Ngga Disangka, Ternyata 9 Pantai di Malang Ini Sangat Cantik dan Populer

Bukan hanya terkenal dengan apel, kota ini juga memiliki deretan pantai yang menarik untuk disambangi. Setidaknya, ada 9 pantai di Malang yang bisa dijadikan alternatif liburan anda.

Menariknya, semua pantai tersebut menawarkan daya tarik dan aktivitas yang unik dan beragam. Agar tidak ragu, berikut akan di bahas 9 rekomendasi pantai yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Sudah siap ?

Wisata Pantai di Malang

1. Pantai Licin

Wisata alam pantai Licin
By Explorewisata.com

Alamat pantai Licin : Area Sawah / Kebun, Lebakharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur 65183 ( klik untuk lihat peta ).

Terdengar asing, pantai ini memang tidak sepopuler Balekambang. Letaknya berada di Dusun Licin, Kecamatan Lebakharjo. Menawarkan suasana yang unik, pantai ini di hiasi dengan butir pasir berwarna hitam yang eksotik.

Anda yang tertarik main ke sini perlu berhati-hati. Sebab batu karang di pantai ini tertutup lapisan lumut yang licin, sehingga Anda mudah tergelincir.

Namun Anda tak perlu khawatir, banyak hal menarik yang bisa Anda nikmati di sini, mulai dari air laut yang biru, pasir eksotis dan pemandangan pulau karang yang berjajar rapi. Jika datang ke sini, pastikan Anda tidak lupa membawa kamera untuk meng-capture momen istimewa, ya !

2. Pantai Ngliyep

Destinasi pantai Ngliyep Malang
By Travelingyuk.com

Alamat pantai Ngliyep : Desa, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167 ( klik untuk lihat peta ).

Sedang berada di Donomulyo ? Coba mampir sebentar ke pantai Ngliyep yang berlokasi di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang. Pantai ini memiliki pasir putih yang cerah nan indah. Anda akan dimanjakan dengan kontras pemandangan yang kuat ketika pasir tersebut bertemu dengan air laut yang jernih berwarna kebiruan.

Tak akan menyesal datang ke sini, sebab pantai ini menyajikan pemandangan batu karang yang indah sejauh mata memandang.

Namun karena ombaknya cenderung besar, maka Anda sebaiknya tidak berenang atau melakukan aktivitas air yang berbahaya. Anda bisa menyisir tepi pantai untuk menikmati keindahan pantai dari sudut yang lebih aman.

3. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung di Malang
By Infobatumalang.blogspot.com

Alamat pantai Batu Bengkung : Jalan Jalur Lintas Selatan, RT 42 / RW 05, Gedangan, Gajahrejo, Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Batu Bengkung jadi rekomendasi selanjutnya yang mesti masuk dalam daftar perjalanan Anda bersama keluarga. Pantai ini menampilkan pemandangan yang unik. Dimana kedua sisinya diapit oleh batu karang besar yang membuatnya terlihat lebih “tertutup”.

Batu karang tersebut selain mempercantik pemandangan juga berfungsi sebagai pemecah gelombang yang efektif. Sehingga kekuatan ombak akan berkurang ketika sampai di bibir pantai.

Bila datang ke sini, Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar kurang lebih Rp. 5.000 untuk membeli tiket masuk. Cukup murah, mengingat keseruan yang ditawarkan pun cukup beragam.

Anda bisa bermain pasir, berfoto dan menikmati deru gelombang laut dari kejauhan. Ada pula warung makan yang siap memanjakan perut Anda dengan sajian kuliner yang lezat dan mengenyangkan. Yuk, tancap gas !

4. Pantai Watu Leter

Wisata alam pantai Watu Leter
By Dolandolen.com

Alamat pantai Watu Leter : Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai di Malang ini terletak di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing. Masih sepi, pantai ini menjadi tempat mendarat berbagai jenis penyu yang ingin bertelur.

Airnya jernih berwarna kehijauan, pasirnya lembut dan berhiaskan batu karang. Anda bisa memanfaatkan batu karang yang berbentuk unik untuk mempercantik latar berfoto Anda.

Misalnya saja batu karang yang berbentuk jamur. Batu karang tersebut memiliki ukuran hampir dua kali tinggi manusia dan mempunyai topi / payung di bagian atasnya. Sementara, bagian bawahnya mengecil karena terkikis oleh gelombang laut dan angin.

Anda yang ingin mendokumentasikan foto bersama “jamur raksasa” tersebut harus tetap memperhatikan lingkungan ya, sebab arus gelombang bisa saja datang tiba-tiba dan menghempaskan tubuh Anda dari belakang.

5. Pantai Tiga Warna

Destinasi pantai tiga warna Malang
By Mamansoleman.net

Alamat pantai 3 warna : Jln Sendang Biru, Area Sawah / Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176 ( klik untuk lihat peta ).

Sudah pernah berkunjung ke sini ? Jika belum, berarti Anda telah melewatkan keindahan pantai yang menakjubkan. Pantai ini memiliki suasana tak kalah memukau dengan pantai di Bali.

Permukaan airnya cukup tenang, area pesisirnya lengang, dan panorama bukitnya menenangkan. Anda bisa melihat gradasi yang indah tepat di depan mata. Gradasi tersebut terdiri dari biru dongker, hijau tosca dan cream yang berasal dari tengah & tepi perairan, serta bibir pantai.

