8 Tempat Wisata Pantai di Tulungagung Yang Indah dan Masih Jarang Yang Tau

Selain destinasi pantai di Tulungagung, umumnya sebagian orang mengenal kota ini sebagai daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia. Padahal, ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dijelajahi.

Wilayahnya terdiri atas dataran tinggi dan dataran rendah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tak heran, bila pesona tempat wisata pantai di Tulungagung bisa membuat hati Anda kepincut.

Wisata Pantai di Tulungagung

1. Pantai Ngalur

Wisata pantai Ngalur

Alamat pantai Ngalur : Area Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Tulungagung Regency, East Java 66283 ( klik untuk lihat peta ).

Berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, pantai Ngalur menawarkan pesona tepi pantai luar biasa. Area pesisirnya luas dan memiliki garis pantai yang panjang, sehingga cocok buat bersantai.

Anda yang mengeksplore keindahan pantai ini akan merasa enjoy dan damai karena suasananya jauh dari keramaian. Pantai ini memang jarang kedatangan wisatawan. Wajar, jika keadaannya cukup bersih dan nyaman.

Oleh karena itu, tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berkemah, bersantai, atau menikmati quality time bersama keluarga. Selain itu, Anda juga bisa menghabiskan waktu bersama teman dengan bermain voli pantai lho. Jadi, jangan datang sendirian ya, biar lebih seru !

2. Pantai Popoh

Wisata pantai Popoh Tulungagung

Alamat pantai Popoh : Jln Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66382 ( klik untuk lihat peta ).

Hamparan pasir putih yang lembut, sepoi angin yang sejuk, dan juga barisan pohon hijau yang rindang akan menanti kedatangan Anda sekeluarga di pantai Popoh. Pantai ini berada di Dusun Ngelo, Desa Jengglungharjo, atau sekitar 29 km dari pantai Ngalur.

Menyuguhkan panorama yang indah, pantai ini paling terkenal dengan pemandangan laut lepasnya yang senantiasa menyejukkan mata. Apalagi jika sudah bertemu gulungan ombaknya yang spektakuler, Anda pun akan terbius dengan pesonanya dan enggan melepaskan pandangan.

Garis pantainya memanjang 500 meter dari arah utara ke selatan. Dihiasi dengan lanskap pepohonan yang sangat sejuk dan masih alami, pantai ini hanya membanderol harga tiket masuknya sekitar Rp. 3.000 per orang.

Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa memanjakan diri dengan pemandangan alam yang eksotis. Jika punya waktu lebih, Anda juga bisa bertualang dengan perahu untuk menyusuri kawasan teluk. Asyik, bukan ?

3. Pantai Pathok Gebang

Wisata pantai Pathok Gebang Tulungagung

Alamat pantai Pathok Gebang : Tulungagung ( klik untuk lihat peta ).

Menawarkan gelombang ombak yang cukup menantang, pantai Pathok Gebang bisa jadi destinasi liburan yang menyenangkan.

Namun, untuk mencapai pantai ini Anda harus terlebih dahulu menyusuri jalan setapak yang memanjang dari pantai Sanggar sekitar 60 menit lamanya. Tak perlu khawatir, rasa lelah akan langsung hilang seketika Anda melihat kejutan yang ditawarkan oleh pantai ini.

Dikenal sebagai kawasan konservasi penyu, pantai ini sering menjadi tempat mendarat penyu untuk bertelur. Tak heran, bila selain menyaksikan pesona laut yang indah, pengunjung yang beruntung juga bisa menyaksikan pemandangan puluhan tukik saling berlomba menuju garis pantai. Anda tentu tidak ingin melewatkan momen tersebut, bukan ?

4. Pantai Kedung Tumpang

Wisata pantai Kedung Tumpang

Alamat pantai Kedung Tumpang : Area Perkebunan Dan P, Pucanglaban, Pucang Laban, Tulungagung Regency, Jatim 66284 ( klik untuk lihat peta ).

Berada di Desa Pucanglaban, pantai yang satu ini memiliki lanskap yang berbeda, bahkan cenderung unik. Ada banyak gugusan karang dengan permukaan berlubang di sekitar perairan pantai ini.

Beberapa lubang yang terbentuk di bebatuan tersebut bahkan ada yang memiliki diameter cukup besar sehingga bisa dijadikan tempat berendam yang nyaman. Tetapi, Anda tetap perlu berhati–hati jika mengajak anak–anak. Pasalnya, ombak di pantai ini cukup ganas dan mengerikan.

Itulah sebabnya kelompok sadar wisata menyarankan agar Anda tidak berenang saat air laut sedang pasang. Meskipun Anda tidak berenang, tetapi keseruan tidak akan berkurang kok.

Ada gardu pandang yang bisa Anda kunjungi untuk menyaksikan keindahan pantai Kedung Tumpang dari kejauhan. Pemandangan pantai dari ketinggian tentu bisa mengganti rasa kecewa Anda akibat tidak bisa berenang, bukan ?

