7 Spot Pantai di Kebumen Terpopuler, Beberapa Bahkan Masih Perawan & Alami

Kebumen adalah komplit, menyajikan wisata alam yang bisa dinikmati secara leluasa. Mulai dari gua, air terjun hingga pantai di Kebumen, semuanya bisa Anda temukan disini. Bahkan, banyak yang belum terjamah wisatawan. Oleh karenanya, berkunjung ke sini tak akan membuat Anda kehabisan pilihan.

Namun, di antara banyak pilihan wisata tersebut, pantai menjadi salah satu yang paling difavoritkan. Sebut saja pantai Bopong dan pantai Menganti yang nyaris tak pernah sepi pengunjung. Lebih dari itu, Kebumen sebenarnya masih menyisakan banyak pantai untuk dikunjungi. Ada apa saja ? Berikut adalah beberapa pantai yang cocok buat dijadikan alternatif saat liburan.

Pantai di Kebumen Jawa Tengah

1. Pantai Ayah

Sunset di pantai Ayah / Logending
By Garispantai.com

Lokasi pantai Ayah / Logending Kebumen : Hutan, Argopeni, Ayah, Kebumen Regency, Central Java ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Ayah menawarkan pengalaman yang menarik. Di sini, Anda bisa melihat keindahan hutan bakau sekaligus merasakan semilir angin yang berhembus sepoi-sepoi secara bersamaan. Sesekali suara kicauan burung juga akan memecah keheningan dan membuat nuansa semakin terasa.

Jika beruntung, Anda bisa melihat burung-burung tersebut. Biasanya mereka bersembunyi di balik dedaunan. Namun, tak jarang mereka juga menampakkan diri dengan beterbangan di sekitar Anda.

Sementara diri disibukkan dengan sumber suara kicauan, nelayan bakal terus memacu sampan untuk mengitari pantai Ayah. Tetapi, saat tour selesai, jangan langsung beranjak dari kawasan pantai ya. Luangkanlah sejenak waktu untuk singgah di pasar ikan. Disana Anda bisa membawa pulang hasil tangkapan laut yang masih segar. Tenang saja, harganya standard kok, pun Anda masih bisa menawarnya lho. Jadi tak perlu khawatir ya.

2. Pantai Karang Bolong

Wisata pantai Karang Bolong Kebumen
By Travelingyuk.com

Lokasi pantai Karang Bolong Kebumen : Karangbolong, Buayan, Kebumen Regency, Central Java 54474 ( klik untuk lihat peta ).

Seperti namanya, pantai yang satu ini menawarkan pemandangan karang berlubang yang cukup unik. Saat cuaca sedang cerah, pantai ini benar-benar mengagumkan. Deburan ombak yang berpadu dengan langit biru akan menyegarkan mata yang lelah setelah berjibaku dengan kemacetan.

Bak dunia fantasi, pasir berwarna abu-abu yang terbentang di kawasan pantai Karangbolong dibatasi oleh batuan sedimen klastik yang cantik. Di permukaannya, ada beraneka jenis kerang tersebar di berbagai titik. Kerang-kerang tersebut terbawa arus ombak dan terbenam di sela-sela pasir.

Jika bermain di area pesisir, Anda bisa melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan, mulai dari membangun istana pasir hingga berguling-guling.

Tak perlu ragu untuk datang ke sini, sebab tiket masuknya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 10 ribu saja per orang. Jadi tetap bisa berhemat kan ?

3. Pantai Bocor

Sunset di pantai Bocor Kebumen
By Ksmtour.com

Lokasi pantai Bocor Kebumen : Godi, Setrojenar, Buluspesantren, Kebumen Regency, Central Java ( klik untuk lihat peta ).

Pantai yang berada di Dusun Godi, Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren ini bisa menjadi tujuan yang tepat buat dikunjungi di waktu luang. Perairannya memang tidak jernih, bahkan cenderung keruh, namun ombaknya cukup tinggi dan memiliki gulungan yang panjang.

Ombak tersebut berbatasan langsung dengan pesisir yang dipenuhi oleh pasir hitam. Meski warnanya cukup gelap, namun pesisir pantai Bocor punya butiran pasir yang cukup lembut, lho. Mirip karakterya dengan beberapa pantai di Pekalongan. Jadi Anda bisa menjelajah dengan nyaman sekalipun tanpa menggunakan alas kaki.

Kelebihan pantai Bocor juga bukan sampai di situ saja. Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Ada banyak kursi terbuat dari bahan plastik yang berjajar rapi di sekitar tepian. Kebanyakan dari kursi tersebut sudah dilengkapi dengan payung dan meja mungil untuk meletakkan makanan. Namun, untuk dapat menggunakannya, ada biaya yang perlu dibayar.

