Menikmati Kesejukan & Derasnya Deru Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Berwisata ke Karanganyar, Anda akan disuguhi keindahan Grojogan Sewu Tawangmangu yang alirannya begitu deras. Anda bisa berjalan ke area bawah menuju titik air terjun untuk melihat keindahannya secara langsung.

Namun, untuk sampai ke titik air terjun, diperlukan perjuangan yang tidak mudah, ada jalan setapak yang harus Anda lalui terlebih dahulu.

Sejauh 37 km ke arah timur kota Solo, Anda akan menemukan kawasan wisata Tawangmangu yang di dalamnya menyimpan seribu aliran air yang menyatu dalam satu panorama indah Grojogan Sewu.

Air terjun ini memiliki dua pintu masuk yang ditempatkan di dua area berbeda. Salah satu pintu masuk berada di sekitar Taman Balekambang, sementara yang lainnya berada di dekat River Hill.

Pintu masuk yang ditempatkan di sekitar Taman Balekambang berdekatan dengan halte bus yang membuatnya sangat mudah di akses dari berbagai arah. Nantinya, jika masuk melalui pintu tersebut, maka Anda harus siap menaklukan tantangan menuruni lintasan tangga yang panjang.

Menyusuri lintasan tersebut akan menghabiskan banyak energi dan menguji kekuatan kaki Anda. Pasalnya, ada sebanyak 1000 lebih anak tangga yang harus dilewati. Rute tersebut berada setelah loket tiket. Jadi, petualangan baru akan dimulai sesudah Anda membeli tiket.

Meski jumlah undakannya banyak, namun lintasan tersebut sangat nyaman untuk di lintasi karena terbuat dari susunan batu yang dipadatkan bersama tanah dan semen. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tergelincir ketika menapakkan kaki di atasnya. Apalagi, permukaannya cenderung kering dan mempunyai tekstur kasar.

Beralih ke pintu kedua Grojogan Sewu Karanganyar yang berada di dekat River Hill. Kali ini, medan yang diperlihatkan agak berbeda, cukup landai dan lebih bersahabat. Masih dengan rute menurun dan menanjak, namun rute di sini lebih nyaman untuk dilalui.

Oleh karena itu, rute ini juga banyak dipilih oleh pengunjung yang membawa anak-anak atau pengunjung yang datang bersama orang tua.

Ketika memasuki gerbang masuk, Anda akan disambut dengan sebuah taman ikonik yang ukurannya tak begitu luas. Di taman tersebut ada kolam berbentuk lingkaran yang dilengkapi dengan air mancur.

Di sekitarnya, berdiri beberapa restoran megah yang menyajikan aneka masakan barat maupun Indonesia. Jika lapar, tinggal mampir saja ya.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Keadaan di sekitar air terjun
Grojogan Sewu by Ragamtempatwisata.com

Setibanya di bawah, rasa lelah Anda akan langsung terobati ketika melihat air terjun setinggi 81 meter jatuh dari atas ketinggian tebing. Di hiasi dengan rerimbun pohon hijau yang lebat, Grojogan Sewu jadi panorama paling menonjol di antara bentang alam yang ada.

Jika datang di pagi hari, kabut akan beranjak turun laksana tirai hiasan alam yang menyelimuti sekitaran obyek wisata Grojogan Sewu dan membuat suasana di sekitarnya makin dramatis.

Menikmati keindahan tersebut bisa dengan berbagai cara, mulai dari mencelupkan kaki di sungai kecil di bawahnya, berfoto bersama keluarga, hingga memandanginya dari kejauhan sambil mencicipi aneka makanan.

Di sekitar air terjun memang tersebar banyak kios yang menjajakan beragam menu kuliner. Dengan harga bervariasi, para penjual menawarkan macam-macam cemilan, makanan berat , dan minuman hangat / dingin yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Dari sekian menu kuliner yang ditawarkan, ada satu menu yang cukup terkenal dan sering jadi pilihan wisatawan, yakni sate kelinci. Hewan mungil nan imut ini ternyata memiliki daging yang berserat sangat halus dan cita rasa yang lezat. Makanya jadi favorit.

Ketika dipadukan dengan bumbu racikan, sambal kacang, irisan cabe dan bawang merah, daging kelinci jadi tambah nikmat dan menggoda. Apalagi ketika disandingkan dengan potongan nasi lontong atau ketupat, maka rasanya akan semakin lengkap deh.