Untuk mencapai pantai ini, Anda bisa menyusuri bukit tinggi di sisi kiri pantai dengan cara berjalan kaki. Anda juga tak perlu buru-buru, sebab di sepanjang perjalanan, Anda bisa merintang mata dengan berbagai keindahan alam pesisir yang menakjubkan.

Bahkan, Anda juga bisa beristirahat sejenak di atas bukit untuk melihat keindahan pantai ini dari ketinggian. Wah, menyenangkan bukan ?

6. Pantai Gatra

Keindahan pantai Gatra
By Getlostback.blogspot.com

Alamat pantai Gatra : Sendang Biru, Sitiarjo, Malang, Jawa Timur ( klik untuk lihat peta ).

Tertutup oleh rimbun pepohonan, pantai ini menawarkan pesona laut yang luar biasa. Pesisirnya sepi dan nyaman untuk dijelajahi. Anda yang datang ke sini bisa menghindari kebisingan kota dengan menginap beberapa malam di bilik tenda atau sekedar berpiknik bersama keluarga tercinta.

Keindahan pantai ini ada pada bentang laut dan pesona karang yang tak biasa. Perairan di pantai ini memang dikenal jernih dan berpendar cahaya ketika tertimpa sinar matahari.

Sehingga Anda akan tergoda untuk berenang atau setidaknya merendam kedua kaki di dalam airnya yang dingin. Bahkan karena saking indahnya, pantai ini sampai mendapat julukan Raja Ampatnya Jawa Timur lho. Percaya deh Anda bakal setuju kalau sudah melihat keindahannya secara langsung.

7. Pantai Sipelot

Keindahan pantai Sipelot
By Eszon.blogspot.com

Alamat pantai Sipelot : Gunung, Pujiharjo, Tirto Yudo, Malang, East Java ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Sipelot berada di sebelah selatan kota Dampit atau tepatnya di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo. Memiliki garis pantai tak begitu panjang, yakni sekitar 2 km saja, pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, mulai dari Musholla, area parkir cukup luas, toilet umum, hingga warung makan yang mudah ditemukan di sekitar pesisir.

Sekilas bentuk pantai ini terlihat seperti sebuah teluk yang diapit oleh dua punggung bukit yang lebar. Hamparan pasirnya berwarna kecoklatan dan dipenuhi dengan daun-daun kering yang jatuh dari pepohonan.

Jika menyisir lebih jauh, Anda juga bisa melihat sebuah muara di sisi timur pantai yang mempertemukan aliran sungai dengan laut. Karena keunikan tersebut, tak heran rasanya bila pantai ini selalu ramai oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

8. Pantai Lenggoksono

Wisata pantai Lenggoksono
By Jejakpiknik.com

Alamat pantai Lenggoksono : Purwodadi, Tirto Yudo, Purwodadi Kidul, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182 ( klik untuk lihat peta ).

Hanya berjarak sekitar 12 kilometer dari pantai Sipelot, pantai Lenggoksono mengajak Anda untuk bertualang menaklukan berbagai macam rintangan berat mulai dari tanjakan, turunan, hingga tikungan tajam.

Anda tak perlu khawatir, perjalanan akan lebih mudah karena medan sudah berlapis aspal dan beton. Anda juga akan dibuai dengan keelokan pohon cengkeh dan kopi yang berbaris rapi di pinggir jalan.

Sesampainya di bibir pantai, Anda akan disambut deburan ombak yang cukup kuat. Meski demikian, suasananya cenderung sepi. Anda bisa menjelajah pesisir untuk sekedar refreshing mata dan pikiran atau duduk-duduk santai sambil memandang laut lepas.

Jika sore hari, pantai ini akan menampilkan panorama yang cantik, dimana langit berbalut rona kemerahan dan memberi efek yang mengesankan. Sehingga laut yang sebelumnya berwarna biru akan berubah jadi jingga. Kalau membawa kamera, momen seperti ini jangan sampai lupa dibidik ya !

Baca : Wisata pantai terpopuler di Blitar.

9. Pantai Pulodoro

Wisata pantai Pulodoro di Malang
By Islahagus.blogspot.com

Alamat pantai Pulodoro : Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167 ( klik untuk lihat peta ).

Destinasi pantai di Malang yang satu ini letaknya berada di Kedungsalam, Donomulyo. Cukup terpencil dan minim fasilitas. Anda bahkan harus sedikit berjuang untuk mencari warung makan.

Lalu, mengapa pantai ini masuk dalam rekomendasi pilihan ? Pantai ini menjadi pilihan karena masih terjaga keasliannya. Dengan demikian, pengalaman liburan Anda akan jauh lebih berkesan.

Anda bisa menggelar tikar, bersantai, dan mendirikan tenda tanpa khawatir terusik pengunjung lain. Hamparan pasirnya cukup luas dan menyuguhkan tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin merasakan sensasi hidup di alam.

Namun Anda mesti menyiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup agar tidak “menderita” selama bermalam di pantai ini. Kalau yang sudah terbiasa nenda sih pastinya ngga masalah. Berani coba ?

Penutup

Dari 9 daftar wisata pantai di Malang diatas, kira-kira lokasi mana yang akan Anda datangi terlebih dahulu ? Saran saya, segera luangkan waktu untuk bisa menjelajahi seluruh pantainya.

Dijamin, liburan Anda akan sangat berkesan.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?