Daftar 8 Wisata Pantai di Banyuwangi Ini Terkenal Hingga ke Mancanegara

Kota yang mendapat julukan The Sunrise Of Java ini punya bentang alam yang komplit, mulai dari deretan laut dan pantai di Banyuwangi hingga pegunungan. Bahkan di pusat kota, Anda juga bisa menemukan pasar kuliner, cagar budaya dan acara festival yang menarik untuk ditonton.

Bila berkunjung, pastikan Anda tidak melewatkan keseruan berlibur di pantai. Pasalnya, Banyuwangi punya banyak pantai yang cocok buat beach hopping. Bahkan ada yang menampilkan pemandangan pulau Bali dari kejauhan, lho.

Lalu, apa saja nama-nama pantai indah di Banyuwangi yang recommended buat dikunjungi ? Yuk langsung cek di bawah ini !

Wisata Pantai di Banyuwangi

1. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol Banyuwangi
By Udaindra.blogspot.com

Alamat pantai Watu Dodol : Gumukremuk, Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi Regency, Jawa Timur ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Watu Dodol berada di daerah Parasputih, Kecamatan Kalipuro. Memiliki lanskap indah dan areal bersih, pantai ini mengantarkan Banyuwangi jadi pemegang predikat ASEAN Clean Tourist City tahun 2018.

Oleh karenanya, tak heran bila pantai ini cukup terkenal di kalangan turis mancanegara. Apalagi pantai ini letaknya cukup berdekatan dengan bukit, alhasil wisatawan bisa melihat keindahan pulau Bali dari kejauhan.

Ada banyak keseruan yang menanti Anda di pantai ini, salah satunya ialah snorkeling. Cukup dengan uang senilai Rp. 25.000 saja Anda sudah bisa menyewa peralatan snorkeling seperti mask, snorkel dan life vest.

Anda juga bisa menengok penangkaran hiu dan berenang bersama biota laut lainnya. Tak hanya itu, pantai ini juga menyuguhkan hamparan pasir yang berbutir lembut dan rerumputan hijau yang subur.

2. Pantai Wedi Ireng

Wisata pantai Wedi Ireng
By Backbanyuwangi.blogspot.com

Alamat pantai Wedi Ireng : Dusun Mbanyuurip, Banyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur 66173 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Wedi Ireng memiliki hamparan pasir yang berwarna putih. Namun, pada beberapa area yang berdekatan dengan gugusan karang, anda akan menemukan pasir pantai yang berwarna hitam.

Cukup unik, namun pantai ini sepi pengunjung. Anda yang datang ke sini bisa merasakan sensasi berlibur di private beach. Kelebihan pantai ini juga terletak pada airnya yang cukup tenang dan pepohonan yang meneduhkan.

Sayangnya, saat menuju pantai ini Anda harus sedikit berjuang. Pantai Wedi Ireng letaknya cukup tersembunyi, terkungkung dalam hutan dan batuan terjal. Sehingga Anda perlu berhati-hati ketika melintasi tanjakan dan turunan curam, terutama ketika di musim hujan.

Mendekati pantai, Anda akan melihat jalan setapak yang masih dipenuhi dengan tanaman berduri. Jalan tersebut sebenarnya tidak begitu panjang, namun karena medannya cukup sulit, maka dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam lamanya untuk bisa menyelesaikan rute tersebut. Tapi kalau Anda penggila Motor Cross, ada trek khusus yang bisa dilibas dengan cepat kok.

3. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau / Green Bay
By Faktualnews.co

Alamat pantai Teluk Hijau : Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi Regency, Jawa Timur 68488 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai yang satu ini memiliki julukan yang cukup unik, yakni Green Bay atau Teluk Hijau. Letaknya berada di dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri atau sekitar 90 km dari pusat kota Banyuwangi.

Dijuluki demikian karena pantai ini memiliki air yang berwarna jernih kehijauan. Anda yang mengunjunginya akan dibuat terkesiap dengan pesona lautan yang indah nan memesona bak batu pirus.

Jika ingin mengaksesnya dengan cara berjalan kaki, maka Anda harus menyusuri kawasan hutan rapat yang penuh dengan jalaran akar dan meniti jalanan curam di antara batu-batuan karang terjal.

Lalu kemudian Anda akan sampai di tepi pantai yang berbatu. Sampai disini, Anda sudah semakin dekat dengan pantai Teluk Hijau yang berpasir putih. Tenang, meski rutenya sulit dan panjang, tetapi pemandangan di pantai ini sangat memanjakan mata kok. Jadi, nggak bakal nyesel deh.

4. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
By Ulinulin.com

Alamat pantai pulau Merah : Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi Regency, Jawa Timur 68488 ( klik untuk lihat peta ).

Sepintas, pantai ini tak jauh berbeda dengan G-Land atau pantai Plengkung, hanya saja pantai ini memiliki areal pesisir yang lebih soft karena tak ada bebatuan karang di sekitar perairannya.

Ciri khas pantai ini juga terletak pada keberadaan bukit kecil setinggi kurang lebih 200 meter di hadapan pantai. Sehingga bila dilihat dari kejauhan, pemandangannya akan nampak seperti pantai di Brasil.

