Mengintip Potensi Wisata Deretan Pantai Sekotong Lombok

Destinasi pantai Sekotong Lombok

Potensi wisata di pulau Lombok memang dikenal dengan tujuan favorit para wisatawan, dengan berbagai puluhan tempat wisata yang menakjubkan seperti Pantai Sekotong Lombok.

Obyek wisata dengan keindahan pesona alam mulai dari pasir putih, lautnya yang biru dan terdapat beberapa panorama alam lainnya di sini.

Terdapat beberapa pantai yang cantik di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini memiliki suasana yang alami dengan wisatawan yang masih sedikit.

Berikut 12 daftar pantai di Sekotong yang perlu kamu ketahui.

1. Pantai Bangko Bangko / Desert Point

Pantai Bangko sangat cocok digunakan untuk aktivitas selancar dengan gelombang ombak yang sangat tinggi, sehingga membuat tempat ini dijadikan sebagai pilihan utama bagi para peselancar.

Dengan menjalankan papan selancar dengan ombak yang saling bergulung menjadikan suatu aktivitas yang seru bagi yang memiliki hobi berselancar ini.

Buat kamu yang tidak memiliki hobi berselancar atau tidak suka berselancar tidak salahnya untuk dapat mengunjungi pantai ini.

Kamu bisa foto-foto dengan latar belakang ombak yang tinggi ataupun menikmati pesona keindahan pantai ini sambilan liburan.

2. Pantai Mekaki

Pesona pantai Mekaki menyadarkan kita akan keindahan pantai di Lombok, di mana pantai ini masih sangat asri dan bersih.

Air laut yang berwarna biru toska serta permukaan pantai yang begitu luas sehingga dapat membuat kamu nyaman untuk jalan-jalan. Rasanya seperti ingin mandi dengan air lautnya yang sangat bening.

Pantai Mekaki cenderung sepi, akan tetapi fasilitas untuk menuju ke pantai ini sudah sangat cantik. Kamu akan disuguhkan pemandangan persawahan yang hijau serta hamparan bukit-bukit yang cantik saat kamu menuju ke pantai ini.

Pantai Mekaki berlokasi di wilayah selatan Sekotong.

3. Pantai Elaq – Elaq

Siapa yang tidak ingin berlama-lama di sini ? Dengan pemandangan bukit-bukit hijau yang terasa sangat istimewa, serta pasir putih yang lembut dan air laut berwarna biru toska seakan melambai-lambai.

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di Pantai Elaq-elaq adalah berfoto dengan bermacam-macam pose terbaik serta menceburkan diri ke air laut. Di sini terdapat batu-batu karang di dalam air laut yang tidak begitu kasar.

4. Pantai Nambung

Terdapat perbedaan yang dimiliki oleh Pantai Nambung dibandingkan dengan kebanyakan pantai di Lombok.

Hal ini dikarenakan terdapat beberapa tumpukan batu-batu karang yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya.

Batu karang ini memiliki bentuk seperti tebing dan kadang-kadang akan muncul cipratan air yang menyerupai air terjun. Cipratan air yang muncul di batu karang ini diperoleh dari hantaman ombak yang menghantam karang.

5. Pantai Sunancer

Pantai ini banyak dijadikan sebagai tempat melakukan snorkeling atau menyelam, karena tempat ini menyuguhkan pemandangan dibawah laut yang tidak kalah dengan tempat lainnya di Lombok.

Adanya dermaga yang terbuat dari kayu juga menjadi objek foto favorit bagi para wisatawan yag datang berkunjung.

6. Pantai Batu Surat

Lokasinya yang berada di bawah bukit menjadikan nama dengan sebutan Pantai Batu Surat. Area ini dipenuhi dengan batu-batu, serta bukit yang sudah ditata dengan bagus. Walaupun tidak mempunyai area bibir pantai yang luas, namun tetap cantik saat digunakan untuk berpose.

Fasilitas di Pantai Sekotong Lombok

Sama halnya dengan pantai Tanjung Bloam, dengan suasana pantai yang masih alami, tentunya tidak terlalu banyak fasilitas umum yang disediakan di sini. Berikut fasilitasnya :

  • Terdapat beberapa penginapan yang berada tidak jauh dari area pantai
  • Adanya beberapa restoran atau warung makan  dengan bermacam-macam menu
  • Terdapat jasa untuk sewa perahu motor

Untuk penginapan tersedia bagi para wisatawan yang ingin bermalam di Sekotong.

Adanya hotel berbintang 4 yang berada di Dusun Pandanan KM 51, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat menjadi salah satu tempat singgah favorit wisatawan.

Terdapat beberapa fasilitas modern yang disediakan di hotel ini yang pastinya sungguh menyenangkan.

Fasilitas di pantai ini memang masih kalah saing dengan Pantai Kuta Lombok, karena pantai ini masih belum populer sehingga pengunjungnya masih sedikit.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai Sekotong Lombok silahkan datang untuk menikmati suasananya yang masih asri.

Rute Menuju ke Lokasi

Para wisatawan yang berangkat dari kota Mataram akan menempuh jarak sekitar 60 Km dengan waktu yang diperlukan sekitar 90 menit dan harus melalui Pelabuhan Lembar untuk menuju ke Pantai Sekotong Lombok.

Kamu bisa menyewa kendaraan baik menggunakan mobil maupun motor dengan harga yang berlaku di Lombok yaitu berkisar Rp 600.000 per 10 jam. Termasuk dengan biaya bbm dan juga supir.

Untuk sewa motor cukup membayar sekitar Rp 50.000 per harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *