Ternyata Inilah Daftar 20 Tempat Wisata di Jawa Barat Yang Anti Mainstream

Bingung mau menghabiskan waktu liburan dimana ? Ulasan beberapa tempat wisata di Jawa Barat ini akan menginspirasi liburan Anda bersama keluarga.

Destinasi wisata alam berupa danau, taman, bukit, pantai, gunung, kawah, dan lainnya menjadi daya tarik utama Jawa Barat.

Selain wisata alam di Jawa Barat juga memiliki wisata sejarah, wisata religi, dan wisata edukasi yang tak kalah menarik. Jawa Barat termasuk provinsi yang menjadi pusat pemerintahan setelah ibukota.

Di samping itu, kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat pun dijuluki sebagai kota pusat mode Indonesia. Oleh karena itu, para wisatawan semakin tertarik berkunjung ke Jawa Barat.

Nah, Anda mulai penasaran dengan objek wisata yang ada di Jawa Barat ? Untuk itu, simak informasi singkat mengenai 20 destinasi wisata di Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi saat liburan.

Tempat Wisata di Jawa Barat

1. Pantai Pangandaran

Tempat wisata di Jawa barat : Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran

Siapa yang tak kenal pantai Pangandaran yang terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini ? Pantai yang satu ini wajib ada di bucket list liburan Anda, pasalnya semua sisi dari pantai ini memiliki keistimewaan.

Pantai paling terkenal di Jawa Barat ini tidak pernah sepi pengunjung. Setiap hari selalu ramai, bahkan di pagi buta dan menjelang petang. Banyak wisatawan yang mengincar pemandangan sunrise dan sunset yang eksotis di pantai Pangandaran.

Ya, Anda bisa melihat sunrise sekaligus sunset di satu pantai, yakni Pangandaran. Pasir putih di pantai ini pun bertekstur sangat halus, sehingga aman untuk anak – anak bermain.

Bagi Anda yang ingin berwisata di Pangandaran, Anda bisa melakukan aktivitas diving, snorkeling, bermain pasir, atau sekedar berjemur di bawah teriknya matahari.

Selain itu, fasilitas umum di tempat ini sangatlah lengkap, mulai dari penginapan, mushola, toilet, hingga warung – warung yang menyediakan kuliner seafood atau makanan khas Jawa Barat.

2. Green Canyon

Green Canyon masih termasuk ke dalam tempat wisata di Pangandaran. Tempat ini sangat menarik karena merupakan warisan dunia yang hanya dapat ditemukan di Jawa Barat dan Amerika Serikat.

Bahkan dengan ditemukannya Green Canyon di Pangandaran, sempat ada orang Arab yang mengatakan bahwa tempat wisata di Indonesia ini adalah sepenggal surga dunia.

Dengan pernyataan-pernyataan tersebut maka Anda harus membuktikannya dengan cara datang ke Green Canyon Pangandaran.

Anda bisa menikmati indahnya tebing-tebing yang mengelilingi aliran sungai tenang dengan menyewa perahu dan mengayuhnya. Hal tersebut tentu sangat mengasyikkan bila dilakukan bersama keluarga dan kerabat.

Keindahan Green Canyon yang eksotis membuat kepenatan selama perjalanan menjadi hilang seketika.

Jika Anda tinggal di Jakarta, perjalanan yang ditempuh memang lumayan jauh, mencapai 9 jam perjalanan. Namun, lamanya perjalanan akan terbayar lunas setelah Anda tiba di lokasi Green Canyon.

Suasana sejuk di sana membuat pikiran Anda tenang dan damai.

3. Arung Jeram Citatih

Arung jeram di sungai Citatih
Rafting sungai Citatih

Beralih dari Pangandaran ke Sukabumi, kabupaten yang populer dengan sungai Citatih nya. Sungai ini memiliki arus cukup deras dan bebatuan besar yang membuat permainan arung jeram semakin menantang.

Selain sungai Citatih sebenarnya ada sungai Citarik yang juga digunakan untuk aktivitas arung jeram, namun banyak wisatawan mengaku lebih menantang saat mengarungi jeram Citatih.

