Berkelana ke Pasih Uug : Spot Wisata di Nusa Penida Yang Sepi Namun Eksotis

Pulau kecil di sebelah tenggara Bali bernama Nusa Penida ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga para traveller. Meski tak sepopuler Bali, namun pulau ini bisa memanah hati anda dengan segenap keindahan di dalamnya, salah satunya ialah Pasih Uug.

Kontur Nusa Penida di dominasi dengan lahan perbukitan dan kapur karang yang membuatnya sekilas nampak seperti hamparan tanah gersang yang mengandalkan sungai Klungkung dan hujan sebagai sumber air utama.

Tetapi di balik itu semua, pulau seluas 202.840 meter persegi tersebut menyimpan banyak kekayaan alam yang bisa membuat anda tidak henti berdecak kagum.

Pasih Uug, Pantai Rusak Nan Indah

Pantai broken beach Nusa Penida
Broken beach by Trivindo.com

Sering dikenal juga dengan nama “pantai rusak”, tempat ini merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Nusa Penida yang sebaiknya masuk dalam itinerary Anda.

Berangkat dari Sanur, Anda perlu menyewa perahu terlebih dahulu untuk menyeberangi selat Badung yang memanjang sejauh 60 km. Perjalanan mungkin akan memakan waktu tempuh selama kurang lebih 45 menit.

Bak antitesis dari Bali, Nusa Penida terbilang sepi dan jauh dari hiruk pikuk wisatawan yang sibuk bereksplorasi. Akses jalan masih jauh dari kata layak. Terdapat banyak lubang di sepanjang badan jalan yang membuat perjalanan menjadi sedikit terhambat.

Sampai di lokasi, Anda akan disambut dengan pemandangan menakjubkan dari tebing melingkar yang memagari sebuah laguna biru di bawahnya. Sementara, pada bagian lain nampak liuk tebing bertatap muka langsung dengan bentang samudera yang dipenuhi dengan air biru nan jernih.

Keindahan di sekitar tempat ini tidak hanya diperoleh dari lanskap luar biasa dari tebing tinggi nan curam yang membentengi laguna, namun juga dari suara kicauan burung, desir ombak, dan hembusan angin yang saling bersahut dalam sebuah simfoni merdu khas alam.

Baca : Air terjun Nungnung yang tersembunyi.

Siang dan Malam Di Pasih Uug

Siang hari, pemandangan di antara pantai dan tebing yang berdiri berdampingan akan terlihat lebih jelas dan tegas, sehingga tidak hanya elok di pandang mata namun juga pas di kamera.

Jadi, jika anda menenteng kamera saku maka jangan segan untuk menangkap keindahan alam yang ada di sekitar Pasih Uug Nusa Penida Bali. Anda juga bisa berpindah posisi dengan berkeliling di sepanjang tebing untuk mencari perspektif yang tepat sebelum mulai menekan tombol shutter.

Lain halnya ketika matahari mulai membungkuk di ufuk Barat. Panorama alam yang sebelumnya menampilkan lanskap cliffed coast yang tropis kini berubah menjadi pantai yang manis dan eksotis.

Keeksotisan tempat ini juga didukung dengan semburat rona jingga yang menyelimuti hamparan rubing terjal dan pepohonan hijau yang tumbuh lebat di atasnya. What a stunning view !

Namun, sayangnya fasilitas yang tersedia belum cukup memadai, bahkan wisata air saja nyaris tidak ada. Bagaimana ingin berenang jika ketinggian tebing berada di kisaran 50 hingga 200 meter.

Tetapi tidak perlu khawatir, karena lokasinya yang masih sangat alami, pantai Pasih Uug bisa menjadi tempat berkemah yang menyenangkan. Apalagi bagi Anda yang hobi berpetualang, berkemah di atas tebing setinggi 50 – 200 meter adalah hal yang mesti dicoba.

Salah satu alasannya ialah karena tempat ini memiliki fasilitas yang sangat minim sehingga kegiatan berkemah bisa jadi jauh lebih ekstrim. Kekuatan angin di atas tebing juga cukup kencang, sehingga Anda perlu berhati – hati selama bermalam di sana.

Kegiatan lain yang tidak kalah menarik ialah berswafoto. Jika berkemah bukan opsi yang tepat bagi Anda, maka Anda bisa melakukan hal lain yang tidak kalah menyenangkan, yakni berfoto.

Area yang unik dan anti mainstream bisa menjadi latar pemotretan yang apik tidak hanya untuk turis berkeluarga, namun juga untuk pasangan yang hendak melangkah ke jenjang pernikahan.

Baca : Membelah tebing menuju pantai Pandawa.

Akses Lokasi dan Fasilitas

Keindahan alam dari atas tebing pasih Uug
Pasih Uug by TheKencana.com / Elsa

Lokasi Pasih Uug broken beach berada di Banjar Sumpang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Bali. Akses menuju lokasi terbilang berat karena perjalanan hanya bisa ditempuh lewat jalur laut, yakni dengan menyeberangi Selat Badung menggunakan speed boat.

Untuk berlayar dari Sanur menuju pulau Nusa Penida Anda akan dikenai biaya sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000 per orang.

Setelah tiba di Nusa Penida, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Broken Beach menggunakan motor atau mobil yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

Karena Broken Beach jarang dikunjungi, maka tidak ada biaya yang harus Anda bayar untuk dapat memasuki kawasan tersebut. Semua gratis termasuk bentang alam menakjubkan yang sudah siap menyambut kedatangan Anda.

Jika berniat menghabiskan malam di Nusa Penida, ada dua opsi yang bisa Anda pilih yakni menyewa kamar bungalow atau menyewa rumah warga.

Jika bermalam di bungalow / tempat penginapan membuat Anda merasa nyaman, maka ada beberapa pilihan yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, diantaranya ialah Secret Point Huts, Crystal Bay Bungalows, dan Poh Manis Lembongan.

Ketiga fasilitas penginapan tersebut berlokasi tidak jauh dari Broken Beach, hanya sekitar 2 hingga 5 km saja, sehingga Anda bisa menjangkaunya dengan mudah. Soal kuliner bagaimana ?

Ada beberapa rumah makan dekat Pasih Uug yang bisa Anda singgahi kala perut sudah mulai keroncongan, beberapa diantaranya ialah Be Pasih Warung, Warung Jungle, Full moon bar and restaurant, Bataran Garden Restaurant, Papilas Coffee House Nusa Penida dan banyak lagi lainnya.

Yakin Ngga Mau Komentar ?

Yuk diskusi dengan saya. Gunakan nama asli ya, agar komentarnya disetujui.