5 Pantai di Cilacap Terpopuler Ini Jadi Salah Satu Wisata Andalan di Jateng

Menikmati pantai tak melulu harus ke luar pulau Jawa. Cukup melipir ke perbatasan Jawa saja Anda sudah bisa menyaksikan indahnya wisata pantai di Cilacap yang bertabur pasir halus ditemani angin laut sepoi-sepoi.

Di sini, semua rasa penat teralihkan dengan pesona alam pesisir yang menakjubkan. Jika Anda berencana singgah di kota ini, maka menyambangi salah satu obyek wisata tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berikut akan dibahas sederet rekomendasi nama pantai di daerah Cilacap yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Pantai di Cilacap Jawa Tengah

1. Pantai Sodong

Wisata alam pantai Sodong
By Desaadipala.blogspot.com

Lokasi pantai Sodong : Jl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kec. Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53271 ( klik untuk lihat peta ).

Berada di Desa Karang Benda, Kecamatan Adipala, pantai Sodong menawarkan bentang alam yang sangat menawan. Lanskapnya merupakan perpaduan antara laut luas dan hamparan pasir putih lembut.

Sementara, di bagian atasnya terdapat bentang cakrawala yang nampak menonjol dengan warna biru muda sedikit keputihan. Semuanya bisa Anda nikmati segera setelah memasuki kawasan pesisir pantai Sodong.

Anda yang datang ke sini juga bisa melakukan banyak hal bersama keluarga, mulai dari berpiknik hingga memancing ikan. Bagi anak-anak, mereka bisa berenang di tepi pantai untuk sekedar melepas  lelah akibat perjalanan jauh.

Setelah itu, Anda bisa mengajak mereka untuk menghangatkan tubuh di warung makan terdekat. Di sini, Anda bisa memilih menu masakan yang mengenyangkan namun tidak menguras isi kantong.

Biasanya, orang-orang memilih untuk menyantap hidangan seafood. Namun selain itu, Anda juga bisa memesan menu masakan lainnya, seperti cah kangkung, mi goreng, mi rebus dan sebagainya.

Dari pusat kota Cilacap, pantai ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 39 menit saja lewat jalur Purwokerto – Gumilir. Perjalanan menuju lokasi tak begitu sulit sehingga bisa dilalui menggunakan motor ataupun mobil. Ada pula pemandangan hutan lebat di sisi jalan yang menawarkan suasana adem.

Setelah 5 menit perjalanan dari jalan utama, kedatangan Anda akan langsung disambut tugu Selamat Datang yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Namun, sebelum memasuki wilayah pantai, Anda harus membayar biaya retribusi terlebih dahulu sebesar Rp. 5.000 per orang.

2. Pantai Teluk Penyu

Destinasi pantai Teluk Penyu Cilacap
By YouTube.com

Lokasi pantai Teluk Penyu : Klik disini.

Pantai ini letaknya berada di Desa Pandanarang, Kecamatan Cilacap. Untuk mencapainya, Anda hanya perlu berkendara selama 10 menit dari pusat kota Cilacap ke arah timur. Tak harus menggunakan kendaraan pribadi, Anda pun bisa mencapainya menggunakan kendaraan umum.

Dinamai Teluk Penyu karena tempat ini sering disinggahi penyu-penyu untuk bertelur. Omong-omong soal keindahan, pantai ini juga tak kalah jika dibandingkan dengan pantai Sodong.

Perairannya mencerminkan karakteristik pantai selatan Jawa yang berombak besar. Meski agak menyeramkan, namun pemandangan hilir mudik kapal masih dapat dijumpai di sini. Bahkan, pantai ini juga dilengkapi dermaga yang sering dijadikan tempat bersandarnya kapal-kapal.

Menunggu hingga malam tiba, ada panorama sunset yang memanjakan mata. Anda bisa melihat cahaya matahari melindang di ufuk Barat sembari menyeruput kopi panas atau menangkap keindahan tersebut lewat kamera.

Tenang saja, bermain ke sini tak perlu modal besar kok, Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 5.000 saja untuk membeli tiket masuk. Kemudian, Anda sudah bisa menjelajahi pantai Teluk Penyu sepuasnya. Bagaimana, tertarik menyambanginya ?

