5 Objek Wisata Dieng Ini Bagaikan Surga Yang Dirindukan

Wisata Dieng Penuh Pesona
16 Shares

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di Jawa Tengah dan sekitarnya, mungkin Anda bisa mencoba wisata Dieng sebagai alternatif selain Semarang atau Yogyakarta yang memang sudah terkenal.

Daerah wisata Dieng dengan segala pesonanya akan membuat Anda jatuh cinta dan ingin mengunjunginya berulang kali.

Kawasan wisata Dieng terletak di antara dua kabupaten yaitu Wonosobo dan Banjarnegara.

Udara di Dieng bisa dibilang sangat dingin karena terletak di ketinggian 2093 Mdpl. Bahkan untuk waktu tertentu kadang Dieng diliputi kabut yang membuat hawa semakin terasa dingin.

Warga sekitar biasanya memakai pakaian tebal, bahkan beberapa di antaranya melengkapi dengan sarung dan kupluk agar tetap merasa hangat.

Wisata Dieng dengan segala pesonanya memiliki banyak destinasi yang sayang untuk Anda lewatkan. Pastikan memiliki waktu beberapa hari agar puas menikmati semua keindahan wisata di Dieng.

Tapi jangan berkecil hati bagi Anda hanya memiliki waktu satu hari.

Pilih saja beberapa objek wisata yang berdekatan satu dengan yang lain agar Anda bisa menghemat waktu.

Berikut ini adalah beberapa objek wisata terbaik Dieng yang bisa menjadi referensi tempat wisata Jawa Tengah yang harus Anda kunjungi.

1. Golden Sunrise Bukit Sikunir

Sunrise di bukit Sikunir

Sunrise Sikunir by seanyoungblog.com

Seperti halnya Malang yang memiliki Bromo, Dieng juga memiliki satu spot yang bagus untuk melihat dan menikmati sunrise atau matahari terbit.

Keindahan matahari terbit di bukit Sikunir pernah disebut – sebut sebagai yang terbaik di Asia Tenggara.

Untuk bisa menikmati matahari terbit ini Anda harus mendaki sekitar satu jam.

Bagi Anda yang hobi dan sudah sering naik gunung tentu bukan masalah, namun bagi seseorang yang belum pernah naik gunung tidak perlu khawatir.

Jalan untuk menuju puncak bukit Sikunir sudah dibuat bertangga – tangga untuk mempermudah Anda mencapai puncaknya.

Waktu yang paling cocok untuk Anda mengunjungi Sikunir adalah di musim kemarau agar keinginan Anda untuk menikmati sunrise tidak terhalang oleh hujan.

Kalau Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan pemandangan golden sunrise yang luar biasa cantik.

Lokasi Bukit Sikunir ini di Desa Sembungan, sebuah desa tertinggi di pulau Jawa.

2. Pesona Telaga Warna

Salah satu yang menjadi ikon dari Dieng adalah Telaga Warna.

Perpaduan warna hijau, biru dan putih kekuningan terlihat sangat cantik jika dilihat dari atas bukit yang mengelilingi telaga.

Warna tersebut terjadi karena telaga ini memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi.

Telaga ini lokasinya berdekatan dengan objek wisata lain di Dieng seperti Candi Arjuna dan Dieng Plateau Theater. Jadi jika Anda menginginkan wisata satu hari ke Dieng, Anda bisa mencoba ke destinasi wisata tersebut.

3. Wisata Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater mirip seperti bioskop yang menayangkan film dokumenter mengenai sejarah Dieng di zaman dulu.

Lebih dari itu, karena lokasinya yang berada di Bukit Sikendil, Dieng Plateau Theater juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Ditambah lagi, Anda bisa mencicipi jajanan khas yang tersedia di warung – warung seperti tempe kemul dan purwaceng.

Di tengah udara dingin Dieng, makan tempe kemul hangat akan terasa lebih nikmat. Anda bisa mencoba jajanan nikmat tersebut setelah selesai menonton film.

4. Kompleks Candi Arjuna

Kompleks candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna by Rayadventure.com

Selain menikmati alam sekitar kompleks candi, Anda akan diajak kembali pada abad ke IX Masehi di mana menurut prasasti yang ditemukan, candi bercorak Hindu ini dibangun.

Selain itu, mulai tahun 2010, Dinas Pariwisata Banjarnegara dan Pokdarwis ( Kelompok Sadar Wisata ) rutin menyelenggarakan Dieng Culture Festival.

Acara yang diselenggarakan tiap tahun ini menarik minat wisatawan untuk mempelajari budaya dari Dieng secara langsung.

5. Pendakian Gunung Prau

Bagi Anda yang ingin melengkapi wisata di Dieng dengan mendaki gunung, dapat mencoba untuk ke gunung Prau yang memiliki ketinggian 2565 mdpl.

Mungkin tak setinggi gunung Sindoro atau Sumbing yang berada di dekatnya, namun untuk mendakinya tetap harus memiliki persiapan khusus seperti latihan fisik sebelum naik gunung.

Selain itu pastikan perbekalan dan peralatan pendakian lengkap. Hal tersebut sangat penting untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

Jika peralatan dan perbekalan sudah lengkap maka lebih aman dan nyaman menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Gunung ini.

Lokasi Gunung Prau tidak terlalu jauh dari Bukit Sikunir.

Well . . .

Bagaimana ? Anda tertarik untuk menjelajahi wisata alam dan budaya Dieng ? Ajak serta keluarga Anda dan nikmati keindahan Wisata Dieng yang terkenal.

Angesti Yustika

16 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *