selain bisa mengurangi efek gelombang laut yang tinggi juga bisa jadi latar pemandangan yang apik dalam jepretan Anda.

Tak perlu ragu untuk datang kemari, karena destinasi pantai ini membanderol harga tiket masuknya sekitar Rp. 3.000 saja per orang. Jadi, tak akan menguras isi kantong Anda deh.

6. Pantai Dadap

Berada dalam satu kawasan dengan pantai Tirtamaya tak membuat pantai di Indramayu ini lantas kembar dan tak memiliki ciri khas apapun.

Sebaliknya, pantai ini menawarkan keunikan yang berbeda dari pantai Tirtamaya, yakni air yang cenderung lebih jernih dan pesisir yang dipenuhi oleh hamparan pasir pejal nan lembut.

Selain itu, pantai ini juga belum banyak mendapat sentuhan dari tangan investor, sehingga lanskap yang ditawarkannya pun masih sangat alami dan asri. Pepohonan di sepanjang tepinya tumbuh subur sehingga menutupi keindahan yang tersimpan di dalamnya.

Bila Anda tertarik untuk mampir ke sini, luangkanlah waktu untuk menikmati panorama sunset yang memukau sebelum Anda beranjak pulang ke rumah.

7. Pantai Lemah Abang Eretan

Pantai Lemah Abang Eretan Indramayu
By Instawebviews.com

Alamat pantai LA Eretan Indramayu : Eretan Kulon, Kandanghaur, Indramayu Regency, West Java 45254 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini berada di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur. Butuh waktu sekitar 1 jam lamanya untuk mencapai pantai ini dari pusat kota Indramayu. Perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan.

Setibanya di pantai, Anda bakal dibuat lupa dengan lelah tersebut. Sebab, pantai ini menyajikan pesona alam pesisir yang menakjubkan.

Waktu terbaik untuk menyaksikan keindahan pantai ini ialah sore hari. Di sore hari, pantai Lemah Abang akan tampil memukau dengan semburat jingga di atas mega dan laut bertaburan perahu-perahu kayu sederhana.

Anda bisa menyiapkan kamera untuk menangkap momen emas di saat matahari tergelincir dibarengi dengan kemuning yang mulai meredup di ufuk Barat. Jangan sampai terlewatkan, ya !

Baca : Wisata pantai di Pacitan terpopuler.

8. Pantai Solikin ( Eretan Wetan )

Wisata alam pantai Solikin
By Bloggermangga.com

Alamat pantai Eretan Wetan Indramayu : Eretan Wetan, Kandanghaur, Indramayu Regency, West Java 45254 ( klik untuk lihat peta ).

Berlokasi di Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, pantai ini bisa meluluhkan hati Anda lewat bentang alamnya yang tak umum. Wilayahnya bukan di dominasi oleh hamparan pasir saja, melainkan juga bebatuan dengan sisi yang runcing dan tajam.

Meski begitu, keadaan ombak di lautnya cukup tenang sehingga nyaman untuk digunakan memancing ikan.

Pantai di Indramayu yang bernama Solikin atau Eretan Wetan ini berdiam di balik rerimbunan hutan mangrove yang teduh dan asri. Garisnya memanjang dari ujung Timur hingga ke ujung Barat.

Sementara, wilayah pesisirnya dipenuhi dengan butiran pasir yang akan berubah warna menjadi cokelat kehitaman ketika hari mulai gelap.

Anda sebaiknya tak melewatkan momen tersebut karena golden sunset hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Apalagi jika menikmatinya sambil ditemani dengan secangkir kopi panas. Pokoknya mantap !

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?