Bosan Dengan Kerjaan ? Yuk Piknik ke 13 Tempat Wisata di Jawa Tengah Ini

Bagi Anda yang bingung ke mana menghabiskan waktu liburan, kini tak usah risau. Banyak tempat wisata di Jawa Tengah yang menyuguhkan objek wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, dan banyak lagi.

Liburan adalah salah satu cara menghilangkan penat, stress, dan menyegarkan otak. Masa liburan biasanya diisi dengan berkunjung ke suatu tempat unik dan menarik.

Beberapa destinasi wisata di Jawa Tengah ini menyerupai wisata di luar negeri, entah itu pemandangan, suasana, ataupun lingkungan sekitarnya.

Jadi, cukup berkeliling Jawa Tengah saja Anda sudah mendapat banyak sekali pengalaman berbeda saat liburan.

Terlebih lagi, masyarakat Jawa Tengah sejak dulu dikenal sebagai salah satu yang ramah dan santun. Saat pergi ke sana, Anda akan merasakan sensasi liburan yang berbeda.

Lantas, dimana saja destinasi yang wajib Anda kunjungi ? Berikut ini adalah daftar nama tempat wisata Jawa tengah yang bisa dijadikan referensi liburan Anda bersama keluarga maupun kerabat.

1. Candi Borobudur

Siapa sih yang tak kenal dengan candi yang satu ini ?

Candi yang termasuk dalam 7 keajaiban dunia ternyata ada di Jawa Tengah, tepatnya di kabupaten Magelang. Objek wisata ini tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Magelang.

Candi Budha yang megah, dengan arsitektur kuno ini menjadi dambaan warga Magelang hingga seluruh masyarakat Indonesia.

Terdapat 504 stupa Budha dan 1.460 relief pada kompleks candi Borobudur. Luas dasar Candi Borobudur mencapai 123 x 123 meter, sementara tingginya 35 meter karena berbentuk piramida berundak.

Dengan keistimewaan ini maka candi Borobudur menjadi salah satu objek wisata di Jawa Tengah yang paling banyak dikunjungi.

Untuk masuk ke komplek candi Anda perlu membayar biaya masuk Rp 40.000 per orang dewasa. Dengan nominal tersebut, Anda sudah bisa menikmati panorama Candi Borobudur dengan puas.

Bahkan sunset yang eksotis pun bisa Anda dapatkan di puncak Borobudur.

2. Karimunjawa

Wisata alam Taman Nasional Karimunjawa
Karimunjawa

Tempat wisata di Jawa Tengah yang berikutnya datang dari kota Jepara. Karimunjawa adalah salah satu cagar alam laut yang menjadi favorit para wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya.

Wisata pantai di Jawa Tengah ini memang sangat menakjubkan. Pantainya yang jernih dan bersih, keindahan dasar laut yang fenomenal, resort yang mewah, dan masih banyak lagi.

Jarak Taman Nasional Karimunjawa memang cukup jauh dari pusat Kota Jepara, pengunjung perlu menyebrangi laut untuk menuju lokasi. Namun perjalanan yang lama tersebut akan terbayar lunas setelah Anda melihat panorama Karimunjawa.

Jadi, saat memutuskan untuk berlibur ke daerah Jawa Tengah, jangan lupa untuk mengunjungi Taman Nasional Karimunjawa.

Karena merupakan destinasi favorit, biaya untuk ke sana cukup lumayan. Paket liburan Karimunjawa mulai dari Rp 400.000 untuk 2 hari, dan semua biaya telah di hitung, mulai dari kapal, penginapan, hingga spot wisata.

Aktivitas snorkeling dan diving juga bisa Anda lakukan di sana untuk menikmati keindahan bawah laut Karimunjawa.

3. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu tempat favorit wisatawan.

Tempat wisata alam di Jawa Tengah yang satu ini menyuguhkan banyak spot menarik yang natural. Dataran Tinggi Dieng berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Karena berada di dataran tinggi, maka udara di sana pun sangat dingin, dan membuat Anda harus membawa jaket saat berkunjung.