4. Pantai Watu Bale

Ombak pantai Watu Bale Kebumen
By Superadventure.co.id

Lokasi pantai Watu Bale Kebumen : Pasir, Ayah, Kebumen Regency, Central Java 54473 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai di Kebumen ini berada di sebelah barat pantai Karang Bolong dan berada di sebelah timur pantai Menganti. Diapit oleh dua pantai populer, pantai ini menawarkan pemandangan yang tak kalah cantik. Adanya jalan setapak yang sudah di paving serta beberapa spot foto menjadi salah satu alasan yang menarik banyak wisatawan untuk terus berdatangan.

Pesisirnya terbagi atas dua material, yakni pasir dan batu kerikil. Warnanya cenderung gelap meski tidak hitam sepenuhnya. Berdampingan dengan hamparan tersebut, ada bentang laut yang ombaknya terus menggelora. Tetapi, bermain di area pesisirnya masih terbilang aman karena jarang tersentuh oleh ombak. Oleh karena itu, Anda bisa mendirikan tenda untuk menikmati keindahan pantai sampai pagi.

5. Pantai Laguna Lembupurwo

Wisata pantai Laguna Lembupurwo
By Dolanyok.com

Lokasi pantai Laguna Lembupurwo : Lembupurwo, Mirit, Area Sawah, Lembupurwo, Kebumen, Jawa Tengah ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini berlokasi di Desa Lembupurwo dan bisa ditempuh dengan perjalanan 34 menit dari pusat kota Kebumen. Anda sebaiknya memilih rute Jalan Kejayan untuk bisa mencapai pantai ini lebih cepat.

Tetapi, jika ingin menikmati perjalanan yang lebih santai, maka Anda bisa memilih Jalan Sarbhini atau Jalan Raya Kutoarjo – Kebumen sebagai rute alternatif. Semua rute dapat dilintasi oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Jadi Anda bisa memilih mana saja yang paling Anda sukai.

Sampai di bibir pantai, Anda bakal disambut pemandangan alam yang menakjubkan. Hamparan pasirnya bukan hanya lembut, melainkan juga unik. Keunikan tersebut berupa lekukan-lekukan yang tercipta di permukaannya. Garis tersebut memanjang dari ujung satu hingga ujung lainnya.

Untuk dapat menikmati keindahan pantai Lembupurwo, Anda perlu membeli tiket masuk seharga kurang lebih Rp. 5.000. Dengan harga semangkuk es dawet, Anda sudah bisa mencicipi pesona pantai Lembupurwo yang masih alami lengkap dengan pemandangan kapal nelayan yang berbaris rapi.

6. Pantai Petanahan

Sunset di pantai Petanahan
By Sip-alamnusantara.blogspot.com

Lokasi pantai Petanahan Kebumen : Karanggadung, Petanahan, Kebumen Regency, Central Java ( klik untuk lihat peta ).

Masih jarang diketahui, pantai yang satu ini bisa jadi tempat tepat buat melepaskan kegalauan atau sekedar jalan-jalan. Pesisirnya dipenuhi pepohonan yang asri. Di beberapa sudut nampak lapak pedagang yang menyajikan jajanan yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Jika lelah, maka Anda bisa memilih gazebo sebagai tempat bersantai. Sambil duduk-duduk di dalamnya, Anda bisa merintang mata dengan pemandangan pantai yang menenangkan. Apalagi, saat cuaca sedang bagus, pemandangan pun akan semakin mempesona.

Perpaduan yang tercipta kala langit cerah bertemu dengan bentang pantai yang indah bakal menyapu seluruh rasa lelah Anda. Ditemani suara deburan ombak yang riuh, liburan tentu akan terasa lebih seru.

7. Pantai Sawangan

Destinasi wisata pantai Sawangan
By Travelingyuk.com

Lokasi pantai Swangan Kebumen : Tj. Nagasari, Karangduwur, Ayah, Kebumen Regency, Central Java 54473 ( klik untuk lihat peta ).

Lokasinya berada di daerah Puring, Tambakmulyo dan berbatasan dengan pantai Bopong di sebelah timur. Keduanya hanya terpaut jarak sekitar 3,2 km saja. Meskipun demikian, pantai Sawangan hadir dengan keunikan tersendiri. Hanya saja, untuk dapat menyaksikan keunikannya, Anda perlu melalui jalan kecil yang dipenuhi pohon palem terlebih dahulu.

Pantai ini memiliki sebuah laguna atau semacam kolam yang terbentuk secara alami di kawasan pesisirnya. Biasanya, kolam tersebut digunakan anak-anak untuk berenang. Namun Anda bisa turut merendam kaki di dalamnya. Airnya menawarkan sensasi dingin menyegarkan. Apalagi jika ditemani hembusan angin sepoi-sepoi, tentu akan lebih menyenangkan.

Selain itu, ada pula jembatan bambu yang di cat warna-warni. Jembatan tersebut menambah daya tarik pantai di Kebumen ini di mata para wisatawan milenial. Apalagi bagi para penghobi foto, keberadaan jembatan tersebut selain bisa dimanfaatkan sebagai sarana penyeberangan, juga bisa dijadikan sebagai objek bidikan. Anda tertarik juga ?

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?