Tempat Wisata Baturaden di Purwokerto : Destinasi Lengkap Liburan Keluarga

Pesona Jawa Tengah kian lama kian memikat hati. Namun kali ini bukan tentang kota Semarang, Solo, ataupun Magelang, melainkan destinasi wisata Baturaden Purwokerto.

Wakil Jateng untuk ajang API 2019 ini punya segudang atraksi yang membuatnya potensial untuk jadi magnet pariwisata Jateng berikutnya. Tertarik mengenalnya lebih jauh ?

Baturaden letaknya berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sekitar 7.5 km dari pusat kota Purwokerto. Jadi, Anda hanya perlu waktu kurang lebih 41 menit saja untuk sampai di lokasi.

Ada banyak hal yang bisa Anda temui di sana nantinya, mulai dari air terjun, pemandangan alam, sungai, hingga ragam miniatur dunia dan desa wisata.

Sementara, wisata ini tak akan habis dijelajahi dalam waktu sehari saja. Karena tempat ini menyediakan banyak fasilitas seperti wisma, area kemah, downhill track, villa, area outbound, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Spot Wisata Baturaden

1. Kebun Raya Baturaden

Wisata Kebun Raya Baturaden
Kebun Raya by Hargatiket.net

Kebun Raya ini merupakan salah satu atraksi wisata favorit di kawasan Baturaden Banyumas. Kawasan seluas 143,5 hektar tersebut diresmikan pada bulan Desember 2015.

Memproyeksikan diri sebagai Taman Flora Of Java, Kebun Raya Baturaden memiliki koleksi flora yang lengkap, mulai dari pinus, damar, rasamala, dan beberapa jenis rotan sebagai sisipan.

Beberapa taman juga nampak menghiasi sejumlah sudut kebun raya dengan koleksi flora yang cantik, mulai dari Taman Obat, Taman Paku–Pakuan hingga Taman Tematik yang memuat banyak koleksi tumbuhan khas Jawa.

Namun diantara taman yang ada, Taman Bunga jadi obyek yang paling banyak diminati, terutama oleh kaum hawa.

Kebun Raya Baturaden juga sudah di dukung dengan akses jalan yang baik, pedestrian, gedung kantor dan cottage untuk tempat menginap. Beberapa cottage bahkan di bangun dengan konsep lingkungan untuk mendukung nuansa alam bebas yang sejuk dan asri.

Berkeliling di sini juga mengasyikkan. Pasalnya, kebun raya ini menyajikan banyak fasilitas yang bisa Anda jelajahi, seperti rumah kompos, rumah kaca, rumah anggrek, hingga tempat pembibitan. Nantinya, kalau capek, tinggal duduk santai saja di pendopo. Bagaimana ?

2. Desa Wisata Ketenger

Desa wisata Ketenger
Desa Ketenger by Pikdo.net

Tak seru rasanya menjelajah Baturaden tanpa mampir dulu ke desa wisata Ketenger. Desa ini terkenal memiliki keindahan alam yang asri dan alami. Tak tanggung–tanggung, orang–orang sampai menyandingkannya dengan keindahan di desa Lauterbrunnen, Switzerland.

Banyak yang mengira desa Ketenger tak punya banyak hal untuk dijelajahi. Padahal, selain bentang hutan yang asri, desa ini juga menyajikan pesona curug yang luar biasa, mulai dari curug Gede, curug Bayan, curug Kembar, curug Celiling dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, letak desa wisata Ketenger berada di sisi sungai Gambyong yang aliran airnya cukup deras. Jadi, Anda bisa mendengar sayup gemericik airnya di waktu malam.

Jika tertarik, Anda juga bisa bergabung bersama wisatawan lain untuk menghabiskan waktu mengeksplore keindahan curug yang ada. Tetapi pasti melelahkan, ya. Kalau tak sanggup lebih baik menonton pentas seni tradisional saja deh.

Pertunjukkan seni yang dipertontonkan ialah tarian kuda lumping atau ebeg. Tari tersebut menampilkan gerakan sekelompok orang sedang menunggangi kuda mainan yang di anyam dari bambu. Selama pertunjukkan para penari akan tampil gagah dan bergerak mengikuti irama lagu Jawa yang merdu.

Baca : Berburu sunset di candi Ratu Boko.

3. Telaga Sunyi

Wisata alam Telaga Sunyi Baturaden
Telaga Sunyi by Rotasi.id

Selain desa Ketenger, destinasi liburan di Jawa Tengah ini juga memiliki telaga sunyi yang sayang untuk dilewatkan.