Berbagai spot wisata Dieng menarik untuk dikunjungi, mulai dari Telaga Warna, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Batu Pandang, dan masih banyak lagi. Masing – masing spot memiliki pesona alam tersendiri, sehingga Anda harus mengunjungi semua spot tersebut.

Gunung Prau dan Bukit Sikunir juga menjadi objek favorit para pendaki, dimana mereka bisa memperoleh pemandangan sunrise yang luar biasa.

Nah, tarif setiap spot tersebut hampir merata, yakni Rp 10.000 saja.

Untuk menuju ke Dieng, Anda harus gunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Untuk bis berukuran besar tidak bisa menuju ke lokasi, karena kondisi jalannya yang sempit dan menanjak.

4. Tempat Wisata Di Jawa Tengah : Baturraden

Wisata alam Baturraden
Baturraden

Setelah berbicara tentang Wonosobo dan Banjarnegara, selanjutnya kita beralih membahas tentang Purwokerto.

Selain terkenal dengan bahasa “ngapak”, kota ini juga terkenal dengan objek wisatanya, yakni Baturraden. Ya, Baturraden termasuk salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Purwokerto.

Kawasan wisata Baturraden sendiri terletak di lereng Gunung Slamet, sehingga suhu udaranya cukup dingin.

Di tempat ini Anda akan disuguhi panorama alam yang luar biasa, dan yang paling favorit adalah pemandian air panas yang dijuluki Pancuran Pitu.

Dari area tertinggi di Baturraden, Anda bisa melihat indahnya Kota Purwokerto dan laut Cilacap.

Seringkali juga di area Baturaden digunakan sebagai tempat berkemah atau kegiatan tertentu. Panorama indah sekaligus hawa sejuknya membuat Anda ingin berlama – lama berada di tempat wisata yang satu ini.

5. Sungai Serayu

Sudah tau tentang sungai Serayu ? Sungai yang melewati beberapa kota di Jawa Tengah ini memiliki keunikan.

Banjarnegara sebagai salah satu kota yang dilalui Sungai Serayu, menawarkan kegiatan arung jeram yang memacu adrenalin. Arung jeram di Sungai Serayu Banjarnegara sangat seru dan menantang.

Derasnya aliran sungai, banyaknya batu besar, dan adanya tebing di sisi sungai, membuat aktivitas rafting semakin asyik.

Hal ini cocok bagi Anda yang suka tantangan, namun bagi Anda yang tidak bisa berenang juga tetap bisa menikmati derasnya Sungai Serayu.

Semua alat safety telah disediakan oleh pihak penyewa, jadi tak perlu khawatir. Dengan tarif Rp 250.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati 3 jam perjalanan menyusuri jeram sungai Serayu.

Selama perjalanan tersebut akan disuguhkan keindahan sungai dan beberapa air terjun. Perjalanan Anda dipandu oleh guide berpengalaman, sehingga tidak perlu khawatir saat berarung jeram.

6. Pantai Pulau Panjang

Wisata pantai Pulau Panjang Jepara
Pantai pulau Panjang

Selain Karimunjawa, Jepara juga memiliki banyak pantai menarik, salah satunya di Pulau Panjang.

Untuk mencapai Pulau Panjang, Anda harus menuju ke pantai Kartini terlebih dahulu. Dari Pantai Kartini, akan ada penyewaan kapal untuk menyeberang dan menuju ke pantai Pulau Panjang.

Pulau kecil ini hanya memiliki hutan dengan pohon besar serta hutan mangrove. Dengan luas pulau yang tidak begitu besar, maka Anda pun bisa trekking berkeliling pulau.

Selain itu, kegiatan snorkeling dan diving juga bisa dilakukan karena airnya yang jernih. Pasir putih nan lembut di Pulau Panjang bisa Anda manfaatkan untuk bermain bersama anak – anak.

Suasana di pantai Pulau Panjang memang masih sangat asri, sehingga banyak wisatawan menganggapnya sebagai salah satu pantai terindah di Jawa Tengah.

