Menyaksikan Kegagahan Puncak 5 Gunung dari Spot Wisata Ketep Pass Magelang

Keindahan gunung Merapi tak hanya bisa dinikmati dari jarak dekat. Lewat wisata Ketep Pass Magelang Jawa Tengah, Anda juga bisa menikmati pesona gunung Merapi dari kejauhan lho.

Kawasan ini letaknya di sebelah timur laut Yogyakarta dan bila di tarik garis lurus, jaraknya hanya sekitar 15 km saja dari puncak gunung Merapi.

Obyek wisata ini berlokasi di desa Ketep, Magelang. Sejak dibuka pada 17 Oktober 2002 lalu, kawasan ini banyak menyedot perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Alasannya karena kawasan ini menyajikan panorama indah Merapi dan Merbabu dari perspektif yang berbeda.

Pemandangan yang ditawarkan memang menakjubkan. Bagaimana tidak ? Ketep Pass berdiri di atas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan luasnya mencapai kurang lebih 8.000 meter persegi.

Kondisi tersebut memungkinkan para pengunjung untuk dapat menyaksikan secara jelas keindahan 2 puncak gunung terkenal di Jateng, yakni puncak gunung Merapi dan juga Merbabu.

Lokasinya pun cukup strategis dan berdekatan dengan 3 kota ternama, yaitu kota Boyolali, Salatiga dan Magelang. Tak heran bila rute Ketep Pass Magelang terbilang mudah, bahkan juga bisa dijangkau dengan kendaraan besar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk datang ke sini bersama rombongan keluarga maupun teman kerja.

Wisata Ketep Pass Jogja

1. Gardu Pandang

Suasana di gardu pandang
Gardu pandang by Hargatiket.net

Begitu menginjakkan kaki di pelataran Gardu Pandang, mata Anda akan langsung tertuju pada dua bentukan alam yang menjulang tinggi. Ialah Merapi dan Merbabu yang masing-masing memiliki ketinggian fantastis mencapai 2.930 mdpl dan 3.145 mdpl.

Menengok ke arah timur cakrawala, terlihat gunung Merapi tampil gagah dengan asap sulfatara yang membumbung ke atas. Gunung ini memang masih aktif memuntahkan lava pijar dari dalam perutnya. Oleh karena itu, pemandangannya jadi sedikit berbeda karena terselimuti kabut putih.

Tak mau kalah, Merbabu juga tampil cantik dengan hijau dominan dan kerumunan awan melingkar di tubuhnya. Sementara, di bagian lereng, ada pedesaan dan perkebunan warga yang bertebaran di segala penjuru.

Bisanya, pengunjung akan langsung beraksi dengan kamera mereka untuk mendokumentasikan bentang alam nan indah tersebut. Jika sudah puas bermain dengan tombol shutter, baru mereka melipir ke pondok-pondok kecil di sekitar gardu untuk melepas lelah dengan duduk-duduk santai sambil melihat kembali hasil jepretan mereka.

Di sekitar gardu pandang, tersebar kios-kios yang menjajakan beraneka macam makanan, mulai dari cemilan hingga makanan berat. Ada pula kios yang menjual berbagai olahan kripik dan makanan khas Jogja yang bisa di bawa pulang. Dengan demikian, bukan cuma perut saja yang terisi penuh, koper juga akan terisi penuh dengan macam-macam buah tangan.

2. Museum Vulkanologi

Museum Vulkanologi di Ketep Pass
Museum vulkanologi by Nurqanitah.blogspot.com

Tempat wisata di Jawa Tengah ini terbagi menjadi banyak bagian, selain Gardu Pandang ada museum Vulkanologi, bioskop mini, area peneropongan dan pelataran Pancaarga. Para wisawatan pelajar biasanya rutin mengunjungi museum Vulkanologi untuk studi banding.

Museum Vulkanologi luasnya mencapai sekitar 550 meter persegi dan di bagian tengahnya terdapat sebuah miniatur gunung Merapi dalam wujud 3 dimensi yang dibuat menyerupai aslinya.

Miniatur Merapi tersebut dikelilingi dengan foto-foto yang merekam jelas peristiwa letusan Merapi dari waktu ke waktu. Anda bisa melihatnya untuk menambah pengetahuan tentang sejarah letusan gunung Merapi.

Jika tertarik belajar lebih jauh, ada komputer interaktif yang akan menjelaskan kepada Anda beragam informasi tentang aktivitas Merapi secara detail, mulai dari bukti letusan, waktu letusan, hingga penampilan puncak gunung Merapi yang mengalami perubahan.

Baca : Air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu.

3. Mini Theatre

Volcano theatre di Ketep Pass
Volcano theatre by Camerawisata.com

Dilengkapi dengan kursi yang sanggup menampung sebanyak kurang lebih 78 penonton, bioskop ini tidak memutar film-film superhero buatan Marvel.

