Wisata Umbul Ponggok Klaten : Berfoto Seru Dengan Aneka Properti Bawah Air

Kabupaten Klaten ditengarai memiliki sumber mata air yang melimpah. Beberapa diantaranya, seperti wisata Umbul Ponggok Klaten bahkan dikelola dengan sangat baik hingga menjadi tujuan wisata yang menjanjikan.

Umbul yang terletak di kecamatan Pulonharjo ini cukup nge-hits di kalangan wisatawan. Tapi tahukah Anda apa yang membuat umbul ini begitu melejit ?

Tampilannya Sejernih Kaca

Keistimewaan Umbul Ponggok terletak pada kejernihan airnya yang di atas rata-rata. Tak cuma jernih, Umbul Ponggok juga punya koleksi ikan hias warna–warni yang bisa Anda jumpai ketika sedang snorkeling di dalamnya.

Kolam berukuran 50 x 25 meter ini mendapat suplai air dari 40 sumber mata air sekaligus. Dimana debit airnya kurang lebih 800 liter per detik. Artinya, air yang mengisi kolam Umbul Ponggok adalah air murni yang masih sangat terjaga keasliannya. Baunya pun tidak amis, karena airnya terus mengalir.

Berpose dengan aneka properti di bawah air
Bawah air by Siklimis.com

Sementara, kolam Umbul Ponggok sendiri di buat alami dengan hamparan pasir dan bebatuan sebagai “lantai” dasarnya. Sehingga nuansa yang diberikan pun mirip seperti nuansa bawah laut sesungguhnya.

Berenang di dalamnya, Anda akan bertemu berbagai ikan cantik dan menawan, seperti ikan Bawal, ikan Koi, ikan Mas dan jenis ikan hias lainnya.

Jika tertarik merasakan kesegarannya, Anda bisa menghubungi penyedia tur untuk menyewa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan, seperti snorkel, life jacket, fins, kacamata selam dan lain-lain.

Namun biasanya pengunjung yang hendak berfoto memilih tidak menggunakan alat selam sama sekali, karena mereka ingin di foto dengan konsep natural, seolah mereka benar–benar beraktivitas di dalam air.

Spot atau properti yang banyak dimanfaatkan untuk kegiatan underwater photography biasanya adalah kendaraan roda dua, bebatuan, dan taman laut.

Tak perlu heran, wisata Umbul Ponggok Klaten memang dikenal memiliki banyak wahana selfi. Semua spot selfi tersebut berada di dalam air dan hanya bisa dimanfaatkan jika Anda mau nyemplung ke dalamnya. Ada banyak pose yang bisa dilakukan disini, misalnya pose naik motor Nmax, duduk santai di kursi taman, dan sebagainya.

Selain untuk foto gaya–gayaan, wisata populer Jawa Tengah ini juga cocok untuk kegiatan foto pre-wedding. Beberapa orang bahkan mantap menjatuhkan pilihannya karena menganggap Umbul Ponggok punya view cantik yang bisa digunakan untuk mendukung foto pre-wedding mereka.

Namun, karena kedalaman rata–rata kolam ini mencapai 1,5 meter – 2,6 meter, Anda disarankan untuk berhati–hati ketika berfoto di dalamnya. Jika tak bisa berenang, Anda harus menggunakan pelampung dan berfoto dengan bantuan petugas untuk menghindari resiko tenggelam.

Tertarik membawa pasangan datang ke sini ?

Wisata Umbul Ponggok Warrior

Wisata Ponggok Warrior
Ponggok warrior by Kabarklaten.id

Ponggok warrior adalah wahana baru yang memiliki banyak kemiripan dengan arena game show populer Sasuke Ninja Warrior dan Benteng Takeshi. Berbagai jenis permainan halang rintang  terangkai jadi satu di atas kolam Umbul Ponggok bagian barat yang luasnya sekitar 20 x 30 meter.

Wahana ini dapat dinikmati semua pengunjung tanpa batasan usia. Namun karena arealnya terbatas, maka pengelola menerapkan batas durasi untuk mengatur lamanya pengunjung dapat bermain di wahana tersebut.

Dengan demikian, Anda bisa mengantre dengan tenang tanpa khawatir soal kehabisan giliran waktu bermain.

Tak jauh beda dengan game show Sasuke Ninja Warrior, rintangan disini juga tak mudah ditaklukan. Bedanya, rintangan di Ponggok Warrior hampir seluruhnya terbuat dari plastik, sehingga aman untuk dilalui oleh anak kecil.

Meski aman, wahana Ponggok Warrior tetap menantang, lho. Pasalnya, wahana ini tidak berdiri di atas daratan, melainkan mengambang di atas air, sehingga sangat sulit bagi Anda untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan di atasnya.

Baca : Renang bareng hiu di Karimunjawa.

Penginapan Dekat Umbul Ponggok

1. Homestay Tirtamandiri

Anda yang datang dari luar daerah tak perlu bingung soal penginapan. Di dekat Umbul Ponggok, ada homestay Tirtamandiri yang menyediakan beberapa kamar untuk disewakan. Semua kamar di banderol dengan harga sewa yang cukup terjangkau dan sudah dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan.

Meski ukuran kamarnya tidak begitu luas, namun ukuran tempat tidurnya cukup besar dan sangat empuk. Sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyaman dan tenang disana.

Selain itu, tiap kamar juga sudah dilengkapi dengan kamar mandi yang cukup bersih. Ada pula satu set meja rias yang diletakkan di sisi ruangan bersebelahan dengan lemari pakaian berkapasitas sedang. Kalau ingin menonton film, nyalakan saja TV layar datarnya ya.

Alamat lengkap homestay Tirtamandiri berlokasi di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Tak jauh dari Umbul Ponggok.

Baca : Trik packing carrier dengan benar.

Lokasi Umbul Ponggok

Alamat destinasi alam Umbul Ponggok berlokasi di Jalan Delanggu – Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Menyambangi Umbul Ponggok, Anda tak perlu menguras banyak tenaga. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 20 km dari Klaten untuk bisa sampai di lokasi.

Nantinya, begitu sampai di loket, belilah tiket masuk yang di banderol sekitar Rp. 15.000 saja per orangnya. Murah kan ?

Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa berenang di kolam Umbul Ponggok dan mendapat bonus tambahan berupa voucher khusus dan aneka cemilan lezat seperti stick ikan dan pangsit ikan.

Tapi jika Anda juga ingin menyewa jasa foto underwater, maka Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar kurang lebih Rp. 100 ribu untuk durasi satu jam atau Rp. 60 ribu untuk durasi 30 menit.

Bila tak ingin ribet, Anda juga bisa membeli paket yang sudah disediakan di tempat wisata Umbul Ponggok. Paket tersebut meliputi harga tiket masuk, penyewaan pelampung, foto di bawah air, dan sebagainya.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?