Oleh karena itu, segeralah berkunjung ke pantai Pulau Panjang dan nikmati panorama alam yang menakjubkan di sana.

7. Pantai Karang Bolong

Nah, setelah ke pantai utara, kini beralih ke pantai selatan. Salah satu pantai selatan yang terkenal adalah Pantai Karang Bolong, Kebumen.

Karang Bolong memiliki arti karang berlubang. Inilah yang menjadi keunikan pantai yang terletak di kecamatan Buayan ini, di sisi timur pantai terdapat gua karang dengan lebar 10 meter.

Gua tersebut sekaligus menjadi ikon pantai Karang Bolong.

Wisata di Jawa Tengah yang satu ini menyuguhkan pemandangan pantai yang eksotis. Pasirnya yang abu – abu, airnya yang jernih, serta gua karang pun ikut menghiasi pantai.

Anda bisa bermain air, pasir, ataupun hanya berjemur di pantai tersebut. Jangan khawatir mengalami kelaparan, karena terdapat warung – warung kecil penjual makanan di sekitar pantai.

Selain itu, Anda bisa mengabadikan momen menggunakan kamera terbaik Anda dengan background lautan luas.

Berbagai kegiatan tersebut dapat dilakukan setelah membayar biaya masuknya sebesar Rp 3.000. Ditambah lagi dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

8. Gunung Merbabu

Pendakian gunung Merbabu
Gunung Merbabu

Destinasi wisata di Jawa Tengah berikutnya cocok untuk Anda yang hobi mendaki.

Gunung Merbabu termasuk dalam wilayah Semarang, Salatiga, Boyolali, dan Magelang. Selain diminati para pendaki, pendakian Gunung Merbabu juga diminati oleh para pemula, pasalnya jalur pendakiannya tidak begitu sulit.

Dari sepanjang perjalanan tersebut, Anda akan disuguhkan pemandangan super cantik yang jarang didapat dari objek wisata lainnya.

Dengan ketinggian 3.119 mdpl, maka suhu udara di puncak sangatlah dingin, mengharuskan Anda untuk menyiapkan banyak hal untuk mendaki Gunung Merbabu.

Selain itu, terdapat 5 buah kawah dengan keunikannya masing – masing, mulai dari Kawah Condrodimuko, Kawah Kendang, Kawah Rebab, Kawah Kombang, dan Kawah Sambernyowo.

Di puncak akan Anda dapatkan keindahan sunrise yang luar biasa, selain itu Anda akan merasa seperti di khayangan dengan lautan awan di bawahnya.

9. Umbul Ponggok

Nah, tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini sedang sangat populer di kalangan remaja.

Umbul Ponggok, Klaten menawarkan spot menarik di dasar kolam renang. Kolam Umbul Ponggok memang didesain menyerupai laut lengkap dengan karang dan ikan – ikannya.

Menariknya lagi, terdapat pula meja, laptop, sepeda, atau peralatan lain yang pada umumnya ada di darat, namun berada di dasar kolam.

Pengunjung bisa mengambil foto dari dasar kolam dengan menggunakan alat pelindung kamera. Untuk hasil lebih baik, Anda bisa menyewa fotografer di Umbul Ponggok.

Dengan adanya spot menarik dan unik ini, maka Anda tak perlu diving di laut karena Umbul Ponggok Klaten telah menyuguhkan pemandangan serupa yang lebih kekinian.

Tentunya sangat cocok bagi anak muda yang hobi upload foto – foto hits. Jadi, kapan Anda mencoba kolam Umbul Ponggok ini ?

10. Masjid Agung Semarang

Wisata religi Masjid Agung Semarang Jawa Tengah
Masjid Agung Semarang

Selanjutnya ada wisata religi yang menjadi favorit di Jawa Tengah, yakni Masjid Agung Semarang. Masjid yang satu ini merupakan kebanggaan masyarakat Jawa Tengah.