Sebagai sungai yang digunakan untuk rafting atau arung jeram, sungai ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dibanding sungai lainnya.

Bagi Anda yang tidak bisa berenang, jangan khawatir, arung jeram adalah aktivitas yang bisa dinikmati oleh siapapun karena sudah disediakan peralatan yang lengkap dan aman.

Sebelum rafting dimulai, Anda akan dibekali dasar-dasar mendayung, cara menghindar dari tebing, serta cara menyelamatkan diri. Selain itu, akan ada pemanasan sebelum arung jeram atau rafting dimulai, sehingga tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan lagi.

Biaya rafting untuk 3 jam adalah Rp 250.000 per orang, namun dengan biaya ini Anda akan merasa puas, bahkan ketagihan mengarungi jeram Citatih.

Wisata di Jawa Tengah seperti sungai Serayu juga menawarkan pengalaman serupa, yakni mengarungi jeram menggunakan perahu karet.

4. Gunung Tangkuban Perahu

Tempat wisata alam di Jawa Barat ini tentu sudah tak asing di telinga Anda karena terdapat cerita legenda mengenai Tangkuban Perahu yang berkembang di masyarakat.

Gunung yang berbentuk menyerupai perahu ini berada di ketinggian 6.873 kaki, maka tak heran jika suhu udara di sana cukup ekstrim, yakni 2 derajat saat malam hari dan 17 derajat di siang hari.

Gunung Tangkuban Perahu menyuguhkan 10 kawah dengan masing – masing karakteristiknya. Tiga kawah yang paling terkenal di lokasi ini adalah Kawah Upas, Kawah Ratu, dan Kawah Domas.

Karena areanya yang cukup luas, Anda bisa menyewa kuda untuk berkeliling Tangkuban Perahu agar tidak terasa lelah.

Di kawah tertentu juga Anda bisa berendam serta terapi pijat yang dilakukan oleh warga sekitar yang memang memiliki keahlian dalam hal pemijatan.

Sangat menarik bukan ? Selain liburan, Anda akan mendapat hiburan serta ketenangan. Keindahan alam di lokasi tersebut juga cocok untuk berfoto ribuan gaya.

5. Kawah Putih Bandung

Wisata alam Kawah Putih Bandung
Kawah Putih

Setelah berbicara kawah di Tangkuban Perahu, Anda juga bisa menemukan wisata di Jawa Barat lainnya, yakni kawah putih di Bandung selatan.

Dijuluki Kawah Putih karena memang warnanya putih kebiruan, sangat cocok untuk background foto. Di sekitar kawah, tanahnya berwarna putih, hingga beberapa tumbuhan di sana pun berwarna putih.

Kawah yang satu ini mengandung belerang yang sangat kuat, jadi, siapkan masker saat Anda akan berkunjung kesana agar bau belerang tidak begitu menyengat.

Lokasi Kawah Putih adalah di Jl. Raya Soreang Ciwidey tepatnya di Gunung Patuha. Kawah Putih menjadi objek wisata di Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi karena keindahan alamnya sangat menakjubkan.

Di lokasi tersebut memang sangat cocok untuk mengambil foto, sehingga tak jarang pasangan pengantin memilih tempat ini untuk spot foto pre wedding.

Beberapa orang juga membuat video klip di Kawah Putih untuk meningkatkan daya tarik. Oleh karena itu, Anda harus berkunjung ke kawah terkenal di Bandung ini.

6. Taman Safari

Selain Bandung dan Pangandaran, tempat wisata di Jawa Barat terkenal lainnya berada di kota Bogor.

Sudah tidak perlu ditanya lagi, wisata terkenal di Bogor tidak lain dan tidak bukan adalah Taman Safari. Objek yang satu ini seringkali ada dalam daftar wisata yang dikunjungi saat study tour.

Hal tersebut karena di kebun binatang taman safari pengunjung bisa berlibur sekaligus belajar tentang satwa. Taman Safari berada di Puncak Bogor, tepatnya di Cisarua.

Untuk berkeliling kebun binatang, Anda cukup menggunakan mobil pribadi atau bis pariwisata saja. dari kendaraan tersebut Anda bisa melihat ratusan jenis hewan dengan jelas dan nyata.