5. Pantai Sine

Wisata alam pantai Sine

Alamat pantai Sine Tulungagung : Sine, Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung Regency, East Java 66281 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Sine merupakan spot terbaik untuk melihat momen matahari terbit atau sunrise. Itu karena pantai ini menghadap langsung ke arah timur, sehingga pemandangan sunrise yang disajikan terlihat lebih berkesan.

Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki area yang unik, dimana pasirnya terdiri dari pasir kuarsa hitam dan pasir besi yang menyebabkan tampilannya lebih eksotis ketimbang pantai lain pada umumnya.

Berburu foto di pantai ini juga tak kalah menyenangkan. Pasalnya, pemandangan yang disuguhkan sangat instagenic. Bentang laut biru, barisan Cemara Sewu, dan area perbukitan hijau yang menyejukkan.

Jika tertarik untuk menemukan hal menarik lainnya, Anda bisa berkeliling hutan Cemara untuk menemukan danau Cinta yang letaknya tak begitu jauh dari pantai ini. Bagaimana, tertarik ?

6. Pantai Molang

Wisata pantai Molang

Alamat pantai Molang : Area Perkebunan Dan P, Pucanglaban, Pucang Laban, Tulungagung Regency, East Java ( klik untuk lihat peta ).

Buka setiap hari selama 24 jam penuh untuk para wisatawan, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang mendamaikan. Garis pantainya cukup panjang dan area pesisirnya cukup luas.

Namun, aktivitas berenang tidak disarankan disini karena ombaknya terbilang besar. Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dari kejauhan sambil berjalan di sekitar pesisir atau menyantap jajanan lezat yang dijajakan di sekitarnya.

Pantai Molang jaraknya hanya sekitar 7,5 km dari gapura Desa Puncanglaban dan bisa dicapai lewat rute yang sama dengan pantai Kedung Tumpang.

Anda yang tertarik mengunjungi pantai ini tidak akan dibebankan biaya sepeser pun untuk membeli tiket masuk karena pantai ini masih dalam tahap pengembangan. Selain itu, rute menuju pantai ini juga cukup menantang sehingga mendukung sekali untuk kegiatan touring. Berminat ?

7. Pantai Sanggar

Wisata pantai Sanggar Tulungagung

Alamat pantai Sanggar : Area Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Tulungagung Regency, East Java 66283 ( klik untuk lihat peta ).

Dijuluki The Dreamland of Tulungagung, pantai Sanggar letaknya cukup tersembunyi dan ditutupi dengan rerimbunan Cemara yang berdaun lebat.

Namun, jika berhasil membelah hutan Anda akan melihat pemandangan alam eksotis nan indah yang menyejukkan pelupuk mata. Pasir putih, laut biru dan langit cerah jadi lanskap paling pertama yang menyambut kedatangan Anda di sini.

Menariknya, Anda juga bisa berenang di pantai ini ketika air laut sedang surut, yakni sekitar jam 3 sore hingga menjelang petang. Namun, jika Anda lebih suka bersantai, maka berjalan mengelilingi pantai atau duduk di atas tikar adalah ide yang bagus.

Jangan lupa untuk melengkapi kegiatan santai Anda dengan mencicipi jajanan kuliner yang banyak dijual di sisi pantai, seperti Ikan Salmon Bakar, Cumi–Cumi Asam Pedas, Kepiting Balado, dan lain sebagainya.

8. Pantai Dlodo

Wisata pantai Dlodo Jawa Timur

Alamat pantai Dlodo : Rejosari Kalidawir, Dlodo, Panggungkalak, Pucang Laban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur 66281 ( klik untuk lihat peta ).

Satu lagi pantai di Tulungagung Jawa Timur yang menawarkan pemandangan tak kalah menarik, yakni pantai Dlodo. Seperti pantai lainnya, pantai Dlodo juga memiliki ombak yang cukup besar, bahkan ombak tersebut siap menerjang apa saja yang ada di hadapannya.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa menikmati pesona pantai ini dengan aman dan juga nyaman selagi Anda tidak nekat berenang ke tengah lautan saat laut pasang.

Ada bentang pasir yang memiliki butiran halus berwarna kuning kecokelatan di sekitar pesisir pantai ini. Uniknya, padang tersebut kerap tampak berkilauan ketika ditimpa sinar matahari.

Oleh karena itu, banyak orang menjadikannya sebagai latar berfoto, baik untuk instagram maupun pre-wedding. Jika sudut pandang yang diambil tepat, maka padang ini bisa terlihat seperti gurun Gobi di Cina. Indah kan ?

Penutup

Tak jauh dari kota Tulungagung, Anda juga perlu rasanya untuk mengunjungi beberapa destinasi pantai di kota Trenggalek. Masih banyak pantai-pantai perawan nan indah menunggu kedatangan Anda.

Bagaimana, sudah punya rencana liburan setelah membaca beberapa referensi pantai di Tulungagung di atas ? Jangan lupa untuk tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan ya.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.