Jangan takut untuk mengkonsumsi daging kelinci. Daging kelinci dikenal rendah kolesterol dan mengandung banyak protein. Kadar protein yang terdapat pada daging kelinci bahkan diketahui lebih tinggi dibandingkan kadar protein yang terdapat pada hewan ternak lain.

Ada Niasin, Vitamin B12, dan Selenium yang sangat bermanfaat bila di konsumsi secara rutin. Niasin dapat membantu menyembuhkan penyakit diare dan mengurangi tekanan pada sistem saraf pusat.

Sementara Vitamin B12 bermanfaat untuk memelihara jaringan saraf dan membentuk sel darah merah. Dan Selenium berkhasiat untuk menghambat penuaan pada orang dewasa. Banyak kan manfaatnya ?

Setelah mengisi perut, Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan mencoba keseruan bermain flying fox dan arung jeram. Jangan lupa juga untuk menyempatkan waktu bermain di area outbound dan memancing ikan sambil ditemani dengan kera-kera imut.

Kera-kera tersebut berkeliaran cukup bebas di kawasan wisata Tawangmangu. Jadi Anda bisa menemukannya dengan mudah.

Meski kerap berinteraksi dengan manusia, namun kera-kera tersebut belum sepenuhnya jinak, bahkan mereka sering berbuat jahil, lho. Mereka terkadang suka mengambil barang bawaan para wisatawan, entah itu makanan, tas, handphone, dan lain sebagainya.

Baca : Mau liburan sekeluarga ? Ke Baturaden aja.

Hotel Dekat Grojogan Sewu

1. Nava Hotel Tawangmangu

Kolam renang Nava Hotel Tawangmangu
Nava Hotel by Booking.com

Berkunjung ke tempat wisata Grojogan Sewu Tawangmangu Solo memang menyenangkan sekaligus melelahkan. Banyaknya atraksi wisata yang disodorkan jadi salah satu alasan mengapa Anda butuh waktu lebih dari sehari untuk bisa menjelajahi kawasan ini sampai tuntas.

Hotel yang jaraknya sekitar 1,6 km dari destinasi wisata di Jawa tengah ini dapat ditempuh hanya dalam waktu perjalanan kurang lebih 5 menit. Waktu tempuh tersebut jauh lebih singkat ketimbang waktu yang Anda butuhkan untuk mencari hotel lainnya.

Nava Hotel Tawangmangu dilengkapi fasilitas yang bisa membuat momen santai Anda dan keluarga jadi lebih nyaman. Misalnya saja, ada tipe kamar yang menyediakan satu tempat tidur berkapasitas 2 orang dan satu tempat tidur berkapasitas 1 orang dalam satu ruangan yang sama.

Tipe kamar seperti ini tentu sangat akomodatif untuk tamu yang sudah berkeluarga, dimana seringkali hotel tidak menyediakan kamar dengan 2 jenis tempat tidur sekaligus, melainkan menggantinya dengan opsi kamar tambahan yang harga sewanya jauh lebih mahal.

Selain itu, kamar di Nava Hotel Tawangmangu juga dilengkapi dengan kamar mandi yang bersih dan penerangan yang cukup baik. Sedangkan di lantai bawah, tersedia kolam renang dengan ukuran cukup luas yang bisa digunakan secara gratis oleh semua tamu yang menginap.

Selain kolam renang, Nava Hotel Tawangmangu juga memiliki restoran yang buka selama 24 jam setiap harinya. Menu yang disajikan pun cukup banyak, misalnya ada mi goreng Jawa, sate, nasi goreng, dan lain sebagainya.

Harga sewanya mahal ? Nggak kok, cuma Rp. 420.000 aja, tertarik ? Nava Hotel Tawangmangu berlokasi di Jalan Grojogan Sewu, Pintu II, Ngunut Lor, Tawangmangu, Nano, Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca : Bangunan seribu pintu Lawang Sewu.

Lokasi Grojogan Sewu

Alamat wisata Grojogan Sewu berlokasi di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Letaknya berada di kawasan hutan lindung sehingga masih menyatu dengan alam. Untuk bisa sampai di obyek wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Namun, jika menggunakan kendaraan umum akan butuh waktu selama kurang lebih 2 jam naik bus dari terminal Tirtonadi Solo menuju ke lokasi. Nantinya, jika sudah sampai di tempat Anda harus melanjutkan lagi perjalanan dengan menyewa ojek atau angkutan umum lainnya yang mengarah ke kawasan Grojogan Sewu Tawangmangu.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.