Arsitektur bangunan masjid ini merupakan gabungan dari Jawa, Islam, dan Romawi. Yang paling unik, Masjid Agung ini memiliki 6 payung besar otomatis seperti di Mekkah.

6 payung eletrik tersebut menandakan jumlah rukun iman dalam Islam. Sementara ada menara tertinggi yang bisa Anda naiki menggunakan lift.

Untuk menuju ke puncak, Anda perlu mengeluarkan biaya Rp 5.000.

Dari puncak menara tersebut Anda bisa melihat keindahan kota Semarang dengan jelas. Akan lebih indah lagi bila menikmatinya di malam hari dengan cahaya lampu kota yang megah.

Selain digunakan untuk tempat ibadah, Masjid Agung juga dijadikan tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi di kota Semarang.

Anda juga bisa menemukan Al-Qur’an raksasa yang dibuat seniman kaligrafi Wonosobo, studio radio, serta museum Islami di kompleks masjid.

11. Lawang Sewu

Setelah menengok wisata alam dan wisata religi, kini beralih ke tempat wisata Jawa Tengah bernuansa sejarah, yakni Lawang Sewu. Bangunan bersejarah ini terletak di kawasan Tugu Muda, Semarang.

Pada zaman penjajahan, bangunan tersebut dijadikan kantor pusat perusahaan kereta api milik Belanda.

Namun kini, Lawang Sewu menjadi tempat wisata keluarga di Jawa Tengah yang paling terkenal. Bangunan tua ini juga dijadikan simbol kota Semarang.

Lawang Sewu berarti pintu seribu, walaupun sebenarnya jumlah pintu di bangunan tersebut tidak mencapai seribu. Arsitektur bangunan kuno yang unik bisa dijadikan spot foto menarik.

Coba saja Anda berkeliling Lawang Sewu, semua sisi sangat menarik dan bisa dijadikan background foto bergaya vintage. Lawang Sewu memiliki ruangan bawah tanah yang mempunyai nilai sejarah.

Ruangan bawah tanah tersebut dulu dijadikan tahanan para pejuang Indonesia, tak heran bila terdapat beberapa bercak darah di sana.

Tarif masuk Lawang Sewu hanya Rp 10.000, dan untuk masuk ke ruang bawah tanah membayar biaya tambahan Rp 30.000.

12. Kota Lama Semarang

Tempat wisata di Jawa Tengah : Kota Lama Semarang
Kota lama Semarang

Semarang memang kota yang kental dengan nilai sejarah. Selain Lawang Sewu, Kota Lama juga menjadi bangunan peninggalan di masa penjajahan.

Jika berada di Kota Lama, Anda akan merasa berada di Belanda, karena semua bangunan di kompleks tersebut memang dibangun oleh Belanda dengan arsitektur Eropa.

Gereja Blenduk menjadi landmark paling menarik di kawasan Kota Lama. Bangunan berusia 2,5 abad lebih ini sekaligus menjadi ikon Kota Lama. Atapnya yang menyerupai kubah melengkung berwarna merah menjadi daya tarik utama wisatawan.

Selain itu, di dekat Gereja Blenduk terdapat rumah makan bergaya Belanda yang memang sudah ada sejak masa penjajahan hingga kini, yakni Spiegel.

Setiap sisi dari Kota Lama bisa Anda jadikan spot foto, karena memang semuanya unik dan menarik.

Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan suasana di luar negeri, datanglah ke Kota Lama Semarang. Objek wisata yang satu ini tidak dipungut biaya sepeserpun karena memang berada di pinggir jalan, yakni di Jl. Kartini.

13. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton yang berdiri sejak tahun 1774 ini menyimpan nilai sejarah yang cukup banyak. Bangunan keraton ini memang sangat kuno, dengan arsitektur kerajaan zaman dahulu.

Anda bisa berkeliling keraton untuk menengok sejarah bangsa Indonesia.

Terdapat bagian sakral dalam keraton, yakni Panggung Sanggabuwana, yang konon di tempat inilah Nyai Roro Kidul bersemedi.