3. Pantai Singkil Karang Pakis

Pantai Singkil Karangpakis
By Wisatawanalam.blogspot.com

Lokasi pantai Karangpakis : Karangpakis, Nusawungu, Cilacap Regency, Central Java 53283 ( klik untuk lihat peta ).

Berlokasi di Desa Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, pantai ini menyuguhkan bentang pasir berwarna putih cerah yang eye catchy. Tak akan kecewa, malah Anda bakal betah berlama-lama memandanginya. Bentangnya masih sangat alami. Ada banyak pepohonan di sekitar garis tepi yang menambah kesan asri.

Bagi Anda yang hobi melihat-lihat aktivitas penduduk sekitar, pantai Singkil Karang Pakis tepat buat dijadikan tempat menghabiskan waktu akhir pekan. Karena selain menyajikan keindahan, pantai ini juga menampilkan kesibukan warga lokal yang asyik mengolah gula kelapa.

Anda bisa turut bergabung untuk mempelajari proses pembuatannya atau bercengkrama dengan warga sekitar sembari menunggu senja.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mencoba kegiatan yang cukup menantang, misalnya berselancar. Ombak di pantai Singkil Karang Pakis memang terkenal menggigit, terutama bagi para peselancar pemula. Tak heran bila banyak pengunjung tertarik untuk mencoba “keganasannya”.

Tetapi selain menarik buat “dikendarai”, ombak di sini juga bisa dinikmati dengan cara lain. Salah satunya ialah dilihat dari kejauhan. Cara ini tentu lebih aman bagi pengunjung yang tak biasa menghadapi ombak. Apalagi menikmatinya sambil ditemani air kelapa yang segar. Wah, rasanya seperti liburan di pulau pribadi saja deh.

4. Pantai Kemiren

Destinasi liburan pantai Kemiren
Pojokwisata.blogspot.com

Lokasi pantai Kemiren Cilacap : Jl. Lingkar Selatan, Kemiren, Tegalkamulyan, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ( klik untuk lihat peta ).

Berbeda dari pantai Singkil Karang Pakis, daya tarik pantai Kemiren justru bukan karena ombaknya yang tenang, melainkan area di sekitar pantai yang berupa hutan berdaun lebat. Dengan demikian, pantai ini menawarkan lanskap yang instagram worthy dan cocok untuk dijadikan spot berfoto.

Bermain di kawasan bibir pantai juga tak kalah menyenangkan. Pesisirnya terdiri atas butiran pasir yang berwarna cerah berdampingan dengan bentang samudera yang jernih menggoda.

Di sini, berenang menjadi pantangan yang sulit dihindari. Pasalnya, kondisi laut yang jernih serta bersih dari sampah membuat siapa pun tertarik untuk berendam di dalamnya. Anda pun tergoda kan ?

Baca : Pantai di Kebumen yang masih alami.

5. Pantai Kalipat

Pantai Kalipat Nusakambangan
By Steemit.com

Lokasi pantai Kalipat : Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Cilacap Selatan, Tambakreja, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53263 ( klik untuk lihat peta ).

Untuk mengunjungi pantai di Cilacap yang satu ini, Anda mesti menyeberang dulu ke pulau Nusakambangan dengan biaya trip sebesar kurang lebih Rp. 150 ribu per orang. Tak hanya itu, Anda masih harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Tetapi, begitu sampai di lokasi, semua rasa lelah akan langsung terbayarkan.

Bukan sekedar fotografi, keindahan yang selama ini diperbincangkan di media sosial bisa langsung Anda nikmati secara nyata. Hamparan pasir putihnya berbutir kasar, namun bersih dari sampah. Di antara butiran tersebut, terselip kerang-kerang yang bisa di sentuh dan di bawa pulang.

Kawasan pesisir pantai Kalipat memang di huni oleh banyak hewan laut. Bahkan, semuanya bisa terlihat dengan jelas saat air sedang surut.

Bukan hanya itu saja, pantai ini juga menyuguhkan spot selfie yang menonjolkan kecantikan alami pesisir pantai di Cilacap. Jadi, Anda bisa memproduksi banyak foto liburan yang keren buat diposting di Instagram. Bagaimana, menarik bukan ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.