Film yang diputar adalah film edukatif 25 menit yang menyajikan kilas balik erupsi Merapi dan penjelasan lengkap tentang wilayah gunung Merapi yang mencakup jalur pendakian, penelitian di puncak, letusan, dan berbagai momen yang terjadi dalam rentetan waktu tertentu.

4. Area Peneropongan

Teropong yang ada di Ketep Pass digunakan untuk melihat keindahan Merapi, Merbabu dan gunung lainnya. Ada dua buah teropong diletakkan di dua tempat berbeda, dimana salah satunya ditempatkan di Pancaarga dan yang lainnya di tempatkan di Gardu Pandang.

5. Pelataran Pancaarga

Pelataran Pancaarga Ketep Pass
Pelataran Pancaarga by Catatanwisata.com

Nama Panca Arga diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya lima gunung. Pelataran ini letaknya paling tinggi di area Ketep Pass Magelangsehingga memungkinkan Anda untuk melihat keindahan 5 gunung sekaligus, mulai dari gunung Merapi, Merbabu, Slamet, Sindoro, hingga Sumbing.

Di sekitar gunung-gunung raksasa tersebut, ada pula barisan anak gunung yang turut mempercantik pemandangan. Ada gunung Tidar, Pring, Andong, bukit Telomoyo, bukit Manoreh, dan lain sebagainya.

Baca : Berwisata sejarah ke Lawang Sewu Semarang.

Hotel Dekat Ketep Pass

1. Homestay Kenanga

Sayangnya, obyek wisata ini masih miskin akomodasi. Sejauh ini, baru ada satu tempat penginapan yang letaknya paling dekat dan mudah dijangkau. Sisanya, terpaut jarak hingga 32 km lebih.

Ialah Homestay Kenanga yang lokasinya berada di pinggir Jalan Ketep Pass. Homestay ini jaraknya tak sampai 1 km dan dapat dijangkau dalam waktu 3 menit dari tempat wisata.

Meski sangat sederhana, namun homestay Ketep Pass ini menawarkan kenyamanan bagi para tamu yang menginap, mulai dari tempat tidur yang empuk hingga kamar mandi yang bersih. Tak hanya itu, Homestay ini juga mematok harga yang rendah untuk tiap kamar yang disewakan.

Tak perlu khawatir soal sarapan, Kenanga memiliki cafetaria yang selalu siap menyajikan Anda makanan lezat setiap harinya. Harganya pun sangat terjangkau, jadi bisa makan sepuasnya deh.

Homestay Kenanga beralamat lengkap di Jalan Ketep Pass, Gondangsari, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Rumah Makan Dekat Ketep Pass

1. Rumah Makan Padang Family Sakato

Bila ingin merasakan sensasi menyantap masakan Padang di tengah dinginnya suhu Ketep Pass, Anda bisa singgah ke rumah makan Padang Family Sakato yang jaraknya sekitar 5.8 km dari Ketep Pass. Rumah makan ini biasanya tak pernah sepi dan selalu sibuk melayani pembeli.

Ada banyak menu makanan yang bisa dipilih di tempat ini, namun yang jadi favorit para pengunjung ialah ayam kuah Padang.

Gulai yang satu ini merendam potongan daging ayam dalam kuah santan yang kental dan racikan bumbu yang khas. Rasanya tentu sangat nikmat, apalagi jika disajikan dalam kondisi hangat.

Rumah makan Padang Family Sakato berlokasi di Jalan Ketep Pass KM. 10, Kampung Tlatar, Krogowanan, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi Ketep Pass Magelang

Alamat tempat wisata Ketep Pass berlokasi di Jalan Blabak – Boyolali No. KM 16, Ketep Pass, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Memacu kendaraan Anda melalui jalan Blabak, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang mendamaikan. Mulai dari hamparan sawah dan kebun yang buahnya mulai masak, hingga rumah-rumah warga yang sederhana namun sangat elok dipandang mata.

Ada pula pasar tradisional yang meramaikan ruas jalan dan bisa dijadikan pilihan untuk beristirahat sambil mencicipi jajanan lokal. Usai icip-icip, Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan melintasi jalan berhiaskan pohon damar yang akan membawa Anda ke pintu masuk Ketep Pass Magelang.

Nantinya, setibanya di lokasi ditandai dengan gerbang masuk Ketep Pass yang di sebelah kirinya terdapat banyak penjual jagung bakar. Sampai disini, belilah tiket masuk sesuai jumlah rombongan dan simpan kendaraan Anda di area parkir yang sudah disediakan. Selamat berlibur !

Yakin Ngga Mau Komentar ?

Yuk diskusi dengan saya. Gunakan nama asli ya, agar komentarnya disetujui.