Ke Bandung ? Wajib Ke Destinasi Wisata Tangkuban Perahu

Jawa Barat memiliki wisata alam yang cukup banyak, salah satunya adalah kota Bandung. Siapa sangka ternyata di Bandung kamu juga bisa menemukan gunung.

Gunung tersebut juga digunakan sebagai pusat dari erupsi yang sering kali berpindah dari arah timur ke barat. Gunung yang ada di kota Bandung adalah Gunung Tangkuban Perahu yang mana saat ini masih aktif.

Gunung ini memiliki ketinggian yang berkisar pada 2.084 meter diatas permukaan laut yang juga memiliki suhu 17 derajat Celcius di siang harinya, serta 2 derajat Celcius saat malam hari.

Oleh sebab itu ketika berkunjung ke sini jangan pernah lupa untuk menggunakan jaket. Kamu masih penasaran dengan destinasi wisata Gunung Tangkuban ? Berikut adalah beberapa penjelasan singkatnya.

Sejarah Singkat Wisata Tangkuban Perahu

Kawah Ratu Tangkuban Perahu
Kawah Ratu

Sama halnya dengan wisata dan gunung lainnya, wisata Tangkuban Perahu juga mempunyai cerita rakyat yang cukup populer juga.

Bahkan ceritanya juga sudah dikenal oleh banyak orang di sekitaran Bandung.

Kamu tentunya sudah tidak asing dong dengan cerita khas Jawa Barat berjudul Sangkuriang yang jatuh hati pada seorang perempuan dimana perempuan tersebut adalah ibunya sendiri bernama Dayang Sumbi atau Rarasati.

Karena tahu dia adalah anaknya maka Rarasati selalu ingin menggagalkan niat dari sang anak untuk menikahi dirinya.

Dalam cerita yang ada, Dayang Sumbi atau Rarasati terus saja memikirkan cara apa saja yang harus ia lakukan agar Sangkuriang gagal dalam misinya.

Pada akhirnya Dayang Sumbi berpikir dan memberikan syarat kepada sangkuriang agar bisa membuatkan sebuah telaga yang lengkap dengan perahunya dalam waktu semalam.

Sebagai hadiah jika Sangkuriang berhasil maka ia bisa menikah dengan Dayang Sumbing.

Sayang sekali usaha dari Sangkuriang untuk menikahi ibunya malah gagal dan dirinya marah. Pada saat itu karena saking marahnya, Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya.

Perahu tersebut terpental dan mendarat terbalik.

Berdasarkan inilah mengapa gunung dan destinasi wisata memiliki nama asal usul Gunung perahu dan bentuk yang mirip sekali dengan perahu tersebut. Unik bukan ?

Lokasi Wisata Tangkuban Perahu

Wisata alam Tangkuban Perahu
TWA Tangkuban Parahu

Jika di lihat-lihat gunung ini memang memiliki bentuk yang menyerupai perahu terbalik. Sungguh kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Bandung tanpa mampir ke sini.

Kamu bisa berkunjung ke sini menggunakan mobil pribadi, motor maupun transportasi umum.

Langsung saja datang ke Cikole Lembang yang berada di sebelah utara dari kota Bandung, sejalur dengan banyak tempat wisata Lembang lainnya, seperti Farm House dan Floating Market.

Untuk perjalanan dari arah bandung kamu akan menempuh perjalanan 7 Km ke arah Lembang. Lalu dilanjutkan dengan pergi ke arah Subang yang berjarak 5-7 km lagi.

Nah ketika sudah berada di kawasan Cikole jangan lupa kamu harus pergi ke arah kiri.

Kawasan tersebut sudah masuk pada kawasan Gunung Tangkuban Perahu. Akan banyak sekali petunjuk jalan yang akan membantu Anda sampai ke puncak.

Kini giliran kamu melanjutkan perjalanan dengan mendaki Gunung. Disela-sela perjalanan nantinya Anda akan di temani dengan pemandangan kawah yang cukup menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Agar bisa masuk ke destinasi wisata Jawa Barat terbaik ini, kamu hanya perlu membeli tiket masuknya saja.

Harga tiket berkisar pada 15.000 hingga 20.000 dan biasanya ada perubahan seiring dengan berjalannya waktu.

Harga ini berlaku untuk wisatawan domestik saja. Sedangkan untuk turis asing akan dikenakan biaya sebesar 100.000 hingga 200.000.

Jika kamu datang pada saat hari libur maka harga tiket yang ada jauh lebih mahal yaitu kisaran 22.500 hingga 30.000 untuk wisatawan domestik dan 150.00 hingga 300.000, untuk wisatawan asing.

Fasilitas Wisata Di Dalamnya

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai beberapa kawah yang terbentuk karena adanya letusan Gunung Tangkuban Perahu. Ketika berada di sini Anda akan disuguhkan dengan wisata 3 kawah utama.

Di atas adalah beberapa penjelasan singkat destinasi wisata Tangkuban Perahu. Tunggu apa lagi ? Segera mampir ke wisata ini jika kamu sedang berada di Bandung.

Mau Berkomentar ?