Telaga ini memiliki keindahan yang hakiki dengan air jernih dan udara yang sejuk. Jika menyelam ke bawah, Anda akan menemukan banyak batu besar yang sangat cocok untuk jadi latar foto bawah air.

Di lihat dari kejauhan, telaga ini memiliki air berwarna biru jernih bak laut pesisir. Saking jernihnya, telaga ini sampai memiliki panorama dasar air yang memukau seperti di laut.

Tak akan meyesal deh kalau berenang di dalamnya, karena selain segar telaga ini cocok banget buat kegiatan underwater photography.

4. Sepeda Gantung

Wahana bermain sepeda gantung
Sepeda gantung by Travelingyuk.com

Sepeda layang jadi wahana baru yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke wisata Baturaden. Di adopsi dari Maribaya Bandung, sepeda layang Baturaden menawarkan pengalaman bersepeda di atas rel yang membentang di antara dua tebing tinggi.

Menaiki sepeda ini akan terasa seperti sedang uji nyali. Pasalnya, Anda akan membawa sepeda melayang di udara selama beberapa menit. Jika phobia ketinggian, lebih baik jangan dicoba karena hal ini dapat membahayakan keselamatan Anda.

Baca : Foto bawah air seru di Umbul Ponggok.

5. Wisata Baturaden Small World

Taman miniatur dunia
Small world by Yogaabe.com

Tak perlu jauh–jauh ke luar negeri untuk berfoto dengan landmarks ikonik. Di Taman Small World Miniatur Dunia, Anda bisa menemukan berbagai bangunan terkenal tersebut dalam ukuran yang lebih kecil, mulai dari tugu Monas, patung Liberty, Kincir Angin lengkap dengan bunga tulipnya, patung Merlion, menara kembar, Big Ben, Colosseum, Angkor Wat, menara Eiffel, taman bunga Sakura dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain Tugu Monas, Baturaden juga ikut mengoleksi beberapa bangunan khas Indonesia yang lain seperti rumah Honai, bundaran HI, patung Spiderman, dan sebagainya.

Kehadiran taman ini selain untuk memperkenalkan bangunan–bangunan ikonik juga sebagai wahana selfi yang bisa memuaskan hasrat berburu foto para wisatawan.

6. Pemandian Air Belerang

Pemandian air panas belerang
Pancuran Pitu by Ksmtour.com

Setelah lelah berkeliling, jangan lupa untuk menyempatkan diri nyebur ke pemandian air panas di tempat wisata ini. Kolam alami ini menampung air yang mengalir langsung dari perut bumi. Tak heran jika sensasi yang Anda rasakan ketika berendam di dalamnya akan sangat berbeda.

Baturaden memiliki sekurang-kurangnya dua pemandian air panas yang cukup terkenal, yakni Pancuran Pitu dan Pancuran Telu.

Keduanya sama–sama terletak di dekat dapur magma atau sisi selatan gunung Slamet. Bedanya, Pancuran Pitu memiliki 7 pancuran ( aliran ), sementara Pancuran Telu hanya memiliki 3 pancuran ( aliran ) saja.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu dikelilingi dengan suasana asri dan hutan lebat yang masih alami. Jika berkunjung ke sini, Anda bisa menghangatkan tubuh dengan cara membasahi kaki di titik pancuran atau berendam langsung di kolam pemandian yang telah disediakan.

Namun, jangan terkejut ketika melihat kepulan asap yang muncul dari permukaan kolam ya. Asap tersebut tidak berbahaya kok, jadi Anda aman untuk berendam di dalamnya.

Berendam di sini akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, air di dalam kolam tersebut memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan sakit kulit.

Karena mengandung banyak manfaat, banyak orang tertarik untuk membeli bubuk lulur belerang yang dijual di sekitar Pancuran Pitu dan Pancuran Telu.

Bubuk lulur tersebut biasanya dibanderol dengan harga yang cukup murah. Namun, jika Anda  ingin menyewa paket pijat dan lulur, maka harganya pun akan sedikit bertambah.

Lokasi Wisata Baturaden

Alamat tempat wisata Baturaden berlokasi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Menuju tempat ini, Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Akses jalan yang mudah membuat obyek wisata ini dapat di akses dari berbagai arah. Namun, jangan lupa siapkan sejumlah uang untuk membeli tiket masuknya, ya. Jadi kapan mau ke sini ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.