Fragmen – fragmen candi dan barang – barang peninggalan lainnya pun bisa Anda lihat di dalam keraton.

Keraton yang  didirikan oleh Sunan Pakubuwono ini dulunya sangat tertutup, hanya boleh dimasuki oleh keluarga kerajaan saja. Namun, seiring perkembangan zaman, Keraton Surakarta menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi.

Tarif masuk keraton hanya Rp 4.000, dan jika Anda membawa kamera, ada biaya tambahan sebesar Rp 2.000.

14. Kebun Raya Indrokilo

Taman wisata Kebun Raya Indrokilo

Sebagai ikon wisata kota Boyolali, Kebun Raya Indrokilo menawarkan Anda berbagai hal menarik yang belum tentu Anda temukan di tempat lain, mulai dari konservasi alam, keanekaragaman hayati, hingga spot selfie.

Lokasinya hanya sekitar 8 km dari pusat kota Boyolali dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit lamanya. Baru diresmikan pada tanggal 5 Mei lalu, Kebun Raya Indrokilo sudah disesaki dengan wisatawan yang datang dari segala penjuru arah. Tak terkecuali warga lokal yang juga antusias menyambut Grand Opening Kebun Raya kebanggaannya.

Sebenarnya, proses pembangunan kebun masih terus berjalan karena belum benar-benar rampung 100 persen. Namun, kebun ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan spot–spot instagenic yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi waktu liburan.

Salah satu spot yang biasa dijadikan dalam mengambil foto ialah gerbang Pasingsingan. Gerbang setinggi 12 meter ini dibangun sepanjang 25 meter seperti sebuah benteng pada bangunan Cina.

Mengadopsi gaya arsitektur Chiang Kai Shek Memori Hall di Taipei, gerbang Pasingsingan memiliki 5 pintu berbentuk setengah lingkaran yang seringkali dijadikan latar selfie oleh para pengunjung.

Spot lainnya yang juga sering wara–wiri di instagram ialah miniatur air terjun Niagara. Meskipun sekedar miniatur, namun ketinggian air terjun mini tersebut cukup fantastis lho, bahkan mencapai 7 meter.

Jika diaktifkan, Anda akan melihat air mengucur deras dari atas tebing tiruan persis seperti air terjun Niagara. Sayangnya, air terjun tersebut hanya diaktifkan pada acara tertentu saja mengingat besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh pengelola untuk kebutuhan operasional.

Kebun Raya Indrokilo terletak di area persawahan Kemiri, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah. Harga Tiket Masuk Rp. 5.000 per orang.

15. Kampung Krisan Clapar

Dari Kebun Raya Indrokilo kita beranjak ke sebuah kebun kecil di daerah Semarang yang sukses mengalihkan dunia para kaum hawa. Kampung Krisan Clapar, kebun semi green house ini dipenuhi dengan hamparan bunga krisan warna warni yang eyecatching.

Ada sekitar 20 jenis bunga krisan di budidayakan di tempat ini, mulai dari krisan kuning yang imut–imut hingga krisan ungu yang menggoda. Tidak hanya disukai oleh kaum remaja, kebun ini juga seringkali dimanfaatkan oleh pasangan muda untuk menggelar sesi foto prewedding.

Uniknya, tidak hanya cuci mata lewat keindahan bunga krisan, Anda juga bisa melepas penat dengan bermain bersama ratusan marmut yang ada di taman Clapar. Biasanya taman marmut ini dikunjungi oleh para wisatawan usai puas mengelilingi kebun bunga krisan.

Tentu saja, selain berfoto, Anda juga bisa memegang marmut–marmut yang imut dan menggemaskan tersebut langsung. Wah seru, ya !

Meskipun kebun bunga krisan Clapar berada di kota Semarang, namun saat ke wilayah ini tidak perlu dikhawatirkan dengan sengatan sinar matahari yang membakar karena kebun ini terletak di lereng gunung Ungaran yang memiliki hawa sejuk.