Seringkali beberapa hewan akan mendekati kendaraan Anda, dan Anda pun bisa berinteraksi dengan memberinya makan melalui jendela mobil. Menarik bukan ? Pengunjung akan merasa benar – benar di dalam hutan dengan banyak hewan bersahabat.

Terlebih lagi, Anda tidak akan merasa panas berada di Taman Safari, karena Puncak Bogor bersuhu dingin, selain itu pepohonan rindang menambah kesan sejuk.

7. Taman Bunga Nusantara

Wisata alam Taman Bunga Nusantara Bogor
Taman Bunga Nusantara

Anda harus mencatat daftar tempat wisata keluarga di Jawa Barat yang satu ini ke dalam bucket list liburan Anda. Objek wisata berupa taman bunga ini menjadi favorit wisatawan lokal hingga menjadi incaran wisatawan luar kota.

Bagi Anda yang tertarik berkunjung, datanglah ke Jl. Mariwati km 7, Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur. Setelah Anda sampai ke lokasi, dijamin akan berdecak kagum melihat keindahan objek wisatanya.

Berbagai jenis bunga dengan warna berbeda disuguhkan dalam bentuk menarik, yakni bentuk hati, bintang, hewan, dan bentuk unik lainnya.

Tentunya hal ini membuat mata Anda termanjakan, hamparan bunga warna – warni yang tertata pastinya membuat hati terasa damai.

Selain dibuat kagum oleh bunga-bunga tersebut, ada wahana lain yang membuat liburan Anda semakin asyik, yakni teater mini, danau angsa, taman labirin, wahana alam imajinasi, air mancur musical, dan banyak lagi.

Seru sekali bukan ?

Taman bunga ini membuat lokasi terkesan romantis, sehingga tak heran banyak yang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto pre wedding.

8. Tebing Gunung Hawu

Bagi Anda penyuka tempat berbau ekstrim, Tebing Gunung Hawu harus masuk daftar tempat yang akan Anda kunjungi.

Spot wisata di Jawa Barat yang berada di Padalarang ini menjadi amat terkenal karena menawarkan aktivitas liburan yang tak biasa. Terdapat hammock yang dikaitkan di dua tebing tinggi dan Anda bisa bersantai di atas hammock tersebut.

Menggantung di atas jurang diantara dua tebing tinggi ? Tentu ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Bagi Anda yang phobia ketinggian, lebih baik hindari aktivitas ini ya. Namun bagi Anda yang ingin memacu adrenalin, tak ada salahnya untuk mencoba.

Alat safety yang disiapkan sudah lengkap, jadi, tak perlu khawatir lagi.

Selain itu, di Tebing Gunung Hawu juga ada spot wall climbing, dengan begitu Anda bisa menikmati liburan sambil olahraga otot. Seru bukan ?

Setelah mendaki ataupun memanjat tebing hingga puncak tertinggi, Anda akan disuguhkan panorama menakjubkan yang membuat Anda tak henti berdecak kagum.

9. Leuwi Liuk

Curug Leuwi Liuk Bogor
Curug Leuwi Liuk

Saat Anda mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat yang satu ini, pasti tidak akan berhenti kagum akan keindahan alamnya.

Leuwi Liuk berasal dari bahasa Sunda yang artinya lubuk terdalam sungai. Bagian sungai yang diapit oleh bebatuan besar ini membentuk semacam kolam renang yang sangat jernih.

Tentu Leuwi Liuk ini cocok dijadikan tempat wisata kekinian, Anda bisa berenang, bermain air, ataupun bersantai di permukaan air sungai menggunakan papan khusus.

Bebatuan yang menjulang di sekitar sungai pun memiliki bentuk yang unik, sehingga cocok dijadikan spot foto.

Lokasi Leuwi Liuk yang berada di kecamatan Babakan Madang, kota Bogor ini membuat suasana sejuk, segar, dan asri menyelimuti masa liburan Anda.

Bagi Anda yang hobi travelling ke tempat sepi, tentu tempat ini sangat recommended, karena belum banyak wisatawan yang tahu surga tersembunyi di Bogor ini.

