Ngga Berminat Berkunjung ke 9 Pantai di Jepara Ini ? Tempatnya Unik Lho

Berbatasan langsung dengan laut Jawa membuat deretan pantai di Jepara jadi potensi wisata bahari yang menakjubkan. Kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini bukan juga dikenal akan kerajinan seni ukir yang telah melalang buana hingga ke seluruh penjuru dunia.

Meski wisata pantai di kota ini belum sepopuler wisata pantai di Pacitan misalnya, tetapi melewatkannya bisa membuat Anda menyesal. Tak percaya ? Berikut ini akan di bahas 10 pantai cantik di Jepara yang pesonanya tak kalah unggul dibandingkan dengan pantai-pantai di daerah Indonesia lainnya.

Wisata Pantai di Jepara

1. Pantai Kartini

Wisata pantai Kartini di Jepara
By Eljohnnews.com

Lokasi pantai Kartini Jepara : Rw. IV, Bulu, Jepara, Jepara Regency, Central Java 59418 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai yang namanya disesuaikan dengan nama tokoh emansipasi wanita asal Jepara, R.A Kartini ini dilengkapi dengan segudang fasilitas dan wahana yang tak cukup dinikmati hanya dalam waktu sehari.

Mulai dari panggung hiburan, dermaga penyeberangan kapal ke Karimunjawa, sampai yang cukup ikonik yakni tugu Kartini dan bangunan “Kura-Kura” berukuran raksasa bisa ditemukan di sini.

Bangunan berbentuk kura-kura tersebut bukan sekedar ikon wisata, apalagi pajangan belaka. Di dalamnya terdapat akuarium berukuran jumbo yang menampilkan berbagai jenis ikan, penyu serta terumbu karang.

Ada pula wahana bermain dan bioskop 3D yang menjadi sarana hiburan bagi anak-anak. Namun untuk bisa memasuki kawasan ini, Anda perlu mengantongi tiket masuk terlebih dahulu. Harganya cukup bersahabat kok sekitar Rp. 5.000 saja per orang.

2. Pantai Bondo

Wisata alam pantai Bondo
By Cctvjepara.com

Lokasi pantai Bondo : Bondo Bangsri, Rw. I, Mulyoharjo, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59431 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini letaknya berada di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri. Dikenal pula dengan nama pantai Ombak Mati, pantai ini memiliki perairan yang cukup tenang. Bahkan, seringkali pantai Bondo terlihat kalem tanpa arus ombak.

Tak heran, banyak orang menjadikannya tujuan liburan saat hendak bepergian bersama keluarga tercinta. Pasalnya, pesisirnya memang cenderung lebih aman buat beraktivitas ketimbang pantai di sekitarnya.

Tak hanya itu, pantai ini juga menawarkan pesona sunset yang indah di waktu petang. Di dukung dengan spot instagenic, pantai Bondo semakin menarik perhatian para penghobi foto. Ada ayunan yang diletakkan di tengah bibir pantai dan biasa digunakan oleh para turis untuk berfoto. Anda juga bisa lho mencobanya, tapi harus menunggu giliran dulu, ya.

3. Pantai Bandengan

Wisata alam pantai Bandengan
By Yasiryafiat.wordpress.com

Lokasi peta pantai Bandengan : Klik disini.

Selain pantai Kartini dan pantai Bondo, ada pantai Bandengan yang punya pemandangan tak kalah menawan. Namanya sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan karena popularitasnya begitu cemerlang.

Menawarkan hamparan pasir putih yang mempesona, pantai Bandengan menjadi tempat yang nyaman buat menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Perairannya yang cukup tenang pastinya akan membuat Anda tertarik untuk berenang di dalamnya. Bagi anak-anak ataupun orang dewasa yang belum pandai berenang, tak perlu khawatir, ada pelampung yang bisa digunakan saat menikmati laut dangkal.

Jika lelah, Anda bisa beristirahat di sekitar pantai atau mampir ke restoran terdekat untuk menghangatkan badan sembari menyantap kudapan.

4. Pantai Teluk Awur

Sunset di pantai Teluk Awur di
By Yasiryafiat.wordpress.com

Lokasi pantai Teluk Awur Jepara : Jl. Tlk. Awur, Telukawur, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ( klik untuk lihat peta ).

Berada tak jauh dari jalan raya membuat pantai di Jepara Jawa tengah ini mudah di akses. Tepatnya di Jalan Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Anda bisa menemukan pantai dengan pesona mengagumkan ini.

Di sini Anda bisa melakukan banyak hal, mulai dari menikmati pemandangan alam yang indah, bersantai di kursi pantai hingga menonton pertunjukan budaya Pesta Lomban yang diadakan seminggu setelah Lebaran.

Mencapai pantai ini tak akan menghabiskan banyak waktu. Hanya butuh waktu sekitar 14 menit saja jika ditempuh dari pusat kota Jepara.

Soal harga tiket, pantai ini masih aman kok buat Anda yang minim budget. Setiap orang hanya diminta untuk membayar tarif masuk sekitar Rp. 5.000 saja. Kemudian, Anda sudah bisa memasuki kawasan pantai ini dan boleh menjelajahinya hingga puas.