Eksotisme pantai di Banyuwangi ini juga ditunjang dengan gulungan ombak yang cukup tinggi, dimana ketinggiannya bisa mencapai 2 meter dengan panjang hingga mencapai 300 meter.

Dengan demikian, pantai ini cocok buat dijadikan tempat berselancar oleh para pemula maupun profesional. Nantinya jika lelah, Anda bisa mampir sebentar ke desa nelayan Pancer untuk menginap beberapa malam sembari menabung pengalaman dengan bertukar pikiran bersama nelayan sekitar.

5. Pantai Grajagan

Wisata pantai Grajagan
By Jawatimuran1.wordpress.com

Alamat pantai Grajagan : Jawa Timur ( klik untuk lihat peta ).

Pantai yang satu ini letaknya cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya Grajagan. Menawarkan ombak yang konsisten rideable, pantai ini menjadi tujuan main para peselancar profesional.

Tapi bukan berarti pantai ini tidak cocok bagi Anda yang tak suka surfing. Pasalnya, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah, dimana terdapat bukit dan hamparan bebatuan yang membentuk sebuah kesatuan.

Anda juga tak perlu khawatir soal penginapan. Pantai ini dilengkapi dengan fasilitas cottage, bungalow, dan pondok yang terbuka untuk umum. Semuanya didukung dengan pendingin ruangan dan dibekali view ke laut.

Selain itu, tersedia pula fasilitas lainnya seperti toilet, area parkir, dan warung makan. Bagaimana, cukup lengkap bukan ?

6. Pantai Cacalan

Pantai Cacalan Banyuwangi
By Weziee.com

Alamat pantai Cacalan : Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kalipuro, Banyuwangi Regency, Jawa Timur 68421 ( klik untuk lihat peta ).

Berbeda dengan pantai sebelumnya, pantai Cacalan ombaknya relatif kecil sehingga cukup aman bagi anak-anak. Pada saat airnya surut, Anda akan disajikan pemandangan yang menakjubkan berupa hamparan bebatuan yang ditumbuhi dengan rumput laut. Selain itu, Anda juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang sedang menjala ikan.

Jika lapar, Anda bisa singgah di tepi pantai untuk menyantap kuliner yang dijajakan dengan harga terjangkau. Jangan ragu untuk memboyong keluarga besar berlibur ke sini, karena harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 2.500 saja per orang.

Setelah itu, Anda dan keluarga bisa bermain air dan pasir sepuasnya hingga pantai ini tutup, yakni pada pukul 5 sore.

7. Pantai Sukamade

Wisata alam pantai Sukamade
By Phinemo.com

Alamat pantai Sukamade : Jln Sukamade No 99, Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488 ( klik untuk lihat peta ).

Suka penyu ? Yuk mampir ke pantai Sukamade. Pantai ini menjadi incaran para turis lokal dan mancanegara karena menyajikan pemandangan para tukik yang lucu dan menggemaskan.

Setidaknya, ada satu ekor penyu yang naik ke pantai ini untuk bertelur setiap malamnya. Anda yang ingin menyaksikan keunikan hewan berkaki empat tersebut disarankan untuk datang di malam hari pukul 8. Sebab pada jam tersebut banyak penyu berjalan naik ke pesisir untuk bertelur.

Jika ingin berkunjung di luar waktu tersebut, Anda masih bisa menikmati keindahan pantai ini dengan berkeliling sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. Pasirnya cukup bersih dan lembut, membuat Anda merasa nyaman menjejakkan kaki di atasnya.

Selain itu, pantai ini menawarkan areal yang cukup luas untuk dijelajahi, panjangnya saja mencapai lebih kurang 2,3 km. Alhasil, Anda bisa melakukan banyak aktivitas menyenangkan, mulai dari berjemur hingga main voli pantai.

8. Pantai Boom / Marina Boom Beach

Pantai Boom / Marina di Banyuwangi
By Pinterest.com

Alamat pantai Boom : Desa, Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419 ( klik untuk lihat peta ).

Tak hanya di kota Tuban, nyatanya Banyuwangi juga punya pantai bernama Boom. Pantai ini merupakan pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan. Berada tepat di tengah kota Banyuwangi, pantai ini memiliki pasir yang berwarna lebih gelap, bahkan cenderung hitam.

Pesona sunrise-nya selalu menghipnotis setiap wisatawan karena pantai ini menghadap langsung ke arah timur.

Tidak hanya itu, pantai di Banyuwangi ini juga sering menyuguhkan parade budaya. Dimana dalam parade tersebut, para penari akan berlenggok di atas pasir yang lembut ditemani pemandangan sunset yang memukau.

Ada pula kuda yang siap ditunggangi untuk berkeliling pantai serta barisan kursi payung yang berjajar rapi di sekitar tepian pantai.

Anda yang tertarik untuk menikmati gulungan ombak sambil berjemur bisa memanfaatkan kursi tersebut untuk menambah kenyamanan. Harganya tidak jauh beda kok dengan tarif sewa kursi di pantai lain. Bagaimana, tertarik ?

Baca : Deretan pantai perawan di Malang.

Penutup

Itulah beberapa destinasi wisata pantai di Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke sana. Setiap pantai memiliki karakteristik yang berbeda, dan akan melengkapi pengalaman Anda saat berlibur ke kota ini.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.