10. Tebing Keraton

Tebing Keraton menjadi salah satu tujuan wisata Jawa Barat yang populer sejak 2015 lalu. Kemegahan alam yang dilihat dari puncak atau ketinggian 1.200 mdpl menjadi alasan kepopuleran tempat yang satu ini.

Tebing Keraton juga menjadi wisata paling hits di kota Bandung. Background pegunungan dan pepohonan hijau sangat cocok untuk mengambil foto dengan berbagai pose.

Jika Anda beruntung, akan ada hamparan awan juga di puncak, seakan Anda berada di atas awan. Selain itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang eksotis dari puncak Tebing Keraton.

Nuansa alami semacam ini pastinya akan membuat pengunjung puas dan ingin menghabiskan waktu liburannya di Tebing Keraton.

Nah, jika Anda ingin berkunjung ke tempat tersebut, alangkah lebih baiknya gunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang menuju ke Tebing Keraton.

Jangan khawatir, di setiap jalan sudah ada penunjuk jalannya, jadi tidak mungkin salah jalan.

11. Farmhouse Lembang

Wisata Farm House Lembang Bandung
Rumah Hobbit Farm House

Pernah menonton film Hollywood terkenal berjudul The Hobbit ? Ya, film yang menceritakan kurcaci ini memang sangat popular.

Namun, tahukah Anda jika di Lembang, Bandung ternyata ada spot yang menyerupai rumah kurcaci di film The Hobbit ? Ya, Farmhouse Lembang adalah tempat wisata yang menyuguhkan desain rumah ukuran mini yang sangat unik dan lucu.

Saat pengunjung tiba di lokasi Farmhouse, mereka tidak akan berhenti berdecak kagum. Rumah-rumah mini di sana sangat mirip dengan setting film The Hobbit yang ada di New Zealand.

Tak hanya rumahnya saja yang di desain menarik, namun juga taman, pepohonan, dan jalan di sekitarnya dibuat mini serta nampak nyata. Dari spot-spot tersebut, tentunya Anda bisa mengabadikan momen menggunakan kamera baik berfoto sendiri ataupun foto bersama.

Ada pula gembok cinta dan taman bunga yang memberi kesan romantis di tempat ini, sehingga para pasangan akan terlihat makin mesra.

12. Dusun Bambu

Selain Farmhouse, di Lembang juga menyuguhkan spot berkesan romantis lainnya, yakni Dusun Bambu. Tempat wisata di Jawa Barat yang satu ini harus Anda catat di bucket list liburan, pasalnya pemandangan di sini sangat sayang dilewatkan.

Deretan rumah dari bambu dan kayu yang mengapung di atas air membuat wisata ini menjadi wisata unik nan menarik.

Nah, untuk mendapat kesan lebih romantis, datanglah saat matahari terbenam atau saat petang, karena cahaya lampu membuat Dusun Bambu lebih cantik.

Selain untuk berfoto-foto atau sekedar berjalan menikmati pemandangan, Anda pun bisa menginap di Dusun Bambu tersebut. Tersedia pula rumah makan yang berbentuk saung dan bangunan bulat terbuat dari rotan.

Jadi pengunjung tidak akan menyesal berwisata ke Dusun Bambu di Lembang, Bandung, Jawa Barat ini, karena selain pemandangan romantis, fasilitas yang tersedia pun sangat lengkap.

13. Goa Agung Garunggang

Wisata alam goa Agung Garunggang Bogor
Goa Agung Garunggang

Tempat wisata hits yang berikutnya datang dari daerah Sentul. Tempat wisata berupa goa bertebing unik ini menjadi salah satu wisata favorit bagi warga lokal maupun luar kota.

Tempat wisata ini masih tergolong baru, sehingga tak heran jika saat Anda berkunjung suasananya masih sepi.

Namun, pesona alam di wisata ini tak kalah menarik, dengan batu stalaktit yang keren, tebing yang menghimpit jalan, dan pemandangan alam di sekitarnya membuat Anda merasa puas.

Untuk masuk ke goa tersebut, sebaiknya sewa tour guide dari warga desa setempat agar tidak salah jalan atau tersesat.