5. Pantai Empu Rancak

Wisata pantai Empu Rancak di Jepara
By Ratnadwipuspitaningtyas.blogspot.com

Lokasi pantai Empu Rancak : Karanggondang, Mlonggo, Rw. 8, Karanggondang, Kec. Mlonggo, Jepara ( klik untuk lihat peta ).

Pesonanya tak kalah memikat, pantai Empu Rancak bisa dijadikan alternatif liburan saat destinasi pantai yang lain sudah penuh sesak oleh wisatawan. Lokasinya berada di dalam sebuah desa bernama Karanggondang, Kecamatan Mlonggo yang jaraknya sekitar 24 menit dari pusat kota Jepara.

Memiliki pemandangan alam luar biasa, pantai ini sangat pas buat merintang mata. Lautnya jernih bagaikan cermin. Anda bahkan bisa melihat isi yang berada di bawahnya tanpa bersusah payah menyelam ke dalam.

Kebanyakan wisatawan datang untuk berenang, tetapi jika Anda tak ingin bermain basah-basahan, maka menikmatinya dari pesisir saja sudah cukup untuk menyegarkan pikiran kok.

6. Pantai Blebak

Destinasi wisata pantai Blebak
By Ahmadsururi56.blogspot.com

Lokasi pantai Blebak Jepara : Klik disini.

Daya tarik pantai ini bukan cuma terletak pada perairannya yang nyaris tak berombak, melainkan juga keberadaan batu karang di sekitarnya yang memberi kesan unik. Beberapa batuan karang membentuk bangunan alam yang cukup ikonik, salah satunya bahkan mirip jembatan.

Mendampingi hal tersebut, ada hilir mudik kapal nelayan yang membawa beraneka ragam hasil tangkapan laut. Anda bisa menyaksikannya dari kejauhan sembari menyantap kudapan pinggir laut yang tenang dan syahdu.

Tak hanya itu, harga tiket yang murah juga menjadi kelebihan tersendiri pantai ini. Pasalnya, cukup dengan Rp. 3.000 saja Anda sudah bisa memasuki kawasan pantai Blebak yang luas tersebut. Bagaimana, tertarik ?

7. Pantai Ujung Piring

Wisata pantai Ujung Piring
By Amirria.blogspot.com

Lokasi pantai Ujung Piring : Unnamed Road,, Rw8, Jambu, Kec. Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452 ( klik untuk lihat peta ).

Berada di Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, pantai ini jaraknya cukup berdekatan dengan pantai Blebak, namun saling bertolak belakang.

Jika pantai Blebak menghadap ke arah utara serta sedikit condong ke arah timur, maka pantai Ujung Piring justru menghadap ke arah selatan dan sedikit condong ke arah barat. Tak heran, pesona sunsetnya amat membius.

Pantai ini juga menyajikan perairan dipenuhi batu karang yang memberikan sensasi tersendiri ketika Anda memijaknya dengan kaki telanjang.

Uniknya, bebatuan tersebut tidak semuanya berwarna kehitaman, malah sebagian besar berwarna putih cerah. Pemandangan seperti itu tentu tidak selalu bisa dijumpai di tempat lain, bukan ?

8. Pantai Ngelak

Senja di pantai Ngelak
By Mytravelingjepara.blogspot.com

Lokasi pantai Ngelak Jepara : Dk. Ngelak, Jambu, Kec. Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ( klik untuk lihat peta ).

Berada di pesisir Selatan, pantai Ngelak menyuguhkan pemandangan ombak yang lebih bergejolak, namun tidak begitu mendukung untuk aktivitas surfing. Begitupun, berenang menjadi hal yang kurang direkomendasikan disini karena perairannya tak sejernih pantai lainnya.

Kendati demikian, Anda tetap bisa menikmati keindahannya dengan cara lain, misalnya dengan cara berperahu ke tengah laut. Dengan berperahu, anda bisa melihat keindahan laut tanpa harus menyelam.

Selain itu, pantai ini juga sudah di dukung dengan fasilitas yang memadai. Ada fishing point dan bangku terbuat dari bambu yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai sambil memandangi lautan. Bagaimana, tertarik ?

Baca : Pantai terpopuler di Cilacap.

9. Pantai Punuk Sapi

Keunikan pantai Punuk Sapi
By Insta.orenya.com

Lokasi pantai Punuk Sapi Jepara : Sawah, Balong, Kembang, Jepara Regency, Central Java 59453 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai di Jepara yang satu ini boleh jadi merupakan salah satu spot terbaik untuk berburu foto. Berada di Desa Balong, Kecamatan Kembang, pantai ini menyajikan pemandangan bukit yang gagah.

Bukit tersebut tampil dalam balutan warna gradasi cokelat yang sangat menakjubkan. Menariknya, Anda pun bisa menjelajahi bukit tersebut hingga ke bagian puncaknya lho.

Di bagian puncak, pemandangan yang tersaji lebih indah. Ada bentang laut yang bertemu perbukitan hingga membentuk perpaduan sempurna. Lanskap tersebut juga dipercantik dengan langit biru yang terbentang luas.

Kalau sudah begini, Anda pun tak akan keberatan kalau harus menghabiskan waktu lebih lama di atas bukit, iya kan ?

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?