Kebun Krisan Clapar terletak di Dusun Clapar, Desa Duren, Jalan Kendalisodo Bandungan, Semarang. Harga tiket masuk kebun Krisan Clapar Rp. 10.000 per orang. Harga Tiket Taman Marmut Rp. 25.000 per orang.

16. Alam Sewu

Panorama matahari terbit di Alam Sewu Temanggung
Sunrise Alam Sewu

Jika Anda seorang penyuka camping, maka mengunjungi Alam Sewu adalah keputusan yang tepat. Banyak diburu oleh pecinta alam, wanawisata ini menawarkan panorama golden sunrise yang menakjubkan.

Tak jarang, wisatawan sengaja datang buta untuk menyaksikan keindahan panorama tersebut langsung dari gardu pandang yang disediakan.

Gardu pandang di Alam Sewu cukup istimewa karena di bangun di atas pohon. Terbuat dari papan kayu yang disusun sedemikian rupa, gardu pandang Alam Sewu jadi spot favorit untuk mengamati detik–detik matahari mulai terbit dari ufuk timur.

Alam Sewu memang terkenal dengan lanskap pegunungannya yang memukau. Berkemah disini tentu akan memberikan Anda kesempatan untuk melihat kesibukan kota Temanggung dari kejauhan.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa kios di sekitar Alam Sewu yang menyewakan tenda dengan harga terjangkau khusus bagi turis yang hendak bermalam disini. Jadi, Anda tidak perlu repot–repot menyiapkan perlengkapan camping dari rumah ya.

Perjalanan menuju ke lokasi akan diwarnai dengan rute berbatu dan kelokan. Sesekali, Anda mungkin akan menemukan jalan menanjak yang cukup curam. Tidak hanya itu,  jalan menuju kawasan ini juga tidak begitu lebar, sehingga Anda hanya bisa melintasinya dengan kendaraan roda dua.

Alam Sewu terletak di area sawah Pringsewu, Giripurno, Ngadirejo, Temanggung. Harga Tiket Masuk Rp. 5.000 per orang.

17. Brown Canyon

Sebagai kota tersibuk ke – 5 di Indonesia, Semarang nampaknya punya “kewajiban” untuk mengakomodir kebutuhan rekreasi penduduknya.

Kota metropolitan ini memang sudah seperti adiknya Jakarta, padat dan gersang. Namun, kehadiran obyek wisata yang satu ini akan membuat Anda langsung terbang ke Semarang tanpa perlu pikir panjang.

Brown Canyon namanya. Tempat wisata yang di dominasi kontur bukit berpalung ini menyajikan Anda pengalaman berlibur layaknya ke Grand Canyon, Amerika. Sebenarnya, kawasan ini merupakan area tambang biasa, hanya saja memiliki bentang alam unik dan khas seperti Grand Canyon.

Bagi penggemar fotografi, tempat ini sudah tentu jadi spot yang wajib di dokumentasikan melalui lensa. Apalagi panorama alam akan terlihat lebih indah ketika warna cokelat dari serangkaian tebing sisa aktivitas pertambangan berpadu dengan hangatnya langit senja.

Brown Canyon terletak di daerah Rowosari, Tembalang, Semarang. Harga Tiket Masuk hanya Rp. 2.000 saja per orang. Cukup murah kan ?

Penutup

Ternyata Jawa Tengah memiliki banyak tempat wisata menarik. Tanpa harus ke luar negeri dan menghabiskan banyak biaya, Anda bisa menikmati masa liburan dengan seru, menyenangkan, dan pastinya berkesan.

Setiap tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, dan lainnya juga memiliki tarif yang berbeda. Bahkan banyak tempat wisata tersebut yang tidak dipungut biaya seperpun.

Jadi, sudahkah Anda menulis berbagai tempat wisata keren di atas ke dalam bucket list liburan Anda yang akan datang ?

Siapkan diri Anda menghabiskan masa liburan yang menyenangkan bersama keluarga dan teman ke berbagai tempat wisata di Jawa Tengah.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.