Meski berada di dalam goa, spot foto menarik bisa Anda dapatkan di sana. Spot foto paling favorit di Goa Agung Garunggang adalah di jalan searah yang dihimpit oleh tebing tinggi.

Jadi, jangan lupa bawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan setiap momen di Goa Agung Garunggang.

14. Pantai Pelabuhan Ratu

Bagi Anda penyuka ombak besar, mengunjungi pantai Pelabuhan Ratu adalah keharusan. Pantai ini menawarkan sensasi bermain dengan gelombang laut yang tinggi. Kekuatan ombak pantai selatan ini bahkan terkenal sulit berkompromi dan seringkali membahayakan pengunjung.

Meski begitu, Anda masih bisa nenikmati keindahan pantai ini tanpa harus mengambil resiko, misalnya dengan cara bersantai di sekitar pesisir.

Sayangnya, pantai ini tidak bisa menyuguhkan panorama golden sunrise seperti yang Anda ekspektasikan karena letaknya menghadap ke selatan.

Tidak perlu khawatir, sebagai gantinya Anda bisa mengisi waktu dengan merintang mata di kios–kios jajanan terdekat yang terkenal akan aneka sajian kulinenya yang lezat dan murah meriah.

Pantai Pelabuhan Ratu berada di Jalan Raya Cisolok Pelabuhanratu No. 16, Citepus, Sukabumi, Jawa Barat. Harga tiket masuk Rp. 5.000 per orang.

15. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata di Jawa Barat : Kebun Raya
Kebun Raya

Botanical Garden Bogor atau dikenal juga dengan Kebun Raya adalah kawasan konservasi sekaligus pusat pengembangan pertanian dan holtikultura yang letaknya tepat di jantung kota Bogor. Luasnya sekitar 87 hektar dan dipenuhi dengan ribuan spesies tanaman.

Hal pertama yang akan Anda rasakan ketika memasuki kawasan Kebun Raya ini ialah hawa sejuk serta suasana asri yang di dapat dari kerimbunan pohon kayu raksasa yang sudah berumur belasan hingga ratusan tahun.

Namun ketika menjelajah lebih dalam, Anda akan menemukan banyak spot yang bisa dijadikan sebagai latar foto yang menarik, seperti Griya Anggrek, Museum Zoologi, Tugu Raffles, Tugu Reinwardt, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebun Raya berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Bogor tengah, Jawa Barat. Harga tiket masuknya Rp. 15.000 per orang.

16. Lapangan Sempur

Bersebelahan dengan Kebun Raya, Lapangan Sempur bisa jadi destinasi lanjutan Anda setelah asyik bercengkerama dengan alam. Lapangan ini adalah tempat olahraga paling populer di kota Bogor karena lokasinya strategis dan mudah di akses.

Sekilas tidak ada yang spesial dengan lapangan olahraga ini. Padahal jika mau bergeser sedikit ke arah timur Anda akan menemukan sebuah taman tematik bernama Taman Ekspresi yang sarat akan kegiatan produktif.

Biasanya taman tersebut digunakan oleh penduduk lokal untuk mempromosikan karya–karya kreatif anak muda. Salah satu produk yang bisa Anda nikmati disini ialah film indie buatan komunitas–komunitas perfilman di Indonesia yang akan diputar secara rutin tiap bulan sekali.

Lapangan Sempur berada di Jalan Sempur, Bogor Tengah, Jawa Barat.

17. Alun–Alun Kejaksan

Alun–alun Kejaksan Cirebon rencananya memang akan di revitalisasi tahun ini, setidaknya ada beberapa fasilitas yang ingin di upgrade dan di tambah untuk mengakomodir kebutuhan rekreasi pengunjung secara maksimal.

Selama menanti penampilan baru alun–alun Kejaksan, tidak ada salahnya jika Anda coba melancong ke sini untuk mencicipi berbagai sajian kuliner khas Cirebon yang terkenal punya cita rasa otentik, seperti Docang, nasi Jamblang, tahu gejrot, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alun–Alun Kejaksan berada di Jalan Kartini, Kebon Baru, Kejaksan, Cirebon, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke tempat ini gratis ya.

18. Keraton Kanoman

Tempat wisata di Jawa barat : Keraton Kanoman
Keraton Kanoman

Bangunan tua yang sudah berdiri sejak tahun 1588 M ini menyimpan banyak peninggalan sejarah kesultanan Cirebon seperti kereta, alat rumah tangga, hingga koleksi senjata.

Nafas Islam terasa kuat di tiap warisan budaya benda yang tersimpan di dalam Keraton. Bagaimana tidak ? Dari segi historis, Kesultanan ini masih memiliki hubungan langsung dengan Sunan Gunung Jati, tepatnya Keraton ini dipimpin oleh keturunan ke – 7 beliau yang bergelar Sultan Kanoman I.

Bahkan hingga kini Keraton Kanoman juga masih menyimpan kereta kebesaran Sunan Gunung Jati yang asli, yakni Paksi Naga Liman.

Paksi Naga Liman sendiri merupakan kereta kencana yang punya karakteristik cukup unik, dimana desainnya memadukan 3 unsur budaya sekaligus yang terdiri dari Islam, Cina, dan Hindu.

Corak Islam diwakili lewat hiasan kayu sawo berbentuk burung, sementara corak Cina digambarkan lewat bentuk naga, dan corak Hindu disimbolkan lewat bentuk gajah. Sangat interaktif.

Keraton Kanoman berada di Jalan Kanoman No. 40, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Harga tiket masuknya Rp. 15.000 per orang.

19. Puncak Darma

Sebagai kawasan terpadu, Geopark Ciletuh memiliki spot strategis bernama Puncak Darma yang menjadi incaran traveller untuk menyaksikan bentang alam menakjubkan dari atas ketinggian 230 meter di atas permukaan laut.

Berdiri di tepi Puncak Darma, Anda akan di buat kagum oleh keindahan teluk berbentuk tapal kuda yang dikelilingi oleh hamparan lahan perbukitan dan tebing curam di sekitarnya.

Panorama alam tersebut juga dipercantik dengan bentangan laut lepas yang memakan sebagian wilayah daratan di depannya. Jika Anda datang ketika cuaca sedang cerah, jangan lupa untuk mendokumentasikan lanskap indah tersebut lewat kamera ponsel atau drone.

Puncak Darma berada di daerah Girimukti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Harga tiket masuknya di kisaran Rp. 5.000 saja per orang.

20. Amazing Art World

Amazing Art World di Bandung
Amazin Art World

Tidak hanya unggul dalam hal potensi alam, Jawa Barat juga sukses menghadirkan obyek wisata kekinian yang bisa Anda kunjungi sewaktu–waktu bersama keluarga tercinta.

Amazing Art World menawarkan Anda keleluasaan berkreativitas lewat ornamen–ornamen instagenic yang akan mempercantik koleksi foto Anda.

Terdapat sekurangnya 150 spot foto yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan fotografi Anda. Adapun 150 spot tersebut terbagi lagi ke dalam beberapa zona, yakni Aqua zone, dinosaurus zone, animal zone, Roma Italia zone, daily zone dan masih banyak lagi yang lainnya.

Termasuk ke dalam kategori wisata selfie, tempat ini jadi tujuan rekreasi yang pas untuk Anda yang sedang jenuh dengan rutinitas kantor.

Amazing Art World berada di Jalan Dr. Setiabudi No. 293–295, Bandung. Tiket masuknya Rp. 55.000 ( Senin-Jum’at ) dan Rp. 75.000 ( Sabtu–Minggu ).

Penutup

Nah, itu dia 20 tempat wisata di Jawa Barat yang harus Anda tulis dalam list liburan Anda dan wajib dikunjungi.

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi – destinasi wisata seru yang bisa Anda temui di penjuru Indonesia, seperti destinasi wisata Lombok misalnya.

Jangan biarkan liburan Anda berakhir membosankan, berkunjunglah ke Jawa Barat dan nikmati keindahan masing – masing wisatanya. Yuk liburan seru.

Vote Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel ini :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan vote rendah.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.